1
373

Apa Yang Dimaksud Dengan Globaliasi Dari Berbagai Sudut Pandang, Dampak Dan Jenis

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah semakin cepat dan pesat. Dibuktikan dengan beberapa kemudahan yang bisa kita rasakan sekarang ini. Contohnya seperti adanya internet, televisi, telepon dan lain-lain. Semua itu adalah erat kaitannya dengan globalisasi. Lalu selanjutnya apa yang dimaksud dengan globalisasi ?

Dalam artikel ini, saya akan berbagi sebuah informasi yang berkaitan dengan globalisasi mulai dari pengertian, dampak dan seluk beluk lainnya.

TEORI GLOBALISASI

teori globalisasi

secara harfiah globalisasi berasal dari kata Globalization. Istilah ini awal mulanya dari bahasa Ingris. Kata tersebut mengandung dua arti, Globa yaitu menduni dan Lization adalah proses.

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa arti mendasar dari globalisasi adalah menyeluruh atau mendunia.

Namun ada beberapa ahli yang mengatakan beberapa pendapat dari arti globalisasi yang berbeda. Dibawah ini akan diambil beberapa pendapat menurut para ahli mengenai globalisasi.

Thomas L Friedman

Kata kunci yang menjadi pegangan pendapat ini adalah teknologi dan dimensi. Artinya globalisasi memiliki kedua unsur tersebut.

Globalisasi dilihat dari dimensi teknologi, bahwa informasi telah menjadi satu dunia. Sedangkan dimensi ideology artinya globalikasi mempunyai pasar bebas dan kapitalisme.

BACA JUGA : Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Dilengkapi Pengertian dan Contohnya

Peter Drucker

Globalisasi memiliki macam-macam proses yang terdapat pada sektor yang umum. Sektor tersebut adalah pasar uang global, tingkat pertumbuhan perdagangan yang tinggi dan penyebaran komunikasi global yang sangat pesat.

Mansour Fakih

Proses produksi yang ditimbukan oleh perusahaan tradisionan, investasi dan berkembangnya peran pasar adalah beberapa contoh dari paham kaitalisme.

Hal ini ditekankan oleh Mansour dalam arti globalisasi. Disini beliau berpendapat bahwa arti globalisasi adalaj suatu paham yang kapitalis.

SEJARAH GLOBALISASI

sejarah apa itu globalisasi

Pada abad ke duapuluhan, globalisasi mulai berkembang. Dibuktikan dengan bangkitnya ekonomi yang berskala Internasional.

Pendapat lain yang mengatakan, bahwa sebenarnya sejak manusia mengenal perdagangan, disitulah globalisasi mulai muncul. Tepatnya sekitar tahun 1000 dan 1500 masehi. Hal ini dibuktikan langsung oleh pedagang dari Cina dan India dalam berhijrah untuk berdagang ke Negara lain.

Bukti lain adalah adanya explorasi besar yang dilakukan bangsa Eropa, Belanda, Spanyol dan Portugis. Contoh lainnya adalah adanya kaum muslimin yang melakukan perdagangan degan Negara Jepang, Vietnam, India, Persia, Indonesi, Venesia, Laut tengah dan Genoa.

Mementingkan sisi pentingnya  duia atau internasional merupakan ciri dari globalisasi. Untuk lebih jelasnya, ada didalam atikel ini.

  1. Terjadi masalah pada inflasi regional, krisis yang multinasional, lingkungan hidup dan lain-lain.
  2. Meningkatnya interaksi yang modern melalui pertelevisian seperti film, music, olahraga, budaya dan berita lainnya.
  3. Ekonomi setap Negara saling kebergantungan. Karena hal tersebut diingankan untuk menambah produktivitas dari perusahaan – perusahaan yang ada.
  4. Perubahan yang sangat dinamis dan sangat pesat dari sektor internet, komunikasi dan lain-lain.

MENGAPA TERJADI GLOBALISASI

mengapa terjadi globalisasi

Pada dasarnya globalisasi terjadi dikarenakan telah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat maju.

Dari sisi teknologi dapat kita lihat banyak ditemukan beberapa macam alat modern seperti telepon, kompas, listrik, pesawat dan lain-lain.

Sementara itu dari sisi kemajuan industry, contohnya perusahaan yang sudah banyak memakai mesin. Sehingga dapat memudahkan sekaligus mengurangi jumlah karyawan.

Contoh lainnya kalian bisa rasakan kegunaan dari telepon, sms atau email yang dapat memudahkan seeorang berkomunikasi jarak jauh.

Apalagi sekarang-sekarang sudah ada yang namanya video call. Sehingga seseorang dapat berkomunikasi lewat video secara langsung.

Jika dipoinkan, inilah beberapa penyebab yang mungkin menjadi hal yang menonjol dalam terjadinya globalisasi.

  1. Semakin Berkembangnya Perusahaan-Perusahaan Yang Bukan Berasal Dari Lokal Industri.
  2. Semakin Majunya Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK)
  3. Banyak Masyarakat Yang Melakukan Migrasi Ke Negara Lain.
  4. Sistem ekonomi internasional.
  5. Adanya Kebijakan Yang Dibuat Dalam Menjalin Hubungan Dengan Negara Lain.

PENGERTIAN GLOBALISASI DAN DAMPAKNYA

dampak dari globalisasi

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa globalisasi ini memempunya beberapa arti yang dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Contohnya dalam arti bahasa.

Dalam arti bahasa globalisasi ini mempunyai makna proses yang mendunia (umum). Suatu proses masuknya Negara kedalam lingkungan yang lebih maju dan luas.

Selain itu saya akan ambil salah satu contoh arti globalisasi dari segi pendapat ahli.  Disini saya ambil pendapat dari Anthonu Giddens.

Menurut Anthony Giddens, globalisasi adalah intensifikasi hubungan social secara luas atau mendunia. Sehingga terdapat hubungan dari kejadian dalam lokasi satu dengan yang lain. Selain itu, hal tersebut menyebabkan dampak perubahan pada kedua-duanya.

Tentunya disini globalisasi mempunyai dampak yang ditimbulkan. Disini saya akan tulis dampak positif dan negatif.

Dampak positif

  • Ekonomi lebih maju dan produktif serta efesien
  • Semakin meningkatnya pariwisata dan turisme.
  • Pembangun yang semakin berkembang.
  • Semakin mudah mendapatkan informasi.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Komunikasi yang kian mudah dan cepat

Dampak Negatif

  • Budaya yang semakin dilupakan
  • Semakin sempitnya lahan
  • Tingkat pengangguran yang banyak
  • Menimbulkan sikap malas karena sakin canggihnya teknologi
  • Sikap individualism
  • Tidak peka terhadap lingkungan

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GLOBALISASI DEMOKRASI

dampak dari globalisasi

Globalisasi secara demokratis adalah hak yang diberikan dalam berpendapat kepada masyarakat dunia dengan pendekatan sosial. Menurut Britania Raya David Held, globalisasi demokratis ini meliputi oligopoly, LSM yang ideologis, perusahaan, mafia dan kultus.

Semantara itu jika dilihat dari tujuan globalisasi ini diantaranya :

  • Hak berpendapat dan akses untuk aktivitas global diberikan kepada warga.
  • Karena ekonomi ini adalah sektor yang sangat penting bagi warga, maka globalisasi diterepakan dalam aktifitas ekonomi ini. Tidak hanya pemerintahan saja yang dijadikan tempat penerapan globalisasi.
  • Proses dalam menyatukan dan mendekatkan manusia adalah salah satu proses memperluas globalisasi.

Untuk menghindari suatu ideologis didalam sosial dan ekonomi, maka globalisasi ini terdapat suatu gerakan yaitu anti-globalisasi.

Gerakan lainnya dari globalisasi demokratis mengungkapkan bahwa warga dunia mendukung demokratis pada orientasi politik.

Age of Consent berpendapat bahwa dalam pembentukan pemeritahan dunia dan lembaga internasional harus terdapat unsure globalisasi.

Karena sebagian penganut gerakan anti-globalisasi ini  masih menyetujui dengan sikap seperti ini. Itulah beberapa catatan terkait apa yang dimaksud dengan globalisasi demokrasi.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GLOBALISASI PEREKONOMIAN

globalisasi ekonomi

Globalisasi ini menghapuskan seluruh batasan yang berkaitan dengan barang, modal dan jasa.

Pegertian luasnya, globalisasi ekonomi adalah kegiatan yang mencangkup beberapa sektor pedagangan dan kegiatan ekomoni lainnya.

Kegiatan ini meliputi interaksi atau hubungan antar Negara di dunia.

Disini juga globalisasi ekonomi dapat mengintegrasikan suatu kegiatan pasar skala luas. Cakupannya tidak memandang suatu batas.

Keterkaitan antara ekonomi Negara yang satu dengan yang lainnya akan terjadi. Tanpa adanya suatu batasan yang telah disampaikan sebelumnya. Hasil akhirnya, suatu Negara akan semakin erat dan kuat hubungannya dalam sektor ekonomi.

Disisi lain, globalisasi ini akan membuka suatu perdagangan atau aktifitas ekonomi yang besar dari dalam negeri menuju luar negeri. Biasanya yang disebut ekspor dan impor.

Pendapat Tanri Abeng, bahwa globalisasi ekonomi terjadi dalam bermacam-macam bentuk.  Diantaranya yaitu globalisasi perdagangan, jaringan informasi, tenaga kerja, pembiayaan, tenaga kerja asing dan globalisasi produksi.

Pada saat ini, perkembangan yang pesat dari sektor ekonomi di Indonesia. Hal ini menjadikan globalisasi dalam sektor ekonomi semakin besar.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GLOBALISASI DALAM ARTI LUAS DAN SEMPIT

globalisasi arti sempit dan luas

Dalam arti yang luas, globalisasi adalah sebuah mengkaji dan mempelajari sebuah dinamika kejadian yang ada di seluruh dunia.

Artinya segala informasi yang berhubungan dengan pengetahuan maupun teknologi secara mendunia itulah globalisasi yang luas.

Sedangkan dalam arti yang sempit, globalisasi adalah mendunia.

Ciri dari globalisasi ini adalah :

  • Munculnya masalah-masalah bersama seperti inflasi perekonomian dan krisis multinasional.
  • Kebergantungan antara Negara yang satu dengan yang lainnya dari sektor pasar dan produksi.
  • Perkembangan barang-barang teknologi. Seperti televise, telepon genggang dan internet.
  • Perkembangan pada media masa seperti berita, film dan music.

Dari beberapa poin diatas, maka timbulah dampak dari globalisasi diantaranya:

  • Pribadi yang konsumtif
  • Sikap yang tertutup dari orang lain
  • Mudah terpengaruh dengan gaya hidup barat
  • Informasi yang tidak difilter
  • Tidak sulit dalam memperoleh informasi
  • Mudah dalam berkomukasi jarak jauh
  • Akses yang cepat dalam bepergian
  • Terpacu untuk meningkatkan kualitas diri
  • Gampang dalam memenuhi kebutuhan

Itulah beberapa bahasan yang terkait dengan apa yang dimaksud dengan globalisasi secara luas dan sempit.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GLOBALISASI DARI SUDUT PANDANG BAHASA

globalisasi dari sudut pandang

Dalam bagian ini, saya akan membagiakan sebuah informasi yang berkaitan dengan globalisasi. Sebagian orang sering mencari tahu tentang apa yang dimaksud dengan globalisasi  menurut para ahli.

Disini saya akan tulis beberapa pendapat mengenai arti dari globalisasi.

Achmad Suparman

Globalisasi adalah perilaku atau ciri pada setiap orang tanpa adanya suatu batasan wilayah.

Selo Soemardjan

Globalisasi menurut pendapat ini bertujuan dalam mengikuti kaidah yang telah ditentukan. Secara harfiah, beliau mengatakan bahwa globalisasi adalah suatu system organisasi komunikasi masyarakat yang menyeluruh atau luas.

Emanuel Ritcher

Saling ketergantungan untuk melakukan persatuan bersama-sama adalah pendapat globalisasi menurut Emanual Ritcher.

Dr Nayef R.F Al Rodhan

Kegiatan manusia maupun non manusia yang saling bergantungan satu sama lainnya. Bergantung untuk membentuk jaringan yang dapat menyatukan masyarakat adalah pengertian globalisasi menurut beliau.

Malcom Waters

Pembatasan geografis menjadi tidak penting pada keadaan sosial budaya. Hal ini adalah akibat yang ditimbulkan dari globalisasi menurut Malcom.

Itulah beberapa pendapat yang diambil dari sekian banyak pendapat lainnya mengenai apa yang dimaksud dengan globalisasi.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN GLOBALISASI POLITIK

 

globalisasi dari politik

Selain bidang lainnya seperi globalisasi dibidang ekonomi, ternyata globalisasi berefek baik bagi politik.

Dalam globalisasi politik, menyebutkan bahwa Negara lain mengharuskan sikap yang demokratis, keterbukaan dan menghormati hak asasi manusia. Itulah yang menjadi sebuah kesepakatan antara Negara sau dengan yang lainnya.

Tuntutan globalisasi pemerintah dunia yang mengharuskan sikap yang demikian. Maka dari itu ada nilai yang positif bagi bangsa dan Negara ini.

Dengan pemerintahan yang terbuka seperti demokratis dan menghargai hakassi manusia merupakan dampak positif yang bisa kita rasakan.

Berikut ini beberapa point yang diambil dari dampak positf globalisasi potik :

  1. terjadinya pasar yang bebas.
  2. Sistem pemerintahan yang transfaran (terbuka).
  3. informasi lebih gampang didapatkan.
  4. kebijakan yang diakui oleh Negara lain.
  5. kerjasama yang dibuat oleh suatu Negara contohnya studi banding.

Sementara itu dampak ngatifnya yaitu:

  • Kebijkan politik yang merugikan rakyat
  • Mewujudkan kepentingan pelaku yang menjalankannya.
  • Banyak perilaku KKN
  • Campur tangan Negara asing

Demikian yang bisa saya tulis terkait apa yang dimaksud dengan globalisasi. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimaksih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: