Tips Singkat Cara Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

budidaya semut rangrang

Cara Budidaya Semut Rangrang – Hai teman teman, maaf nih udah lama ga update di blog ini karena banyak kesibukan, hehe. Oiya akhir akhir ini saya tertarik sekali dengan budidaya semut rangrang atau biasa dikenal dengan semut kroto. Padahal arti dari kroto adalah telur semut itu sendiri. hehe.

Sudah pada tahu kan semut yang satu rangrang? Kalau didaerah Jawa Barat sih sering disebut dengan “Kararangge”,  ga tau kalau didaerah kalian apa namanya, hihi. Perlu kalian ketahui bahwa semut rangrang dizaman sekarang sudah jarang ditemukan. Hal ini karena perubahan alam tepatnya dari globalisasi, polusi dan juga pembangunan industri.

Padahal semut rangrang ini sangat berperan penting sekali untuk keseimbangan alam. Nah, jika di daerah kalian masih ada semut yang satu ini, Alhamdulillah berarti daerah kalian masih asri. hehe. Saya kemarin mencoba mencari bibit sarang semut yang satu ini di daerah saya, sangat sulit sekali ditemui. Tapi alhamdulillah saya akhirnya bisa menemukan sarangnya di darah perkebunan yang tidak terurus.

Lokasi Semut Rangrang

lokasi semut rangrang
Source : Abahtani.com

Dari pengalaman saya ketika mencari sarang semut ini yaitu berada di daerah sekitaran yang dekat dengan sungai. Karena daerah perkebunan yang saya temui ini sangat berdekatan dengan sungai. Jadi saya asumsikan semut rangrang ini menyukai tempat yang agak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pada saat saya menemukan lokasi tersebut, kemudian saya analisa ada berapa sarang disetiap pohon. Ternyata disetiap pohon tempat adanya semut rangrang bersarang biasanya terdapat sekitar 5-7 sarang. Ukuran tempat sarang semut ini beragam, dari mulai yang besar sampai lipatan daun yang kecil. Lalau dimana biasanya ratu semut rangrang itu berada? Jika saya baca baca dari beberapa artikel dan dari pendapat teman saya, ratu semut akan berada pada posisi sarang yang sangat tinggi.

Maksudnya adalah tempat tinggal ratu lebih tinggi dari sarang sarang yang lainnya. Sudah pada tahukan ciri cicri ratu semut rangrang? Atau masih bingung? hehe.. Oke akan saya kasih tau beberapa cirinya.

Ciri Ratu Semut Rangrang

ratu semut rangrang
Source: hewanpedia.com

Bagi yang belum tau ciri dari ratu semut rangrang yaitu pasti dari ukuran badan akan lebih besar dari semut lainnya seperti pekerja. Untuk lebih jelasnya adalah :

  • Ukuran lebih besar dari semut yang lain
  • Warna dari tubuhnya sedikit berwarna kuning
  • Selalu dikerumuni semut lainnya
  • Sulit untuk melarikan diri / Tidak lincah

Nah itu tuh ciri yang saya ketahui tapi Insyaallah ga salah hehe. Memang agak gampang gampang susah cara buedidaya semut rangrang ini. Mudahnya yaitu praktis, pakan tidak terlalu boros. Nah kalau susahnya yaitu sisemut sulit banget buat bikin sarang di media buatan. Lalu bagaimana membuat media budidaya semut rangrang ini? Berikut akan saya jelaskan secara sederhana dan cepat.

Media Budidaya Semut Rangrang

rak budidaya semut rangrang
Source : Youtube

Tempat yang dijadikan untuk budidaya semut rangrang ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan rak yang bisa dibuat dari bambu atau kayu reng. Berikut saya poinkan :

  • Rak budidaya, bisa terbuat dari bambu, atau kayu reng yang dilapisi triplek.
  • Toples bekas.
  • Minyak atau bisa pakai oli (cuman kalau pake oli agak berbau)
  • Wadah untuk ditempatkan dikaki rak yang dicampur dengan minyak agar semut tidak keluar rak.
  • Wadah untuk tempat air gula.

Nah itu beberapa bahan yang harus anda siapkan buat budidaya semut rangrang ini. Gak sulit kan? hehe. Jika semua sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah kalian harus mencari bibit semutnya. Saya sarankan sih beli aja lewat online. Karena apa? Jika ngambil dari alam banyak sekali resiko terutama semut akan stress dan banyak yang mati karena perubahan tempat hidupnya. Yang asalnya dialam sekarang harus ke rak.

Berbeda jika kalian membeli dari peternalk lain. Semut sudah terbiasa dengan media toples dan tempat yang dibuat sengaja oleh manusia. Semut tidak akan strees. Usahakan kalau bisa kalian punya ratunya juga supaya produksi krotonya lebih cepat dan banyak. Nah itulah beberapa tips singkat sekaligus pengalaman saya bagaimana cara budidaya semut rangrang ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

Manfaat Essen Katilayu Yang Diambil Dari Bagian Pohonnya

Katilayu merupakan tanaman yang mempunyai beberapa manfaat yang unilk. Salah satunya sering dijadikan essen katilayu untuk umpan ikan. Sehingga banyak sekali orang yang menjual dan harganya yang lumayan. Karena terbukti dalam dunia pemancingan baik untuk ikan mas, nila, lele dan lain-lain.

Nah maka dari itu saya penasaran untuk menulis seputar pohon yang satu ini. Berikut akan saya bahas dari mulai struktur pohon hingga manfaat dan pengolahannya.

Pohon Katilayu

Sebuah tanaman yang pastinya terdapat manfaatnya dan diburu oleh beberapa orang. Tidak lain tidak bukan, pohon katilayu ini mempunyai kegunaan didalam dunia pemancingan.

Manfaat yang diambil dari getah katilayu ini bisa diibuat untuk campuran aroma dalam umpan ikan. Yap, dibuat essen katilayu mungkin itulah sebutannya. Sampai saat ini banyak orang yang menjual di beberapa web atau market place.

Kembali lagi pada penjelasan pohon katilayu ini. Oiya, tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Cirebon Jawa Barat. Untuk menegetahui gimana sih bentuk dan rupanya dari katilayu ini berikut penjabarannya.

Ciri Pohon Katilayu

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa bagian ciri dari pohon katilayu. Mulai dari daun, bunga dan lainnya.a.

Daun

Seperti tumbuhan pada umumnya, daun pada katilayu juga sama yaitu sebagai tempat fotosintesis. Yaitu alat untuk pernafasan atau sering disebut dengan stomata.

Daun katilayu berwarna hijau karena mengandung banyak klorofil. Tepatnya adalah warna hijau muda. Secara spesifiknya susunan menyirip pada ujung daun yang lancip. Lonjong dan memanjang pada bentuk daunnya.

Pada bagian tangkai, katilayu memiliki lebih dari satu helai daun. Umumnya daun jenis majemuklah yang dimiliki pohon ini. Itulah ciri dari adun katilayu.

Batang

Berikut ini merupakan ciri dari batang pohon katilayu:
Umumnyta sebagai penopang tanaman karena memiliki serat yang sangat tinggi
Mengandung serat yang sangat tinggi.

  • Kokoh
  • Tekstur yang kasasr
  • Warna coklat kehitaman
  • Sebagi tempat dalam pertumbuhan daun
  • Tegak lurus (Umumnya)
  • Ditumbuhi cabang-cabang

Akar

Berikut ini merupakan ciri sekaligus manfaat dari akar katilayu:

  • Sebagai penopang pohon
  • Memiliki peran dalam fotosintesis
  • Akar tunggang
  • Warna kulit berwarna coklat pada bagian luar
  • Tanaman dikotil

Getah Katiyau

Pada bagian ini saya bahas seputar bagian pada getahnya. Untuk bagian getah katilayu biasanya sangat sulit didapatkan. Maksudnya mencari getah yang benar-benar sudah jadi.

Pada beberapa sumber, getah katilayu yang bagus adalah yang sudah mengering. Banyak yang menjual getah yang mengering ini. Untuk mendapatkan jenis getah kering dari katilayu ini adalah mencari pohon yang sudah berusia tua. Serta sudah ada keluar getahnya.

Tekstur getah katilayu hampir menyerupai kuilit pohonnya. Sehingga semakin lama pohon usianya, maka getah yang mengeringnya sangat menyerupai kulitnya. Biasanya getah katilayu ini banyak dibuat kerajinan dan aksesoris. Yang paling banyak adalah sering dijadikan essen katilayu didalam dunia pemancingan.

 

8 Jenis Ikan Koi Lokal & Import (Termahal, Terindah, Terlangka)

Ikan koi merupakan binatang air yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Banyak sekali jenis – jenis ikan koi yang ada, mulai dari lokal seperti blitar sampai import. Tentunya koi adalah ikan yang mempunyai harga tinggi. Dan banyak juga koi yang dijadikan gambar atau lukisan besar oleh kalangan tertentu.

Pada artikel ini saya akan membahas jenis dari ikan koi yang ada di dunia. Mulai dari harga biasa bahkan tinggi, corak warna seperti merah, hitam, putih dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak dan lanjutkan membacanya.

Koi Kohaku

Dari ikan koi lainnya, jenis yang satu ini merupakan yang paling fenomenal dan sangat tua dari umurnya. Ciri fisik yang sangat mudah diketahui dari ikan ini yaitu memiliki dasar warna putih yang solid dan warna merah yang cerah.

Bagi kamu yang ingin memiliki atau membeli ikan kohaku ini, perlu mengetahui tipe yang berkualitas. Ciri spesifik yang wajib kamu tahu dari ikan ini diantaranya:

  • Terdapat kombinasi warna merah dan puith disepanjang tubuhnya
  • Warna merah yang sangat cerah
  • Warna dasar putihnya tidah terkena noda atau cacat
  • Terlihat cerah dari semua titik fisiknya mulai sirip badan, kepala sampai ekor

Ikan koi kohaku ternyata memiliki beberapa jenisnya lagi yaitu tancho, maruten, gin rin dan doitsu. Itulah sedikit pembahasan tentang salah satu jenis ikan koi yang paling diburu. Tentunya kohaku memiliki harga yang tidak sedikit.

Koi Sanke Taiso

Tipe yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kohaku yang sudah kita bahas tadi. Namun tentu saja ada sedikit perbedaan yang menjadikan kualitas dan harga menjadi beda. Beberapa ciri dari ikan koi jenis sanke taisho yang perlu anda tahu adalah:

  • Pada tubuhnya terdapat warna pelengkap yaitu hitam
  • Pola warna yang serupa dengan ikan kohaku
  • Merah dan hitam menjadi pola warna pada tubuhnya
  • Warna dasar putih namun dikombinasikan dengan pola hitam merah tadi

Semua itu adalah ciri yang paling gampang bisa kita kenali. Dari variasinya, jenis ikan koi yang satu ini memiliki empat, yaitu Gin Rin, Tancho, Maruten dan Doitsu.

Baca Juga: 21 Ikan Hias Air Tawar

Koi Shusui

Shusui adalah ikan koi yang mempunyai gabungan warna seperti Asagi. Perihal yang mengetahui ialah skema yang ada dibagian atas ikan. Ikan Asagi mempunyai skema seperti jaring berwana biru, dan Shusui memilikipola garis di selama punggung ikan. Di bagian perut, insang, serta sirip Shusui tdk ada ketaksamaan ialah ada skema warna merah atau orange.

Koi Asagi

Asagi adalah type ikan koi yang mempunyai skema jaring berwarna biru dibagian atasnya. Dibagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, serta tubuhnya ada warna merah atu orange. Skema warna merah atau orange itu dapat berkembang atau bertambah besar bersamaan dengan umur ikan.

Koi Hi Utsuri

Hi Utsuri adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang digabungkan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri rata-rata mempunyai warna orange pada waktu usianya tetap muda serta warna itu dapat menjadi merah cerah bila ikan udah dewasa.

Shiro Utsuri

Jenis ikan koi ini adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang di lapis dengan warna putih. Shiro Utsuri dijelaskan bermutu bila campuran warna itu ada dibagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan mesti berwarna hitam serta putih.

Koi Tancho

Tancho adalah type ikan koi yang sangat popular di kelompok beberapa peminat ikan koi, bahkan juga kepopuleran Tancho menundukkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho mempunyai warna basic putih yang dihiasi dengan skema atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri serta peletakan skema warna merah di kepalanya tentukan mutu ikan ini.

Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih diketahui dengan nama Showa, adalah satu diantaranya type ikan koi yang mempunyai gabungan warna basic merah serta putih yang ditambahkan dengan warna hitam diatasnya.

Gabungan warna itu mempunyai persamaan dengan type ikan koi Sanke, hingga masalah ini mempersulit kita untuk mengetahui pada ke dua type ikan koi itu bila kita belum pula memahami lewat cara detil berkenaan ke dua type ikan koi itu.

Perihal yang mengetahui pada ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke ialah skema gabungan warnanya. Ikan koi Showa mempunyai skema warna hitam disepanjang badan, dan Sanke cuma ada di atas badan, serta lebih utama agar bisa mengetahui pada kedua-duanya ialah Showa mempunyai skema warna hitam diatas kepalanya, dan ikan koi Sanke tdk.

Demikianlah beberapa informasi terkait jenis jenis ikan koi yang bisa saya berikan. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lain di situs bisapinter ini. Sekian dan terimakasih.

5 Jenis Kandang Ayam Pelung Yang Sederhana

Anda menggemari ayam pelung? Ada beberapa yang perlu anda perhatikan. Yaitu memilih model dan ukuran kandang ayam pelung yang baik. Meski banyak beberapa orang yang menjual dengan harga yang mungkin biasa tapi desain kurang. Hal itu akan membuat ayam tidak nyaman. Pada kesempatan ini saya akan berikan beberapa model dan gambar dari kandang ayam hias ini.

Sekilas kita sering melihat beberapa model atau yang ada di lingkungan kita. Ada yang berukuran sedang sampai besar. Perlu anda ketahui bahwa memilih desain atau ukuran kandang sangatlah berpengaruh pada pertumbuhan ayam pelung.

Pengalaman saya merawat ayam dari doc sampai ukuran dewasa banyak masalah pada model kandang. Sehingga banyak ayam pelung yang akhirnya cacat dengan kaki yang lemah dan tidak bisa berdiri. Hingga pada akhirnya saya mecoba mencari orang atau pengrajin kandang yang bagus dan rekomended. Tidak tanggung-tanggung ternyata perbedaan kandang model yang biasa dengan yang saya beli sangatlah jauh dari harganya. Berikut akan saya bagikan beberapa ukuran, model dan beberapa gambar.

Model Dan Ukuran Kandang

Jika ditempat saya, model dari kandang ayam pelung ini bermacam-macam. Dari yang mulai terbuat dari bambu saja sampai kombinasi dengan rotan. Mungkin dari sana anda sudah bisa menebak, mana yang paling bagus. Yap, sudah tentu kombinasi dengan rotan.

Kandang untuk ayam pelung dewasa memiliki ukuran diameter kira kira satu meter setengah (1.5 m). Jumlah itu sudah optimal jika dibandingkan dengan gerakan bebas ayam nantinya.

Untuk model atau desai sendiri, kandang ini membentuk seperti kubah. Yaitu dari bagian atasnya bundar, hal tersebut mempunyai fungsi untuk gerakan kepala supaya leluasa. Karena ayam pelung memiliki tinggi yang lumayan besar.

Beda halnya dengan kandang untuk aya, doc atau yang berumur masih kecil. Sebaiknya untuk ayam yang berukuran kecil anda buat terpisah dari yang dewasa. Hal itu ditakutkan ada serangan dari ayam dewasa. Bisa gunakan kandang bertingkat.

Oiya, di daerah saya kandang ayam pelung ini ternyata paketan. Maksudnya paketan adalah si penjua atau pengrajin membuat satu pasang. Yang satu ukuran besar dan kecil. Mungkin maksudnya bahwa yang kecil adalah untuk si betina dan yang besar bagi si jantan.

Gambar Kandang Ayam Pelung

kandang ayam pelung mewah
Source: ternakayampelung.com

Tipe yang satu ini memiliki bidang persegi. Model yang sengaja dibuat sama sisi panjangnya kira-kira sekitar 1 meter. Dilengkapi dengan atap yang menyerupai gubuk atau saung.

Dibuat dari bahan kayu. Banyak dikunjungi di beberapa kota sepeti Cianjur dan yang lainnya. Tipe yang satu ini terbilang sangat mewah.

kandang ayam pelung super
Source: jualkandangayammodern.wordpress.com

Sama seperti bentuk dari model diatas. Tipe yang satu ini hanya berbeda pada bagian atapnya saja yang memiliki desain seperti pendopo. Bahan yang digunakan adalah kayu. Biasa digunakan oleh ayam pelung yang sudah memiliki suara bagus atau dewasa.

kandang ayam bagus
Source: membuatkandang.wordpress.com

Nah kalau anda memiliki anakan yang kira-kira umur minimal 3 minggu bisa dimasukan kedalam jenis kandang ini. Dibuat sejajar dan rapih akan membuat ayam nyaman dan sehat. Selain itu anda makanan dan minum untuk ayam jadi lebih praktis. Bahan yang digunakan adalah bambu.

Adalagi nih, kalau bicara sangkar mungkin tidak jauh berbeda dengan yang sudah saya tampilkan. Tipe yang satu ini dapat dipindah-pindahkan atau portable. Biasanya digunakan untuk perawatan ayam pelung seperti berjemur dipagi hari supaya suaranya panjang.

Sangkar ayam pelung
Source: Ayamketawagresik.wordpress.com

Nah, itulah beberapa tipe dari kandang ayam pelung yang dapat saya berikan. Semoga dapat bermanfaat ya. Untuk anda yang tertarik dengan ayam hias yang satu ini, bisa dilihat salah satu lapak saya di jual ayam pelung (klik langsung). Sekian dan terimakasih.

9+ Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Unik Dan Menarik (Spesial Edition)

ikan hias air laut

Beberapa biota laut salah satunya  ikan hias air laut dapat dipelihara untuk keperluan keindahan atau menambah nilai estetika dari aquarium dan tidak sebagai makanan. Jenis ikan ada beragam terutama ikan hias air laut. Bahkan ada komunitas para pecinta ikan hias air laut karena memiliki ciri khas yang bagus mulai dari warnanya yang mencolok hingga bentuknya yang unik dan cantik.

Tentu tidak begitu saja memelihara ikan hias ini. Anda perlu merawatnya agar ikan tersebut tetap hidup dan lestari. Terdapat cara yang dapat Anda lakukan untuk memelihara jenis ikan hias aquarium. Agar kualitasnya stabil, maka perlu perawatan khusus setelah ditangkap dari laut yang susah dengan alat penangkap ikan.

Ikan hias air laut ini memiliki warna dan bentuk yang beragam. Untuk warnanya sendiri merupakan salah satu daya tarik kepada para pecinta ikan hias. Oleh karena itu, tidak heran harga jual dari ikan ini tidak murah dan ada juga yang termahal.

Jenis ikan hias air laut ini berbeda dengan ikan hias yang ditujukan untuk dikonsumsi. Jika biasanya ikan hias konsumsi ditangkap dan langsung dibekukan, berbeda dengan ikan hias air laut yang jika setelah ditangkap harus selalu berada di dalam air untuk menjaganya agar tetap hidup. Begitu juga kasusnya dengan ikan hias air tawar untuk selalu menjaganya tetap di dalam air setelah ditangkap. Lalu apa saja jenis ikan hias air laut ?

Di bawah ini merupakan jenis ikan hias air laut untuk aquarium mulau dari nama, keterangannya, dan juga gambarnya :

Ikan Hias Archerfish

ikan hias archer
Source: nakamaaquatics.id

Jenis ikan hias air laut yang pertama yaitu ikan hias Archerfish. Ikan hias ini dikenal karena kebiasaannya dalam memangsa serangga darat dan juga binatang – binatang kecil lainnya dengan cara menembak jatuh mereka dengan mudah melalui semprotan air yang keluar dari mulutnya.

Hal inilah alasan mengapa nama dari ikan ini adalah Archerfish. Sumpit air dari moncong di mulutnya ini sangat akurat dalam menembakkan mangsa dengan semprotan air. Ikan Archerfish mampu menembakkan air hingga ketinggian 3 m di atas permukaan air. Selain keganasannya itu, bentuk tubuh dan warna dari ikan ini unik sehingga banyak digunakan sebagai ikan hias air laut untuk isi aquarium.

Jika dipelihara dalam aquariaum dan dikombinasi dengan tanaman aquascape  yang indah akan terlihat lebih menarik. Bisa anda coba sendiri.

Ikan Hias Angelfish

Ikan Hias Angelfish
Source: akuariumhias.blogspot.com

Bagi para pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan nama Angelfish. Berbicara mengenai Ikan ini,  terdapat mulut yang kecil serta sirip di dadanya yang relatif besar dan berbentuk bulan sabit pada sirip ekor.

Untuk sirip punggung dan perut dari ikan ini berbentuk panjang dan mencuat sehingga menambah kesan dari bentuk ikan ini yang lebar dan pipih seperti laying – layang. Ikan dengan bentuk yang unik ini menjadikannya sebagai pilihan utama dala pengisi aquarium.

Ikan Hias Blue Tang

Ikan Hias Blue Tang
Source: zetizen.com

Jika Anda ingin memelihara ikan jenis air laut, maka perlu melirik ikan yang satu ini. Jenis ikan hias Blue Tang ini memiliki pola warna yang dominan biru dan pada ekor warnanya biru keemasan atau kekuningan.

Blue Tang sering berada di terumbu karang dan perairan pantai yang berumput dan daerah berbatu dimana banyak tumbuh ganggang laut. Tipe dari ikan ini adalah herbivora dan biasa dikenal sebagai ikan pembersih. Ikan Blue Tang cocok sebagai ikan hias di aquarium dengan menambah nilai estetika yang ada.

Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan Hias Butterfly Fish
Source: mus-sabil123.blogspot.com

Selanjutnya ada jenis ikan hias Butterfly Fish yang memiliki pola warna yang bervariasi dan banyak terdapat motif seperti warna hitam, putih, biru, merah, kuning, dan juga orange.

Jenis ikan hias Butterfly Fish merupakan petelur pelagis atau jenis berkembang biak dengan cara melepaskan banyak telur apung ke dalam air. Dengan berbagai corak warna tubuh ini menjadikan ikan Butterfly Fish menjadi salah satu pilihan yang wajib ada menghiasi aquarium Anda.

Ikan Hias Clown Fish

Ikan Hias Clown Fish
Source: news.kkp.go.id

Tpe Clown Fish atau biasa dikenal dengan ikan badut ini merupakan salah satu penghuni setia akuarium karena bentuk tubuh dan warnanya yang unik nan indah. Anda wajib melakukan budidaya terhadap ikan ini karena sangat unik.

Clown Fish merupakan ikan omnivora dan dapat juga memakan makanan yang tidak dapat tercerna dari anemon tuan rumah mereka, untuk kotoran dari clown fish ini justru memberikan nutrisi pada anemon laut. Ikan hias air laut ini sangat cocok digunakan sebagai penghuni aquarium.

Corak warna pada ikan jenis ini menyerupai jenis salah satu ikan hias air tawar yaitu koi. Oiya buat anda yang mau nyari ikan koi bisa cek / klik link Jual Ikan Koi ini.

Ikan Hias Hatchet Fish

Ikan Hias Hatchet Fish
Source: aquariumhias.blogspot.com

Ada begitu banyak ikan hias yang terindah, salah satunya adalah ikan hias Hatchet Fish. Ikan ini dapat mengeluarkan cahaya yang digunakan untuk membantu dalam mencari mangsa. Maka dari itu, ikan ini sangat indah jika berada di aquarium tempat Anda melepas penat dan jenuh.

Ikan Hias Coral Beauty Fish

Ikan Hias Coral Beauty Fish
Source: hanifirza97.wordpress.com

Untuk tipe ikan yang satu ini cocok dipelihara di aquarium Anda sebagai ikan penghias karena warnanya yang cantik dan mencolok. Ikan Coral Beauty Fish ini merupakan jenis ikan angelfish laut yang memiliki tubuh berwarna biru keunguan.

Kemudian terdapat kuning garis – garis merah dan memiliki sirip yang warnanya membias ke tubuh bagian tepi kebiru – biruan. Ikan ini dengan warna seindah itu akan melengkapi aquarium Anda, ditambah jika aquarium Anda memiliki karang yang akan menambah ikan ini menjadi lebih betah di dalamnya.

Ikan Hias Firefish

Ikan Hias Firefish
Source: theaquariumguide.com

Jenis biota laut hias yang satu ini memiliki nama latinnya yaitu Nemateleotris Magnifica atau biasa juga disebut dengan ikan hias air laut Api Goby, Ikan Api.

Jenis yang satu ini merupakan spesies dari dartfish asli yang menghuni lautan Hindia dan juga lautan Pasifik. Tipe ikan ini memiliki kepala berwarna kuning cerah dengan terdistorsi secara berkelanjutan ke dalam bagian tubuh yang berwarna putih dan dari dada ke ekor warnanya berbeda yaitu warna orange kegelapan. Ikan ini sangat cocok diletakkan pada aquarium Anda karena bentuknya yang unik seperti Dart.

Ikan Hias Juvenile Emperor

Ikan Hias Juvenile Emperor
Source: versesofuniverse.blogspot.com

Tpie biota laut yang satu ini memiliki warna yang unik dengan warna dominan biru dan hitam yang bergaris – garis membentuk setengah lingkaran dari moncong mulut hingga ekornya.

Garis ini dimulai dari bagian kepala yang cenderung lurus dan lambat laun membentuk setengah lingkaran dan menjadi lingkaran penuh di ekornya. Garis – garis tersebut diisi dengan warna putih, biru, dan hitam.

Ikan Hias Mandarin Fish

Ikan Hias Mandarin Fish
Source: chainimage.com

Jenis bioata hias air laut yang terakhir adalah ikan Mandarin Fish yang merupakan spesies air payau. Ikan ini sangat unik untuk bentuk dan warnanya. Serta pakan dari ikan mandarin fish yang mudah membuat Anda wajib memilikinya untuk diletakkan di aquarium.

Demikian artikel yang membahas tentang ikan hias air laut. Anda wajib merawat setiap jenis ikan hias aquarium agar keberlangsungan hidupnya terjaga. Dengan indahnya ikan yang menghiasi aquarium, maka Anda wajib merekam video setiap pergerakan unik dari mereka.

9 Cara Mudah Ternak Perkutut Yang Benar Di Rumahan Bagi Pemula (Lengkap)

burung perkutut mantap

Burung perkutut memiliki suara yang tidak jauh berbeda dengan burung berduku dan burung puter. Burung ini dicintai oleh para pecinta burung karena suaranya yang unik dan berebeda dari yang lain. Tidak heran banyak orang – orang yang ingin mengetahui bagaiaman cara ternak perkutut yang baik.

Selain sebagai burung yang selalu di konteskan atau dilombakan, nilai plus lain dari burung ini adalah mempunyai nilai ekonomi yang tinggi.

Sekilas Umum Burung Perkutut

sekilas tentang perkutut
Source: fotoburungkicau.com

Perkutut biasanya hidup secara koloni. Untuk ternak perkutut koloni tidaklah sulit, karena burung ini merupakan jenis burung yang memakan biji – bijian saja.

Walaupun demikian, burung ini dapat memakan serangga di habitat aslinya. Perkutut lokal atau biasa terkenal dengan perkutut jawa memiliki ciri – ciri yang mudah dikenali di kalangan para pecinta burung. Untuk ternak perkutut juga mudah, Anda hanya perlu meluangkan beberapa waktu dalam sehari untuk memberikan perhatian.

Warna dari perkutut ada yang berwarna hitam dan putih. Perkutut local dan Bangkok memiliki sedikit perbedaan diantara keduanya. Tentu perbedaan yang dapat dilihat adalah mengenai ukuran, sudah pasti ukuran dari perkutut

Bangkok lebih besar dari pada perkutut lokal. Lalu dari segi suara, perkutut Bangkok lebih memiliki suara yang besar, tebal, dan ngebass dengan irama dan juga ketukan yang jelas serta harmonis. Suara ujung dari perkutut bangkok juga panjang dan merdu.

Tarikan suara depan dari perkutut Bangkok ini lebih panjang dan jernih. Lalu bagaimana cara ternak perkutut. Apakah ada perbedaan antara ternak perkutut hitam dan perkutut putih, simak selengkapnya pada artikel ini.

Mempersiapkan Kandang

kandang perkutut
Source: Jualo.com

Untuk ternak perkutut yang pertama adalah Anda harus mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu.

Persiapkan kandang ternak perkutut sederhana yang tidak terlalu sempit mengenai lahan. Sangkar ini biasanya terbuat dari kayu, bambu, dan kawat.

Dinding – dinding dari kandang ini dapat terbuat dari kawat yang kuat dengan ukuran kandang yang ideal yaitu ukuran 50 x 100 cm atau dapat lebih dan kurang.

Melakukan Pemelihan Indukan

indukan perkutut
Source: jualo.com

Cara ternak perkutut yang kedua yaitu dengan cara membesarkan bayi dari burung perkutut. Membesarkan bayi perkutut tidak semudah yang dipikirkan.

Mereka perlu untuk makan dalam setiap beberapa jam sekali oleh ibu angkat yang berpengalaman. Anda dapat melakukan perawatan ini secara benar agar ketika bayi tersebut menjadi dewasa, ia akan tumbuh menjadi apa yang diharapkan.

Mengontrol Jumlah Makanan

makanan burung perkutut
Source: kicaumania.net

Jumlah makan untuk seekor bayi kecil perkutut adalah mereka harus makan sebanyak 10 persen dari pada berat tubuhnya per makan.

Jadi jika burung tersebut memiliki berat 500 gram, maka ia membutuhkan 50 ml susu formula setiap kali ia makan. Untuk makanan dan minumnya sendiri biasanya di gantung.

Mengetahui Jenis Makanan Apa Yang Dibutuhkan

makanan perkutut berkualaitas
Source: masteranburunguntuklomba.blogspot.com

Untuk jenis makanan, sebagian besar dari bayi burung perkutut berkembang dengan baik pada formula dari perbanyakan pakan komersial yang dibuat khusus untuk jenis burung perkutut.

Makanan lengkap tersebut nyaman karena mudah untuk disiapkan. Anda juga dapat menambahkan formula obat jika dirasa membuatuhkan.

Perlu diketahui bahwa dengan formula yang sedikit maka tidak akan menempati nutrisi yang tepat, begitu juga dengan formula yang terlalu kental dapat menjadi bola keras yang tidak dapat dicerna dengan tepat.

Mengetahui Suhu Makanan

Anda perlu memerhatikan suhu makanan dengan benar. Biasanya formula harus diberi makan pada kisaran suhu 40 hingga 41 derajat celcius.

Jangan berikan makanan yang terlalu dingin kepada burung tersebut karena ia tidak memakan makanan yang terlalu dingin serta jangan berikan makanan yang terlalu panas karena akan menyebabkan luka bakar yang dialami.

Mengetahui Cara Memberi Makanan

Sebagai pemilik burung, bukan tidak mungkin bahwa Anda akan terlibat dalam pemberian makan pada burung.  Seperti memberikan obat birahi perkutut atau makanan sederhana lainnya.

