Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Secara Alami – Insomnia adalah gangguan atau kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa lelah saat bangun tidur dan sulit untuk beraktivitas keesokan harinya.
Insomnia tidak hanya menguras energi dan mengubah suasana hati seseorang, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup. Seperti diketahui, tidur merupakan salah satu penentu kualitas hidup dan kesehatan seseorang.

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Secara Alami

Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Secara Alami
Sumber : Flickr
  1. Hindari kafein

Penderita insomnia tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein secara berlebihan. Pasalnya, kafein merupakan stimulan bagi otak dan saraf. Kelebihan kafein dapat meningkatkan risiko gangguan tidur di malam hari, juga dikenal sebagai insomnia.

Inilah sebabnya mengapa kopi atau minuman berkafein lainnya digunakan sebagai bantuan saat mengantuk. Jika perlu, Anda bisa mengganti minuman berkafein dengan susu atau air.

  1. Hindari minuman beralkohol

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa minuman yang mengandung alkohol akan menyebabkan kantuk. Namun nyatanya, alkohol bisa membuat tidur Anda terus menerus terganggu, bahkan bisa menyebabkan insomnia karena terganggunya pengaturan tidur di sistem tubuh Anda.

Minum alkohol sebelum tidur membuat Anda mengantuk dan membuat Anda lebih mudah tertidur. Hal ini karena alkohol memiliki efek sedatif atau menenangkan pada tubuh, sehingga menyebabkan Anda langsung tertidur. Namun, ini tidak berlangsung selama waktu tidur Anda.

Minum alkohol sebelum tidur membuat Anda tidur nyenyak hanya di jam-jam pertama waktu tidur Anda. Kemudian, di tengah malam, kemungkinan besar Anda akan terbangun, sehingga tidur Anda akan terganggu.

Anda juga dapat mengalami efek negatif alkohol pada tidur rapid eye movement (REM). Tidur REM adalah tahap terdalam dari tidur Anda, ketika Anda bisa bermimpi.

Anda biasanya akan mencapai tahap REM ini setelah Anda tertidur selama sekitar 90 menit. Alkohol dapat mengganggu tidur REM Anda.

Gangguan tidur REM dapat menyebabkan kantuk di siang hari dan mengurangi konsentrasi Anda saat melakukan pekerjaan Anda. Jika Anda minum alkohol sebelum tidur, alkohol dalam tubuh Anda dapat menyebabkan Anda mengalami mimpi buruk dan kesulitan bernapas.

  1. Berolahraga di malam hari sebelum tidur

Untuk mencegah insomnia, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba berolahraga sebelum tidur. Dari hasil penelitian mengungkapkan olahraga pada waktu malam memiliki manfaat kesehatan yang hampir sama dengan olahraga di pagi hari.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga malam hari dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur lebih baik. Olahraga malam dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak dan tidur lebih nyenyak. Hal ini karena olahraga malam dapat membuat seseorang merasa lelah, sehingga mudah tertidur dan tidak sering terbangun dari tidurnya.

  1. Minum magnesium sebelum tidur

Untuk bisa mulai tertidur dan tetap tertidur, dibutuhkan relaksasi otak dan tubuh. Magnesium secara kimiawi membantu proses ini dengan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis.

Magnesium merangsang neurotransmiter yang mengirim sinyal ke berbagai bagian tubuh melalui sistem saraf dan otak. Senyawa ini juga membantu mengatur hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur-bangun tubuh.

Selain itu, magnesium akan berikatan dengan reseptor GABA yang berperan dalam menurunkan aktivitas saraf. Ini membantu tubuh dan otak untuk rileks. Tidak memiliki kadar magnesium yang cukup dalam tubuh dapat mengganggu tidur dan dapat menyebabkan insomnia.

Selain membantu tidur, magnesium juga dapat membantu mengobati kecemasan dan depresi, yang keduanya dapat mengganggu tidur Anda. Berdasarkan Penelitian apabila seseorang kekurangan magnesium dapat menimbulkan kecemasan, depresi, dan kebingungan mental. Menambahkan magnesium dalam pengobatan dapat mengatasi hal ini.

Makanan yang mengandung magnesium bisa didapatkan dari roti gandum utuh, bayam, kacang-kacangan, cokelat hitam, dan alpukat. Atau, Anda juga bisa mendapatkan magnesium dari suplemen (dengan saran dokter Anda). Suplemen magnesium maksimum yang dianggap aman dikonsumsi adalah 350 mg per hari, dan hindari dosis yang lebih tinggi dari itu.

  1. Dengarkan musik sebelum tidur

Banyak sekali manfaat musik bagi kesehatan. Perpaduan ritme dan lirik dalam musik diketahui dapat meningkatkan kesehatan fisik, mental, dan emosional orang yang mendengarkannya.

Mendengarkan musik juga bisa menjadi metode ampuh bagi penderita insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik.

Musik dapat merilekskan tubuh dan pikiran, sehingga memudahkan Anda untuk tertidur. Namun, pilihlah musik dengan alunan lembut dan lambat. Juga, hindari mendengarkan musik dengan headphone atau earphone sebelum tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *