2
572

Definisi, Contoh Dan Akibat Revolusi Bumi Yang Terjadi Di Alam

Terjadinya  waktu siang dan malam yang kita rasakan adalah akibat rotasi bumi. Banyak orang yang tidak mengetahui tentang perbedaan dari rotasi dan revolusi bumi. Keduanya terdengar sama namun mempunyai artian yang berbeda dan luas.

Dalam artikel ini akan dibahas definisi dan akibat rotasi bumi bagi kehidupan manusia. Tidak hanya membahas mengenai rotasi bumi, pengertian dan akibat revolusi bumi juga disajikan dalam artikel ini. Selamat membacanya.

PENGERTIAN ROTASI BUMI

pengertian rotasi bumi

Pernahkah kamu melihat globe dunia? Baik di sekolah atau ditempat lain? Biasa seseorang ketika melihat atau meyentuh globe akan memutarkannya bukan. Atau pernahkah kamu memainkan permanan gangsing? Pergerakannya memutar di tempat seperti layaknya globe tadi.

Dari contoh diatas, kita bisa mengambil sebuah definisi mengenai rotasi bumi. Namun alangkah baiknya kamu ketahui dulu pengertian rotasi. Rotasi adalah perputaran suatau benda pada sumbu yang tetap. Jika digabung dengan kata bumi menjadi rotasi bumi.

Pengertiannya bahwa rotasi bumi adalah perputaran bumi pada porosnya atau sumbunya. Seperti kejadian gangsing tadi, bendanya berputar akan tetapi pergerakannya tetap didalam sumbunya.

Perputaran bumi ini menyebabkan berbagai dampak baik positif maupun negatif bagi kehidupan. Dalam satu putaran bumi akan menghabiskan waktu 24 jam untuk berotasi. Dalam bahasa lainnya, pengertian rotasi bumi adalah perputaran bumi dalam sehari penuh.

Sepintas gerakan rotasi ini tidak kita rasakan. Dalam kasat mata jika kamu lihat pada siang hari, seolah-olah matahari itu bergerak. Sebenarnya itu salah, semuanya karena adanya rotasi bumi ini. Tidak hanya bumi yang berotasi, bulan juga melakukannya.

PROSES ROTASI BUMI

proses rotasi bumi

Terjadinya malam dan siang yag kita rasakan disebabkan oleh rotasi bumi. Proses rotasi bumi ini terjadi satu arah. Arah perputaran tersebut terjadi kearah timur. Lebih jelasnya lagi kamu bisa memperhatikan gerakan jarum jam, pada rotasi bumi terjadi sebaliknya.

Gaya gravitasi bulan dapat mempengaruhi proses rotasi bumi. Sebanyak 1,7 milidetik pelambatan terjadi pada satu hari akibat bulan. Seperti yang kita tahu, terjadinya malam dan siang termasuk kedalam akibat perputaran bumi tersebut.

Di Indonesia tejadinya malam dan siang secara proporsi waktu sama. Namun jika dibandingkan beberapa Negara lain, ada yang mempunyai waktu yang panjang pada malam hari maupun siang hari. Kejadian-kejadian tersebut termasuk kedalam akibat rotasi bumi ini.

DAMPAK ROTASI BUMI

dampak rotasi bumi

Akibat yang ditimbulkan dari rotasi bumi dapat kita rasakan setiap harinya. Kejadian-kejadian tersebut diakibatkkan karena adanya perputaran bumi tadi.

Perlu kalian ketahui, semua aktifitas yang ditimbulkan oleh benda-benda langit dapat menimbulkan efek yang bisa dirasakan kepada bumi.

Maka dari itu sebetulnya tidak hanya akibat rotasi bumi saja yang selalu memberikan dampak, tapi juga benda langit lainpun memberikannya. Aktifitas benda langit yang lain seperti bulan, matahari, bintang dan lain-lain.

Kamu bisa meyadari kenapa diberlakukan waktu 24 jam di  bumi ini? Kenapa tidak 25 atau 23 jam? Jawabannya karena adanya proses rotasi bumi. Selain hal tadi ada beberapa dampak lainnya dari akibat rotasi bumi ini.

Terjadi Jet lag Saat Naik Pesawat

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui mengenai Jet lag. Apa itu Jet lag? Peruahan waktu tidur ada kondisi tubuh lelah karena telah melintasi beberapa zona waktu di beberapa Negara. Jet lag  biasanya terjadi pada seseorang yang sering naik pesawat.

Kondisi tersebut termasuk kedalam akibat rotasi bumi.

Satelit Buatan

satelit diluar angkasa bumi

Informasi yang mudah kita dapatkan melalui internet dan yang lainnya merupakan bagian kecil dari akibat rotasi bumi. Perkembangan teknologi yang mulai pesat, menjadikan para ahli bidang komunikasi memanfaatkan perputanan bumi untuk menciptakan satelit buatan.

Kegunaanya bisa kamu rasakan dari satelit buatan ini. Akibat perputaran bumi, para ahli memanfaatkannya untuk mengembangkan teknologi komunikasi.

Dampak positifnya kita bisa dengan cepat dan mudah mengakses informasi atau keomunikasi keseleluruh dunia.

Gaya Coriolis

Gaya yang muncul dari akibat rotasi bumi ini disebut gaya coriolis. Akibat yang ditimbukan adalah arah angin berbeda dengan gradien tekanan yang tidak tegak lurus pada isobarnya. Sehingga membuat gaya ini termasuk kedalam akibat rotasi bumi.

Perbedaan Percepatan Gravitasi

Pasang surut air terjadi akibat dari percepatan gravitasi ini. Hal tersebut sebenarnya pengaruh dari perputaran bumi pada porosnya.

Perubahan Angin

Akibat rotasi bumi, arah mata angin mengalami perubahan. Terjadi pembelokan pada arah angin.

Perbedaan Ketebalan Atmosfer

Sebagian orang mungkin mengetahui lapisan atmosfer. Lapisan yang terdiri dari eksosfer, termosfer, mesesfer, stratosfer dan troposfer. Kelima lapisan ini termasuk kedalam lapisan atmosfer yang ada dibumi.

Perbedaan lapisan tadi, disebabkan oleh perputaran pada bumi.

Pembagian Waktu Dunia

Pembagian waktu yang ada didunia tidaklah sama. Biasanya wilayah bumi yang lebih kanan akan mendapatkan pasi yang lebih cepat disbanding dengan bumi bagian kiri.

Garis lintang dan bujur yang melintasi daerah-daerah diduni mempunyai pengaruh kepada waktu di tempatnya. Adanya garis tersrebut akibat rotasi bumi yang dirasakan. Sehingga menimbulkan pembagian waktu di dunia.

Kalender Masehi

Adanya kelender masehi adalah akibat dari rotasi bumi. Hl ini dibuktikan dari pengaruh jam, menit dan detik dalam perhitungan kalender masehi. Meskipun sebernarnya yang paling berperan adalah revolusi bumi.

Namun ternyata ada pengaruh dari waktu yang membuat rotasi bumi ini berpengaruh juga terhadap kalender masehi.

Gerak Semu Matahari

gerak semu matahri akibat rotasi bumi

Seringkali kita merasakan bahwa matahari yang mengelilingi bumi. Ternyata itu hal yang salah. Sebetulnya semua itu adalah akibat rotasi bumi. Gerakan semu yang terjadi pada matahari dari timur kebarat merupakan akibat rotasi bumi. Sebetulnya perputaran bumi dari barat ketimurlah yang mengakibatkan matahari seperti mengelilingi bumi.

Gerak semu ini juga disebabkan oleh revolusi bumi. Gerakan semu ini berlangsung setiap hari. Hal tersebut berhubungan dengan perputaran bumi selama 24 jam atau seharian. Maka salah satu akibat rotasi bumi ini adalah gerakan semu pada matahari.

Pembelokan Arah Angin

Tekanan dan massa udara yang berbeda-beda di setiap tempat menjadikan angin sealu ada. Jika tidak ada perputaran pada bumi, kemungkinan arah angin berjalan lurus. Akan tetapi dengan adanya rotasi pada bumi mengakibatkan arah angin tersebut dapat berbelok dari daerah satu kedaerah lainnya.

Seperti yang kita tahu gerakan poros bumi ini menimbulkan beberapa dampak. Salah satunya adalah pembelokan angin ini.

Perubahan Waktu

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, bahwa rotasi bumi mengakibatkan terjadinya perubahan waktu di dunia. Contohnya kamu bisa lihat waktu sekarang di Indonesia dengan Amerika misalnya, pasti akan berbeda. Bahkan perbedaan waktu ini tidak hanya terjadi antar Negara, melainkan dalam satu Negara pun dapat terjadi. Akibat rotasi bumi ini menimbulkan perubahan waktu tersebut.

Adanya Siang Dan Malam

Mungkin yang satu ini sudah jelas kita dapat rasakan setiap harinya. Pergantian antara siang dan malam terjadi akibat rotasi bumi. Perputaran bumi terjadi selama 24 jam dengan mengakibatkan gerakan semu matahari tadi. Sehingga beberapa daerah pada kondisi tertentu mengalami siang dan malam. Jika di Indonesia pembagian malam dan siang terjadi secara rat yaitu 12 jam jam siang dan 12 jam malam.

Semua itu adalah beberapa dampak yang dirasakan akibat rotasi bumi ini.

KAITAN ROTASI BUMI DENGAN REVOLUSI BUMI

revolusi bumi dengan rotasi bumi

Seperti yang telah kita tahu dan dipaparkan sebelumnya terkait rotasi bumi. Ternyata fenomena alam ini terkati dengan revolusi bumi.

Jika rotasi bumi adalah proses perputaran bumi pada porosnya. Sedangkan revolusi bumi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari dalam satu tahun.

Dalam rotasi bumi terdapat sebuah angka sumbu dan masa rotasi.  Sumbu yang berhubungan dengan bintang ialah 23 jam, 56 menit dan 4.091 detik.

Sedangkan untuk masa rotasinya ialah 24 jam. Perputaran tersebut mengakibatkan gravitasi bulan.

Kamu harus tahu apa itu gravitasi bulan? Proses penarikan air laut ke arah bulan. Sehingga mengakibatkan pengaruh pada permukaan laut dan ketinggian ombak.

Beda halnya dengan revolusi bumi. Revolusi ini adalah proses beredarnya bumi mengelilingi matahari selama satu tahun.

Proses pergerakan bumi ini dibantu dengan gaya gravitasi bumi. Sudut imajiner yang terbentuk pada revolusi bumi yaitu 23,50 derajat. Sudut ini menghasilkan adanya kutub utara dan selatan.

Selain itu pergerakan bumi mengelilingi matahari ini berlangsung selama 3651/4.

DAMPAK REVOLUSI BUMI

dampak dari revolusi bumi

Terjadinya waktu 3651/4 hari dalam satu tahun merpuakan bagian dari dampak revolusi bumi. Tidak banyak orang mengetahui perbedaan dari revolusi dan rotasi bumi. Kedua istilah tersebut terdengar hampir sama, namun kenyataannya berbeda.

Perlu kamu ketahui, pengertian revolusi bumi ialah proses beredarnya bumi mengelilingi matahari. Proses mengelilingi matahari ini terjadi selama satu tahun. Revolusi bumi terjadi pada lintasan orbitnya sendiri.

Tentunya, dalam fenomena ini menimbulkan beberapa dampak yang dirasakan. Baik itu dampak positif atau negatif. Apa saja dampak yang ditimbulkan itu? Pada bagian ini akan disebutkan beberapa akibat yang timbul dari revolusi bumi ini.

Perubahan Musim

Sebenarnya perubahan pada musim ini juga disebabkan oleh rotasi bumi. Terjadinya beberapa musim yang terdapat diwilayah bumi bagian utara atau selatan. Berikut ini beberapa musim yang terdapat di sluruh dunia.

Bumi bagian selatan

Pada belahan bumi bagian selatan terjadi empat musim yang berbeda. Musim-musim tersebut ialah musim dingin (21 Juni – 23 September), musim gugur (21 Maret – 22 Juni), musim panas (22 Desember – 21 Maret) dan musim semi (23 September – 22 Desember).

Bumi bagian utara

Dibelahan bumi bagian utara terjadi empat musm yang sama seperti di selatan. Musim – musim tersebut ialah musim dingin (22 Desember – 21 Maret), musim gugur (23 September – 22 Desember), musim panas (21 Juni – 23 September) dan musim semi (21 Maret – 21 Juni).

Gerakan Semu Matahari

Terjadinya revolusi bumi mengakibatkan pergerakan semu pada matahari selama satu tahun. Matahari seolah-olah bergeser di langit padahal itu semua disebabkan oleh revolusi bumi. Pergesaran matahari di belahan utara kearah selatan terjadi pada 21 Juni sampai dengan 21 Desember). Begitupun gerakan posisi matahari ke bumi bagian utara terjadi pada 22 Desember sampai 21 Juni.

Perubahan Rasi Bintang

Revolusi bumi mengakibatkan perubahan pada rasi bintang. Pola yang dibuat oleh bintang-bintang dikenal dengan istilah rasi bintang. Beberapa nama dibuat untuk menentukan rasi biintang tersebut seperti Leo, Scorpio, Biduk dan lain-lain.

Perbedaan Lamanya Siang Dan Malam

dapak revolusi bumi terhadap siang dan malam

Proses revolusi bumi mengakibatkan perbedaan pada durasi waktu pada malam dan siang hari. Kejadian ini terjadi pada setiap tahunnya. Biasanya fenomena yang muncul terjadi pada tanggal-tanggal tertentu:

21 Maret – 23 Desember

  • Matahari terlihat melintas tepat diatas jalur kahatulistiwa
  • Selruh permukaan wilayah bumi mengalami siang dan malam.
  • Intensitas cahaya matahari yang sama pada bumi bagian urata dan selatan.
  • Jarak matahari di kutub utara dan selatan sama besarnya.

23 September – 21 Maret

  • Beberapa daerah dikutub selatan megalami malam dengan waktu 24 jam, berbeda dengan belahan bumi utara yang mengalami siang 24 jam.
  • Daerah dibumi bagian selatan mengalami kondisi siang yang lebih lama dibandingkan dengan bumi bagian utara.
  • Bumi bagian selatan mendapatkan sinar matahari yang lebih lama daripada bagian utara.
  • Bagian kutub selatan dekat dengan matahari, sedangkan di bagian utara jauh dengan matahari.

21 Maret – 23 September

  • Pergeseran matahari kearah bumi bagian utara
  • Bumi bagian utara mendapatkan sinar matahari yang lebih lama dibandingkan dengan bumi bagian selatan
  • Bagian kutub utara dekat dengan matahari dan bumi bagian selatan jauh dengan matahari.

Demikianlah penjabaran dari definisi dan akibat rotasi bumi yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa membuat wawasan anda bertambah. Sekian dan terimakasih.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: