1
230

√ Tips Mudah Memotong Kaca Sendiri Dirumah Untuk Berbagai Keperluan (Aquarium, Jendela Dan Lain-lain)

Kaca merupakan salah satu elemen yang sangat penting pada bangunan, baik di rumah tinggal, pertokoan, gedung bertingkat, maupun gedung serba guna. Konten yang masih berkaitan dengan cara membuat aquarium sebelumnya akan disambung dengan tema cara memotong kaca disini. Mulai dari teknik dan bahan-bahan yang diperlukan.

Fungsi dari kaca ini selain untuk pencahayaan alami juga digunakan sebagai bagian dari estetika atau keindahan dari suatu bangunan.

Jenis – Jenis Kaca Secara Umum

jenis kaca

site: kacapatri.net

Pengertian kaca menurut fisika yaitu berbentuk suatu materi yang berisi padatan yang dihasilkan dengan mendinginkan material cair. Sehingga nantinya membentuk susunan internal atom atau molekul dan tetap dalam keadaan acak mirip dengan pengaturan dalam cairan.

Tentu kaca sebelum digunakan, dilakukan pemotongan kaca  dulu menggunakan alat pemotong dan cara memotong kaca.

Pada teknik memotong kaca kali ini, sebelumnya akan membahas mengenai apa saja jenis – jenis dari kaca. Selanjutnya kita masuk kedalam bagaimana cara memotong kaca yang baik dan benar.

Kaca sendiri dapat digunakan untuk keperluan berbagai alat penunjang seperti pada pipet yang menggunakan kaca bening, dan pada mobil juga menggunakan kaca, serta cermin juga menggunakan kaca dan dapat digunakan untuk mengambil gambar maupun video diri sendiri.

Pengenalan jenis – jenis kaca ini penting agar Anda tidak salah dalam memilih kaca yang cocok dengan penggunaannya. Kalangan masyarakat awam biasa mengenal hanya kaca bening, kaya rayben, dan kaca cermin saja. Padahal masih banyak jenis kaca lain yang perlu Anda ketahui.

Kaca Bening

kaca bening

Source: materialpilihanku.blogspot.com

Kaca bening ini biasa disebut dengan kaca polos karena tidak berwarna. Selain itu juga memiliki permukaan yang bersih, rata dan bebas distorsi. Karena memberikan bayangan yang sempurna, kaca ini banyak digunakan untuk eksterior maupun interior dalam bangunan baik rumah tinggal maupun gedung bertingkat.

Namun, rekomendasi untuk kaca ini digunakan pada eksterior bangunan bertingkat karena mudah menahan panas matahari yang rendah. Desain kaca ini sederhana dan biasa digunakan untuk perabot rumah tangga seperti dinding dekorasi dan aquarium. Dibawah ini ada beberapa jenis kaca bila diklasifikasikan :

Kaca Warna

Jenis kaca yang satu ini biasa disebut dengan kaca rayben. Kaca warna dapat mengurangi beban pendingin ruangan dan dapat membersikan rasa nyaman pada para penghuni bangunan.

Dengan warna kaca tersebut, kaca ini memiliki sifat tembus pandang yang rendah sehingga memberikan kebebasan privasi dari penghuni bangunan.

Semakin tebal kaca, maka warnanya akan semakin gelap dan tingkat penyerapan panas matahari juga akan semakin tinggi. Kaca ini dapat menyala jika disoroti lampu.

Kaca Es

Tipe yang ini merupakan kaca yang teksturnya memiliki pola tertentu pada salah satu sisinya. Jenis kaca ini memilii leburan pada salah satu permukaan kaca dan akan memberikan beberapa efek yaitu:

  • Efek dekoratif
  • Pencahayaan
  • Pembayangan

Untuk kemampuan mereduksi silau kaca ini dapat maksimum. Penggunaan kaca ini biasa digunakan unyuk interior bangunan seperti pintu perabot rumah tangga dan kaca kamar mandi yang rapi dan tidak tembus pandang.

Kaca Reflektif

Jenis kaca ini dapat memantulkan cahaya dan mereduksi sifat tembus pandang dari luar. Lapisan kaca ini bersifat memantulkan cahaya dan panas.

Kaca reflektif biasa digunakan pada bukaan pintu dan jendela dinding luar agar penampilannya mewah. Anda dapat mengetahui resep mengapa kaca ini dapat memantulkan cahaya secara manual dengan memahami bahan dasar pembuatan kaca reflektif.

Kaca Tempered

Jenis tempered merupakan kaca yang memiliki kekuatan sangat tinggi dibandingkan dengan jenis kaca biasa. Kaca ini memiliki kekuatan 3 – 5 kali lipat dari kekuatan kaca biasa terhadap daya gores, beban angina, tekanan air, dan terhadap perubahan temperatur yang tinggi.

Jika kaca ini pecah, maka pecahan kaca akan berbentuk kecil – kecil dan tumpul sehingga aman bagi manusia jika mengenainya.

Kaca Laminated

Kaca jenis laminated ini memiliki tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi terhadap penghuni bangunan.

Jika kaca ini pecah, maka pecahannya tidak akan berhamburan tetapi hanya retak dan sangat sulit untuk tembus. Kaca ini tebal dan biasanya digunakan pada atap kaca, dinding kolam renang, dan lain – lain.

Cara Memotong Kaca Dengan Alat Pemotong

memotong kaca

Source: Yotube

Alat yang digunakan untuk memotong kaca ada beberapa, diantaranya yaitu dengan menggunakan paku, gerinda, dan alat pemotong lainnya yang dapat memecah kaca menjadi dua bagian.

Untuk langkah – langkahnya yaitu yang pertama letakkan kaca di atas meja yang rata, lalu siapkan penggaris yang lurus untuk mempersiapkan pada saat akan memotong kaca agar tidak belok atau menghasilkan potongan yang miring.

Alas kaca sendiri jika ada, gunakan triplek dengan ukuran yang lebih besar dari kacanya agar mudah dalam melakukan pemotongan tersebut.

Tambahkan Minyak Tanah

memotong kaca dengan minyak

Source: Youtube

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jenis – jenis kaca ada banyak, dan untuk botol juga ada yang berbahan kaca. Untuk pembuatannya tentu memiliki teknik khusus agar dapat membuat lengkungan serta bulat tersebut.

Langkah selanjutnya yang digunakan untuk memotong kaca adalah dengan menyiapkan alat pemotong kaca serta minyak tanah. Apa gunanya minyak tanah ? minyak tanah ini digunakan untuk mengoleskan kaca agar lebih mudah dipotong sehingga hasil potongannya dapat sesuai dengan yang diinginkan.

Jepit Kaca Dengan Penjepit Buku Agar Hasilnya Lurus

Anda juga dapat menggunakan tali untuk mengetahui sudah lurus atau belum garis yang akan dipotong di dalam kaca tersebut. Rentangkan tali sehingga membelah kaca dan lakukan pengamatan pada kaca agar pemotongan yang akan dilakukan menjadi lurus.

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan penjepit buku binder clip atau kop kaca agar untuk Anda para pemula dapat membiasakan diri pada saat kit garis kaca dengan pemotong agar hasil potongannya menjadi lurus ketika kaca di pecah dan tidak rusak.

Untuk mengantisipasi pemecahan kaca yang rusak dan belok – belok maka gunakan penjepit buku atau kop kaca tersebut.

Belah Kaca Jadi Dua

membelah kaca

Source: Youtube

Jika langkah – langkah sebelumnya sudah dilaksanakan dengan baik, maka selanjutnya adalah membelah kaca menjadi dua bagian.

Gunakan kop kaca tersebut untuk memecah kaca agar lurus dengan menaruh kop disebelah penggaris agar penggaris tersebut tidak goyang. Sebelum memotong kaca, pastikan minyak tanah sudah ada karena dengan tanpa minyak tanah, maka kaca tidak akan membekas.

Pecah kaca dengan cara menaruh pemotong kaca tepat ditengah – tengah garis lalu tekan bagian kiri dan kanan kaca atau bisa juga bagian kiri dan kanan garis diangkat pelan – pelan dan bersamaan hingga kaca terpotong.

Demikian jenis – jenis kaca dan cara memotong kaca yang benar. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin mengetahui jenis – jenis kaca agar dapat mencocokkan dengan penggunaannya dan juga cara memotong kaca yang baik.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply