1
91

[Pengalaman] Bisnis Di Era Digital Yang Cocok Untuk Hobi Sendiri

Assalamualaikum warrohmatullohiwabarokaatuh. Pada kesempatan ini saya sengaja untuk menulis konten yang mungkin ini sekaligus pengalaman saya. Bisnis di era digital saat ini mungkin banyak diminati beberapa orang. Ya, salah satunya adalah saya sendiri.

Tepat sebelum tahun 2018 saya sebelumnya adalah seseorang yang sangat minim sekali dalam dunia perkembangan digital. Meskipun pada awal saya sekolah di bangku SMA, ada beberapa seminar programer yang saya ikuti.

Dulu hobi saya adalah suka bongkar pasang komputer. Pokonya rasa menantang bisa merakit komputer merupakan motivasi saya. Mungkin darisanalah titik sekarang menjadi seorang pemain publisher.

Akan saya sedikit singkat cerita ini. Mulanya saya mengetahui bisnis online itu hanya dari facebook saja. Biasalah paling jual beli hp di group kaya gitu. Namun ternyata setelah sekarang saya belajar di Sintesa oleh Mas Vatih, mulai disadari bahwa bisnis online itu sangatlah luas. Mungkin akan saya buat sub-heading biar seperti artikel SEO, hehe.

Pembuatan Website

buat website

Source: Pixabay

Yups, kita mualai dari yang pertama yaitu pembuatan website. Jujur dari dulu saya sangat sekalai punya blog atau web yang doinnya tuh ga gratisan gitu. Dalam pemikiran saya yang saat itu adalah ribet dan sangat sulit kalau buat website. Apalagi nanti webnya dijadiin money site. Tapi di Sintesa saya diajari mengenai hal tersebut. Dan Alhamdulillah sayapun bisa.

Jujur saja, ketakutan saya kalau dulu bikin web itu adalah error, ribet, bahasa pemrograman dan lain-lain. Padahal kan saya cuma lulusan perikanan dan tidak ada sama sekali dasar.

Sudah 10 bulan saya belajar mengenai pembuatan web dan ilmu IM lainnya. Dan sekarang sudah gak canggung lagi mungkin ya, kalau saya kasih tau ke saudara yang mau tahu atau belajar bikin web, hehe.

Lanjut ke heading selanjutnya . .

SEO

SEO

Source: Pixabay

Mungkin iniliah yang menjadi sebuah bumbu kalau menurut saya, yap bumbu dalam blogging. Tanpa adanya ilmu SEO ini seseorang tidak akan bisa mengembangkan web sampai menjadi money site yang bagus.

Saya diajari oleh Mas Vatih dan guru-guru di Sintesa mengenai SEO. Ya sederhanya bisa dibilang teknik bagaimana artikel kita bisa ada di page one pencarian om Google. Kalau dulu saya sangat awam dan asing sekali dengan istilah SEO ini. Bahkan minder sama temen yang sudah bnyak ada yang bisa dan mengetahui.

Namun tetap, pesan dari Guru insyaallah pada akhirnya kita akan bisa. Yang terpenting adalah ikuti saja alurnya dan apa yang diperintahkan/instruksi oleh Guru.

Dan Alhamdulillah, webste ini (Bisapinter.com) merupakan hasil saya belajar SEO di Sintesa. Mulai dari nol sampai saat ini yang masih banyak kekurangan sih. Hehe.

Jualan Online

jualan online

Source: Pixabay

Nah, ini yang terakhir yaitu jualan online. Ternyata sungguh saya gaptek banget ya dulu, sampai info terkait adanya google ads dan fb ads adalah tool yang bisa sigunakan dalam berbisnis.

Selama kurang lebih 5 bulan saya belajar dalam urusan jualan online. Teknik yang diajarkan yaitu dengan menggunakan Google Ads yang sebelumnya yaitu Google Adword. Dari sana saya mulai mencari, riset produk apa yang bisa saya bisniskan. Alhamdulillah dari sekian banyak riset produk, saya temukan beberapa yang sudah menjadi winning campaign.

Salah satu bisnis saya saat ini adalah jual ayam pelung. Mungkin sudah sekitar 3 bulan berjalan bisnis ini. Meski belum besar tapi saya yakin bisnis ini akan menjadi peluang saya nanti dalam usaha menyingkronkan offline dan online.

Itu saja yang bisa saya sedikit share ya, intinya berbisnis di era digital itu sangat seru Gampang – gampang susah lah. Buat kamu yang ingin mencoba berbisnis di dunia internet ingat selalu pada keberkahannya dan selalu berdoa kepada Alloh swt. Sekin dan terimakasih, wasslaamualaikum Wr Wb.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply