2
152

7 Langkah Mudah Membuat Aquarium Sendiri Di Rumah Menggunakan Alat Sederhana (Simpel)

Cara Membuat Aquarium – Wadah Ikan ini dapat digunakan sebagai salah satu hiasan yang diletakkan di rumah. Aquarium akan memberikan suasana yang tenang dengan terdengar percikan – percikan air serta ikan yang tenang berada di dalamnya, cocok digunakan untuk melepas penat para penghuni rumah.

Persiapan Membuat Aquarium

persiapan membuat aquarium

Source: widiandp.wordpress.com

Untuk cara membuat aquarium yang sederhana tidaklah sulit, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain karena hal ini merupakan kreasi Anda untuk bagaimana membuatnya menjadi unik dan beda dari aquarium yang lainnya.

Anda dapat mendatangi toko aquarium untuk mengetahui desain seperti apa yang ingin dibuat sendiri. Anda dapat berkreasi untuk membentuk desain yang unik.

Untuk cara membuat aquarium, Anda perlu mengetahui cara – cara yang akan diulas pada artikel ini agar menjadi aquarium idaman yang Anda punya.

Di aquarium yang dibuat juga dapat ditambahkan bentuk terjun menggunakan pompa pendorong yang tersedia. Untuk alat dan bahannya Anda hanya perlu menyediakan:

  • Kaca yang memiliki ketebalan yang sesuai
  • Lem silikon yang digunakan untuk merekatkan kaca
  • Alat lem tembak
  • Pisau cutter
  • Lakban spidol
  • Alat pemotong kaca
  • Obeng

Selain itu ada  perlengkapan lain yang mungkin akan Anda butuhkan pada proses pembuatan aquarium. Di bawah ini merupakan langkah  – langkah membuat aquarium sederhana yang dapat dibuat sendiri di rumah.

Cara Membuat Aquarium Dengan Menentukan Desain Aquarium

menentukan desain aquarium

Source: maulanainformasi.blogspot.com

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat aquarium adalah dengan menentukan desainnya terlebih dahulu. Desain dapat diperoleh dengan menggunakan barang bekas atau barang – barang lainnya.

Desain ini dapat menggunakan konsep rumah yang minimalis atau pembuatan aquarium yang sederhana dan mini. Buatlah sesuai dengan keinginan entah akan dibentuk bulat, kotak, maupun bentuk lain sesuai kreasi Anda.

Menentukan Dimensi Atau Ukuran Aquarium

desain aquarium

Source: infobudidaya.com

Selanjutnya adalah menentukan ukuran dari aquarium tersebut. Sesuaikan ukuran aquarium dengan kapasitas dari ruangan yang Anda miliki.

Jika nantinya aquarium akan diletakkan di atas meja, maka ukur aquarium sesuai dengan ukuran meja tersebut. Jangan lupa sesuai dengan saringan atau filter yang ada di aquarium dengan tugasnya menyaring kotoran yang ada di aquarium.

Memotong Kaca

memotong kaca aquarium

Source: youtube

Kaca merupakan material utama yang harus ada dalam pembuatan sebuah aquarium. Dengan kaca ini, maka aquarium akan terbentuk sedemikian rupa sehingga menjadikan bentuk yang unik dan transparan.

Pemotongan dari kaca ini harus diperhatikan dan teliti agar meminimalisir kesalahan. Anda dapat membuat miniatur terlebih dahulu sebelumnya untuk kemudian dijadikan patokan dalam pembuatan aquarium yang asli.

Sebelum di potong, garis terlebih dahulu dengan menggunakan spidol agar sesuai dengan ukuran dari rancangan, potong dengan menggunakan pemotong kaca dan jangan potong hingga putus, biarkan terpotong setengah dari ketebalannya agar terbelah lebih sempurna.

Menghaluskan Potongan Kaca

menghaluskan kaca aquarium

Source: youtube

Aquarium harus terlihat jernih agar dapat melihat isi dari aquarium tersebut. Kaca yang telah terpoyong pasti memiliki sisi yang kasar dan juga tajam.

Maka dari itu, haluskan potongan kaca tersrbut dengan menggunakan gerinda atau jika tidak memiliki alat tersebut, Anda dapat menggunakan batu asahan dan karbonrondum untuk menghaluskan potongan kaca.

Menempelkan Lakban Pada Pinggir Alas Aquarium

lakban untuk aquarium

Source: Bukalapak

Anda dapat menggunakan lakban untuk merekatkan kaca satu dengan kaca yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kaca tidak bergeser ketika akan direkatkan.

Lakban ini juga dapat ditempelkan pada sisi bawah kaca yang bertindak sebagai alas serta sebagai pembatas agar lem silikon yang nantinya diberikan tidak merambat ke sisi yang lain.

Merekatkan Sisi Aquarium

merekatkan aquarium

Source: youtube

Kegiatan selanjutnya yang dilakukan untuk membuat aquarium adalah dengan menempelkan susunan kaca tersebut dengan menggunakan lem kaca. Di setiap sisi dinding juga dilakukan hal yang sama agar saling menempel satu sama lain.

Pada sudut – sudut dinding juga ditambahkan lem agar lebih kuat dan tahan lama. Setelah itu, rekatkan kembali menggunakan lakban agar dinding dari kaca tersebut kokoh dan tidak mudah lepas.

Susun Potongan Kaca Tadi Sesuai Dengan Yang Anda Inginkan

menyusun kaca aquarium

Source: integrassian.wordpress.com

Anda dapat menyusun potongan – potongan kaca menjadi hiasan unik yang ada di aquarium. Tujuan ini adalah semata – mata untuk mempercantik tampilan dari aquarium tersebut.

Jika memiliki kaca yang sudah tidak digunakan lagi, tempelkan di beberapa dinding kaca tersebut dengan menggunakan kaca yang sudah dibentuk sedemikian rupa agar menjadi bentuk hiasan yang cantik.

Hati – hati ketika menghias dengan kaca karena jika Anda terkena pinggiran kaca tersebut maka Anda akan mengalami luka meskipun kaca sudah dihaluskan dan diratakan.

Buka Lakban Dan Sisa Lem Jika Sudah Kering

Dengan aquarium buatan sendiri ini Anda dapat berkreasi sesuai dengan keinginan Anda untuk menghasilkan aquarium sesuai dengan keinginan. Jika tadi sudah dihias dan ditempelkan kaca demi kaca sehingga membentuk dinding aquarium yang kokoh.

Selanjutnya adalah pengecekan aquarium apakah bocor atau tidak dengan cara memasukan air ke dalam aquarium. Hal ini juga dapat sekalian membersihkan aquarium dari debu kaca yang tadi masih terselip.

Letakkan Skimmer Dan Power Head

Anda dapat menambahkan aerator setelahnya untuk penghasil gelembung udara yang ada di aquarium.

Lalu Anda juga dapat meletakkan skimmer di sisi kanan, kiri atau di belakang aquarium, serta power head di sisi kanan atau kiri aquarium dengan mondong yang menghadap ke tengah. Jika sudah terpasang semua, maka nyalakan listrik yang telah disesuaikan.

Masukkan Ikan Dan Air Secukupnya

isi air aquarium

Source: dekorrumah.net

Jika semua pengecekan sudah di rasa tidak ada masalah. Langkah terakir yaitu memasukkan air tawar serta ikan hias yang akan kita pelihara di aquarium tersebut.

Langkah ini merupakan langkah terakhir dari cara pembuatan aquarium yang sesuai dengan keinginan dari pembuatnya dan dikreasikan sendiri sesuai dengan apa yang diidam – idamkan. Isi dengan ikan hias seperti ikan emas, ikan koi, dan ikan – ikan lainnya yang indah dan cantik.

Jika Anda ingin menambahkan ikan sapu – sapu juga tidak masalah karena ikan tersebut dapat berguna untuk membersihkan kotoran yang ada di aquarium tempat ikan – ikan lain tinggal.

Beberapa poin di atas merupakan cara membuat aquarium sendiri sesuai dengan kreasi pembuatnya. Untuk tambahan alas, Anda dapat memanfaatkan Styrofoam untuk meminimalisir benturan antara kaca dan meja yang akan menjadi tempat aquarium tersebut singgah.

Untuk hiasan lain, Anda dapat menambahkan hiasan seperti kerikil warna – warni, batu karang, kerang, tanaman bawah laut, dan hiasan lain yang berguna untuk mempercantik aquarium.

Lampu hias juga diperlukan agar menambah kesan eksotik kepada aquarium buatan Anda dan yang melihat tidak akan bosan karena kecantikannya. Semoga artikel cara membuat aquarium ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi pembuatan aquarium.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply