1091

10 Bagian Penting Pada Gitar Yang Harus Kamu Ketahui Sebagai Gitaris Pemula

Gitar terbagi kedalam dua jenis yaitu listrik dan klasik. Bagian gitar memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti saddle, nut, bridge dan fret. Semua komponen bagian bagian gitar itu untuk menghasilkan nada pada kunci gitar yang pas.

Pada kesempatan ini admin bisapinter akan sedikit mengulas mengenai bagian pada gitar. Dari gitar elektrik atau listrik sampaui gitar akustik. Sebagai seorang penggemar atau pemain gitar sudah tentu kita harus mengetahuinya. Yuk, disimak dengan santai.

Bagian – Bagian Gitar Listrik

gitar listrik

Gitar yang paling banyak dipakai oleh musisi rock, metal atau jenis genre lainnya merupakan jenis yang satu ini. Sebabnya, jika kamu gunakan gitar ini dalam pentas atau latihan, suara yang dihasilkan akan keras dan jelas. Sehingga tidak perlu kamu gunakan tenaga yang keras dalam memetiknya.

Bahkan dibeberapa banyak video gitar listrik dapat menghasilkan suara hanya diusap saja. Bisa kamu lihat di youtube misalnya video solo guitar electric yang memainkan melody dengan sentuhan sedikit. Dengan bantuan tenaga listrik dan mengkonversi suara dari gitar sehingga menghasilkan suara yang jelas.

Ditambah dengan sistem speaker atau sound system yang terhubunh dengan gitar ini. Berikut ini adalah bagian bagaian gitar elektrik yang harus kamu ketahui.

Out Put Jack

Bagian ini merupakan tempat terhubungnya gitar listrik kedalam audio sound atau speaker. Alat yang digunakan atau berperan pada tempat ini merupakan kabel jack.

Senar Gitar

Seperti pada umumnya, senar gitar pada gitar listrik juga umumnya terdapat 6 (enam). Urutan yang dimulai dari senar terkecil yaitu satu sampai yang berukuran besar.

Semua jenis senar menghasilkan suara yang berbeda – beda. Dengan cara dipetik, dibetoto atau dislap pada senar, menghasilkan suara yang bervariasi. Mulai dari senar satu yang pastinya akan lebih nyaring dari senar yang ke enam.

Penghubung Neck dan Body

Untuk menghubungkan bagian body gitar dengan neck menggunakan kayu yang berbahan solid. Maka dari itu bagian ini memiliki fungsi yang utama dalam menghubungkan body dengan neck.

Pickup Sensor

Getaran yang dihasilkan dari petikan senar akan di konversi menjadi sebuah sinyal elektrik. Hal itu yang difungsikan oleh pickup sensor ini. Sinyal elektrik tadi akan diolah dan disalurkan kedalam audio sound yang terhubung pada gitar.

Bridge

Bagian gitar yang satu ini memiliki variasi yang beragam. Sehingga kamu dapat memilih sesuka hati jika akan melakukan custom.

Fungsi yang utama pada bridge adalah mempengaruhi nada tone yang terdapat pada gitar. Berbicara mengenai bahan yang dubuatya, bridge terbuat dari bahan metal stailess. Namun ada beberapa yang dibuat menggukan bahan khusus.

Tuning Lock

Sebagai dudukan kepala senar adalah fungsi dari bagian ini. Tepatnya terdapat pada belakang bridge gitar.

Strap In

Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk memasang sabuk gitar atau strap.

Volume and Tune Controls

Suara output nge bass atau menjadi rendah merupakan fungsi dari kontrol tone ini. Bisa kamu atur suara yang dihasilkan sebesar apa.

Dari mulai tanpa suara atau nol sampai paling keras. Bentu dari bagian gitar ini umumnya adalah bulat besar, kecil atau ada juga yang didesain seperti tengkorak dan yang lainnya.

Body Gitar

Bagian yang sangat penting dari keseluruhan gitar merupakan body gitar. Hal ini dikarenakan tempat yang tertempelnya bagian lain. Pastinya body gitar memiliki ukuran yang paling besar. Desain yang dibuat untuk body gitar beragam, mulai dari berbentuk standar, tengkorak, transparan dan lain-lain.

Fret

Untuk menentukan nada dari sebuah senar gitar, fret ini berfungsi dalam mengaturnya. Biasanya terbuat dari bahan metal stainless stell. Kamu harus mengetahui tanpa adanya bagian gitar fret ini, suara yang dihasilkan tidak akan baik. Jika tidak ada fret, akan sama seperti biola.

Fingerboard

Merupakan tempat yang digunakan dalam menekan fret tertentu yang menghasilkan beberapa nada pada gitar.

Nut

Dudukan yag terdapat pada senar paling ujung merupakan bagian ini. Bila kamu coba memetik, maka akan keluar suara yang nyaring.

Tuner

Bahan untuk pembuatan bagian tuner gitar ini biasanya adalah bahan metal stainless. Fungsi utama dari bagian ini yaitu untuk menjaga nada yang dihasilkan tidak berubah saat distem.

Kepala Gitar

Beberapa gitar mempunyai variasi pada bagian ini. Seperti H. Rhoma Irama yang punya gitar dengan kepala seperti dipotong. Fungsi yang sentral seperti body gitar, yang menempatkan dan mengatur semua senar. Selain itu untuk mengontrol seperti stem kunci gitar.

Bagian Bagian Gitar Akustik

gitar akustik

Source: Pixabay

Pada bagian yang satu ini, saya akan menyebutkan beberapa bagian dari gitar akustik. Tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, gitar akustik dibuat berbeda yaitu tidak menggunakan daya listrik. Sehingga bahan yang dibuat untuk semua komponennya rata-rata adalah dari kayu.

Namun ada beberapa juga yang didesain untuk bisa disambungkan dengan speaker menggunakan jack. Biasanya gitar akustik banyak digunakan oleh musisi pop sampai pengamen dijalanan. Mau tau kan apa saja bagian bagian gitar akustik ini? Yuk disimiak dibawah :

  • Fretboard / Fingerboard
  • Saddle
  • Senar (String)
  • Lubang suara
  • Soundboard
  • Bridge
  • Badan
  • Penghubung
  • Leher (Neck)
  • Fret
  • Tuner
  • Nut
  • Kepala (Head)

Itulah beberapa bagian-bagian dari gitar akustik. Mungkin bagi kamu yang masih dalam tahap belajar gitar, saya rekomendasikan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai gambar kunci gitar. Dari yang standar sampai gantung. Demikian artikel mengenai bagian bagian gitar ini bisa saya sajikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Show Comments

One Response

  1. niken swastika December 26, 2018

Leave a Reply