Anda harus mengerti sendok apa yang digunakan untuk menyuapinya, jarum suntik ditusukkan dibagian mana burung, dan lain – lain.

Mengetahui Tips Memberi Makan Bayi Burung

anakan perkutut
Source: burungkicau.net

Berikut adalah poin yang sangat penting pada tahap pemberian pakan :

  • Tawarkan makanan kepada burung yang seperti spons teksturnya.
  • Makanan harus ditawarkan dengan suhu yang tepat untuk burung.
  • Juhkan potongan – potongan dari makanan kecil agar sesuai dengan ukuran burung.
  • Pada saat memberi makan burung jangan buat stress burung tersebut atau cedera yang mungkin akan dialami.

Burung yang biasa digunakan untuk burung hias di depan rumah ini perlu dipelihara dengan baik agar ketika besar, ia bisa memberikan ketenangan akan kicauan suaranya yang merdu.

Melakukan Perawatan Harian

perawatan burung perkutut
Source: youtube

Perawatan harian ini termasuk ke dalam memandikan burung setiap pagi atau sore hari, hal ini dilakukan untuk menjaga burung agar tetap sehat dan dapat dipersiapkan untuk lomba.

Lakukan penyempotan ketika mandi dengan air semprotan yang tidak terlalu kencang. Setelah mandi maka burung dapat dijemur selama kurang lebih 30 hingga 90 menit dengan udara yang sepoi – sepoi dan tidak terlalu panas.

Biarkan burung di dalam kandang yang besar seperti yang biasa terbuat dari alumunium ketika proses penjemuran dan jika sudah selesai dapat dipindahkan kembali ke kandang yang biasa. Lalu terakhir, beri pakan yang cukup dan dapat juga dilatih dengan melakukan pemasteran.

Membersihkan Kandang Dan Juga Penyakit

penyakit perkutut
Source: kehati.jogjaprov.go.id

Kebersihan kandang merupakan hal yang patut Anda perhatikan sebagai pemilik burung agar terhindar dari penyakit yang mungkin terjadi.

Kandang minimalis dapat dibersihkan mulai dari daerah tempat minum dan tempat makan dari sisa makanan dan juga kotoran. Lakukan pembersihan secara rutin dengan menyeluruh pada kandang dan kembali kandang tersebut sebelum digunakan lagi.

Bersihkan kandang minimal satu minggu sekali untuk menjaga perkutut dari penyakit. Anda juga dapat melakukan pengecekan penyakit secara dini kepada perkutut untuk mengetahui burung tersebut sudah terkena penyakit atau belum. Perhatikan juga tingkah laku mereka mungkin saja sedang stres

Baca Juga:  Menbedakan Ciri Jalak Suren Jantan Dan Betina Yang Mudah

Melakukan Manajemen Kandang

berihkan kandang burung
Source: udikhangeblog.wordpress.com

Proses pembuatan kandang perkutut tidaklah sulit dan tidak mudah. Anda dapat selalu memantau burung perkutut mengenai kapan dia bertelur dan kapan dia menetas.

Perkutut akan mengerami telurnya selama 14 hari dan Anda sebagai pecinta burung yang super baik dapat mencatat dan menaruhnya di sekitar kandang agar selalu mengingat catatan tersebut.

Dengan melakukan pemantauan tersebut, Anda akan lebih memerhatikan mengenai budidaya perkutut agar dapat menjadi lestari untuk burung tersebut.

Anda juga dapat melakukan kegiatan jual beli dari hasil tersebut untuk menghasilkan pundi – pundi rupiah karena harganya yang tidak murah.

Banyak tersebar di masyarakat mengenai mitos dari perkutut itu sendiri. Artikel ini tidak akan membahas mitos tersebut, kami serahkan kembali kepada Anda para ternak perkutut ingin memercayainya atau tidak.

Untuk pecinta ternak perkutut putih maupun hitam pasti tidak akan memikirkan hal tersebut dan akan tetap fokus kepada bagaimana cara ternak perkutut yang baik dan benar. Baik untuk hobi semata atau dilakukan karena keperluan bisnis yang dapat menghasilkan uang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

 

9 Ciri Yang Mudah Ditemukan Pada Burung Jalak Suren (Jantan & Betina)

Jalak suren adalah salah satu jenis burung yang palig popular dikalangannya. Ciri burung jalak suren sama seperti burung beo yang mampu menirukan suara manusia. Burung yang satu ini juga memiliki kepintaran yang serupa.

Burung jalak memiliki variasi warna hitam serta putih atau biasa disebut dengan warna trotol ini memiliki power suara yang berkarakter dan paling popular diantara jenis burung jalak lainnya.

Pendahuluan Mengenai Jalak Suren

pendahuluan jalak suren
Source: ayselalver.blogspot.com

Harga jalak suren jantan tidaklah murah, anda diharuskan untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk dapat memelihara burung ini. Ciri khas dari burung suren adalah suaranya yang terdengar ramai dan keras. Lebih lengkapnya untuk ciri jalak suren jantan akan di bahas setelah ini.

Tidak berbeda dengan jalak suren jantan, jalak suren betina gacor ini juga dapat menimbulkan suara yang keras yang dihasilkannya.

Selain bulu dan suaranya, ciri khas lain yang dimiliki oleh jalak suren ini adalah ada di kaki dengan tipe anisodaktil atau kaki yang memiliki tiga jari dengan menjurus ke depan. Lalu untuk satu jari lainnya menjurus ke belakang.

Ciri jalak suren jantan yang sama dengan jalak suren betina adalah mereka suka dengan habitat yang letaknya tidak jauh dari sumber air.

Sumber air tersebut biasa ada di lubang – lubang batang pohon, dan mereka juga biasa terlihat untuk mencari makan di permukaan tanah. Jika ingin memelihara suren jawa, Anda perlu mengetahui hal berikut.

Ciri – Ciri Jalak Suren Jantan

ciri suren jantan
Source: ocehan-kenari.blogspot.com

Berikut ini merupakan ciri jalak suren jantan yang bagus :

  • Badan yang lurus dan lebih besar dari betina
  • Bulu kepala dan punggung yang berwarna hitam legam
  • Ekor yang lebih panjang dan menyatu dari jalak betina
  • Warna merah di atas mata yang lebih cerah dan juga jelas
  • Warna putih di bagian bawah tubuh dan kelihatan lebih bersih
  • Memiliki jari – jari kaki yang lebih panjang dan kokoh serta kuat
  • Terdapat jambul kepala yang lebih panjang dan akan melebar saat mengembang

Ciri – Ciri Jalak Suren Betina

ciri jalak suren betina
Source: kumayangjati.blogspot.com

Jalak suren jantan dan betina memiliki perbedaan tipis yang membedakan mereka. Jika tadi sudah membicarakan ciri – ciri jalak suren jantan, maka berikut ini adalah ciri – ciri dari jalak suren betina :

  • Memiliki tubuh yang bulat dan pendek dengan warna hitam serta putih yang agak suram
  • Mempunyai kepala yang agak ramping
  • Terdapat paruh, jari kaki, dan ekor yang lebih pendek dan halus
  • Tidak selincah jalak suren jantan
  • Jalak suren betina memiliki warna merah di atas mata yang terlihat lebih pucat dibandingkan dengan jalak suren jantan
  • Memiliki kicauan yang lebih bervariasi

Jalak Menjelang Dewasa

jalak suren dewasa
Source: falony.com

Membedakan jalak suren jantan dan betina menjelang dewasa. Ketika jalak suren masih berumur 3 bulan tentu masih sedikit mengalami kesulitan, paling tidak untuk melakukan identifikasi kelamin pada burung jalak tersebut kurang lebih sekitar umur 10 tahun.

Pada pertumbuhan burung jalak suren dewasa, mereka sudah dapat dibedakan karena sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar.

Misalnya pada dubur akan tumbuh bulu – bulu yang berwarna kebiruan atau ungu. Dengan ciri tersebut maka sudah dipastikan bahwa burung jalak suren tersebut berjenis kelamin jantan. Burung yang terkenal gacor ini akan memberikan Anda kepuasan ketika memelihara dan menghasilkan burung yang indah ini.

Baca Juga Bro: 10 Step Merawat Burung Murai Batu Yang Baik

Minta Bantuan Kepada Ahlinya

jalak suren dengan ahlinya
Source: www.jalaksuren.net

Pada step ini, anda bias mencoba bertanya kepad ahli untuk membantu menentukan jenis kelamin dari jalak suren. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung jalan suren, maka mintalah bantuan kepada ahlinya.

Biasanya jika mereka masih memiliki umur yang masih muda akan sulit untuk diidentifikasi. Tunggulah sedikit lebih dewasa agar dapat menentukan jalak suren tersebut betina atau jantan.

Warna Kulit Jalak Suren Jantan

Warna kulit yang melingkar di sekitar mata burung untuk yang jantan akan berwarna oranye kemerahan dan lebih cerah serta bulu putih pada pipi yang masih menyambung ke belakang membentuk garis putih hingga leher atas.

Lalu pada warna bulu dibagian kepala lebih berwarna hitam legam. Hal ini juga berlaku bagi anakan burung.

Jambul Jalak

jambul jalak suren
Source: Youtube

Burung jantan lebih memiliki jambul yang panjang dan lebar dibanding betina. Jambul burung jantan lebih panjang dan lebar dari pada jalak suren betina betina. Hal ini dapat terlihat jelas jika Anda memerhatikannya.

Salah satu alasan terlihat jelasnya perbedaan ini karena pada jalak suren betina memiliki postur tubuh yang lebih pendek dari jantan.

Kenali Karakter Burung Jalak Suren Jantan

Burung jalak suren jawa untuk yang jantan ini memiliki tingkat agresifitas yang tinggi dan lebih aktif dari pada yang betina.

Serta burung jantan ini selalu ingin menyerang apa saja yang berada di depannya. Hal ini dapat terlihat dari cara dia berkicau yang selalu terlihat membusungkan dada.

Postur Burung Jalak Suren Betina

jalak suren betina
Source: pelangidanbidadari.wordpress.com

Bentuk fisik dari burung jalak suren betina ini lebih pendek dan bulat dari pada jalak suren jantan. Postur lebih besar yang dimiliki jalak suren jantan juga memiliki paruh, ekor, dan kaki yang lebih besar. Hal ini merupakan salah satu yang membedakan jantan dan betina.

Kicauan Dan Gerakan

Perbedaan dari kicauan dan gerakan untuk jantan dan betina. Dengan harga yang hampir sama dengan burung bakalan ini, burung jalak suren memiliki kicauan yang bervariasi dan ramai. Sama seperti kebanyakan jenis lovebird lainnya.

Untuk perbedaan kicauan dari burung jalak suren jantan dan betina ini pada burung betina lebih terdengar monoton pada kicauannya dan gerakannya yang lebih lambat dari pada burung jalak suren jantan.

Warna Burung Jalak

warna jalak suren
Source: Wikipedia

Warna yang lebih kusam dari burung jalak suren betina dari pada yang jantan. Burung jalak suren betina identik dengan warnanya yang lebih kusam dari pada yang jantan.

Warna putih dan oranye yang terlihat pada wajah burung jalak suren betina juga terlihat lebih kusam. Untuk warna yang ada pada burung jalak suren jantan lebih terlihat bagus dan cerah ketika dipandang.

Anda perlu memelihara burung jalak suren jawa ini dengan baik dan benar agar tidak lepas pada sangkarnya. Dengan Anda merawat dengan baik maka burung gacor ini akan memberikan kepuasan tersendiri kepada pemiliknya.

Demikianlah ciri jalak suren jantan yang perlu Anda ketahui, untuk gambar lebih jelasnya Anda dapat melakukan penambahan referensi pada internet. Perbedaan jalak suren jantan dan betina sudah dijelaskan dengan jelas pada poin – poin di atas.

 

 

10 Step Bagaimana Cara Merawat Murai Batu Yang Bagus & Simpel

burung murai batu

Bagaimana cara merawat murai batu rumahan ? Murai batu terkenal dengan pawakannya yang cantik dan juga kicauan yang indah.

Burung ini memiliki nama latin copsychus malabaricus dengan ekor yang panjang ini dikenal dengan kicauan yang bervariasi. Sehingga dapat dengan mudah dilatih untuk menirukan berbagai kicauan dari burung lainnya. Biasanya istilah yang biasa dipakai oleh para pecinta burung yaitu dengan sebutan gacor.

Pendahuluan Mengenai Murai Batu (Video)

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk burung ini agar meraih juara di lomba, maka perlu dilakukan perawatan dan pelatihan yang harus diberikan sehari – hari. Simak lebih lengkap untuk mengetahui bagaimana cara merawat murai batu.

Cara merawat murai batu untuk lomba adalah hal yang wajib dilakukan. Murai batu harus selalu sehat dan terlatih kicauannya. Jika Anda membeli satu ekor burung murai batu yang sudah terlatih namun tidak dirawat dengan baik maka peformanya akan menurun. Burung ini dapat di temukan dan tersebar di pulau jawa, sumatera, dan Kalimantan.

Burung murai yang banyak tersebar di hutan tersebut memiliki perawakan dan karakteristik suara yang berbeda – beda, tak terkecuali burung murai asal medan. Cara merawat murai batu yang baik dan benar akan membuat Anda meraih pundi – pundi uang jika di lombakan, karena burung ini dapat berkompetisi mulai dari skala kecil hingga besar.

Cara membuat murai batu gacor dan jinak berikut ini dapat Anda jadikan referensi agar mengetahui bagaimana cara merawat murai batu agar sehat dan gacor :

Perhatikan Asupan Makanan Burung Murai Batu

pakan ulat hongkong murai
Source: ulathongkongmulticahaya.blogspot.com

Makanan dari burung murai batu biasanya adalah serangga – serangga kecil seperti kroto, jangkrik, telur dari semut merah, ulat kandang, ikan guppy, cacing, orong – orong, ulat hongkong, dan juga belalang.

Anda juga dapat membelikan makanan yang sudah jadi seperti poor yang juga baik untuk diberikan kepada burung tersebut. Namun dari berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan tadi, Anda perlu memerhatikan burung ketika diberi makan.

Karena setiap burung murai batu memiliki karakternya masing – masing yang dapat cocok serta tidak cocok jika diberi makan jenis makanan tertentu. Jika dirasa tidak cocok, maka ganti pakan yang sesuai dengan kesukaan burung.

Sesekali Diembunkan Atau Diangin – Anginkan

mengembunkan murai batu
Source: mediaronggolawe.id

Jika Anda ingin memandikan burung tersebut, maka lebih baik untuk diembunkan terlebih dahulu agar tidak terkejut jika langsung dimandikan.

Embunkan cukup 30 menit agar burung menjadi lebih rileks dan tenang. Hal ini dapat dilakukan secara harian sebelum memandikan burung murai dipagi hari.

Mandikan Burung Murai Batu Sehari Sekali

murai batu mandi
Source: Youtube

Salah satu hal yang penting dilakukan oleh burung adalah dengan memandikannya agar tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Jika burung terkena penyakit dan mati maka Anda telah dinyatakan gagal dalam merawat burung tersebut.

Mandikan burung murai dengan cara disemprot pelan – pelan di dalam sangkarnya dan jangan terlalu lama memandikannya.

Bersihkan Sangkar Burung Secara Rutin

bersihkan sangkar burung murai
Source: udikhangeblog.wordpress.com

Cara berikutnya untuk dapat melatih murai batu muda juara agar cepat gacor keras adalah dengan membersihkan sangkar burung secara rutin agar menjaga kebersihan dari sangkat tempat tinggalnya.

Jika badan burung sudah bersih namun kandangnya tidak, maka burung akan tetap terancam infeksi penyakit dari kotoran dan bulu – bulu yang ada di kandangnya tersebut. Buang dan bersihkan kotoran di kandang dan ganti air minum burung setiap hari.

Jemur Burung Murai Batu Dan Diangin – Anginkan

menjemur burung murai
Source: omkicau.com

Burung perlu untuk dijemur di udara yang bersih dan hangat. Cukup 1 jam saja setiap harinya sekitar jam 9 hingga pada jam 12 siang sebelum sinar matahari berada pada titik terpanasnya sehingga kesehatan dari burung murai dapat dijaga. Pasca dijemur maka anginkan – anginkan burung murai selama 10 menit.

Kegiatan penjemuran ini biasa dilakukan oleh para pecinta burung dan tidak hanya pada burung murai batu saja. Melainkan pada berbagai jenis burung yang ada untuk menjaga burung agar tetap sehat dan rileks.

Pemasteran Burung Murai Batu Agar Gacor

latihan burung murai
Source: Youtube

Latihlah burung murai dengan menggunakan burung – burung lain seperti burung bakalan, burung prenjang, dan lain – lain sehingga kicauan murai tersebut semakin bervariasi.

Jika tidak memiliki burung lain yang dijadikan sebagai master saat melatih burung murai maka Anda dapat menggunakan suara burung yang ada dalam bentuk rekaman. Pemasteran ini sebaiknya dilakukan dengan rutin agar murai menjadi terlatih.

Baca Juga  11+ Jenis Lovebird Terbaik dan Terlangka Di Dunia

Kenali Karakter Dari Burung Murai Batu

karakter burung murai
Source: jalaksuren.net

Anda sebagai pemilik burung tentu harus memahami karakter dari hewan peliharaan. Mulai dari makanan yang disukainya, apa yang diukai, penyakit yang biasa diderita, penyebab bulu burung rontok, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat dijadikan sebagai alat bantu Anda untuk merawat burung dengan ikhlas dan sabar. Sehingga burung menjadi lebih sehat dan bahagia ketika diperlakukan dan tidak menjadi stress.

Kondisikan Lingkungan Seperti Pada Habitat Aslinya

habitat burung murai
Source: raissa.abatasa.co.id

Jika Anda mendapatkan burung murai dari hasil tangkapan, maka Anda perlu melatihnya agar terbiasa dengan nuansa yang baru. Lakukan secara perlahan, dan jika perlu kondisikan lingkungan dari burung tersebut agar seperti habitat aslinya.

Contohnya dengan meletakkan sangkar burung di pepohonan atau gunakan pijakan kaki burung dengan ranting pohon, dan lainnya. Hal ini dapat membuat burung murai menjadi nyaman dan menjadikan murai batu biar gacor terus

Berikan Multivitamin Tambahan Untuk Burung Murai Batu

multivitamin burung murai
Source: ocehankenari.blogspot.com

Selain pada makanan yang biasa dikonsumsi oleh burung, Anda perlu juga menambahkan multivitamin. Supaya burung tetap terjaga kesehatannya dan nutrisinya. Multivitamin dapat diberikan 3 kali dalam seminggu dan bisa dicampurkan pada makanan atau minumannya.

Untuk dosis dapat disesuaikan dengan petunjuk yang ada di kemasan. Jangan berikan dosis yang berlebihan karena akan menyebabkan burung menjadi bengkak dan tidak sehat.

Letakkan Di Tempat Yang Tenang Dan Jauh Dari Kegaduhan

letakkan murai batu
Source: burunglovers.blogspot.com

Anda dapat meletakkan burung ditempat yang tenang dan jauh dari kegaduhan karena jika burung mendapatkan tempat yang bising, ia akan rawan terkena stress. Berikan suasana yang tenang agar burung juga menjadi lebih rileks dan tidak kurang dalam beristirahat.

Tuntas sudah ulasan mengenai cara merawat murai batu. Anda dapat memiliki anakan dari burung murai batu ini, namun untuk mengikuti lomba maka perlu burung murai yang dewasa. Setelah mendapatkan juara dalam kompetisi, maka Anda akan meraup pundi – pundi dari hasil yang didapatkan.

Perlu kesabaran dan keikhlasan dalam cara merawat murai batu muda hutan agar cepat gacor. Burung ini sangat indah dengan variasi warna yang ada di tubuhnya seperti warna hitam, merah, biru, dan lain – lain.

 

9+ Jenis Lovebird Lokal dan Interlokal Yang Banyak Dicari (Lengkap)

Banyak jenis lovebird di indonesia yang perlu Anda ketahui karena warnanya yang beragam. Jenis lovebird ini terkenal dengan kecantikan warnanya yang mempesona. Lalu apa yang menyebabkan harganya mahal ?

Kenapa Lovebird Mahal ?

lovebird mahal

Burung ini akan semakin mahal jika mereka langka dan perlu pencarian khusus untuk mendapatkannya. Lovebird langka ini biasanya sulit untuk dikembangbiakan dan mahal, hal ini yang menjadi alasan utama mengapa banyak orang memburu lovebird berdasarkan kelangkaan dari warnanya.

Jenis lovebird yang seperti ini biasanya banyak dicari di Indonesia, khususnya para pecinta lovebird yang memiliki banyak uang. Selengkapnya mengenai tipe lovebird yang paling mahal.

Harga lovebird berdasarkan warnanya saja sudah mencapai jutaan rupiah, hal ini baru berdasarkan warnanya saja belum berdasarkan keturunan dari lovebird itu sendiri dan juga jenisnya. Lovebird akan semakin mahal jika mereka memiliki warna yang bagus, keturunan dari jawara, dan jenisnya yang langka.

Tidak ada lovebird murah untuk hal ini karena kesempurnaan yang dimilikinya. Lovebird akan selalu indah jika memiliki warna yang unik dan juga jenis yang langka. Jika Anda adalah seorang kolektor burung, maka Anda akan penasaran akan hal itu. Lalu bagaimana jenis lovebird termahal ? lebih lengkapnya akan dibahas pada jenis lovebird terbaik dari yang terbaik.

Jenis lovebird paling bagus berikut ini dapat Anda jadikan referensi terlengkap agar mengetahui apa saja sebenarnya jenis lovebird yang termahal dan unggulan disertai dengan fotonya :

Jenis Madagaskar

lovebird madagaskar
Source: Youtube

Jenis lovebird ini termasuk ke dalam jenis lovebird dimorfik. Jenis ini tidak susah untuk dibudidayakan, hanya saja di Indonesia lovebird madagaskar ini jarang ditemui dan lebih kepada import.

Burung ini memiliki warna leher hingga kepala putih dan untuk sayapnya berwarna hijau tua degan bulu dada yang memiliki warna hijau muda. Bagian paruhnya juga unik dan sekilas seperti paruh burung hantu. Burung ini merupakan salah satu burung termahal di dunia yang harganya hingga ratusan juta rupiah.

Jenis Merah

lovebird merah
Source: seputarinfoburungkicau.blogspot.com

Burung lovebird merah tidak kalah mahalnya dengan burung lovebird madagaskar. Warna dari burung ini penuh dengan warna merah menyala dan jarang dijumpai di Indonesia.

Burung ini memiliki harga jutaan rupiah dan pada burung yang sudah dewasa sudah mendapatkan jawara lomba. Warna paruh dari burung ini adalah kombinasi antara merah dan kuning, dan ntuk mata berwarna gelap.

 Lovebird Topeng Hitam Atau Lovebird Batman

lovebird batman
Source: lovebirdjuarakicau.blogspot.com

Burung lovebird topeng hitam atau batman ini mungkin sudah umum ada di Indonesia. Untuk ciri khasnya mudah dikenali bahkan dari jarak yang jauh sekalipun karena kepalanya yang seolah – olah bertopeng.

Warna hitam yang ada di kepala merupakan ciri dari burung lovebird ini baik warna tubuhnya putih, hijau, atau biru sekalipun. Untuk jenis dari topeng hitam ini ada dua yaitu jenis tipeng hitam warna dan jenis topeng hitam batman. Keduanya bagus dan menjadikan burung ini banyak diburu oleh para pecinta burung lovebird.

Jenis Halfsider

Lovebird Halfsider
Source: oxibird.blogspot.com

Burung jenis ini adalah salah satu contoh burung yang unik karena warnanya yang berbeda diantara kedua sisinya. Jadi burung ini pada sisi kanan memiliki warna yang berbeda dari sisi yang sebelah kiri. Keunikan tersebut membuat harga untuk burung ini tinggi.

Alasan tersebut adalah salah satunya karena keberadaan burung ini yang tidak mudah didapatkan. Di indnesia sendiri sudah sulit untuk dapat menemukan burung jenis halfsider ini.

Jenis Biola

love bird biola 2
Source: youtube

Burung ini termasuk ke dalam jenis burung yang cukup cantik dan mewah. Dengan warna yang unik dan elegan membuat burung biola adalah salah satu burung termahal di dunia.

Jenis lovebird untuk lomba biasa dimenangkan karena keunikannya yang separuh tubuh kebawah memiliki warna yang berbeda dengan separuh tubuh ke atas.

Perbedaan warna tersebut dimulai dari bagian dada yang bagian dada kebawah berbeda warna dengan bagian dada ke atas. Dalam kontes burung ini selalu menunjukkan kecantikannya yang membuat para pecintanya kagum.

Jenis Parblue

Lovebird Parblue
Source: budidayakenari.com

Burung dengan perpaduan warna biru ke abu – abuan yang berada pada bagian bawah dada dan berwarna krem kekuningan yang berada di bagian atas dada ini membuat burung parblue menjadi unik.

Biasanya burung parblue yang memiliki warna biru ke abu – abuan dan sedikit berwarna kuning krem ini yang sangat mahal harganya dengan dimulai dari harga jutaan hingga puluhan juta rupiah tergantung kepada burung tersebut anakan atau dewasa dan jawara atau bukan.

Jenis Blorok

Lovebird Blorok
Source: lmbgroup.blogspot.com

Untuk burung lovebird blorok ini adalah jenis lovebird yang paling sering dijumpai di Indonesia. Namun, pasaran harga dari burung ini tetap pada harga menengah ke atas. Untuk satu ekor burung blorok bisa menembus harga hingga puluhan dan ratusan juta rupiah.

Jenis Albino

Lovebird Albino
Source: sekilaskicaumania.blogspot.com

Burung lovebird warna antik ini memiliki warna yang polos putih atau biasa disebut dengan lovebird albino.

Burung dengan warna monokrom ini masih tergolong ke dalam burung yang jarang diminati karena terlihat kurang menarik dan membosankan. Namun untuk harganya sendiri, burung ini masih tembus di harga puluhan juta rupiah karena jika dua indukan albino dikawinkan maka belum tentu anaknya akan albino juga seperti induknya.

Jenis Violet

Lovebird Violet
Source: youtube

Burung lovebird violet ini memiliki ciri warna bulu yang berwarna biru keunguan atau biasa disebut dengan warna violet. Warna dari bulu tersebut terlihat pada bagian sayap dengan ujungnya berwarna hitam.

Sedangkan untuk bagian perut burung ini berwarna putih dan warna kepalanya dominan hitam serta paruhnya berwarna putih pucat atau oranye tua.

Burung lovebird violet ini biasa diikutkan dalam kontes atau lomba. Burung ini masih terjangkau untuk harganya karena masih pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jenis Pastel

Lovebird Pastel
Source: jualo.com

Burung jenis ini sering menjadi incaran dari para pecinta lovebird yang ada di Indonesia. Hal ini terjadi karena warna dari bulu lovebird ini cenderung lebih kalem atau soft dibandingkan dengan lovebird yang lain.

Burung ini biasanya memiliki warna hijau tua dan kuning, maka lovebird ini akan tampil dengan warna hijau muda dan juga kuning muda. Harga dari burung ini juga terbilang terjangkau namun dapat diinvestasikan jangka panjang.

Burung jenis lovebird ini memang bukan burung dengan tipe petarung, melainkan burung dengan dikedepankan kecantikannya.

Burung ini ada yang berasal dari lokal dan juga interlokal. Untuk jenis lovebird sendiri dapat disesuaikan dengan harga kantong mulai dari yang paling mahal dan paling murah. Jenis lovebird yang bagus untuk dilombakan adalah jenis yang memiliki warna unik dan suara yang khas.

 

Menyambut Idul Adha: Inilah Cara dan Doa Menyembelih Hewan Qurban Sesuai Ajaran Islam!

memotong ayam dan qurban islam

Doa Memotong Ayam – Assalamualaikum.. samalam pinter. Setelah melewati hari raya idul fitri, selanjutnya akan mendekati kepada idul Qurban. Pastinya tidak hanya hewan-hewan qurban aja yang dipotong tapi ayam, bebek juga jaid korbannya. hehe 🙂

Berhubungan dengan itu tadi, saya sengaja membuat artikel yang Insya.Alloh bisa berguna. Yaitu bagaimana doa memotong ayam, bebek sampai doa untuk pemotongan hewan qurban.

Selain itu akan disajikan lengkap dengan tatacara dan dalil2 menurut Al Quran dan Hadist. Yuk disimak aja langsung.

Tata Cara Dan Doa Menyembelih Ayam Menurut Islam

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memotong ayam menurut ajaran Islam. Lebih tepatnya adalah adab didalam menyembelih hewan.

Beberapa poin tersebut didalam etika menyembelih adalah :
a. Hukumnya haram menyembelih kepada selain Allah

Seperi yang terdapat dalam sebuah hadist yang menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib berkata:

“Alloh akan melaknat orang yang melaknat kedua orang tuanya. Alloh melaknat kepada seseorang yang menyembelih (memotong) kepada selain Alloh. Dan Alloh melaknat orang yang memberi tempat bagi orang yang buat Bid’ah. Serta Alloh melaknat kepada orang yang merubah tanda-tanda di bumi.”

b. Berbuat baik, mengasihi kepada hewan qurban (Yang akan dipotong)
c. Berbuat baiklah ketika menyembelih
ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk berbuat baik kepada hewan yang akan dipotong antara lain:
– Menajamkan Parang
– Menjauhkan parang yang sendang diasah dari penglihatan hewan
– Menggiring hewan qurban ke tempat semblih dengan baik
– Membaringkan hewan yang akan dipotong/sembelih
– bagian tubuh yang disembelih
Tampat yang harus disembelih adalah bagian ttik disekitar kerongkongan dan labah. Labah ialah lekuk yang terdapat diatas dada. Begitu yang disampaikan dari Ibu Abbas Radhiyallahu Anhu.
d. Menghadapkan hewan yang akan disembelih ke arah kiblat.
e. Meletakkan telapak kaki berada di atas sisi binatang yang akan disembelih
f. Mengucapkan Bismillah
g. Jangan menggunakan gading/taring serta kuku saat menyembelih

Doa Memotong Ayam Bahasa Arab

Selain hewan qurban seperti kambing, kerbau, sapi dan lain-lain. Tentunya penting juga untuk kita tahu bagaimana doa menyembelih ayam arab, doa menyembelih ayam jantan dan betina atau jenis lainnya.

Adab yang sesuai dari bagaimana cara menyembelih ayam sendirian bisa kamu lakukan seperti diatas dari mulai menajamkan parang, dan lain-lain.

Untuk bacaan doa memotong ayam dalam bahasa arab seperti berikut ini.

doa untuk potong hewan

doa tersbeut diatas bisa kamu baca saat menyembelih ayam. Bisa juga untuk doa menyembelih merpati, atau burung besar yang boleh dikonsumsi lainnya.

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Qurban

Pada bagian ini, khusus untuk bacaan doa memotong hewan qurban seperti sapi, kambing, kerbau atau yang lain.

Berikut ini doanya:

doa dan niat menyembelih hewan

Demikianlah ulasan dari seluk beluk menyembelih hewan seperti yang diajarkan Islam serta doa memotong ayam dan menyembelih hewan qurban. Semoga bisa bermanfaat. Wassalamualaikum. 🙂