1
54

✓ 9+ Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi dan Dewasa

Cara mengatasi cegukanSeringkali kita sebagai manusia biasa mengalami cegukan. Banyak kondisi yang dapat menimbulkan gejala ini, terutama saat makan atau minum yang panas dan dingin. Akibatnya ini sangat mengganggu sekali. Maka dari itu saya buat artikel seluk beluk tentatang cara mengatasi cegukan, baik orang dewasa atau bayi.

Apa Itu Cegukan?

apa itu cegukan

Source: sehatafiat.com

Sebelum masuk kedalam bahasan cara mengatasi cegukan ada baiknya kita mengetahui gejala ini.

Cegukan adalah gejala yang diakibatkan oleh organ diafragma yang tidak disengaja. Hal ini akan terjadi berulang-ulang disetiap beberapa detiknya.

Pada akhirnya akan menyebabkan suara bernada hik yang timbul dari mulut kita. Selain itu akan terdapat ruang diantara pita suara yang disebut dengan glottis karena adanya udara masuk dengan tiba-tiba ke paru-paru kita.

Bahasa lain untuk sebutan cegukan adalah singultus. Biasanya terdapat beberapa pengobatan untuk mengatasi cegukan agar cepat sembuh. Meskipun secara umum, gejala ini akan berhenti dengan sendirinya.

Cegukan biasanya terjadi dalam waktu yang tidak lama yaitu hanya beberapa menit saja. Namun tidak menutup kemungkinan gelaja ini terjadi dengan durasi yang lama. Karena itu, jangka waktu pada cegukan bervariasi.

Tidak hanya anak-anak remaja atau dewasa yang terkena cegukan, bayi juga dapat mengalami hal ini.

Penyebab Cegukan

Penyebab cegukan

Banyak orang yang tidak sadar penyebab dari dari gelaja yang satu ini. Padahal dengan mengetahui sumber asal penyebabnya, maka setidaknya kita dapat mengetahui cara mengatasi cegukan,

Berikut adalah beberapa penyebab dari cegukan :

Perubahan suhu membuat cegukan

Mengkonsumsi minuman dingin atau makanan yang panas bersamaan akan meyebabkan cegukan. Karena itu semua dapat merubah suhu yang tiba-tiba dan cukup ekstrim hingga bisa menimbulkan cegukan.

Menggunakan penyedap rasa dan bumbu makanan mengundang cegukan

Kontraksi yang terjadi pada diafragma dengan tiba-tiba disebabkan juga oleh terlalu banyak menggunakan bumbu makanan. Selain mubadzir, pemakaian yang terlalu banyak pada penyedap rasa atau bumbu, akan mendatangkan cegukan. Oleh sebab itu, gunakanlah takaran yang tidak berlebihan supaya tidak cegukan.

Cegukan ditimbulkan dari makan sambil berbicara

Selain dilarang oleh agama dalam makan sambil berbicara, juga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik. Cegukan sangat sering terjadi oleh faktor ini. Karena oksigen yang masuk kedalam paru-paru akan mendesak dengan tiba-tiba sehinggga berpengaruh terhadap diafragma kita. Maka akan mengundang cegukan, dan sangat menggangu makan kita. Hal ini perlu dihindari.

Gejala cegukan dapat timbul karena kekurangan cairan tubuh

Cegukan bisa terjadi karena tubuh kekurangn cairan. Sehingga makanan yang telah dimakan tidak dapat terdorong. Dan mengakibatkan kontraksi diafragma secara tiba-tiba. Maka dari itu perbanyaklah minum.

Batuk terlalu keras dapat mengalami cegukan

pada hal ini, batuk yang terlalu keras dapat menyebabkan cegukan. Apalagi batuk yang disengaja dengan tekanan yang keras sehingga menimbulkan gangguan pada diafragma kita. Dan itu tidaklah baik.

over emosional, justru akan mengalami cegukan

Terkadang sebagian kecil, orang yang sedang dalam kondisi emosional berlebih seperti sedih atau marah akan memicu terjadinya cegukan juga.

Terdapat benda asing pada telinga dapat menimbulkan gejala cegukan

Biasanya cegukan juga terjadi ketika kondisi telinga sedang tidak lancar atau ada gangguan benda atau semacamnya. Contohnya ketika kita naik gunung atau setelah berenang kemasukan air.

Udara yang dingin

Selain makanan dan minuman yang bersuhu tinggi, kondisi udara juga akan memicu timbulnya cegukan. Misalnya bepergian ke tempat yang suhunya rendah.

Tertawa yang keras

Perlu diketahui juga, tertawa yang keras apalagi berlebihan mengakibatkan diafragma terganggu. Sehingga berpotensi terjadinya cegukan. Bagi kamu yang tertawanya sering tidak terkontrol, maka diperhatikan jika tidak mau cegukan.

Iritasi saraf frenikus dan saraf fregus

Saraf ini bekerja mengantarkan sinyal dari otak ke bagian diafragra. Kinerja saraf  yang mendorong udara dari paru-paru dan menariknya kedalam. Maka dari itu, jika kondisinya teriritasi maka kondisinya akan terganggu dan menyebabkan cegukan.

Jenis-Jenisnya

jenis cegukan

Source: dengancara.com

Cegukan bisa terdiri dari berbagai macamnya, seperti apa yang dikategorikan di dunia medis. Berikut beberapa jenis cegukan yang pernah terjadi :

Gejala ringan

Jenis gejala cegukan ini hanya berlangsung beberapa saat saja. Kurang lebih satu sampai 3 menit. Penyebab yang ditimbulkan diantaranaya terburu-buru saat makan, anomaly cuaca yang ekstrim, gangguan pada lambung krena adanya peregangan dan minum yang terlalu dingin dan makan yang terlalu panas.

Berkelanjutan

Pada umumnya penyebab utama cegukan yang berkelanjutan adalah terdapat gangguan pada kesehatan seseorang. Menyebabkan lama durasi gejalanya yang cukup panjang. Tidak hanya smbuh satu hari melainkan dalam jangka yang lama.

Gangguan tersebut diataranya herpes, infeksi, penyakit kronis, gangguan pada otak, pengaruh dari obat dan gangguan metabolism tubuh.

Akibat Yang Dapat Ditimbulkan

akibat cegukan

Source: ridmee.com

Kondisi yang dialami seseorang ketika terkena cegukan biasanya sangat mengganggu sekali. Berikut beberapa akibat, sebelum mengetahui cara mengatasi cegukan yang dirasakan seseorang.

  1. Timbul suara hik secara terus menerus
  2. Sulit untuk makan dan minum sehingga menyebabkan kekurangan asupan gizi.
  3. Terkadang bagian tenggorokan, dada dan perut terasa sakit diakibatkan karena ketegangan otot serta gangguan pernafasan.
  4. Merasa jengkel dengan keadaan seperti itu, apalagi jika cegukannya berkepanjangan
  5. Luka sulit untuk sembuh. Untuk orang yang sudah operasi ini sangatlah sulit, karena getaran yang ditimbulkan akan mengganggu penyembuhan luka.
  6. Sulit tidur atau insomnia. Selain merasa jengkel dengan cegukan, seseorang yang terkena gelaja ini dapat mengalami insomnia. Sehingga dia akan sulit untuk tidur.
  7. Detak jantung akan terganggu. Kontraksi yang terus menerus dan parah terjadi pada bagian supraventricular dan ventrikel dikarenakan gelaja cegukan. Sehingga mengakibatkan gangguan pada jetak jantung.
  8. Esofagitis. Cegukan yang mengakibatkan kondisi refluks dari cegukan yang terus menerus.
  9. Sistem syaraf pusat terganggu. Salah satu yang menyebabkan cegukan berlangsung lama adalah gangguan pada system syaraf. Gangguan ini bisa menyebabkan tubuh tidak akan bisa mengatur refleks dari gejala ini.

Jangka Waktu

Berbicara terkait lamanya cegukan, sebelumnya sudah disinggung dua jenis cegukan, yaitu ringan dan terus menerus.

Secara umum gejala cegukan ini terjadi 4-600 kali setiap menit dalam interval yang teratur. Biasanya berlangsung 10-30 menit, terkadang ada juga yang terjadi sebentar sekitar 1-3 menit saja.

Namun ada juga cegukan yang bisa sampai berhari-hari. Hal ini sudah harus segera ditanggulangin dengan serius dan segera melakukan konsultasi kepada dokter. Bisa jadi itu terdapat gangguan pada syaraf seperti yang telah disebutkan tadi.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa

cegukan orang dewasa

Source: readersdigest.ca

Mengatasi seseorang yang sudah terkena cegukan berbeda-beda caranya. Ini juga tidak sama penyembuhan pada orang dewasa dan bayi. Pertama-tama saya akan sebutkan cara menghilangkan cegukan untuk orang dewasa.

Cara mengatasi cegukan dengan menahan nafas

Cara ini adalah trik yang sangat sederhana dan kebanyakan orang gunakan. Karena tidak memerlukan media apapun dalam penyembuhannya.

Caranya cukup dengan menarik nafas anda, kemudian menahannya beberapa detik, tunggu hingga cegukan tidak akan timbul lagi. Setelah itu hembuskan kembali. Proses ini dilakukan dengan cara tidak tergesa-gesa atau terburu-buru. Lakukan dengan teratur, jika cegukan belum hilang, terus anda lakukan hal seperti itu.

Cara mengatasi cegukan dnegan meminum air putih

Cukup dengan satu gelas saja jangan terlalu banyak-banyak, yang terpenting kondisi air itu hangat. Secara teknisnya, anda hanya perlu menarik nafas dan membuangnya dengan perlahan, baru setelah itu minumlah satu gelas air putih hangat yang tadi. Cara ini menjadi salah satu solusi sederhana untuk cegukan yang berkepanjangan.

Kaget

Kedengarannya agak lelucon, tapi perlu anda tahu cara mengatasi cegukan ini juga dapat ampuh untuk menghilangkannya. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa kaget. Contohnya dengan menonton film horror atau meminta bantuan teman untuk mengagetkan anda secara alami tanpa anda tahu. Perlu diingat, kagetnya adalah secara alamiah.

Cara mengatasi cegukan dengan menggunakan minyak telon atau kayu putih

Dengan mengoleskan pada bagian dada dan perut akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Sehingga dapat meregangkan otot yang menjadi titik utama cegukan yaitu otot perut dan dada. Hasilnya cegukan akan menghilang.

Cara mengatasi cegukan dengan gerakan membungkuk

Dilakukan pada saat berdiri, badan dibungkukkan sampai kepala dapat menyentuh bagian lutut. Ulangilah sampai beberapa kali sampai mereasa nyaman dari cegukan. Cara yang satu ini termasuk dalam trik yang sederhana dan sering dilakukan oleh orang-orang.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

cegukan bayi

Source: ibudanbalita.com

Tidak hanya orang dewasa yang bisa terkena cegukan, bayipun dapat mengalaminya. Mungkin ada beberapa orang tua yang bingung menemukan solusinya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan jika sibayi terkena  cegukan khususnya pada masa menyusui.

Cara mengatasi cegukan dengan mengatur posisi menyusui dengan benar

Cara selanjutnya untuk menghilangkan cegukan pada bayi, adalah mengecek posisi menyusui. Pastikan si bayi nyaman dan dapat menerima ASI dengan perlahan.

Cara mengatasi cegukan dengan menepuk punggung sibayi

Posisikan kepala bayi dipundak anda, kemudian tepuk dengan perlahan bagian punggungnya sampai dia merasa nyaman. Dengan merasa nyaman, makan rasa cegukan akan segera menghilang.

Cara mengatasi cegukan dengan memeluk bayi

Dengan memeluknya dengan perlahan dan nyaman akan memberikan suasana yang tenang terhadap si bayi. Sehingga gejala cegukan akan menghilang.

Cara mengatasi cegukan dengan mengganti posisi menyusui

Apabila cegukan pada bayi masih berlangsung, sebaiknya berhenti terlebih dahulu untuk menyusui bayi. Namun sebelumnya cobalah untuk mengganti posisi menyusui. Misalnya dari kanan ke kiri.

Perlu diketahui, pada saat menyusui akan ada udara yang ikut masuk ke mulu si bayi, karena itulah terjadi cegukan. Oleh sebab itu, cara mengatasi cegukan dengan merubah posisi diharapkan udara yang masuk kedalam mulut si bayi tidak ada.

Orang Terlama Yang Pernah Cegukan (Bonus)

orang cegukan terlama

Source: nydailynews

Di tahun 1922, seorang warga Negara Amerika yang bernma Charles Osborne, ketika itu akan menyembelih binatang buruannya. Ketika sedang diangkatnya buruan tersebut, tiba-tiba dia terjatuh denga bagian kepala terbentur.

Sehingga terdapat kerusakan pada bagian yang menangani respon cegukan. Kata dokter Terence Anthoney yang merawatnya, dia mengalami pecah pada pembuluh di otaknya. Namun pria ini tidak merasakan apa-apa.

Tidak disangka-sangka hal yang tidak diinginkanpun terjadi, pria ini mengalami cegukan sepanang hidupnya, yaitu selama 68 tahun. Pada awalnya dia cegukan sampai 40 kali per menit hingga pada akhirnya menurun menjadi 20 kali permenit.

Jika dikalkulasikan menurut para ahli, pria ini mengalami 430 juta cegukan semasa hidupnya. Sampai berumur 97 tahun pria ini tetap menjalani hidupnya dengan lancar dan tentram bersama delapan anaknya.

Kejadian aneh terjadi ketika setahun sebelum wafatnya Osborne, cegukannya berhenti. Perlu diketahui juga pria ini harus menghaluskan makanannya sepanjang hidup. Karena jika makanan biasa akan sulit masuk kedalam lambung.

Selain Osborne, ada juga di tahun 2006 pria bernama Christopher Sands yang berprofesi sebagai vokalis dan musisi dihantui oleh cegukan.

Sands sangat terganggu dengan gejala cegukan ini. Karena disetiap waktunya membuat dia sulit untuk bernafas hingga terkadang dia pingsan sampai waku tidurnya pun terganggu.

Kejadian tersebut membuat para dokter ahli memeriksa Sands. Ternyata mereka menemukan tumor pada batang otak yang menimbulkan cegukan tersebut. Keputusanpun diambilnya, cara mengatasi cegukan dengan mengangkat tumor dan hasilnya cegukan menghilang.

Semoga artikel ini dapat membantu anda bagaimana cara mengatasi cegukan. Sekian dan Terimakasih.

 

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: