1
92

√ 50 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Salam pinter. Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara menurunkan berat badan. Banyak sekali makanan yang bisa menyebabkan tubuh kamu tidak ideal alias gendut. Tentunya sebagian orang berpikir untuk menurunkan berat badan, supaya dapat tampil dengan maksimal dan sehat.

Disni, kamu akan mendapatkan berbagai cara, solusi serta trik untuk menurunkan berat badan kamu. Selamat membaca.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

menurunkan badan secara alami

Program diet yang dilakukan dengan cepat hanya akan menurunkan berat bada sementara saja. Karena perlu tahapan yang teratur untuk bisa merasakan badan ideal untuk selamanya.

Dalam bagian ini akan dijelaskan beberapa trik menurunkan berat badan yang baik. Perlu kamu ketahui, secara teoritis seseorang dapat menurunkan berat badan hingga 4,5 kilogram dalam satu minggu.

Namun jika dilihat angka idealnya, ternyata angka 0,5 hingga 1 kilogram adalah yang sangat baik.

Karena jika dipikir menggunakan logika, penurunan berat badan adalah perbandingan antara asupan kalori yang dikonsumsi dengan kalori yang dibakar atau dikeluarkan.

Ada beberapa program yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami.

  1. Tingkatkan frekuensi olahraga

Meningkatkan kegiatan olahraga secara rutin adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Dengan melakukan aktifitas fisik seprti lari, mengangkat beban dan senam aerobik maka endapan kalori dan cairan dalam tubuh akan terkurang.

Hasilnya kalori akan banyak terbakar dan penurunan berat badan kamu akan tinggi.

  1. menghindari makanan siap saji

Bagi kamu yang suka sekali atau sudah membiasakan diri makan makanan siap saji, sekarang lebih baik menghindarinya jika ingin berat badan turun.

Kamu bisa menggantinya dengan makanan yang rendah karbohidrat atau ayam dan ikan yang kaya protein.

  1. Perbanyak asupan protein dan kurangi karbohidrat

Kebanyakan masyarakat Indonesia sangat gemar dengan makanan yang kaya karbohidrat dibanding dengan yang kaya akan protein. Padahal bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan hal ini wajib diterapkan, yaitu dengan mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan protein.

Jika memang bingung, kamu bisa mengganti makanan tersebut dengan kaya akan protein seperti ikan, telur dan daging tanpa lemak.

  1. Berpuasa secara rutin

Dengan melakukan puasa secara rutin bisa menurunkan berat badan. Seperti yang disunahkan dalam ajaran Islam yaitu puasa senin dan  kamis misalnya. Hal tersebut bisa dijadikan solusi yang berkah buat kamu yang tubuhnya ingin ideal.

Akan tetapi perlu diketahui juga, jangan sampai puasa kamu kelewatan dan keluar dari kaidah yang benar. Misalnya kamu berpuasa sampai setiap hari dan malah jatuh sakit.

Perlu diingat, meurunkan berat badan juga tidak harus mengorbankan kondisi kamu sampai jatuh sakit parah.

  1. Kurangi asupan kalori

Pertama hal yang terpenting adalah kurangi asupan yang kurang baik seperti cemilan dan bumbu penyedap. Selain itu perbanyaklah mengkonsumsi sayauran yang sehat.

Kalori yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan berbagai kriteria yaitu tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, aktifitas dan usia.

Jika ingin mengurangi berat badan kamu secara cepat, maka lakukan lah dengan teratur dan efektif. Menghindari dan mengurangi porsi sesuai kategori tubuh kamu.

Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Satu Minggu

menurunkan badn dalam satu minggu

Berikut ini akan dibahas mengenai cara menurunkan berat badan dalam satu minggu. Mungkin buat kamu ada sebagian yang belum percaya hal ini, tetapi patut untuk dicoba karena sudah banyak orang yang sudah merasakannya.

Mengatur pola makan

Dalam hal ini kamu harus tahu bahwa prinsip dalam mengatur pola makan sangat berpengaruh dalam menurunkan berat badan. Perlu diketahui asupan kalori yang masuk akan berpengaruh terhadap berat tubuh begitupun sebaliknya.

Artinya jika  kalori yang masuk itu sedikit sedangkan yang dikeluarkan banyak maka kamu akan kurus. Yang kedua jika kalori yang masuk kedalam tubuh kamu lebih banyak dari yang tubuhmu keluarkan maka akan gemuk.

Tentunya segeralah atur pola makan. Hal terkecil dari menu makan sarapan yaitu dengan sajian yang mengandung 300 sampai 400 kalori. Contohnya satu mangkuk sayur dan ikan ditambah nasi dengan ukuran 100 gram itu sudah memadai.

Berikut ini sebuat trik bagaimana pola yang dilakukan dalam satu minggu untuk menurunkan berat badan kamu.

Hari pertama : Mengkonsumsi makanan yang ringan dan sehat seperti buah-buahan .

Hari kedua : Konsumsilah sayuran segar yang sehat dan baik.

Hari ketiga : Mengonsumsi sayuran dan juga buah-buhan yang baik dan segar.

Hari keempat : Makanlah buah pisang dan susu murni

Hari kelima : Makanlah nasi dengan ukuran satu mangkuk kecil dengan tomat.

Hari keenam :Mengkonsumsi sayur-sayuran yang baik dan ketika makan siang, tambahkan satu mangkuk kecil nasi.

Hari ketujuh : Mengonsumsi satu mangkukkecil nasi dtambah sayuran dan meminum jus untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh kamu

Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg

menurunkan berat tubuh 10 kg

Pada bagian khusus ini, akan saya tulis bagaimana cara menurunkan berat badan 10 kg. Bagian ini bisa dibilang lanjutan dari sub bab sebelumnya.

Secara umum, semua bagian yang mengupas cara menurunkan berat badan disini sedikit mendekati dengan sub bab sebelumnya. Namun disini, saya akan menulis bagian tambahannya saja.

Mengonsumsi makanan pedas, membakar lemak pada badan

Manfaat yang terdapat dalam makanan pedas adalah bisa mengurangi lemak dan melancarkan peredaran tubuh. Menurut penelitian yang sudah dilakukan, makanan pedas mengandung capsaicin yang dapat membakar kalori didalam tubuh.

Maka dari itu dengan mengonsumsinya kamu akan mendapatkan dua manfaat yang baik buat tubuh. Tapi perlu diingat juga, jangan terlalu pedas nanti malah jadi penyakit buat tubuhmu.

Jauhi minuman yang beralkohol dan bersoda

Selain dilarang oleh agama, efek yang ditimbukan dari meminum miuman yang beralkohol sangatlah buruk bagi tubuh. Terutama bagi berat badan kamu.

Kandungan yang terdapat pada alkohol memang tidak memiliki lemak, akan tetapi senyawa pada minuman ini dapat menambah 7 kalori disetiap gramnya.

Menurut riset yang dilakukan kesehatan Inggris bahwa masyarakatnya memiliki kalori sekitar 2000 kilo kalori karena mengomsumsi minuman yang beralkohol. Sedangkan pada minuman bersoda dapat memberikan sekitar 245 kalori kedalam tubuh kamu.

Maka dari itu segeralah hindari minuman tersebut untuk bisa menurunkan berat badan kamu.

Mengonsumsi salad yang baik untuk badan

Tentunya makanan ini sudah tidak asing lagi. Dengan mengonsumsi salad, akan membantu menyebailkan tubuh dalam bentuk yang ideal. Konsumsilah salad dengan teratur bagi kamu yang ingin mempunyai tubuh ideal.

Jika bosan, kamu bisa merubah atau menyajikannya dengan berbagai campuran seperti salad buah pisang yang dicampur dengan pir dan apel, kemudian dicampur dengan mayones dan segelas jus jeruk.

Mencatat penurunan berat badan

Masih banyak orang yang melewatkan bagian ini, yaitu mencatat penurunan atau kenaikan berat badannya. Khususnya buat kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, hal ini penting untuk dilakukan.

Dengan mencatat penurunan berat badan kamu, maka akan bisa terjawab ukuran berat yang harus dikurangi selanjutnya. Intinya semua akan terbentuk sebuah agenda dan proses yang baik dalam menurunkan berat badanmu.

Tidur dengan teratur

Salah satu penyebab tubuh kamu sulit untuk turun adalah pola tidur yang kurang effektif. Perlu diketahui tubuh orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 jam untuk tidur dan beristirahat dalam seharinya. Maka dari itu, kamu harus atur pola tidur dari sekarang jika memang ingin menddapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badanmu.

Dengan tertawa

salah satu tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badamu adalah dengan tertawa. Mungkin terdengar tidak masuk akal, namun sudah banyak orang yang merasakannya.

Secara ilmiah orang tertawa akan meningkatkan denyut jantung dan menjadikan metabolism cepat sehingga akan berpengaruh pada tubuh. Selain itu tertawa juga dapat memberikan efek baik untuk oragan lain seperti hati, ginjal, perut, pancreas, adrenal dan limpa.

Banyak kegiatan yang bisa membuat kamu tertawa, contohnya kamu bisa melihat video satnd up comedy,bercanda dengan teman atau melihat video lucu lainnya.

Makan dengan pelan-pelan

Perlu kamu ketahui, jika makan dengan terlalu terburu-buru maka insting yang ditangkap oleh otak kmau akan salah mengenali antara belum kenyang atau sudah. Maka dari itu dianjurkan buat kamu supaya makan dengan  pelan-pelan supaya respon otak merasakan kenyang yang dikonsumsi tubuh.

Jika kebiasaan makan terburu-buru ini terus dilakukan, maka itu akan menjadi penyeba kamu gendut. Karena makanan yang  dimakan akan memiliki tekstur tidak halus dan membuat system pencernaan akan sulit mengolah. Hasilnya, semua yang diserap akan diubah menjadi lemak oleh tubuh.

Menghindari makanan yang berlemak

makanan penyebab badan gendut

Selama proses penurunan berat badan berlangsung, hindarilah makanan yang berlemak. Terutama makanan yang akan disebutkan pada bagian ini.;

  • Pure kentang. Kandungan lemak yang terdapat dalam kentang sangatlah tinggi. Apalagi jika dibuatkan pure dengan tambahan mentega dan krim. Coba pikirkan saja, ukuran pure kentang dalam setengah mangkuk mengandung 200 kalori. Maka dari itu hindarilah makanan seperti ini.
  • Es krim. Rasanya mungkin sangat enak dan banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Namun buat kamu yang mulai melakukan program ini, segeralah menghindari eskrim.

Kandungan gula, lemak dan kaya akan kalori ini merupakan pantrangan buat kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan.

  • Makanan cepat saji. Sebagian besar produk makanan cepat saji sangat menjamur disekitar kamu. Banyak sekali jenisnya seperti burger, kentang goreng dan nachos. Ketika makanan ini termasuk dalam kategori urgent buat kamu yang sedang proses menurunkan berat badan. Sangat tidak di anjurkan sekali bahkan kalau bisa kamu hindari jenis makanan cepat saji ini. Karena kandungannya kebanyakan lemak yang akan menambah kalori pada tubuh kamu.
  • Minuman bersoda. Minuman yang satu ini memiliki kandungan gula, sodium serta kalori yang tinggi. Maka sebaiknya hindari buat kamu yang tidak ingin gendut. Terlebih lagi komposisi tersebut akan menghambat pada proses penurunan berat badan yang kamu lakukan.
  • Gorengan . Jajanan yang ada sepanjang masa ini sangatlah banyak digemari. Namun siapa sangka, makanan ini menjadi salah satu penyebab tubuh kamu jadi makin tak karuan. Selain karbohidrat, minyak yang terkandung disetiap kali penggorangan menjadi penghambat proses penurunan berat badan. Maka dari itu sebaiknya hindari makanan ini.

Kebutuhan air tercukupi

Dengan melakukan kebiasaan minum setiap hari, akan membuat tubuh kamu menjadi baik. Karena dengan minum, kamu akan bisa membedaan rasa haus dan rasa lapar.

Dianjurkan, sebelum makan sebaiknya minum satu gelas terlebih dahulu. Karena dengan begitu rasa haus dan lapar bisa kamu bedakan. Hasilnya akan mencegah rasa lapar yang menipu.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, sebaiknya minum 8 sampai 10 gelas per harinya. Kalau bisa, minumlah air hangat karena dapat membantu membakar kalori dalam tubuh.

Teh hijau dapat membuat badan ideal

Salah satu solusi lain adalah dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur. Kandungan yang dapat membantu menurunkan berat badan adlaah  catechin dan antioksidan  yang ada pada the hijau. Perbakaran kalori akan cepat dengan kedua kandungan ini.

Konsumsi protein dan lemak yang baik

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein serta lemak yang baik baik tubuh akan menurunkan berat badan kamu. Banyak jenis makanan seperti itu, contohnya ikan telur, ikan salmon, daging ayam, dan lain-lain.

Selain itu mengonsumsi sayuran yang memiliki serat, akan baik bagi tubuh untuk menurunkan berat badan. Jenis sayuran tersebut seperti kubis, mentimun, kol, seledri, selada dan bayam.

Perlu diketahui bahwa tubuh itu butuh sekitar 20 sampai denfan 50 gram asupan protein dalam sehari. Maka dari itu selain kamu fokus pada proses penurunnan berat tubuh, jangan lupa pilih makanan yang berkriteria baik seperti yang telah disebutkan tadi.

Sementara itu contoh makanan yang mempunyai lemak baik adalah minyak zaitun, biji-bijian, alpukat dan kacang-kacangan. Semua makanan itu mengandung lemak baik yang bisa dijadikan rekomendasi buat kamu yang sedang masa pernurunan berat badan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Olahraga

menurunkan berat dengan olahraga

Pada bagian ini akan saya tulis beberapa jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan kamu. Langsung aja simak.

Push up dapat menurunkan berat badan

Lakukan lah gerakan push up untuk membakar kalori kamu. Minimal dalam satu hari mulai saja dengan 20 kali. Selanjutnya bisa kamu tambah sendiri sesuai kemampuan.

Pastinya sudah tahu gerakannya, yaitu dengan memposisikan badan kamu berbaring kemudian menahan dengan tangan dengan kuat dan kaki. Selanjutnya angkat tubuh keatas dengan sejajar. Turunkan lagi,dan ulangi kembali.

Gerakan Squats dapat membentuk badan ideal

Selain push up, kamu bisa lakukan squats. Yaitu dengan menempatkan tangan pada kepala lalu turunkan tubuh pada poisi jongkok dan tangan sejajar kearah depan.

Menaiki anak tangga, dapat membuat berat tubuh ideal

Menurut saya, bagian yang ini aka lebih efesien bagi ibu-ibu yang ingin mengurangi berat tubuhnya. Cukup dengan berjalan atau lari kecil  menaiki tangga, lalu turun dan mengulanginya hingga terasa pada bagian tubuh.

Cara ini juga tidak perlu mencari alat atau apapun, cukup menggunakan tangga kecil atau besar yang ada dirumah atau taman, sudah bisa diaplikasikan.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jeruk Nipis

menurunkan berat dengan jeruk nipis

Pada bagian ini akan diberikan tips dalam memanfaatkan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Selain dengan memakannya langsung,jeruk nipis dapat ditambahkan dengan makanan, sambal atau salad yang kamu suka.

Selain itu bisa juaga diolah dengan mengambil air perasan jeruk nipis, lalu perasaan tersebut dapat langsung diminum. Lakukan hal ini setiap hari dengan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Perlu kamu ketahui air perasaan jeruk nipis mengandung senyawa anti jamur, anti bakteri dan anti virus alami yang dapat membunuh toksin dalam tubuh. Selain itu jika dilihat dari jumlah kalori yang terdapat dalam satu gelas air jeruk nipis yaitu terdapat 11 kalori. Maka dengan mengonsumsinya secara rutin tidak akan menambah lemak untuk tubuh.

Apalagi kandungan vitamin c yang besar dalam jeruk nipis hingga bisa memenuhi 22% AKG yang dapat berperan dalam pembakaran lemak.

Oleh sebab itu, saya lebih menyarankan untuk rutin mengonsumsinya, bagi kamu yang benar-benar ingin cepat menurunkan berat badan dengan cara alami.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Jahe

menurunkan berat tubuh dengna jahe

Siapa yang tidak tahu jahe? Tanaman yang satu ini banyak ditemukan di Indonesia khusunya. Sering menjadi bumbu pada makanan atau minuman yang beraroma menenangkan. Karena dengan mengonsumsi jahe akan sangat terasa hangat pada tubuh. Sangat cocok buat kamu yang sedang kedinginan, perut kembung atau mual.

Kali ini jahe juga mempunyai peran penting dalam menurunkan berat badan kamu. Sebuah penelitian menjawab bahwa salah satu umbi ini dapat mengatasi lemak pada tubuh.

Beberapa manfaat dari jahe untuk menurunkan berat badan diantaranya :

  • Akan menekan nafsu makan, hasilnya dapat mengurangi tingkat konsumsi yang banyak pada makanan.
  • Meningkatkan dan membantu aliran pencernaan yang baik bagi tubuh
  • Tumpukan lemak atau yang biasa disebut kortisol, akan berkurang seiring mengonsumsi oahan jahe ini.
  • Jahe memiliki inflamasi yang dapat menyetabilkan panas dalam tubuh. Sehingga dapat membantu membakar kadar kalori yangberlebihan dalam badan kamu.
  • Selain itu, jahe memiliki manfaat lain seperti menurunkan darah tinggi dan kolesterol dalam tubuh.
  • Membuat metabolisme tubuh berjalan dengan cepat, sehingga mengefektifkan penurunan berat badan.

Cara pengolahannya cukup sederhana, yaitu dengan merebus jahe secukupnya, tunggu hingga mendidih, lalau saring dan dinginkan. Kemudian perasan jahe sudah dapat dikonsumsi. Lakukan secara teratur minimal dalam satu hari 1 kali di pagi hari.

Penyebab Orang Memiliki Berat Badan Yang Besar (Bonus)

penyebab orang bertambah berat badan

 

Bagian merupakan bonus dari artikel saya terkait cara menurunkan berat badan. Selain tata cara dan tips yang saya berikan buat kamu terkait tema, sebaiknya kamu juga tahu beberapa penyebaba yang menimbulkan seseorang berbadan tidak ideal :

  • Faktor dari keturunan atau genetika
  • Komplikasi penyakit khusus
  • Kurangnya olahraga
  • Sering menngonsumsi makanan yang berlemak tidak baik atau berkalori tinggi
  • Keurangnya bergerak

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis mengenai bagaimana cara menurunkan berat badan. Semoga dapat bermanfaat buat kamu khususnya yang mau diet atau mengideakan tubuhmu. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply