9
408

Wajib Kamu Ketahui! Inilah 5 Bahasa Daerah Dengan Penutur Terbanyak Di Indonesia

Negara Indonesia merupakan salah satu yang memiliki banyak bahasa derah begitu beragam dan banyak. Menurut data dari daerah Ethnologue, Indonesia memiliki 726 bahasa dituturkan oleh etnis-etnis di seluruh wilayah Indonesia. Berikut ini adalah 10 bahasa daerah yang memiliki jumlah penututr terbanyak di Indonesia.

Bahasa Jawa (84.300.000.Jiwa)

orang jawa

Source: goodnewsfromindonesia.id

Masyarakat Indonesia mentuturkan Bahasa Jawa di Pulau Jawa bagian Tengah dan bagian Timur. Namun di pulau-pulau lain juga terdapat penutur bahasa Jawa bahkan di Luar negeri juga terdapat penutur-penutur bahasa Jawa, di antaranya adalah negara Kaledonia Baru, Suriname, Malaysia, dan Singapura.

Bahasa Jawa sendiri memiliki beberapa tingkatan, seperti Karma, Ngoko, dan Madya. Menurut data sensus tahun 2000, penutur bahasa Jawa di Indonesia terdapat sebanyak 84 juta jiwa lebih.

Bahasa yang satu ini terdapat beberapa dialek, di antaranya dialek Banten, Bumiayu, Brebes, Biora, Banyumas, Cirebon, Tegal, Suriname, Surakarta, Surabaya, Serang, Semarang, Pekalongan, Kedu, Madiun, Malang, Pentura Timur (Jepara, rembang, demak, Kudus, Pati) dan Pantura Jawa Timur (Tuban, Bojonogoro).

Bahasa Sunda (34.000.000 Jiwa)

orang sunda cianjur

Source: Medum

Keunikan budaya yag satu ini merupakan jenis bahasa yang dituturkan oleh masyarakat Indonesia kebanyakan di Pulau Jawa bagian barat. Akan tetapi tidak hanya di bagian barat saja, namun bahasa Sunda juga banyak dituturkan di berbagai pulau di Indonesia oleh warga Sunda yang migrasi ke tempat tersebut.

Ada pula masyarakat yang belajar bahasa Sunda dan artinya dari orang-orang yang bermigrasi ke wilayah tersebut, sehingga orang yang bertutur bahasa Sunda semakin banyak.

Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri juga ada yang mentuturkan bahasa Sunda terutama di daerah yang menjadi tempat migrasi warga Sunda. Menurut yang di data oleh sensus, tahun 2000 bahasa Sunda dituturkan oleh 34 juta jiwa.

Bahasa Sunda memiliki beberapa dialek, di antaranya dialek barat (Banten,Selatan), dialek tenggara (Ciamis dan sekitarnya), dialek timur laut (Kuningan dan sekitarnya), dialek utara (Bogor dan sekitarnya), dialek selatan/dialek Priangan (Bandung dan sekitarnya), dialek tengah timur (Majalengka dan sekitarnya).

Bahasa Madura (13.600.000)

Masyarakat Madura mentuturkan bahasa Madura terutama di pulau Madura dan kawasan Pantai Utara Jawa Timur (Probolinggo dan sekitarnya). tidak hanya di Madura, bahasa Madura juga banyak dituturkan di wilayah Surabaya dan sekitarnya, Malang dan sekitarnya, kepulauan Masalembo, hingga ke Kalimantan.

Bahasa Madura banyak terpengaruh oleh bahasa-bahasa lain seperti Jawa, Melayu, Tionghoa, Bugis, dan sebagainya, sehingga banyak kata-kata bahasa ini yang berakar pada bahasa Melayu bahkan sampai bahasa Minagkabau.

Namun dengan pelafalan yang berbeda ini, bahas Madura memiliki pelafalan yang unik, sehingga orang-orang luar Madura akan merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Menurut data sensus di tahun 2000, penutur bahasa Madura terdapat sekitar 23 juta jiwa.

Bahasa Minangkabau (5.530.000 jiwa)

Bahasa minangkabau ditutur oleh masyarakat provinsi Sumatera Barat, bagian barat Riau, dan negeri sembilan Malaysia. Selain itu bahasa ini juga terdapat di berbagai daerah, karena sebagian penduduk Minangkabau banyak yang merantau ke luar daerahnya.

Menurut Sensus di tahun 2007, bahasa Minangkabau di tuturkan oleh sedikitnya 5 juta jiwa.

Bahasa Bali (3.300.000 Jiwa)

orang bali

Source: tatkala.co

Bahasa Bali bayak di tuturkan di pulau Bali, Lombok bagian baratm dan sedikit ujung timur pulau Jawa.Di Lombok tersebut, bahasa Bali dituturkan di sekitar kota Mataram, sedangkan di Pulau Jawa dituturkan di beberapa desa di kabupaten Banyuwangi.

Seperti bahasa lain, Bahasa Bali juga terdapat beberapa tingkatan, seperti Bali Kasar, Bali Alus, dan Bali Madya. Bahasa Bali berkerabat dengan bahasa Sasak, dan beberapa bahasa lainnya di di pulau Sumbawa.

Secara fonologis, bahasa Bali lebih mirip dengan dengan bahasa Melayu dari pada bahasa Jawa, hanya saja kemiripan dengan bahasa Jawa pada tingkatan bahasanyanya. Sehingga bahasa Bali Alus sangat mirip dengan bahasa Jawa Karma. Menurut densus tahun 2000 bahasa Bali dituturkan oleh 3,3 juta jiwa.

Itulah 5 bahasa daerah dengan penutur terbanyak di Indonesia. Di jaman sekarang ini, banyak bahasa daerah yang sudah terancam kelestariannya dikarenakan sifat kurang peduli dari penutur bahasa itu sendiri.  Saat ini banyak anak-anak yang di ajari dengan bahasa diluar daerahnya bahkan diajari bahasa asing oleh orang tuanya.

Oleh karena itu marilah kita sama-sama melestarikan bahasa-bahasa daerah yang ada di Indonesia. Semoga dengan sedikit ulasan tentang bahasa daerah ini dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat. Terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply