1
111

10 Step Bagaimana Cara Merawat Murai Batu Yang Bagus & Simpel

Bagaimana cara merawat murai batu rumahan ? Murai batu terkenal dengan pawakannya yang cantik dan juga kicauan yang indah.

Burung ini memiliki nama latin copsychus malabaricus dengan ekor yang panjang ini dikenal dengan kicauan yang bervariasi. Sehingga dapat dengan mudah dilatih untuk menirukan berbagai kicauan dari burung lainnya. Biasanya istilah yang biasa dipakai oleh para pecinta burung yaitu dengan sebutan gacor.

Pendahuluan Mengenai Murai Batu (Video)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk burung ini agar meraih juara di lomba, maka perlu dilakukan perawatan dan pelatihan yang harus diberikan sehari – hari. Simak lebih lengkap untuk mengetahui bagaimana cara merawat murai batu.

Cara merawat murai batu untuk lomba adalah hal yang wajib dilakukan. Murai batu harus selalu sehat dan terlatih kicauannya. Jika Anda membeli satu ekor burung murai batu yang sudah terlatih namun tidak dirawat dengan baik maka peformanya akan menurun. Burung ini dapat di temukan dan tersebar di pulau jawa, sumatera, dan Kalimantan.

Burung murai yang banyak tersebar di hutan tersebut memiliki perawakan dan karakteristik suara yang berbeda – beda, tak terkecuali burung murai asal medan. Cara merawat murai batu yang baik dan benar akan membuat Anda meraih pundi – pundi uang jika di lombakan, karena burung ini dapat berkompetisi mulai dari skala kecil hingga besar.

Cara membuat murai batu gacor dan jinak berikut ini dapat Anda jadikan referensi agar mengetahui bagaimana cara merawat murai batu agar sehat dan gacor :

Perhatikan Asupan Makanan Burung Murai Batu

pakan ulat hongkong murai

Source: ulathongkongmulticahaya.blogspot.com

Makanan dari burung murai batu biasanya adalah serangga – serangga kecil seperti kroto, jangkrik, telur dari semut merah, ulat kandang, ikan guppy, cacing, orong – orong, ulat hongkong, dan juga belalang.

Anda juga dapat membelikan makanan yang sudah jadi seperti poor yang juga baik untuk diberikan kepada burung tersebut. Namun dari berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan tadi, Anda perlu memerhatikan burung ketika diberi makan.

Karena setiap burung murai batu memiliki karakternya masing – masing yang dapat cocok serta tidak cocok jika diberi makan jenis makanan tertentu. Jika dirasa tidak cocok, maka ganti pakan yang sesuai dengan kesukaan burung.

Sesekali Diembunkan Atau Diangin – Anginkan

mengembunkan murai batu

Source: mediaronggolawe.id

Jika Anda ingin memandikan burung tersebut, maka lebih baik untuk diembunkan terlebih dahulu agar tidak terkejut jika langsung dimandikan.

Embunkan cukup 30 menit agar burung menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini dapat dilakukan secara harian sebelum memandikan burung murai dipagi hari.

Mandikan Burung Murai Batu Sehari Sekali

murai batu mandi

Source: Youtube

Salah satu hal yang penting dilakukan oleh burung adalah dengan memandikannya agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Jika burung terkena penyakit dan mati maka Anda telah dinyatakan gagal dalam merawat burung tersebut.

Mandikan burung murai dengan cara disemprot pelan – pelan di dalam sangkarnya dan jangan terlalu lama memandikannya.

Bersihkan Sangkar Burung Secara Rutin

bersihkan sangkar burung murai

Source: udikhangeblog.wordpress.com

Cara berikutnya untuk dapat melatih murai batu muda juara agar cepat gacor keras adalah dengan membersihkan sangkar burung secara rutin agar menjaga kebersihan dari sangkat tempat tinggalnya.

Jika badan burung sudah bersih namun kandangnya tidak, maka burung akan tetap terancam infeksi penyakit dari kotoran dan bulu – bulu yang ada di kandangnya tersebut. Buang dan bersihkan kotoran di kandang dan ganti air minum burung setiap hari.

Jemur Burung Murai Batu Dan Diangin – Anginkan

menjemur burung murai

Source: omkicau.com

Burung perlu untuk dijemur di udara yang bersih dan hangat. Cukup 1 jam saja setiap harinya sekitar jam 9 hingga pada jam 12 siang sebelum sinar matahari berada pada titik terpanasnya sehingga kesehatan dari burung murai dapat dijaga. Pasca dijemur maka anginkan – anginkan burung murai selama 10 menit.

Kegiatan penjemuran ini biasa dilakukan oleh para pecinta burung dan tidak hanya pada burung murai batu saja. Melainkan pada berbagai jenis burung yang ada untuk menjaga burung agar tetap sehat dan rileks.

Pemasteran Burung Murai Batu Agar Gacor

latihan burung murai

Source: Youtube

Latihlah burung murai dengan menggunakan burung – burung lain seperti burung bakalan, burung prenjang, dan lain – lain sehingga kicauan murai tersebut semakin bervariasi.

Jika tidak memiliki burung lain yang dijadikan sebagai master saat melatih burung murai maka Anda dapat menggunakan suara burung yang ada dalam bentuk rekaman. Pemasteran ini sebaiknya dilakukan dengan rutin agar murai menjadi terlatih.

Baca Juga  11+ Jenis Lovebird Terbaik dan Terlangka Di Dunia

Kenali Karakter Dari Burung Murai Batu

karakter burung murai

Source: jalaksuren.net

Anda sebagai pemilik burung tentu harus memahami karakter dari hewan peliharaan. Mulai dari makanan yang disukainya, apa yang diukai, penyakit yang biasa diderita, penyebab bulu burung rontok, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat dijadikan sebagai alat bantu Anda untuk merawat burung dengan ikhlas dan sabar. Sehingga burung menjadi lebih sehat dan bahagia ketika diperlakukan dan tidak menjadi stress.

Kondisikan Lingkungan Seperti Pada Habitat Aslinya

habitat burung murai

Source: raissa.abatasa.co.id

Jika Anda mendapatkan burung murai dari hasil tangkapan, maka Anda perlu melatihnya agar terbiasa dengan nuansa yang baru. Lakukan secara perlahan, dan jika perlu kondisikan lingkungan dari burung tersebut agar seperti habitat aslinya.

Contohnya dengan meletakkan sangkar burung di pepohonan atau gunakan pijakan kaki burung dengan ranting pohon, dan lainnya. Hal ini dapat membuat burung murai menjadi nyaman dan menjadikan murai batu biar gacor terus

Berikan Multivitamin Tambahan Untuk Burung Murai Batu

multivitamin burung murai

Source: ocehankenari.blogspot.com

Selain pada makanan yang biasa dikonsumsi oleh burung, Anda perlu juga menambahkan multivitamin. Supaya burung tetap terjaga kesehatannya dan nutrisinya. Multivitamin dapat diberikan 3 kali dalam seminggu dan bisa dicampurkan pada makanan atau minumannya.

Untuk dosis dapat disesuaikan dengan petunjuk yang ada di kemasan. Jangan berikan dosis yang berlebihan karena akan menyebabkan burung menjadi bengkak dan tidak sehat.

Letakkan Di Tempat Yang Tenang Dan Jauh Dari Kegaduhan

letakkan murai batu

Source: burunglovers.blogspot.com

Anda dapat meletakkan burung ditempat yang tenang dan jauh dari kegaduhan karena jika burung mendapatkan tempat yang bising, ia akan rawan terkena stress. Berikan suasana yang tenang agar burung juga menjadi lebih rileks dan tidak kurang dalam beristirahat.

Tuntas sudah ulasan mengenai cara merawat murai batu. Anda dapat memiliki anakan dari burung murai batu ini, namun untuk mengikuti lomba maka perlu burung murai yang dewasa. Setelah mendapatkan juara dalam kompetisi, maka Anda akan meraup pundi – pundi dari hasil yang didapatkan.

Perlu kesabaran dan keikhlasan dalam cara merawat murai batu muda hutan agar cepat gacor. Burung ini sangat indah dengan variasi warna yang ada di tubuhnya seperti warna hitam, merah, biru, dan lain – lain.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply