2
52

Cara Sederhana Dan Cepat Membuat Pola Baju, Gamis Dan Dress (Lengkap)

Bagi Anda seorang pemula perlu untuk mengetahui cara membuat pola baju dasar yang dapat digunakan oleh laki – laki maupun perempuan. Pola merupakan salah satu hal yang utama yang harus dipersiapkan karena pola sendiri adalah blueprint dari busana atau pakaian yang akan kita buat.

Membuat pola adalah salah satu elemen yang sangat penting sebelum nantinya dibuat baju. Baju akan dibuat sesuai dengan pola yang sudah ada, jadi semakin detail pola yang dibuat maka akan semakin bagus hasil bajunya.

Dengan Anda membuat pola maka Anda juga membuat gambaran bentuk dari potongan – potongan atau bagian – bagian yang ada dari baju yang nantinya akan disatukan.

Sebelum Anda membuat baju, maka buat pola dengan detail yang akan dijadikan sebagai bahan acuan dalam pembuatan baju. Hal tersebut perlu dilakukan karena agar menghindari kesalahan di dalam pembuatannya, khususnya pada saat proses pemotongan kain.

Baju pada umumnya dapat dibuat tanpa menggunakan pola, akan tetapi hal tersebut akan menimbulkan kesalahan – kesalahan dan menghasilkan apa yang diperoleh menjadi tidak maksimal atau tidak sesuai dengan harapan.

Jadi pola sama halnya seperti membuat kerangka terlebih dahulu sebelum kemudian akan dijadikan sebagai baju yang siap untuk dipasarkan. Selengkapnya mengenai cara membuat pola baju.

Cara Mudah Membuat Pola Baju Pria & Wanita Untuk Pemula

Image Source: pixabay.com

Cara membuat pola baju tidak sesulit apa yang dikira. Anda hanya perlu mengumpulkan peralatan – peralatan dasar dan ringan untuk dapat membuat sebuah pola yang nantinya akan dijadikan sebagai baju yang akan Anda pamerkan kepada masyarakat.

Peralatan – peralatan yang dibutuhkan hanyalah sebatas gunting, kertas, pensil, dan juga penghapus. Jika Anda ingin mengetahui cara simple yang dapat dilakukan untuk membuat pola. Perhatikan beberapa poin di bawah ini :

Buatlah Pola Yang Mudah Terlebih Dahulu

Buatlah pola yang paling sederhana terlebih dahulu jika Anda seorang pemula yang baru pertama kali membuat pola baju. Jangan paksakan dengan membuat pola awal yang rumit karena hal tersebut hanya akan membuat Anda kesulitan.

Pemilihan pola yang mudah dan juga sederhana ini akan menghindarkan Anda kepada rasa jenuh yang biasa muncul di dalam proses pengerjaan suatu pola yang sulit.

Gambarlah Pola Dasar Dari Baju

Dengan Anda menggambar suatu pola yang akan digunakan dalam merealisasikannya dalam bentuk pakaian. Maka buatlah pola baju yang ingin akan buat sesuai dengan selera Anda, apakah itu untuk anak – anak atau untuk wanita.

Mulailah Membuat Pola Awal Langsung Di Atas Kain

Image Source: pixabay.com 

Akan lebih mudah bagi seorang pemula jika ingin membuat pola dengan langsung dibuat di atas kain bukan di kertas. Jika Anda membuat pola yang sederhana atau dasar, maka tidak perlu mengulang dalam menggambar.

Apabila menggunakan kain langsung untuk di pola dan akan lebih efisien dalam pekerjaannya.

Ukur Seberapa Kemampuan Anda Dalam Membuat Pola

Jika pola sudah jadi pada kain yang dibuat, maka selanjutnya adalah menyatukan pola – pola tersebut dengan cara dijahit. Hal ini yang menjadi patokan seberapa jauh kemampuan Anda dalam melakukan penjahitan.

Anda dapat terus mengasah kemampuan dalam hal peningkatan dan pembiasaan diri untuk menguasai teknik – teknik yang ada dalam dunia perjahitan. Jika dirasa perlu menggunakan video untuk lebih memahaminya, gunakanlah dengan maksimal.

Jangan Lupakan Aksesoris Tambahan

Tambahkan beberapa aksesoris tambahan untuk mempercantik jahitan. Seperti penambahan pita, bros, dan aksesoris lainnya yang biasa digunakan pada dress.

Hal tersebut dapat untuk menutupi jika terdapat kesalahan yang terjadi. Aksesoris dapat ditambahkan dengan yang terbaru

Menggambar Pola Dasar Baju

Image Source: pixabay.com 

Pola dasar yang biasa dilakukan dalam pembuatan baju sangatlah penting. Beberapa poin yang harus diperhatikan antara lain pola dasar bagian atas yang meliputi bagian bahu hingga pinggang.

Pola dasar bagian bawah yang meliputi pinggang hingga lutut atau mata kaki. Serta Pola lengan yang meliputi bagian lengan atas hingga siku lengan pendek.

Kemudianb yang terakhir adalah  pola badan atas serta pola badan bawah yang biasa digunakan dalam pembuatan baju gaun.

Memahami Ukuran Badan

Dengan Anda memahami ukuran badan yang dimulai dari ukuran lingkar badan, lingkar pinggang, lingkar pinggul, tinggi punggung, ukuran lebar baju, panjang baju, serta panjang lengan maka akan lebih memudahkan dan mempercepat pekerjaan.

Pembuatan pola baju yang anda buat harus  sesuai dengan kriteria dari orang yang dituju. Jika yang dituju adalah anak, maka buatlah ukuran yang sesuai dan benar.

Memahami Ukuran Baju

Image Source: pixabay.com 

Perlu diketahui bahwa baju juga memiliki ukuran yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih ukuran baju mana yang cocok untuk Anda gunakan. Ukuran baju biasanya berbeda – beda seperti ukuran baju luar negeri akan berbeda dengan ukuran baju dalam negeri.

Di Indonesia pada umumnya ukuran baju ada S, M, L, XL dan selebihnya. Hal tersebut dapat berbeda – beda sesuai dengan pembuatnya, namun perbedaan tersebut kemungkinan adalah tipis dan hanya berapa cm saja di atas atau dibawahnya.

Membuat Baju Di Kertas

Pada dasarnya, para desainer profesional modern melakukan hal ini. Mereka tidak langsung membuat pola dan mengukurnya di dalam kain langsung yang akan dijadikan pakaian.

Melainkan bertahap dari kertas dan kemudian diaplikasikan kepada kain. Untuk selanjutnya di realisasikan kepada bahan kain yang akan dipotong. Jika dalam metode lama, para desainer menggunakan kertas khusus dan kapur untuk menggambar polanya.

Membuat Pola Baju Yang Mudah

Image Source: pixabay.com 

Dengan menggunakan pola maka Anda sudah waspada terhadap kesalahan yang mungkin terjadi. Gambaran yang dibentuk dalam beberapa potongan tersebut akan disatukan kainnya dan dijadikan baju yang sesuai pola tersebut.

Selain itu juga, pola sangat berguna demi kerapihan suatu hasil baju atau pakaian lain yang dibuat. Maka dari itu mengetahui bagaimana cara membuat pola baju yang benar dan tepat merupakan modal dasar seorang desainer. Atau mungkin anda akan membuka suatu usaha konveksi sendiri, hal itu  harus diperhatikan.

Kerangka Membuat Pola Baju

Anda dapat membuat kerangka baju yang perlu dipelajari karena penting dalam pembuatan pakaian.

Kerangka ini meliputi gambaran pola badan, pola bagian depan, dan pola bagian belakang. Hal tersebut biasa dilakukan oleh para desainer. Kerangka membuat pola baju bisa dibuat menggunakan kertas biasa atau khsuus.

Pengalaman saya belajar membuiat pola baju, pertama yaitu brainstorming mengenai desain pola yang akan dibuat. Baik itu berupa kemeja atau celana. Seperti halnya kita akan membuat desain rumah atau kontrakan.

Pola Lengan Baju

Image Source: pixabay.com 

Pola lengan baju merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena lengan ini akan disesuaikan dengan penggunanya dan untuk acara apa baju tersebut dibuat. Jika digunakan untuk pesta, maka dapat dibuat lengan yang penuh dengan aksesoris atau hal lain sesuai selera.

Keterangan Pola Lengan Baju

Jika tadi sudah dibuat pola dari lengan baju, maka Anda juga perlu menuliskan keterangan dari pola tersebut agar ketika diaplikasikan untuk dibuatkan baju tidak akan bingung dan kesulitan karena sudah ada catatannya.

Misalkan ingin membuat gamis, maka perlu memerhatikan keterangan – keterangan apa yang harus ada untuk membuat baju tersebut. Gamis ini biasanya bersifat syar’i.

Gambaran Membuar Pola Baju

Anda dapat memotong kain yang digunakan menjadi 2 bagian untuk depan dan belakang, lalu satukan dan luruskan kedua kain tersebut, jahit salah satu pada bagian bahu, dan tambahkan dengan kerah baju lalu jahit hingga rapi dan sempurna.

Demikianlah cara membuat pola baju yang dapat Anda pahami. Semoga bermanfaat ! Salam Pinter!

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: