2
185

9 Ciri Yang Mudah Ditemukan Pada Burung Jalak Suren (Jantan & Betina)

Jalak suren adalah salah satu jenis burung yang palig popular dikalangannya. Ciri burung jalak suren sama seperti burung beo yang mampu menirukan suara manusia. Burung yang satu ini juga memiliki kepintaran yang serupa.

Burung jalak memiliki variasi warna hitam serta putih atau biasa disebut dengan warna trotol ini memiliki power suara yang berkarakter dan paling popular diantara jenis burung jalak lainnya.

Pendahuluan Mengenai Jalak Suren

pendahuluan jalak suren

Source: ayselalver.blogspot.com

Harga jalak suren jantan tidaklah murah, anda diharuskan untuk merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk dapat memelihara burung ini. Ciri khas dari burung suren adalah suaranya yang terdengar ramai dan keras. Lebih lengkapnya untuk ciri jalak suren jantan akan di bahas setelah ini.

Tidak berbeda dengan jalak suren jantan, jalak suren betina gacor ini juga dapat menimbulkan suara yang keras yang dihasilkannya.

Selain bulu dan suaranya, ciri khas lain yang dimiliki oleh jalak suren ini adalah ada di kaki dengan tipe anisodaktil atau kaki yang memiliki tiga jari dengan menjurus ke depan. Lalu untuk satu jari lainnya menjurus ke belakang.

Ciri jalak suren jantan yang sama dengan jalak suren betina adalah mereka suka dengan habitat yang letaknya tidak jauh dari sumber air.

Sumber air tersebut biasa ada di lubang – lubang batang pohon, dan mereka juga biasa terlihat untuk mencari makan di permukaan tanah. Jika ingin memelihara suren jawa, Anda perlu mengetahui hal berikut.

Ciri – Ciri Jalak Suren Jantan

ciri suren jantan

Source: ocehan-kenari.blogspot.com

Berikut ini merupakan ciri jalak suren jantan yang bagus :

  • Badan yang lurus dan lebih besar dari betina
  • Bulu kepala dan punggung yang berwarna hitam legam
  • Ekor yang lebih panjang dan menyatu dari jalak betina
  • Warna merah di atas mata yang lebih cerah dan juga jelas
  • Warna putih di bagian bawah tubuh dan kelihatan lebih bersih
  • Memiliki jari – jari kaki yang lebih panjang dan kokoh serta kuat
  • Terdapat jambul kepala yang lebih panjang dan akan melebar saat mengembang

Ciri – Ciri Jalak Suren Betina

ciri jalak suren betina

Source: kumayangjati.blogspot.com

Jalak suren jantan dan betina memiliki perbedaan tipis yang membedakan mereka. Jika tadi sudah membicarakan ciri – ciri jalak suren jantan, maka berikut ini adalah ciri – ciri dari jalak suren betina :

  • Memiliki tubuh yang bulat dan pendek dengan warna hitam serta putih yang agak suram
  • Mempunyai kepala yang agak ramping
  • Terdapat paruh, jari kaki, dan ekor yang lebih pendek dan halus
  • Tidak selincah jalak suren jantan
  • Jalak suren betina memiliki warna merah di atas mata yang terlihat lebih pucat dibandingkan dengan jalak suren jantan
  • Memiliki kicauan yang lebih bervariasi

Jalak Menjelang Dewasa

jalak suren dewasa

Source: falony.com

Membedakan jalak suren jantan dan betina menjelang dewasa. Ketika jalak suren masih berumur 3 bulan tentu masih sedikit mengalami kesulitan, paling tidak untuk melakukan identifikasi kelamin pada burung jalak tersebut kurang lebih sekitar umur 10 tahun.

Pada pertumbuhan burung jalak suren dewasa, mereka sudah dapat dibedakan karena sudah mulai muncul perbedaan yang mendasar.

Misalnya pada dubur akan tumbuh bulu – bulu yang berwarna kebiruan atau ungu. Dengan ciri tersebut maka sudah dipastikan bahwa burung jalak suren tersebut berjenis kelamin jantan. Burung yang terkenal gacor ini akan memberikan Anda kepuasan ketika memelihara dan menghasilkan burung yang indah ini.

Baca Juga Bro: 10 Step Merawat Burung Murai Batu Yang Baik

Minta Bantuan Kepada Ahlinya

jalak suren dengan ahlinya

Source: www.jalaksuren.net

Pada step ini, anda bias mencoba bertanya kepad ahli untuk membantu menentukan jenis kelamin dari jalak suren. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung jalan suren, maka mintalah bantuan kepada ahlinya.

Biasanya jika mereka masih memiliki umur yang masih muda akan sulit untuk diidentifikasi. Tunggulah sedikit lebih dewasa agar dapat menentukan jalak suren tersebut betina atau jantan.

Warna Kulit Jalak Suren Jantan

Warna kulit yang melingkar di sekitar mata burung untuk yang jantan akan berwarna oranye kemerahan dan lebih cerah serta bulu putih pada pipi yang masih menyambung ke belakang membentuk garis putih hingga leher atas.

Lalu pada warna bulu dibagian kepala lebih berwarna hitam legam. Hal ini juga berlaku bagi anakan burung.

Jambul Jalak

jambul jalak suren

Source: Youtube

Burung jantan lebih memiliki jambul yang panjang dan lebar dibanding betina. Jambul burung jantan lebih panjang dan lebar dari pada jalak suren betina betina. Hal ini dapat terlihat jelas jika Anda memerhatikannya.

Salah satu alasan terlihat jelasnya perbedaan ini karena pada jalak suren betina memiliki postur tubuh yang lebih pendek dari jantan.

Kenali Karakter Burung Jalak Suren Jantan

Burung jalak suren jawa untuk yang jantan ini memiliki tingkat agresifitas yang tinggi dan lebih aktif dari pada yang betina.

Serta burung jantan ini selalu ingin menyerang apa saja yang berada di depannya. Hal ini dapat terlihat dari cara dia berkicau yang selalu terlihat membusungkan dada.

Postur Burung Jalak Suren Betina

jalak suren betina

Source: pelangidanbidadari.wordpress.com

Bentuk fisik dari burung jalak suren betina ini lebih pendek dan bulat dari pada jalak suren jantan. Postur lebih besar yang dimiliki jalak suren jantan juga memiliki paruh, ekor, dan kaki yang lebih besar. Hal ini merupakan salah satu yang membedakan jantan dan betina.

Kicauan Dan Gerakan

Perbedaan dari kicauan dan gerakan untuk jantan dan betina. Dengan harga yang hampir sama dengan burung bakalan ini, burung jalak suren memiliki kicauan yang bervariasi dan ramai. Sama seperti kebanyakan jenis lovebird lainnya.

Untuk perbedaan kicauan dari burung jalak suren jantan dan betina ini pada burung betina lebih terdengar monoton pada kicauannya dan gerakannya yang lebih lambat dari pada burung jalak suren jantan.

Warna Burung Jalak

warna jalak suren

Source: Wikipedia

Warna yang lebih kusam dari burung jalak suren betina dari pada yang jantan. Burung jalak suren betina identik dengan warnanya yang lebih kusam dari pada yang jantan.

Warna putih dan oranye yang terlihat pada wajah burung jalak suren betina juga terlihat lebih kusam. Untuk warna yang ada pada burung jalak suren jantan lebih terlihat bagus dan cerah ketika dipandang.

Anda perlu memelihara burung jalak suren jawa ini dengan baik dan benar agar tidak lepas pada sangkarnya. Dengan Anda merawat dengan baik maka burung gacor ini akan memberikan kepuasan tersendiri kepada pemiliknya.

Demikianlah ciri jalak suren jantan yang perlu Anda ketahui, untuk gambar lebih jelasnya Anda dapat melakukan penambahan referensi pada internet. Perbedaan jalak suren jantan dan betina sudah dijelaskan dengan jelas pada poin – poin di atas.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply