1
106

Ciri-Ciri Kanker Serviks Beserta Cara Pecegahannya

CIRI-CIRI KANKER SERVIKS – Gejala yang diderita oleh seorang wanita pada daerah rahim. Tanpa disadari sebenarnya kanker serviks ini tidak cukup dirasa pada tingkat yang awal. Akan tetapi penyakit yang menyerang bagian rahim perempuan ini akan sangat ganas ketika memasuki stadium berat.

Artikel kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri kanker serviks pada wanita. Supaya nantinya tulisan ini dapat berguna untuk referensi bagi seseorang yang sedang mencari informasi mengenai ciri-ciri kanker serviks.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Awal

ciri kanker serviks

Saat memasuki stadium awal, penyakit kanker serviks biasanya tidak terlalu terlihat dengan jelas.

Hal ini dikarenakan sel kanker pada penderita belum menyebar sepenuhnya ke seluruh bagian tubuh. Sehingga penderita tiak akan merasakan perbedaan yang tidak wajar akibat kanker ini.

Oleh Karena itu kamu damat melakukan penanganan kanker malalui Pap smear dalam mendeteksi kanker serviks.

Sebagian orang mungkin sudah tahu bagaimana mengetahui ciri-ciri kanker serviks. Gejala yang hanya dialami oleh wanita ini terletak dalam vaigina. Tepatnya menyerang bagian rahim. Kanker serviks disebabkan oleh virus yang bernama Human papillomavirus atau lebih dikenal dengan HPV.

Virus ini dapat menular melalui kontak langsung antara kulit dengan kulit dan hubungan seksual. Biasanya, gejala yang masih awal-awal, tidak akan terlihat masalah pada tubuh wanita.

Namun jika virus ini sudah menyebar ke seluruh bagian tubuh, maka akan muncul masalah-masalah pada tubuh. Ciri-ciri kanker serviks pada awal mula antara lain :

Pendarahan dibagian vagina

Pendarahan vagina adalah termasuk kedalam salah satu ciri-ciri kanker serviks. Hal ini dapat terjadi ketika seorang wanita telah memasuki waktu diluar periode menstruasi atau setelah melakukan hubungan seks.

Wanita yang sudah memasuki masa menopause juga dapat mengalami pendarahan tersebut. Sehingga hal ini dapat dijadikan tolak ukur seseorang mengalami kanker serviks.

Keputihan yang dibarengi dengan darah dan juga berair

Ciri-ciri kanker serviks pada seseorang salah satunya adalah keputihan yang tidak wajar. Gejala ini dibarengi dengan adanya cairan dan darah yang keluar.

Ciri dari keputihan ini diantaranya mempunyai warna kecoklatan atau jernih. Serta menimbulkan bau yang tidak sedap.

Rasa nyeri saat hubungan seksual.

Rasa nyeri yang dialami ketika seorang wanita berhubungan intim dengan suaminya termasuk kedalam ciri-ciri kanker serviks. Keadaan nyeri disini, adalah suatu hal yang tidak wajar. Biasanya letak nyeri berada pada bagian panggul.

Ciri lain yang menandakan adanya virus HPV adalah adanya bentuk seperti kutil pada kelamin.  Selain itu ciri lainnya adalah sulit untuk buang air besar atau kecil, berat badan turun, tubuh melemah sampai adanya bengkak pada kaki.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Dini

ciri kanker serviks saat dini

Salah satu untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah dengan mengenali ciri-cirinya. Hal ini juga sangat penting bagi kamu yang sudah mempunyai kanker serviks yang masih ringan.

Dengan menjaga kesehatan pada area kewanitaan khususnya, akan meminimalisir terjadinya kanker serviks.

Gejala yang satu ini menjadi hal yang sangat ditakuti sekali bagi seorang wanita. Dikarenakan, angka kematian yang tinggi disumbangkan oleh penderita kanker serviks. Ciri-ciri kanker serviks pada bahasa umumnya adalah menyerang mulut rahim yaitu serviks pada wanita.

Maka hanya wanita saja yang mengalami penyakit kanker serviks ini. Penderita kanker ini sudah cukup banyak di Negara Indonesia.

Menurut data yang beredar, bahwa penderita kanker serviks di Indonesia sudah mencapai angka satu pertiganya. Maka dari itu, kamu harus mengetahui ciri-ciri penyakit serviks ini. Seperti artikel yang satu ini akan membahas hal tersebut. Selamat membacanya.

Penyebab utama kanker serviks

Sudah umum kita ketahui,  bahwa semua penyakit yang ada di dunia ini pasti terdapat penyebabnya. Sebelum menginjak pada inti bahasan, sebaiknya kamu ketahui dahulu penyebab pada kanker serviks ini.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan  dalam menjaga kesehatan organ vital seorang wanita.

Bagian pintu masuk rahim atau leher rahim adalah lokasi yang diserang oleh gejala ini. Human Papilloma Virus (HPV) adalah sejenis virus yang menginfeksi bagian organ ini. Atau lebih tepatnya adalah penyebab utama kanker serviks.

Virus ini memiliki beberapa tipe. Jenis yang mengakibatkan kanker serviks pada wanita adalah HPV 16 dan 18. Tipe virus yang dapat menyebar dan berpindah-pindah adalah ciri dari virus HPV. Maka dari itu sangat harus diwaspadai sekali.

Ternyata, dengan sentuhanpun virus ini dapat berpindah dan menyebar. Bukan hanya dengan cairan saja yang menjadi perantaranya.

Penyebab lain yang mengundang adanya virus HPV ini yaitu kebersihan tempat kamar mandi. Toilet yang tidak terjaga kebersihannya atau kotor sangat berpotensi mengundang virus ini.

Sehingga  nantinya jika ada orang khususnya wanita yang menggunakan WC yang kotor, perlu diwaspadai kesehatannya. Maka dari itu kamu harus menjaga kebersihan kamar mandi yang ada di rumah agar terhindar dari virus HPV yang bersarang.

Selain itu penyebab lain diantaranya seorang wanita yang aktif merokok, kurang asupan vitamin C, E dan asm folat. Kewaspadaan yang harus diterpkan dan memiliki hidup yang sehat adalah poin penting yang harus diterapkan.

Ciri-ciri penderita kanker serviks

Adapun ciri lainnya yaitu terasa nyeri dibagian panggul. Ciri-ciri kanker serviks ditandakan oleh nyerinya bagian panggul pada wanita.

Berbeda halnya dengan gejala keputihan. Namun hal itu juga perlu diwaspadai meskipun berbeda dengan kanker serviks

Ciri lain untuk penderita kanker serviks adalah mengalami frekuensi yang seikit pada buang air kecil. Kondisi yang tidak lazim dirasakaan saat membuang air kecil. Perbedaan intensitas pada kondisi normal dengan frekuensi yang sedikit perlu diperhatikan dalam membuang air kecil.

Terkecuali kamu dalam kondisi sedang hamil. Akan tetapi jika kondisi normal, selanjutnya menderita hal seperti itu, maka harus di waspadai dan dan segera memeriksanya.

Ciri lainnya yaitu merasakan nyeri ketika kamu sedang berhubungan antara suami dan istri. Rasa nyeri yang tidak wajar patut untuk dicurigai sebagai tanda dari kanker serviks.

Tanda selanjutnya adalah mengalami sakit saat buang air besar dan mesasakan sembelit yang cukup ekstrim. Hal ini disebabkan karena kanker serviks dapat menyerang keadaan pencernaan kamu.

Ciri terakhir dari kanker serviks pada masa dini ini adalah turunnya berat badan akibat nafsu makan yang terganggu. Sehingga menyebabkan badan menjadi lelah dan lesu.

Ciri-Ciri Kanker Serviks Pada Remaja

ciri kanker serviks pad remaja

Saat tahap awal, kanker serviks ini sangat sulit untuk dirasakan. Keadaan tubuh biasa saja. Tidak ada tanda-tanda yang berbeda atau dirasa nyeri pada penderitanya.

Namun ketika gejala ini memasuki stadium lanjut maka gejala ini akan dirasa. Bahkan nantinya jika kanker ini memasuki stadium yang berat, maka penanggulangannya akan sangat sulit.

Sebagian besar wanita mengatakan bahwa kanker serviks termasuk penyakit yang sangat menakutkan.

Sebelum terlambat, sebaiknya kamu harus mengetahui ciri-ciri kanker serviks ini. Khususnya pada remaja.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kanker serviks pada remaja :

Pendarahan vagina

Pendarahan yang tidak normal terjadi saat wanita sudah merasakan haid. Maksud disini adalah wanita tersebut tidak dalam masa haid.

Biasanya terdapat keputihan saat pendarahan ini terjadi. Keputihan tersebut tercampur dengan darah.

Selain itu pendarahan ini juga dapat terjadi ketika wanita memasuki masa yang tidak lagi haid. Hal ini juga biasa dibarengi dengan menstruasi dalam waktu yang lama

Rasa nyeri saat berhubungan suami istri

Kanker serviks ditandakan dengan rasa sakit yang tidak wajar seorang wanita.  Rasa nyeri nyeri ini dirasakan saat seseorang berhubungan intim antara suami dan istri.

Maka dari itu, jika hal ini pernah dirasakan, segeralah untuk memeriksanya ke dokter. Hal tersebut dapat berpotensi kanker serviks

Kanker Serviks Stadium 4

kanker serviks stadium 4

Tingkatan tertiggi pada kanker serviks adalah stadium 4. Stadium ini termasuk kedalam kategori yang berat. Hal ini dibuktikan dengan kasus angka kematian yang tinggi disebabkan oleh kanker serviks jenis ini

Biasanya di Negara lain kanker serviks bisa ditangani lebih awal-awal. Contohnya seperti Negara-negara di Eropa dan Amerika. Berbeda dengan Negara berkembang seperti Indonesia, pemeriksaan kanker serviks sejak dini tidak banyak di lakukan

Ciri-ciri kanker serviks stadium 4

Kanker jenis ini termasuk kedalam tahap yang lanjut dan sulit unutk ditanggulangi. Penyebaran kanker stadium 4 ini bisa sampai keseluruh organ tubuh selain leher rahim.

Dalam kategorinya, stadium 4 terbagi kedalam dua jenis, yaitu 4A dan 4B. Jika gejala yang dirasakan sampai pada bagian kandung kemih dan rektum, itu disebut stadium 4A.

Sedangkan stadium 4B di cirikan dengan penyebaran organ lain seperti paru-paru. Ciri lain yang dirasakan penderita stadium 4 ini adalah :

  • Pendarahan yang tidak biasa terjadi saat diluar masa haid atau masuk dalam tahap menopause
  • Muncul rasa nyeri pada otot, tulang dan panggul di bagian bawah.
  • Rasa sakit berlebih ketika kamu buang air besar atau kecil. Bisa jadi juga dibarengi dengan pendarahan.
  • Nafsu makan berkurang, sehingga tubuh menjadi lemas.
  • Penurunan badan yang sangat drastic dirasakan oleh penderita ini
  • Seluruh badan teras nyeri dan disertai lemas, karena penyebaran kanker sudah sampai ke dalam otot tubuh.

Gejala Kanker Serviks Stadium 2

kanker serviks stadium 2

Kanker yang sudah melewati leher rahim dan rahim pada wanita, itulah serviks stadium dua.  Akan tetapi situasinya masih belum mencapai bagian bawa pada vagina atau sering disebut dinding panggul.

Biasanya kanker stadium 2 menyebar pada bagian atas vagina dan jaringan leher rahim. Serviks jenis ini memiliki ukuran kurang dari 4 cm.

Pada stadium 2, kanker ini terbagi kedalam dua bagian yaitu stadium 2A dan 2B. Hal yang membedakannya terletak ada penyebaran jaringan sel kankernya.

Sebaran jaringan di luar vagina dan bagian leher rahim adalah ciri dari serviks stadium 2A. kanker pada tahapan ini sebenarnya tidak menyebar sampai kebagian rahim.

Selain itu juga, stadium 2A dibagi lagi kedalam dua bagian. Jika kanker memiliki ukuran kurang dari 4 cm kama itu masuk dalam 2A1. Begitupun sebaliknya jika kanker memiliki ukuran yang lebih dari 4 cm maka bisa dikatakan itu masuk dalam stadium 2A2.

Berbeda sedikit dengan stadium 2B. Jenis yang satu ini memiliki penyebaran jaringan yang terfokus sampai bagian luar leher hingga masuk kedalam bagian rahim.

Penderita biasanya tidak akan menyadari gejala yang dipunyai saat mengalami stadium 2 ini. Penderita kanker jenis ini biasanya hanya memiliki ciri seperti keputihan dan dibarengi dengan bau yang tidak sedap

Makanan Penyebab Kanker Serviks

penyebab kanker serviks

Fakta yang telah ditemukan dari penelitian yaitu adanya sebab dan akibat dari makanan dengan gejala kanker. Penyakit ini secara langsung atau tidak langsung sudah dipicu oleh beberapa makanan.

Menurut Dr Grace Judio Kahl, makanan adalah salah satu penyeab terjadinya penyakit kanker serviks.

Dalam bagian ini, terdapat beberapa makanan yang bisa menimbulkan kanker serviks.

Makanan yang berlemak

Kanker serviks bisa terjadi ketika seorang wanita seringkali mengkonsumsi makanan yang banyak lemaknya. Berbeda dengan orang yang jarang memakan makanan berlemak, mereka berpeluang tidak terkena serangan kanker serviks.

Hal tersebut dikarenakan hormon estrogen dalam tubuh dapat diproduksi oleh silemak ini. Hormon ini dapat diproduksi dengan jumlah yang sangat banyak. Akibatnya jika seorang wanita kelebihan hormon estrogen dalam tubuhnya, maka akan memicu terjadinya kanker serviks.

Kandungan lemak tersebut berada pada makanan yang notabennya berminyak. Contohnya seperti gorengan dan keripik.

Apalagi jika makanan tersebut digoreng menggunakan minyak yang sudah digunakan beberapa kali. Atau lebih dikenal dengan minyak jelantah.

Buruknnya lagi, selain memicu timbulnya kanker juga dapat membuat sebuah obesitas tubuh. Pada akhirnya akan menimbulkan sifat malas untuk beraktifitas dan olahraga.

Maka dari itu hindari makanan gorengan atau diminimalisir tingkat konsumsinya. Lebih baik memakan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah. Karena makanan tersebut dapat mencegah timbunya sel kanker.

Makanan dan minuman beralkohol

Selain tidak diajurkan, mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol sangat beresiko buruk bagi tubuh. Terlebih lagi dapat memicu adanya sel kanker serviks bagi wanita khususnya.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang beralkohol membuat sel kanker menempel di dinding rahim. Sehingga akan memicu terjadinya perkembangan kanker serviks pada wanita.

Contoh makanan yang mengandung alkohol yaitu cake yang beralkohol dan tape. Sedangkan untuk minuman sangatlah banyak. Contohnya seperti wine, arak, rhum dan minuman keras lainnya..

Makanan berbahan campuran kimia

Makanan yang sudah banyak ditemukan pada saat ini tidak terlepas dari yang namanaya bahan kimia. Jenis bahan kimia ini beragam. Contohnya seperti pewarna, pengawet buatan dan pemanis buatan.

Biasanya bahan tersebut menjadi komposisi pada makanan instan, kaleng, makanan siap saji dan bumbu penyedap. Hal tersebut bisa memicu terjadinya kanker serviks.

Solusi yang utamanya yaitu dengan memasak di rumah dengan bahan yang bersih dan alami tentunya. Tidak ada campuran bahan kimia yang bisa menyebabkan penyakit hingga kanker.

Makanan yang dibakar atau dipanggang

Sebagian orang  belum mengetahui sebenarnya makanan yang dipanggang juga dapat menimbulkan kanker. Biasanya pada hari raya idul Adha, tingkat konsumtif pada daging panggang atau bakar sangat tinggi.

Contohnya seperti sate daging kambing, sapi, kerbau atau ayam. Boleh-boleh saja mengkonsumsinya. Akan tetapi lebih baiknya dengan takaran yang tidak berlebihan. Karena jika terlalu banyak makan makanan yang dipanggang berpotensi mendatangkan kanker serviks untuk wanita.

Penelitian menyebutkan, jika sudatu daging tersebut dibakar akan muncul dua senyawa yaitu Amino Heterosiklik (HCA) dan Hidrokarbon Polisiklik Aromattik (PAH). Dua senyawa ini akan muncuk akibat bertemunya protein pada dagng dengan atom karbon dari arang.

Maka dari itu kurangilah memakan makanan yang  dipanggang atau dibakar.

Pencegahan Kanker Serviks

pencegahan kanker serviks

Mencegah penularan virus HPV merupakan cara yang paling dianjurkan dalam mengatasi kanker serviks.

Virus yang satu ini, penyumbang terbesar dalam kasus kanker serviks. Diperikirakan sekitar 99% penyebab terjadinya kanker ini.

Cara selanjutnya yang dapat diaplikasikan untuk mencegah terjadinya kanker serviks yaitu :

  • Berhenti merokok
  • Vaksinasi
  • Screening yang terjadwal pada leher rahim
  • Tidak melakukan seks bebas

Terjadinya infeksi oleh HPV ini menjadi sebuah kasus yang umum pada penderita kanker serviks. Beberapa poin yang perlu dicatat, bahwa infeksi virus ini banyak terjadi oleh hubungan seks bebas.

Selain diharamkan oleh agama dan tidak dianjurkan oleh kesehatan karena berpotensi menimbulkan resiko kanker serviks. Maka dari itu hal ini wajib untuk dihindari.

Metode lain dalam penanggulangan kanker serviks adalah pap smear atau screening. Yaitu cara untuk mendeteksi kanker pada tubuh. Lakukan hal tersebut secara rutin dan terjadwal.

Yaitu jika kamu sudah menikah dan berusia antara 25-49 tahun, lakukan pap smear tiga tahun sekali. Sedangkan jika usia 50-64 tahun, lakukan per lima tahun sekali

Selanjutnya, metode yang bisa diterapka yaitu vaksinasi HPV. Cara ini dapat bermanfaat dalam menjaga tubuh dari infeksi yang disebabkan virus HPV. Vaksin ini lebih efektif diberikan pada wanita yang masih belum aktif secara seksualnya.

Dan yang terakhir yaitu dengan berhenti dan menghindari rokok. Selain tidak baik bagi tubuh hal ini memicu terjadinya kanker serviks pada wanita.

Demikianlah artikel yang bisa saya tulis. Semoga buat kamu bisa menambah pengetahuan dan menjadi pedoman tentang ciri-ciri kanker serviks ini. Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: