6
23

Tips Singkat Cara Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

Cara Budidaya Semut Rangrang – Hai teman teman, maaf nih udah lama ga update di blog ini karena banyak kesibukan, hehe. Oiya akhir akhir ini saya tertarik sekali dengan budidaya semut rangrang atau biasa dikenal dengan semut kroto. Padahal arti dari kroto adalah telur semut itu sendiri. hehe.

Sudah pada tahu kan semut yang satu rangrang? Kalau didaerah Jawa Barat sih sering disebut dengan “Kararangge”,  ga tau kalau didaerah kalian apa namanya, hihi. Perlu kalian ketahui bahwa semut rangrang dizaman sekarang sudah jarang ditemukan. Hal ini karena perubahan alam tepatnya dari globalisasi, polusi dan juga pembangunan industri.

Padahal semut rangrang ini sangat berperan penting sekali untuk keseimbangan alam. Nah, jika di daerah kalian masih ada semut yang satu ini, Alhamdulillah berarti daerah kalian masih asri. hehe. Saya kemarin mencoba mencari bibit sarang semut yang satu ini di daerah saya, sangat sulit sekali ditemui. Tapi alhamdulillah saya akhirnya bisa menemukan sarangnya di darah perkebunan yang tidak terurus.

Lokasi Semut Rangrang

lokasi semut rangrang

Source : Abahtani.com

Dari pengalaman saya ketika mencari sarang semut ini yaitu berada di daerah sekitaran yang dekat dengan sungai. Karena daerah perkebunan yang saya temui ini sangat berdekatan dengan sungai. Jadi saya asumsikan semut rangrang ini menyukai tempat yang agak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pada saat saya menemukan lokasi tersebut, kemudian saya analisa ada berapa sarang disetiap pohon. Ternyata disetiap pohon tempat adanya semut rangrang bersarang biasanya terdapat sekitar 5-7 sarang. Ukuran tempat sarang semut ini beragam, dari mulai yang besar sampai lipatan daun yang kecil. Lalau dimana biasanya ratu semut rangrang itu berada? Jika saya baca baca dari beberapa artikel dan dari pendapat teman saya, ratu semut akan berada pada posisi sarang yang sangat tinggi.

Maksudnya adalah tempat tinggal ratu lebih tinggi dari sarang sarang yang lainnya. Sudah pada tahukan ciri cicri ratu semut rangrang? Atau masih bingung? hehe.. Oke akan saya kasih tau beberapa cirinya.

Ciri Ratu Semut Rangrang

ratu semut rangrang

Source: hewanpedia.com

Bagi yang belum tau ciri dari ratu semut rangrang yaitu pasti dari ukuran badan akan lebih besar dari semut lainnya seperti pekerja. Untuk lebih jelasnya adalah :

  • Ukuran lebih besar dari semut yang lain
  • Warna dari tubuhnya sedikit berwarna kuning
  • Selalu dikerumuni semut lainnya
  • Sulit untuk melarikan diri / Tidak lincah

Nah itu tuh ciri yang saya ketahui tapi Insyaallah ga salah hehe. Memang agak gampang gampang susah cara buedidaya semut rangrang ini. Mudahnya yaitu praktis, pakan tidak terlalu boros. Nah kalau susahnya yaitu sisemut sulit banget buat bikin sarang di media buatan. Lalu bagaimana membuat media budidaya semut rangrang ini? Berikut akan saya jelaskan secara sederhana dan cepat.

Media Budidaya Semut Rangrang

rak budidaya semut rangrang

Source : Youtube

Tempat yang dijadikan untuk budidaya semut rangrang ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan rak yang bisa dibuat dari bambu atau kayu reng. Berikut saya poinkan :

  • Rak budidaya, bisa terbuat dari bambu, atau kayu reng yang dilapisi triplek.
  • Toples bekas.
  • Minyak atau bisa pakai oli (cuman kalau pake oli agak berbau)
  • Wadah untuk ditempatkan dikaki rak yang dicampur dengan minyak agar semut tidak keluar rak.
  • Wadah untuk tempat air gula.

Nah itu beberapa bahan yang harus anda siapkan buat budidaya semut rangrang ini. Gak sulit kan? hehe. Jika semua sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah kalian harus mencari bibit semutnya. Saya sarankan sih beli aja lewat online. Karena apa? Jika ngambil dari alam banyak sekali resiko terutama semut akan stress dan banyak yang mati karena perubahan tempat hidupnya. Yang asalnya dialam sekarang harus ke rak.

Berbeda jika kalian membeli dari peternalk lain. Semut sudah terbiasa dengan media toples dan tempat yang dibuat sengaja oleh manusia. Semut tidak akan strees. Usahakan kalau bisa kalian punya ratunya juga supaya produksi krotonya lebih cepat dan banyak. Nah itulah beberapa tips singkat sekaligus pengalaman saya bagaimana cara budidaya semut rangrang ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply