4
1012

√ 25+ Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Mudah Dan Praktis

CARA MEMBUAT MINYAK KEMIRI – Banyak sekali cara yang dilakukan untuk membuat rambuh tumbuh dengan cepat. Mulai dari pemakaian minyak khusus seperti cream penumbuh rambut atau menggunakan cara alami. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu menggunakan minyak kemiri.

Minyak kemiri dapat dibuat dengan mudah dan praktis di rumah. Cukup dengan menggunakan alat-alat yang biasa dipakai untuk memasak seperti blender. Dalam artikel ini anda bisa menemukan berbagai cara membuat minyak kemiri dengan mudah dan praktis.

Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Diblender

Cara membuat kemiri  dengan menggunakan blender

Source: thegoodguys.com.au

Bagi sebagian orang memanfaatkan minyak kemiri dalam perawatan rambut sangatlah penting. Senyawa yang lengkap dalam minyak ini sudah terbukti ampuhnya dalam menumbuhkn rambut dengan cepat dan tebal.

Banyak produk minyak kemiri yang sudah dapat dicari di toko-toko kosmetik ataupun online.  Namun bagi anda yang ingin membuatnya sendiri, bisa melakukannya di rumah dengan mudah.

Alat sederhana yang digunakan yaitu dengan blender. Dengan menggunakan alat ini maka, proses pengambilan sari minyak akan mudah.

  • Pertama-tama siapkan blender, biji kemiri, wadah, kain bersih dan air.
  • Masukan kemiri kedalam blender sesuai takaran dan daya tammpungnya.
  • Haluskan kemiri sampai benar-benar halus.
  • Masukan kedalam wadah dan tambahlah air secukupnya
  • Kemudian saring menggunakan kain bersih
  • Minyak kemiri sudah bisa digunakan.

Gunakan minyak kemiri ini untuk perawatan rambut anda. Supaya kualitasnya tetap terjaga, masukan kedalam wadah seperti botol bekas kecil. Kemudian simpan ditempat sejuk. Agar nantinya daoat digunakan kembali sesuai keperluan anda.

Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Dipanggang

membuat minyak kemiri dengan menyanggrai

Metode yang banyak digunakan dalam membuat minyak kemiri bermacam-macam. Adaya yang memakai proses modern. Biasanya cara membuat minya kemiri ini dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi minyak ini dalam skala besar.

Namun ada juga cara membuat minyak kemiri yang bisa dipakai di rumah dan mudah. Yaitu dengan menggunakan teknik memanggang. Metode ini bisa anda pakai untuk membuat minyak kemiri secara praktis.

Alat yang digunkan pun sangat sederhana. Anda bisa menggunakan oven atau panci untuk memasak nasi.

Jika menggunakan oven, anda tinggal siapkan kemiri dan masukan kedalam wadah. Selanjutnya masukan kedalam oven selama kurang lebih 10-15 menit. Tunggu sampai kemiri terlihat mengelurkan minyak dan tekstur juga sudah empuk.

Selanjutnya anda haluskan kemiri tersebut. Alatnya bisa anda gunakan cobek atau apa saja yang bisa menghaluskannya. Lalu ambilah kain bersih dan saring kemiri yang sudah halus tadi. Jangan lupa tambahkan air terlebih dahulu.

Begitupun jika anda gunakan panci unutk menanak nasi atau air. Anda cukup siapkan panci yang terisi air, lalu pakailah pembatas saringan diatasnya. Hal ini agar kemiri tidak tercampur dengan air.

Tunggulah sampai tekstur pada kemiri tersebut empuk.  Kemudian haluskan seperti diatas tadi . bisa menggunakan cobek atau alat lain yang serupa. Kemudian anda peras menggunakan kain yang bersih.

Cara Membuat Minyak Kemiri Dengan Disangrai

cara membuat minyak kemiri dengan dipanggang

Selain menggunakan metode dalam pembutan minyak kemiri tanpa pemanasan. Berikuti ini akan saya bagikan bagaimana cara membuat minyak kemiri menggunakan panas.

Cara membuat minyak kemir dengan menyanggrainya adalh jawabannya. Proses menyanggrai kemiri adalah menggorengnya tanpa menggunakan minyak. Alat yang disediakan berupa kompor dan wajan.

Langkah-langkahnya yaitu dengan mempersiapkan biji kemiri. Kemudian panaskan wajan diatas kompor menyala. Lalu masukan biji kemiri. Oseng-oseng sampai terlihat ada minyak yang keluar pada kulit kemiri.

Setelah itu kamu haluskan, lalu campur air dan peras menggunakan kain bersih. Hasil perasan tersebut sudah bisa digunakan.

Kegunaan dari minyak ini sangatlah banyak. Diantaranya :

Masker pada rambut

Gunakan hasil perasan yang telah dibuat tadi kepada rambut. Caranya dengan mengoleskan pada tangan dan letakkan  pada kepala seperti kamu sedang keramas. Usahakan minyak dapat meresap pada kulit kepala.

Gunakan cara ini 40 menit sebelum mandi. Lalu bersihkan atau cuci menggunakan shampo.

Minyak pada rambut

Gunakan minyak kemri yang sudah dibuat tadi pada rambut setiap pagi. Hal itu akan membuat rambut anda segar dan sehat.

Serum pada rambut

Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk perwatan serum. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memakaikan minyak pada rambut sebelum tidur. Kemudian pakailah handuk supaya menutupi kepala. Gunakan selama 40-50 menit agar meresap.  Setelah itu basuh menggunakan air bersih.

Cara Membuat Minyak Kemiri Tanpa Pemanasan

membuat minyak kemiri tanpa pemanasan

Sebagian besar orang sudah mengenal manfaat minyak kemiri untuk perawatan. Salah satu diantara khasiatnya yaitu dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Sebutan untuk buah kemiri berbeda-beda disetiap daerah. Contohnya seperti daerah sunda, kemiri disebut muncang atau derekan. Sedangkan untuk dijawa, kemiri disebut pidekan.

Cara membuat minyak kemiri ini dapat dilakukan bermancam-macam. Diantaranya yaitu dengan mesin pabrik berskala besar sampai sederhana. Pada bagian ini saya akan tulis bagaimana cara memmbuat kemiri. Namun, anda sebaiknya harus tahu manfaat minyak ini.

Menghitamkan rambut

Minyak kemiri adalah obat alami yang cocok digunakan untuk menghitamkan rambut. Mulai dari jenis rambut keriting, lurus atau bergelombang.

Mengatasi rambut rontok

Penggunaan minyak kemiri secara teratur akan mengatasi kerontokan pada rambut. Mineral dan protein yang terdapat pada minyak ini membantu memperkuat akar rambut. Sehingga buat anda yang memiliki masalah pada kerontokan rambut, bisa menggunakan minyak kemiri sebagai solusinya.

Menumbuhkan rambut dengan cepat

Minyak kemiri juga berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan pada rambut. Tentunya bagi kamu yang memiliki masalah pada kepala yang botak, bisa kamu gunakan minyak kemiri.

Memiliki rambut yang botak dan sulit untuk tumbuh merupakan masalah pada perawatan rambut. Biasanya seseorang membiarkan masalah ini dan tidak mengobatinya. Satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memakai minyak kemiri maka pertumbuhan rambut akan cepat dan sehat.

Membuat minyak kemiri dengan diblender

Cukup dengan menggunakan blender, kamu sudah bisa mempraktikan cara membuat minyak kemiri dirumah. Metode praktis dan mudah bisa kamu lakukan dengan mempersiapkan alat seperti blender, biji kemiri, wadah, air dan kain yang bersih.

Masukan kemiri kedalam blender, tambahkan air sedikit agar tidak terlalu kering. Setelah itu saring menggunakan kain. Maka minyak kemiri sudah bisa dipakai.

Membuat minyak kemiri dengan menumbuknya

Selain menggunakan blender, kamu bisa juga pakai cobek untuk menumbuk kemiri. Cukup masukan kemiri kedalam cobek, lalu tumbuk dan tambahkan air hangat sedikit. Kemudian saring menggunakan kain bersih. Maka minyak kemiri sudah bisa digunakan untuk perawatan.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Alis

cara membuat minyak kemiri untuk alis

Alis adalah salah satu organ pada wajah yang tentunya banyak kegunaannya. Pada dasarnya alis melindungi mata dari keringat, kotoran atau air yang jatuh dari atas seperti hujan. Kenapa demikian? Aliran air yang datang dari atas menuju mata akan dibelokkan oleh alis kea rah pipi, sehingga air tersbut tidak masuk kedalam mata.

Selain itu fungsi alis juga berguna dalam penataan tampilan. Tanpa alis, wajah anda tidak akan proporsional dan terlihat aneh.  Maka dari itu, perawatan perlu dilakukan seperti memberikan minyak kemiri.

BACA JUGA : 10+ Cara Membuat Alis Mata Dengan Mudah

Minyak kemiri bisa anda dapatkan dengan membelinya ditoko atau membuatnya sendiri di rumah. Resikonya jika membeli anda  menguras uang tetapi kualitasnya pasti terjamin. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah, itu gampang.

Anda bisa menghaluskan kemiri baik itu diblender atau di tumbuk sampai benar-benar halus. Kemudian tambahkan air dan saring dengan kain bersih.  Minyak kemiripun sudah anda bisa gunakan.

Perlu diingat, simpanlah minyak tersebut kedalam botol kecil dan simpan di tempat sejuk. Supaya bisa digunakan lagi nantinya dan menjaga kualitasnya.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Bulu Mata

cara membuat minyak kemiri untuk bulu mata

Bulu mata merupakan salah satu panca indra yang berperan dalam melindungi bagian mata dari kotoran ataupun debu yang akan mengganggu penglihatan.

Menurut jenisnya, bulu mata bermacam-macam, yaitu lurus, lentik, pendek, panjang dan kombinasi.

Tentunya memiliki bulu mata yang indah dan sehat itu yang diinginkan. Biasanya para wanita ingin memiliki bulu mata yang panjang dan lentik. Untuk menjadikan bulu mata yang seperti itu,anda bisa melakukan sedikit cara. Gunakanlah minyak kemiri pada bulu mata sebelum tidur.

Hasil yang akan didapatkan akan baik jika penggunannya teratur dan konsisten.

Bukan hanya memiliki bulu mata yang indah, panjang dan lentik. Tapi, sisi lainnya yaitu daoat meningkatkan kegunaannya seperti :

  • Menghalangi serangga kecil masuk kedalam mata

Terkadang ketika anda sedang berjalan, sering kali terdapat serangga seperti semut atau laron yang menempel pada wajah dengan tiba-tiba. Apalagi jika anda menggunakan motor. Alhasil serangga tersebut biasanya masuk kedalam mata dan menyebabkan penglihatan kabur. Maka dari itu, fungsi bulu mata inilah yang kita harapkan.

  • Melindungi dari debu

Biasanya dikota-kota industry dan padat dengan kendaraan, seseorang rawan terkena debu. Baik itu dari kendaraan roda dua, empat atau yang lainnya.  Memiliki bulu mata yang panjang dan sehat akan membantu melindungi mata.

  • Menyaring tingkat cahaya yang masuk

Cahaya yang kita lihat sebenarnya adalah intensitas yang sudah dikurangi oleh bulu mata. Jadi sinar yang sampai ke mata tidak terlalu berlebihan.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Jambang

membuat minyak kemiri unutk jambang atau cambang

Tidak semua pria memiliki rambut ini. Dan tak jarang pula seorang pria berlomba-lomba menumbuhkan jambang. Karena dengan memiliki rambut ini, seorang pria bisa dikatakan lebih perkasa atau maco.

Selain itu juga, sebenarnya jambang ini berfungsi untuk kesehatan lainnya.

  • Kelembapan pada kulit

Memeiliki jambang biasanya seorang pria akan memiliki kuli t yang tidak mudah kering. Karena sinar/cahaya yang masuh pada kulit wajah akan terfilter oleh jambang. Sehingga kuli tmenjadi lembab.

  • Mencegah infeksi

Memelihara jambang akan terhinar dari infeksi. Gejala ini biasanya diakibatkan seseorang yang  mencukurnya beresiko mengalami infeksi dan gatal pada kulit.

  • Awet muda

Bila sebagian orang berfikir memiliki jambang bisa erlihat lebih tua. Namun itu hal yang salah. Sebenarnya jambang akan melindungi kulit dari radiasi sinar matahari dan partikel. Sehingga kulit wajah akan terjaga dan sehat.

  • Mencegah kanker

Sinar ultraviolet adalah salah satu penyebab yang bisa meninmbulkan kanker pada kulit. Dengan memiliki jambang yang lebat maka pencegahan terhadap kanker sudah bisa dilakukan. Karena bagian rambut ini akan melindungi anda.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Kumis

cara membuat minyak kemiri untuk kumis

Bagi seorang pria tentunya memiliki kumis adalah bagian style. Selain untuk menambah tingkat kejantanan, kumis juga memiliki kegunaan lain seperti membantu menyaring partikel yang masuk ke hidung dan melindungi kulit wajah.

Sebagian kecil pria ada yang memiliki kumis yang kurang lebat. Sehingga secara naluri mereka mencari tahu bagaimana untuk memanjangkannya.

Disini sebenarnya, bisa anda gunakan minyak kemiri sebagai solusinya. Banyak sekali pembuatan minyak ini yang dianggap manjur untuk perawatan kumis.

Minyak kemiri dan minyak zaitun

Mengkombinasikan dua minyak ini merupakan cara untuk menumbuhkan kumis dengan cepat. Teknisnya :

  • Oven biji kemiri atau sanggrai. Tunggu sampai kemiri berwarna kecoklatan.
  • Haluskan kemiri menggunakan cobek.
  • Campurkan dengan minyak zaitun.
  • Aplikasikan kepada kumis secara teratur setiap malam.
  • Simpan minyak tersebut dalam wadah untuk penggunaan selanjutnya.

Minyak kemiri dan biji pepaya

Cara membuat minyak kemiri ini adalah :

  • Kupaslah buah papaya dan ambil bijinya.
  • Lalu sangrailah menggunakan api yang kecil.
  • Haluskan biji tersebut dan tambahkan minyak kemiri.
  • Selanjutnya bisa digunakan pada kumis sebelum tidur setiap hari.

Minyak kemiri murni

Anda bisa gunakan minyak kemiri tanpa tambahan apapun. Dengan membelinya di toko-toko kosmetik atau online biasanya ada.

Gunakan seperti biasa, yaitu pada malam hari sebelum tidur pada bagian kumis.

Pemakaian yang teratur akan menghasilkan kumis yang bagus, sehat dan lebat. Selamat mencobanya.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi

cara membuat minyak kemiri unutk bayi

Tidak hanya orang dewasa yang dapat merasakan khasiat dari minyak kemiri. Ternyata minyak ini bisa digunakan untuk peratan pada rambut bayi. Kegunaanya hamper sama seperti biasanya yaitu membantu pertumbuhan rambut, alis, menghilangkan ketombe dan menjadikan rambut yang sehat.

Minyak kemiri dapat dibeli langsung di toko kosmetik atau juga sudah banyak yang menyediakan online. Beberapa merk terkenalpun sudah mengeluarkan produk dari minyak kemiri.

Namun jika anda ingin mencoba untuk membuatnya sendiri, itu juga tidak dilarang. Metode dalam mengambil minyak dari biji kemiri sudah banyak. Cara membuat minyak kemiri ini bisa dengan pemanasan seperti dipanggang, kukus atau dioven. Selain itu ada juga menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskannya.

Tentunya anda akan mengetahui secara langsung perbedaan dari minyak kemiri produk pabrik dan hasil sendiri.

Saran saya, jika penggunaan tersebut untuk si bayi, gunakanlah produk pabrik saja. Karena dalam produksinya sudah dipastikan steril dari bakteri atau virus. Selain itu untuk menjaga kesehatan bayi dari serangan alergi atau penyakit nantinya.

Cara Membuat Minyak Kemiri Untuk Rambut Rontok

cara membuat minyak kemiri unutk rambut rontok

Minyak kemiri berkhasiat juga dalam mengatasi rambut rontok. Sebelum menuju kepada poko pembahasan, sebaiknya anda megetahui dulu apa itu penyebab kerontokan rambut.

Dalam nama kedokteran, kerontokan rambut disebut dengan alopesia andragenik. Biasanya, gejala ini dirasakan oleh pria yang telah berusia diatas 50 tahun.

Rambut yang rontok disebabkan oleh hormon dihydorestosteron (DHT). Hormon yang menyebabkan penyusutan pada rambut sehingga membuat rambut jadi rontok. Biasanya kerontokan terletak pada bagian kepala puncak. Selain itu juga, terbentuk lengkungan seperti huruf M yang membuat garis pada pelipis.

Bagian tersebut akan mengalami kerontokan secara perlahan. Ketika anda berusia diatas 50 tahun, rata-rata banyak mengalami hal tersebut. Sampai-sampai juga kerontokan dapat terjadi secara total jika tidak diatasi.

Biasanya usaha yang dilakukan kebanyak pria atau wanita adalah memberikan minyak kemiri pada bagian kulit kepalanya. Minyak ini memliki kandngan senyawa yang dapat menumbuhkan rambut dengan baik dan juga mengatasi kerontokan.

Produk olahan minyak kemiri sudah banyak di toko-toko kosmetik terdekat. Ada juga yang menjualnya secara online. Pemakaian minyak kemiri sebaiknya dilakukan berkala dan komposisi yang tepat. Anda bisa menggunakannya sebelum tidur.

Demikianlah artikel yang dapat saya tulis mengenai bagaimana cara membuat minyak kemiri untuk pertumbuhan rambut. Baik itu rambut kepala, alis dan bulu mata. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: