1
659

Ciri Ciri Pasar Persaingan Sempurna Dilengkapi Pengertian dan Contohnya

Pasar adalah tempat yang sangat berpengaruh dalam dinamika ekonomi suatu Negara. Pasar terbagi kedalam beberapa jenis. Seperti pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna, pasar monopoli dan lain-lain. Dalam artikel ini saya akan berbagi mengenai ciri ciri pasar persaingan sempurna.

Karena pasar jenis ini sering kita temui sehari-hari di sekitar kita. Selamat menyimaknya.

PENGERTIAN PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

pasar persaingan sempurna

Berkumpulnya pembeli dan penjual dan melakukan transaksi adalah tempat yang biasa kita sebut pasar.

Jika dilihat dari pengertiannya yang lebih sepesifik pasar terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya pasar persaingan sempurna.

Pasar yang mengakibatkan harga menjadi suatu kesepakatan dari pembeli dan penjual. Pada dasarnya seorang pembeli dan penjual tidak akan mempengaruhi harga. Itulah pasar persaingan sempurna.

Dalam arti lainnya dari pasar persaingan sempurna, terdapat pelaku konsumen yaitu pembeli dan penjual banyak.

Selain itu produk barang yang ditawarkan serupa atau sejenis. Contohnya antara lain pasar beras, gandum, kentang dan lain-lain.

Para pembeli dan penjual sudah terbiasa dengan mengetahui informasi dan struktur dari produk. Maka dari itu pelaku pada pasar persaingan sempurna tidak mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi suatu harga.

Pada intinya, bahwa pasar persaingan sempurna meliputi suatu produk yang serupa dan para pembi serta penjual tidak bisa merubah suatu harga.  Itulah penjabaran dari sebuah pasar persaingan sempurna.  Pada bagian selanjutnya akan ditulis ciri ciri pasar persaingan sempurna.

PENGERTIAN PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

pasar pesaingan tidak sempurna

Banyak diantara kita yang tidak mengetahui jenis pasar yang satu ini. Selain pasar persaingan sempurna, sebenarnya ada juga pasar lain yaitu pasar persaigan tidak sempurna.

Pasar persaingan tidak sempurna ini sangat jarang sekali kita jumpai di lingkungan kita. Pasar ini mempunyai istilah dalam bahasa inggris yaitu imperfect competition market.

Biasanya pasar persaingan tidak sempurna dilakukan oleh sepihak saja. Artinya kegiatan yang dilakukan cenderung mengarah kedalam satu jenis produk dan dikendalikan oleh satu produsen. Pasar persaingan tidak sempurna ini menguasai harga dan sebagian pembeli juga menguasai itu.

Beberapa bentuk dari pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar Oligopsoni, Monopolistis dan Monopoli. Ketiga bentuk pasar ini termasuk kedalam kategori  dari pasar persaingan tidak sempurna.

Jika saya dapat simpulkan, pasar persaingan tidak sempurna adalah jenis pasar yang memiliki jumlah penjual yang sedikit tetapi pembelinya banyak.

Maka dari itu jumlah harga di pasar ini mudah memiliki ketergatungan sepihak. Biasanya yang diuntungkan pada pasar persaingan tidak sempurna adalah penjual.

CIRI CIRI PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

ciri pasar persaingan sempurna

Seperti yang telah kita  tahu bahwa pasar terbagi mejadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna. Perbedaan dari kedua jenis tersebut terletak pada perubahan harga, produk, jumlah pembeli dan penjual.

Pada bagian ini akan dibahas mengenai ciri ciri pasar persaingan sempurna.

Bebas untuk membuka dan menutup perusahaan

Pasar persaingan tidak sempurna memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut adalah pasar ini bebas dalam membuka dan menutup perusahaan.

Artinya, sebuah perusahaan boleh dengan leluasa membuka usaha yang baru jika memang dianggap menguntungkan. Begitupun sebaliknya jika memang dianggap merugikan dari apa yang telah dijualnya. Maka boleh untuk menutupnya.

Dalam hal ini dibebaskan untuk melakukan hal tersebut. Berbeda dengan pasar jenis lain yang mengharuskan terlebih dahulu beberapa izin perusahaannya.

Produk Bersifat Homogen

Sebuah perusahaan yang akan memproduksi suatu barang yang sejenis dan sama identiknya dalam beberpa aspek. Barnag tersebut bisa dikatakan pengganti yang sempurna.

Kuantitas dan kualitas tidak akan berbeda dengan produk lainnya. Maka dari itu, ini termasuk dalam ciri ciri pasar persaingan sempurna.

Banyak penjual dan pembeli

Ciri dari pasar persaingan sempurna ini adalah memiliki banyak pelaku konsumen dan produsen. Sehingga banyaknya interaksi dari pembeli dan penjual.

Dari sanalah harga yang ditentukan menjadi kesepakatan dari interaksi tersebut. Hal tersebut mengakibatkan perilaku konsumen dan produsen tidak akan mempengaruhi keadaan pasar.

Memiliki pengetahuan yang sempurna

pembeli dan penjual memiliki pengetahuamn yang sama tentang pasar ini mulai dari produk dan harga. Akibatnya ada beberapa keadaan yang perlu anda ketahui:

  • Konsumen tidak akan membeli suatau barang dengan harga yang tinggi dari harga pasar.
  • Produsen yang menjual tidak akan memberikan harga yang rendah dari harga pasar.
  • Untuk mendapatkan keuntugan yang maksimal, maka sumberdaya digunakan dengan sepenuhnya.

CIRI CIRI PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

pasar persaingan tidak sempurna

Sudah kita ketahui bahwa pasar adalah salah satu hal penting yang mendorong perekonomian. Dalam hal ini pasar dibagi kedalam dua bentuk. Yaitu pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.

Dalam bagian ini saya akan menulis beberapa ciri dari pasar persaingan tidak sempurna. Anda pasti tahu PLN,sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kelistrikan.

Seperti itulah pasar persaingan tidak sempurna. Memiliki produsen yang sedikit namun pembelinya banyak. Ciri ciri pasar persaingan sempurna berbeda dengan tidak sempurna.

Adapun ciri dari pasar persaingan tidak sempurna yaitu :

  • Harga yang bereda pada pasar ini, diatur oleh produsen yang sangat besar pengaruhnya dibandingkan pembeli.
  • Produk yang bersifat homogen atau sejenis. Tidak ada pengganti maupun produk yang bisa menggesernya.
  • Sangat sulit untuk masuk kedalam pasar ini.
  • Konsumen yang membutuhkan sangat banyak.
  • Produsen yang terbatas.

Itulah beberapa ciri dari pasara persaingan tidak sempurna. Pada dasarnya ciri utamanya yaitu memiliki produk yang sejinis (homogen), produsen yang terbatas dan pembeli yang banyak.

CIRI CIRI PASAR OLIGOPOLI

pasar tidak sempurna oligopoli

Pasar ini secara identik memiliki produsen dan pembeli yang sangat mengusasi penawaran, itu jika dilihat dari definisi ilmu ekonomi.

Sedangkan secara bahasa, oligopoly berasal dari olio yaitu beberapa dan poli adalah penjual. Maka jika digabungkan akan menjadi sebuah arti sederhana pasar yang mempunyai beberapa penjual.

Produsen yang terlibat biasanya melakukannya dengan independen atau diam-diam. Banyaknya pelaku produsen dipasar ini biasanya berjumlah 10 saja.

Ciri jelasnya dari pasar oligopoly adalah sebagai berikut :

  • Harga yang diputuskan oleh produsen yang satu tidak langsung diterapkan. Akan tetapi perlu adanya rundingan dan persetujuan dari perusahaan lainnya.
  • Sulitnya perusahaan lain untu masuk kedalam pasar ini.
  • Mempunyai kurva permintaan yang menyilang atau istilahnya cross elasticity of demand yang tinggi.hal ini dikarenakan penjual dalam pasar sangat sedikit.
  • Produsen banyak melakukan promosi secara terus menerus.
  • Produsen dan produk yang dihasilkan beragam. Biasanya satu perusahaan yang satu dnegna yang lainnya saling melengkapi.

Baca Juga : Pengertian Elastisitas Permintaan dan Penawaran Dilengkapi Jenis, Faktor Serta Contoh”

Tentunya hal ini berbeda antara pasar oligopoli dengan ciri ciri pasar persaingan sempurna.

CIRI CIRI PASAR PERSAINGAN MONOPOLI

pasar monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang mempunyai satu produsen. Artinya adalah terdapat hanya satu penjual saja. Sehingga mengakibatkan pengaruh dimiliki oleh produsen sangatlah besar dalam merubah harga.

Produsen yang terlibat, hanya memiliki satu produk saja. Contohnya seperti perusahaan-perusahaan BUMN yang mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahuinya.

Pastinya selain dari jenis pasar lain, pasar monopoli juga memiliki ciri yaitu :

  • Pasar monopoli hanya mempunyai satu penjual saja. Sehingga produk dari yang ditawarkan hanya bisa dibeli melalui pasarnya saja. Tidak ada di tempat lain.
  • Jenis produk yang dikeluarkan hanya memiliki satu jenis dan tidak ada yang bisa menggantikannya.
  • Sulitnya perusahaan baru yang ingin masuk ke pasar monopoli ini. Hambatan tersebut diantaranya izin legalitas, teknologi dan hambatan modal.
  • Pelaku pasar monopoli dapat mempengaruhi harga.
  • Perusahaan tidak perlu promosi dikarenakan sifat monopolinya yang sudah berjalan.

Itulah beberapa ciri ciri yang terdapat dalam pasar monopoli. Maka dari itu pasar monopoli termasuk kedalam pasar persaingan tidak sempurna.w

CIRI CIRI PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIS

pasar monopolistis

Pasar jenis ini mempnyai banyak produsen yang menghaskan beberap barang  sejenis. Produk dalam pasar ini berbeda-beda.

Pasar monopolistis mempunyai banyak produsen. Hal ini dikarenakan banyaknya produk yang terdapat didalamnya.

Berikut ini secara jelas akan dituliskan beberapa ciri dari pasar monopolistis :

Bebas untuk masuk dan keluar

Pasar ini tidak mempunyai hambatan atau batasan yang ada. Sehingga kebebasan dalam mekanisme keluar masuknya sangat bebas.

Berbicara megenai laba dalam pasar monopolitis adalah sama. Artinya margin laba dari harga dan output memiliki nilai yang sama rata.

Dalam hal lainnya, pasar monopolistis akan medatangkan pesaing-pesaing yang masuk. Sehingga pelaku pasar ini sangat banyak dan membuat laba normal dalam jangka panjang menjadi berubah.

Produk yang bermacam-macam

Dalam pasar ini  produk yang ada bermacam-macam. Ini dikarenakan produsen yang terlibat sangat banyak dan beragam. Sehingga berpengaruh dari jumlah dan jenis produk yang banyak dan berbeda.

Perbedaan antara produsen atau produk satu dengan yang lain dibuktikan dengan beberapa promosi yang dilakukan.

Produsen dan pembeli banyak

Ciri lain dari pasar monopolistis adalah mempunyai produsen dan pembeli yang sama banyaknya. Sehingga dikatakan pasar ini adalah pasar yang cukup besar dibandingkan dengan jenis lainnya.

CONTOH PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA (Oligopoli, Monopoli dan Monopolistis)

contoh pasar persaingan tidak sempurna

Seperti yang kita ketahui bahwa pasar persaingan tidak sempurna memiliki produsen yang terbatas namun pembeli yang banyak. Pasar ini identik dengan sifat yangberkuasa. Artinya harga yang bisa dikendalikan oleh pihak perusahaan. Selain itu ciri lainnya sudah dibahas diatas.

Berikut ini akan dipaparkan contoh dari beberapa pasar persaingan tidak sempurna yaitu oligopoly, menopoli dan monopolistis.

Contoh pasar oligopoly

Secara jenisnya pasar ini terbagi menjadi dua, yaitu oligopoly murni dan terdiferensiasi.

  • Oligopoly murni yaitu produk yang dipasarkan bersifat identik. Contohnya seperti seng, air dan semen.
  • Oligopoly terdiferensiasi yaitu pasar yang memiliki ciri prosuk homogeny, akan tetapi bisa dibedakan. Contohnya adalah laptop, motor, sabun.

Contoh pasar monopoli

Sebenarnya pasar monopoli sangat sulit ditemui, jika dilihat dari total kegiatan yang sangat monopoli. Namun ada beberapa yang mendekati murni monopoli di beberapa persahaan.

Produsen yang terlibat biasanya menjalin hubugan dengan pemerintahan, yang biasa disebut dengan BUMN.

Contoh perusahaannya yaitu PDAM, PERTAMINA, PT KAI, PLN dan Telkom. Kelima perusahaan ini mempunyai ciri dari pasar monopoli.

Perusahaan diatas erat kaitannya dengan suatu aturan Negara.

Selain itu juga perusahaan tersebut biasanya memiliki sebuah hak paten yang tidak sembarang peruhaan lain punya. Maka dari itu sangat sulit untuk bisa memasuki pasar ini.

Contoh pasar monopolistis

Pasar jenis ini memiliki ciri khas dengan produk yang memiliki fungsi yang sama tapi produk yang dikeluarkan berbeda-beda.

Misalnya dari aroma, warna dan bahan produk. Contoh pasar jenis ini diataranya produk alat-alat mandi seperti sabun, shampoo, pasta gigi dan lain-lain. Ada juga contoh lain seperti produsen motor dan mobil. Pada hakikatnya fungsi sama akan tetapi produk yang berbeda beda.

Demikaianlah artikel yang bisa saya tulis mengenai ciri ciri pasar persaingan sempurna. Semoga dapat bermafaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: