3
621

√ Cara Bermain Gitar Untuk Pemula Dengan Cepat, Mudah

CARA BERMAIN GITAR – Banyak sekali seseorang yang hanya memposisikan dirinya sebagai penikmat alat music. Alat music yang menghasilkan nada memberikan hiburan tersendiri serta relaxsasi pada setiap keadaan. Seperti halnya bermain gitar.

Gitar sebagai alat music yang umum digunakan pada setiap Band, konser atau acara-acar amusik lainnya. Sehingga memunculkan hasrat seseorangan untuk bisa bermain gitar. Dalam artikel ini akan dibahas cara bermain gitar dari pemula sampai professional yang dikemas secara lengkap. Selamat membaca, jangan lupa share jika bermanfaat.

CARA BELAJAR MAIN GITAR SENDIRI

cara bermain gitar

Mempunyai kemampuan memainkan alat musik tentunya banyak diinginkan kebanyakan orang. Selain bisa menghibur diri, mempunyai skill ini menjadi suatu kepuasan tersendiri.

Dari berbagai alat musik yang mudah untuk dipelajari dari sejak dulu, salah satunya adalah gitar. Seseorang yang bisa bermain gitar biasanya menjadi satu hal yang diidamkan. Terlebih lagi manfaatnya dapat menghibur dan sarana untuk menetralkan suasana hati.

Alat musik gitar dapat kamu temukan diberbagai Negara. Sebagai alat musik petik, gitar selalu ada dalam berbagai acara musik seperti konser besar, musik café hingga pengamen di jalanan. Hal ini dikarenakan gitar menjadi salah satu alat musik yang paling populer digunakan di dunia.

Banyak sekali orang-orang yang terkenal karena kelihaiannya dalam bermain gitar. Sung Ha Jung adlah contohnya. Dia adalah orang yang terbilang berskill dewa dalam memainkan gitar. Orang yang berasal dari Korea ini telah lama memainkan gitar dalam model fingerstyle. Banyak video yang populer terkait Sung Ha Jung di media sosial atau youtube.

Tentunya jika kamu menginginkan kemampuan seperti dia, perlu latihan yang ekstra dan lebih mengenal alat musik ini. Lalu bagaimana kalau kamu pemula? Tenang saja, dalam konten artikel ini, saya akan sajikan cara bermain gitar secara lengkap. Mulai untuk pemula atau yang mau ke tingkat professional. Silahkan di simak saja.

Berikut ini poin penting terkait, cara bermain gitar dengan sendiri.

Belajar Kunci Gitar Yang Sederhana

Orang-orang yang ingin belajar gitar sangat mudah sekali pada saat ini. Kamu bisa belajar terlebih dahulu kunci sederhana baik yang ada dibuku ataupun artikel.

Saran saya, lebih baik gunakan buku. Selain jelas, kamu bisa langsung memegang gitar dan mempraktekannya tanpa harus keteteran.

Sebelum kamu memahami kunci-kunci yang agak sulit sampai benar sulit, lebih baik mulai dengan kunci D, A, G.

Lakukan dengan menghafal tiga kunci, lalu setelahnya bisa ditambah lagi. Lakukan terus menerus sampai hafal.

Berteman Dengan Orang Yang Bisa Gitar

Seperi istilahnya seseorang yang berkumpul dengan tukang parfum, maka dia akan kebagian wanginya. Begitupun dalam hal ini.

Jika kamu memang ingin bisa bermain gitar, ajak teman atau mulai berteman dengan orang yang jago bermain gitar. Kamu bisa mendapatkan pengalaman mereka juga dari awal mula mereka bisa gitar.

Tanyakan semua yang kamu tidak tahu atau tidak bisa kepada teman yang bisa bermain gitar. Sampai akhirnya kamu akan bisa bermain alat musik ini.

Punya Gitar

Akan lebih mempercepat proses belajarnya jika kamu punya gitar milik sendiri. Meskipun tidak salah untuk meminjam temanmu untuk belajar gitar.

Dengan memiliki gitar sendiri, kamu bisa lebih mengekspose sepuasnya setiap waktu. Terus dan terus melatih jari-jarimu dalam bermain gitar.

Tekad Yang Kuat

Suatu perbuatan jika tidak dibarengi niat dan tekad maka kamu tidak akan bersemangat dalam menjalaninya.

Makanya dalam hal ini berniat dan optimis bisa menggunakan gitar sangant diperlukan.

Karena dengan adanya tekad  dan niat, maka kamu akan semangat terus.

CARA BERMAIN GITAR KUNCI DASAR

Hal ini mungkin pernah kamu rasakan ketika sedang berkumpul bersama teman. Temanmu bernyanyi sambil memainkan gitar, sementara kamu hanya menepok-nepok tangan saja. Terlintas kamu ingin bisa menguasai alat musik gitar.

Caranya gampang sekali. Dalam bagian ini kamu akan mendapatkan bimbingan cara bermain gitar dari nol.

Memahami kunci gitar dasar merupakan bagian utama yang wajib kamu kuasai. Berikut ini beberapa kunci dasar dalam belajar bermain gitar.

Kunci C

Mulailah dengan belajar dari kunci dasar C. Kenapa demikian? Kebanyakan lagu-lagu yang diputar khususnya di Indonesia diawali dengan chord C.

Caranya cukup mudah letakan telunjuk kamu pada senar dua blok satu. Lalu jari tengah pada senar 4 blok kedua. Dan yang terakhir jari manis pada senar 5 blok ketiga.

Lakukan pembelajaran kunci tersebut dengan penuh perasaan dan penekanan pada senar. Usahakan bunyi yang terdengar tidak sumbang.

Kunci D

Sama halnya dengan kunci dasar C. Penempakan posisi masih dalam tiga jari.

Caranya adalah jari telunjuk pada senar 3 blok 2, jari tengah di senar 1 blok kedua. Terakhir jari manis pada senar 2 blok ke 3.

Sebelumnya kamu harus tahu blok dan posisi senar. Blok adalah bagian sekat yang terdapat pada batang gitar. Biasanya blok tersebut dihitung dari blok 1 sampai yang terkecil mendekati tempat petikan.

Sementara untuk posisi senar yaitu terdapat enam senar pada gitar yang standar. Senar 1 dihitung dari yang terbawah sampai senar ke 6 di yang paling atas.

Kunci E

Posisi jari yang ditempatkan untuk kunci E berada pada blok 1 dan 2 saja. Caranya yaitu dengan menempatkan jari telunjuk pada senar ke 3 blok ke 1. Jari tengah pada senar ke 5 blok 2. Dan jari manis pada senar 4 blok 2.

Kunci F

Berbeda dengan kunci dasar lainnya, chord F menggunakan 4 jari pada penempatannya. Caranya yaitu dengan meletakan jari telunjuk disenar 2 blok 1, jari tengah disenar 3 blok 2, jari manis di senar 5 blok 3 dan jari kelingking di senar 4 blok 4.

Kunci G

Untuk jenis chord dasar ini, peletakan jari sangat mudah dilakukan. Pertama-tama letakan jari kelingking pada senar satu blok 3, jari tengah di senar 5 blok 2 dan jari tengah di senar 6 blok 3.

Kunci A

Penekanan pada semua chord harus benar-benar sempurna. Sama halnya dengan kunci A.

Caranya adalah meletakan jari telunjuk, tengah dan manis sejajar. Yaitu pada senar 2,3 dan 4. Untuk penempatan blok berada pada sekat ke dua.

Kunci B

Hampir sama dengan posisi chord A. Bedanya peletakan blok lebih maju ke arah sekat 4 dan penambahan senar ke satu ditekan pada blok 2.

Itulah beberapa cara bermain gitar dengan mengenal kunci dasar. Perlu ditekankan lagi, penekanan yang sempurna harus diperhatikan supaya bunyi yang dihasilkan tidak sumbang.

CARA MEMEGANG KUNCI DASAR GITAR

memegang kunci dasar gitar

Seperti yang telah kita ketahui, banyak sekali chord yang terdapat pada gitar. Dari mulai kunci dasar, gantung atau fingerstyle akustik. Tentunya disini saya akan lebih menekankan pada pembelajaran kunci dasar yang harus dikuasai.

Seperti yang telah dijelaskan seblumnya, kunci dasar terdiri dari A, B, C, D, E, F dan G. Ketujuh chord ini wajib sekali dikuasai untuk kamu sebagai pemula. Beberapa tips yang bisa saya share tentang bagaimana cara memegang kunci dasar gitar adalah sebagia berikut.

Baca Juga :Jenis Jenis Kunci Dasar Gitar Lengkap Dengan Penjelasannya

Mengetahui Pola Setiap Kunci

Tentunya bagi pemain gitar, wajib mengetahui pola setip chord yang akan dimainkan. Usahakan dalam pembelajaran pola ini lebih diingat. Mulailah dengan kunci C sampai dengan A.

Mengulang Kunci Dasar

Tahap selanjutny adalah mengulang-ulang kunci dasar yang telah kamu hafalkan tadi. Contohnya dari kunci C ke D, kemudian balikan lagi dari D ke C. Begitu juga semuanya, terus diulang sampai benar-benar hafal. Tidak hanya mengulang dua kunci saja, kalau bisa kamu random chord tersebut. Karena nantinya didalam lagu tidak semuanya selalu sama.

Senam Jari

Untuk menguasai kecepatan perpindahan dari kunci satu ke yang launnya, senam jari diperlukan. Senam jari yang dilakukan sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya memerlukan dua karet gelang.

Ikatkan pada jari telunjuk, tengah, manis dan kelingking. Jangan sampai longgar dalam mengikatnya. Setelah itu, gerakan jari-jari yang tadi diikat berulang-ulang. Lakukan minimal 5 menit setiap hari. Manfaatnya nanti kamu akan merasakan perbedaan pada kelenturan jarimu dalam memainkan kunci gitar.

CARA MEMETIK GITAR

Tidak hanya pola kunci yang kita harus kuasai, tetapi cara memetik gitar juga bagian penting dalam belajar gitar. Setelah kamu hafal dan mengasai kunci dasar, selanjutnya bisa melakukan ini.

Memetik gitar bagian dari cara bermain gitar yang sangat penting, karena akan menentukan suara yang akan dihasilkan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui dan aplikasikan dalam belajar gitar.

CARA MEMEGANG  GITAR

cara ememgang gitar

Banyak orang yang belajar gitar atau yang sudah bisapun tidak memperhatikan bagaimana gitar dipeganag dengan benar. Padahal hal tersebut akan mempengaruhi pada suar yang dihasilkan.

Dalam memeagan gitar yang sempurna adalah menahannya unutk menjaga keseimbangan. Usahakan siku kamu berada dekat dengan badan gitar. Fungsinya adalah supaya pergelang kamu dengan leluasa memetik senar gitar secara baik.

Selanjutnya kamu pegang leher gitar pada bagian fret. Posisikan ibu jari kamu pada belakang gitar.

Biarkan berat gitar tertumpu pada badan kamu. Karena nantinya tangan kamu bisa leluasa dalam bergerak.

Memegang Pick

Untuk mendapatkan pegangan pick yang nyaman adalah dengan memperhatikan prosedur berikut. Sebetulnya cukup simple dalam melakukannya.

Siapkan pick yang akan digunakan. Kemudian kepalkan dengan tangan kamu sampai tersisa beberapa cm dari pick. Posisikan pick tersbut berhadapan dengan dada kamu. Kemudian petiklah dengan sempurna.

Sebagian orang kadang tidak suka dengan memakai pick. Mereka malah menyukai dengan menggunakan jari. Hal itu tidak menjadi masalah dalam cara bermain gitar. Yang terpenting adalah suara yang dihasilkan tidak sumbang.

Memahami Suara Gitar

Pada bagian ini sebenarnya diperlukan perasaan dan pengalaman dalam bermain gitar. Usahakan mengerti berbagai suara yang timbul dari hasil petikan kamu.

Biasanya sering terdapat nada yang aneh atau sumbang karena senar mati atau bagian gitar ada yang rusak. Maka dengan memahaminya, kamu langsung bisa mengganti atau memperbaiki jika terdapat kejadian seperti tadi.

Itulah bagian memetik gitar yang wajib kamu kuasai. Belajar cara bermain gitar memang sangat rumit jika diawal-awal. Tetapi nantinya kamu akan terbiasa dan mahir dalam memainkan gitar.

CARA BERMAIN GITAR  BASS

belajar gitar bassbelajar gitar bass

Gitar bass pada umumnya mempunyai empat senar saja. Meskipun ada beberapa gitar bass yang mempunyai 5 dan 6 senar. Dalam memainkan gitar bass ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Memilih Jumlah Senar

Jika kamu memang seorang pemula yang ingin belajar memanikan alat musik bass ini, sebaiknya gunakan gitar yang mempunyai sebar 4.

Gitar bass yang memiliki senar empat mempunyai nada dasar EADG. Namun ini juga tidak menjadi patokan bagi kamu yang ingin mengubahnya menjadi BEAD. Tergantung nyamannya dimana, kamu pilih yang itu.

Selain itu, jika kamu sudah bisa menguasai gitar bass senar 4, sebaiknya belajar gitar bass yang mempunyai senar 5 atau 6. Karena bass jenis itu lebih lengkap tetapi rumit.

Jangkauan Nada

Sebagai pemula, maka pilihlah jangkauan nada yang mudah dan pendek. Meskipun hal ini tidak akan menghasilkan suara yang sevariatif jangkauan nada yang panjang.

Lalu apa yang dimaksud dengan jangkauan nada? Suara yang dihasilkan akibat jarak fret kearah bada gitar.

Cara Bermain Gitar  Bass Dangdut

Untuk bisa menguasai teknik bermain gitar dengan genre dangdut, kamu harus mengetahui teknik-teknik dalam bermain bass. Berikut ini adalah teknik bass tersebut.

  • Neck Bending

Posisikan ujung senar pada kepala bass atau dengan menekan headstock saat memetik bass.

  • Tapping

Gunakan jari  untuk menekan senar bass kemudian menggesernya sedikit demi sedikit.

  • Popping

Teknik yang digunakan dengan melepas  senar yang ditarik dengan ibu jari.

  • Slapping

Jempol yang digunakan dalam tenik ini ditampar-tampat kepada senar bass.

  • Up down thumb

Menggunakan jempol untuk memetik, sementara jari lainnya membantu seperti cara memainkan gitar akustik.

  • Alternative Picking

Gunakan dua jari untuk memetik senar secara bergantian. Jari yang biasa digunakan adalah telunjuk dan jari tengah.

Cara Bermain Gitar Bass Reggeae

Sama halnya seperti cara bermain gitar genre dangdut diatas. Yaitu dengan menguasai teknik dasar pada alat musik bass.

Kuasai beberapa teknik dasar seperti tapping, alternative picking dan lain-lain. Selain itu kamu juga banyak mendengarkan lagu reggae.

Karena dengan banyak mendengarkan musik reggae kamu akan mendapatkan fell ritmenya. Banyak contoh lagu yang bisa kamu dengarkan dan mencobanya untuk mengikuti nada bassnya. Contohnya lagu berjudul No Woman No Cry, Don’t Worry Be Happy, One Love, Is This Love dan lain-lain.

Itulah cara bermain gitar bass yang disajikan pada bagian ini. Semoga dapat membantu kamu dalam pembelajaran bermain bass.

CARA BERMAIN GITAR  AKUSTIK

belajar gitar akustik sendiri

Dalam bagian ini akan dibahas beberapa tips yang harus diperhatikan dalam belajar gitar akustik. Sebagian orang tahu jenis gitar terbagi kedalam beberapa bagian yaitu akustik, meody sampai dengan fingerstyle.

Lalau bagaimana cara bermain gitar akustik ini? Beberapa tips yang harus kamu perharikan adalah sebagai berikut.

Latihan Dengan Musik

Pilihlah lagu favorit kamu atau yang akan kamu akustikan. Setelah itu putar didalam mp3 player. Ambil gitar kamu dan coba petikan dengan menggunakan kunci  dasar yang sesuai lagu tersebut. Perlu diperhatikan, cara memetiknya adalah dengan menggerakan semua jari anda dari jempol sampai kelingking. Lakukan sampai kamu merasa nyaman.

Kelincahan Jari

Memetik ritme akustik memang sangat sulit diawal-awal, akan tetapi dengan seringnya latihan maka akan mudah. Melatih kelincahan jari dalam memetik bisa dengan melakukan senam jari.

Pelajari Kunci Gantung

Dalam gitar sebnarnya ada beberapa variasai kunci. Jenis tersebut diantaranya kunci dasar dan kunci gantung.

Untuk mendapatkan suara yang baik dan merdu dalam memetik gitar akustik, kamu bisa mempelajari kunci gantung.

Kunci gantung dapat memudahkan kamu juga dalam kecepatan pergantian chord disetiap lirik lagu.

Ketepatan Petikan Senar

Awal-awal memang susah untuk menepatkan posisi jari petikan dengan senar. Jika tidak tepat maka nada yang dihasilkan akan sumbang. Mulailah dengan melatih pelan-pelan yang terpenitng adalah tepat.

Lalau tambah kecepatan jika sudah bisa beradaptasi. Maka nantinya kamu akan tapis memetik gitar akustik.

CARA BERMAIN GITAR LISTRIK

belajar gitar listrik

Jenis gitar yang satu ini terbilang sangat mewah. Karena fasilitas dan perangkat tambahan lainnya yang membuat nada bervariasi sesuai kebutuhan lagu.

Dalam bermain gitar listrik, kamu harus mengetahu terlebih dahulu beberapa alat tambahan lainnya seperti ampli dan efek gitar.

Kontruksi gitar listrik juga terdapat beberapa tombol seperti volume, bass dan lain-lain.

Sama halnya dengan bermain gitar tanpa listrik. Cara bermain gitar listrik mudah namun memerlukan kebiasaan sepeti pergantian efek.

Gunakan pick supaya suara yang ditimbulkan bagus. Saran saya kuasai berbagai kunci gantung. Mulailah dengan membawakan lagu yang tidak rumit.

CARA BERMAIN GITAR  GAMBUS

gitar gambus

Alat musik yang banyak terdapat di adaerah timur dan kawasan melayu ini terbilang cukup unik. Cara memainkannya sama dengan gitar yaitu dengan dipetik.

Perbedaannya berda pada bentuknya saja. Gambus memiliki 3 dawai sampai 21 dawai. Pahatan disetiap bagian gambus menjadikan perbedaan dengan gitar. Selain itu alat ini juga memiliki panjang mencapai 1 meter.

Cara bermain gitar gambus ini mirip sekali dengan gitar akustik. Hal yang unik lain dari gambus adalah setelan nada yang berbeda-beda disetiap daerahnya.

Contohnya Kepulauan Riau menginakan nada GDGC. Ada juga yang menggunkan GA kemudian B dan diikuti dengan DAE. Padahal secara umumnya gambus menggunakan nada ADGC.

CARA BERMAIN GITAR  FINGERSTYLE

belajar bermain gitar melodi

Menguasai kunci gitar dan note ada;ah salah satu syarat wajib untuk bisa menguasai fingerstyle. Banyak orang-orang yang sudah menguasai teknik ini, salah satunya yang sering muncul di youtube adalah Sung Ha Jung dan Andi Mckee.

Jika kamu sudah mempunyai basic gitars melodi, itu akan lebih baik. Karena teknik yang satu ini sangat rumit dan tentunya memerlukan waktu yang lama untuk menguasainya. Namun kamu jagan berkceil hati, disini saya akan bagi tips bagaimana cara bermain gitar dengan teknik fingerstyle.

Senam Jari (Fingering)

Kita sudah tahu senam jari ini sangat berguna dalam melatih kelincahan dalam bermain gitar. Metode pertama sudah saya tulis pada bagian sebelumnya.

Metode selanjutnya yaitu dengan melatih jari kamu dengan memposisikan ibu jari tetap pada senar 5 dan 6. Selanjutnya adalah jari kelingking (senar 1), jari manis (senar 2), jari tengah (senar 3) dan jari telunjuk (senar 4).

Lakukan petikan secara berulang dan membiasakan sampai kamu benar-benar beradaptasi. Petikan dari senar 1 menuju senar 6 dan balikan lagi dari senar 6 ke senar 1.

Biasakan Memetik Dengan Ujung Jari

Sebagai pemula tentunya akan kerepotan untuk memetik dengan ujung jari ini. Maka dari itu perlu kebiasaan dan latihan. Usahakan setiap senar yang dipetik benar-benar dengna ujung jari. Jika tidak terkena oleh ujung jari, maka suara yang dihasilkan tidak akan sempurna.

Itulah tips dasar yang bisa kamu lakukan dalam cara bermain gitar teknik fingerstyle.

VIDEO (BONUS)

Berikut ini beberapa video terkait dengan pembelajaran gitar.

Gitar Gambus

Fingerstyle

Demikianlah artikel yang membahas bagaimana cara bermain gitar ini saya tulis. Intinya jangan mudah putus asa, teruslah berlatih sampai nantinya kamu bisa memainkan gitar. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

One Response

  1. deni oktaviano July 11, 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: