1
40

Cara Menjahit Baju Anak Dan Dewasa Untuk Pemula (Mudah)

Jika Anda sedang mencari artikel yang mengulas cara menjahit dengan tangan yang rapi, Anda telah beruntung karena menemukan artikel ini yang akan mengulas lengkap tentang cara menjahit baju.

Menjahit merupakan sebuah kerajinan tangan yang pada dasarnya membutuhkan jarum dan benang untuk dapat mengikat dan menyambungkan sesuatu. Menjahit sendiri sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu sebelum masehi bahkan.

Permulaan Dasar

dasar menjahit baju dengan benar

Dengan teknik dasar tersendiri, menjahit ini berbeda dengan kegiatan menganyam dan menyulam. Pada umumnya orang – orang masih menggunakan teknik dasar dalam menjahit secara tradisional sebelum mesin jahit keluar pada tahun 1790 oleh Thomas Saint.

Saat ini penjahit sudah lebih sering menggunakan mesin jahit dari pada menggunakan tangan seperti pada kebiasaan lama. Cara menjahit baju dengan cepat dan rapi dapat dipelajari oleh pemula dengan cepat.

Tingkatkan selalu ketrampilan dalam menjahit karena pada dasarnya dengan membiasakan diri pada mesin jahit atau menjahit tradisional maka akan lebih terlatih dan berpengalaman.

Jika sudah mengalami kenaikan dalam kemampuan tersebut maka Anda akan dengan mudah melakukan pembuatan baju dengan cara menjahit sendiri dari pembuatan pola hingga kepada hasil akhir pembuatan baju. Lalu bagaimana cara menjahit baju dengan cepat serta rapi ? simak ulasan berikut :

Trik & Cara Menjahit Baju Dengan Cepat dan Rapi

cara menjahit dengan rapi

Bagi anda yang ingin mencoba berlatih atau belajar menjahit pakaian, berikut ini terdapat beberapa persiapan yang harus dilakukan.

Mulai dari latihan dasar, peralatan dan yang lainnya. Silakan disimak dengan baik – baik.

  1. Kumpulkan Alat dan Bahan Untuk Menjahit

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan membeli semua perlengkapan dan bahan yang digunakan untuk menjahit.

Beberapa perlengkapan dan bahan yang perlu disediakan adalah pita ukur atau biasa disebut dengan meteran jahit, kain, gunting, penggaris, pendedel benang, jarum tangan,  benang, karbon kain dan rader, pensil kain atau kapur kain, jarum pentul, dan mesin jahit.

Sebelum anda masuk kedalam penggunaan alat mesin jahit, sebaiknya ketahui bagaimana cara membuat pola baju atau pakaian lainnya. Maka perlu diperlukan bahan tambahan seperti kertas atau buku jahitan (pola).

Dengan Anda sudah menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk menjahit maka Anda telah siap melakukannya.

  1. Belajar Menjahit Lurus, Melingkar, Serta Mengunci Jahitan dengan Mesin Jahit

Langkah ini memerlukan mesin jahit untuk melakukannya. Menjahit lurus memang terlihat gampang, namun pada prakteknya adalah sulit.

Anda dapat menggunakan kertas atau kain bekas untuk belajar terlebih dahulu. Buatlah garis lurus, melingkar dan lika – liku pada kertas atau kain bekas tersebut. Lalu belajarlah mengunci jahitan dengan cara jahit 3 hingga 4 maju sesuai garis lalu mundur lagi 3 hingga 4 jahitan. Melingkar biasa dilakukan untuk membuat jahitan leher.

  1. Mulailah Menjahit Sederhana Dengan Baju yang Sudah Ada

Untuk pemula dapat melakukan jahitan awal dengan menggunakan baju yang sudah ada. Anda dapat membuat sarung bantal, saku gantung baju, dan hal – hal yang sederhana lainnya untuk melatih diri meningkatkan kemampuan menjahit sebelum nantinya akan terjun dalam pembuatan baju secara langsung.

Lakukan hal ini bertahap levelnya dan konsisten agar peningkatan demi peningkatan diraih dengan baik sebagai dasar Anda menjadi desainer.

Berikut ini merupakan teknik – teknik dasar dan cara menjahit untuk pemula agar memberikan hasil yang lebih baik :

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Jelujur

menjahit dengan tusuk jelujur

Teknik dasar ini merupakan teknik yang pola pergerakannya dari kanan ke kiri. Jadi teknik ini berguna untuk membuat jahitan dengan rapi.

Pola tusuk jelujur memiliki fungsi menjahit sisi kanan, menutup sisi ujung dari suatu bentuk, dan yang terakhir membuat kain sehingga memiliki efek kerutan.

Teknik jelujur terbagi atas 3 jenis yaitu tusuk jelujur biasa atau teknik yang dilakukan dengan jarang yang berebeda. Teknik jarak tertentu atau teknik yang menggunakan jarak konsisten untuk tusukkan.

Sementara, dan teknik jelujur renggang atau teknik yang menggunakan satu spasi diantara setiap jahitannya.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Tikam Jejak

Teknik dasar menjahit selanjutnya adalah dengan teknik tusuk tikam jejak yang mempunyai alur yang sama seperti pada mesin jahit.

Cara membuat pola ini adalah dengan melakukan jahitan secara dua kali dari tusukkan di bagian atas.

Fungsi dari tikam jejak ini membuat dekorasi hiasan garis yang berbentuk lurus, melingkar atau bulat, dan bentuk lainnya sesuai dengan keinginan desainer.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Flanel

Teknik dasar ini digunakan sebagai metode menjahit untuk pinggiran dari busana yang diobras. Jadi teknik dasar ini digunakan pada kain yang mempunyai nilai jual tinggi.

Kegunaannya untuk hiasan, tusukkan dasar, dan sulaman bayangan dengan jarak rapat yang mengikuti motif. Cara ini bagus untuk dibuatkannya baju bagi lelaki dan perempuan.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Feston

Dengan menggunakan trik feston ini mempunyai fungsi untuk menyelesaikan tiras yang ada pada jahitan. Misalnya ada tiras lingkar pada lengan pakaian bayi atau anak.

Pola tusuk ini juga berfungsi sebagai dekorasi yang bila dikombinasikan dengan warna benang dasar dan hias akan memiliki keselarasan yang baik. Apalagi jika pemilhan warna yang tepat bisa anda lakukan. Maka dari itu perlu pengetahuan juga mengenai kombinasi warna baju dan kerudung atau lainnya dengan pas. Agar hasilnya bagus.

Bentuk yang bisa dibentuk dengan menggunakan teknik ini adalah bentuk bunga.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Balut

menjahit tusuk balut

Seperti yang sudah diketahui bahwa teknik menjahit berbeda dengan teknik rajut.

Cara menjahit yang selanjutnya adalah teknik tusuk balut yang berguna untuk menjahit tiras yang rusak pada klim rol, lalu teknik penyelesaiannya ada pada pinggiran jahitan.

Metode ini biasa dilakukan dengan arah kiri ke kanan dan juga sebaliknya dengan agak sedikit miring.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Batang

Tusuk batang atau tangkai ini berguna sebagai hiasan pada suatu bahan. Hasil yang didapatkan adalah sesuai dengan namanya yaitu bentuk batang. Jika Anda melakukan teknik ini yang benar, maka Anda akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Rantai

Teknik ini memiliki pola membentuk rantai yang berguna untuk membuat dekorasi pada bahan yang berbentuk rantai. Contohnya pada ranting – ranting pohon dan dahan pohon.

Teknik ini akan menjadikan baju dengan baik dan juga modis.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Silang

menjahit dengan tusuk silang

Selanjutnya adalah teknik tusuk silang. Teknik ini digunakan sebagai hiasan pada bahan dengan cara menjahitnya dari kanan atas ke kiri bawah dan setelahnya dibuat arahnya ke kanan bawah.

Tusukkan kedua akan dimulai dari bagian kanan bawah lalu menuju ke arah kiri atas.

Letak tusukkan harus sejajar untuk membentuk bagian atas dan juga bagian bawahnya sehingga akan membentuk tusukkan silang yang rapi.

Teknik Dasar Menjahit Tusuk Piquar

Teknik ini merupakan sebuah teknik dasar menjahit yang berguna untuk memasang bahan yang berbulu. Biasa digunakan pada mantel bulu, jaket, dan jas. Fungsi lainnya adalah sebagai hiasan pada busana lain.

Di atas merupakan cara menjahit baju yang perlu Anda pahami dan kuasai.

Masih banyak teknik – teknik dasar yang wajib Anda kuasai sebelum menjadi desainer yang ahli dalam pembuatan baju seperti kebaya, kemeja, gamis, dan lain – lain. Anda juga dapat menggunakan bahan yang bagus seperti bahan wol yang melar dan semacamnya.

Demikianlah artikel bahasan saya yang berkaitan dengan bagaimana cara menjahit baju bagi pemula. Semoga bias bermanfaat. Salam Pinter.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: