√ 99+ Contoh Jenis Artikel Ilmiah Yang Bisa Menginspirasi

Salam Pinter. Semoga kalian pada sehat selalu ya. Kesempatan kali ini saya sebagai admin website akan membuat konten yang berhubugan dengan tulisan imiah. Lebih tepatnya saya kasih tema kali ini contoh artikel ilmiah.

Dibawah nanti akan saya share beberapa contoh dari artikel imiah. Mulai dari karya penelitian, makalah, pendidikan, sains dan lain-lain.

Tanpa basa basi lagi, langsung aja simak dibawah ya.

Contoh Artikel Ilmiah Penelitian

Bagi kalangan mahasiswa, mungkin kalian sudah tidak akan asing lagi dengan yang namanya peneletian. Apalagi masa umur kamu di kampus yang memasuki semester tua. Penelitian dapat dilakukan untuk membuat sebuah karya akhir baik berupa skrips, tesis, desertasi ataupun jurnal.

Seperti seseui yang saya alami yang dulunya pernah kuliah, karya ilmiah penelitian perlu dilakukan dengan matang. Mulai dari pengajuan judul, pembuatan proposal samai eksekusi lapangan dan laporan. Pada bagian ini saya akan mencoba berbagi salah satu contoh artikel ilmiah penelitian yang pernah saya kerjakan.


ABSTRAK

ADI KUSNADI, C******50. Optimasi Perikanan Layur di PPN Palabuhanratu Sukabumi, Jawa Barat. Dibimbing oleh MUSTARUDDIN dan GONDO PUSPITO.
Kegiatan penangkapan ikan layur yang ada di PPN Palabuhanratu merupakan salah satu sistem perikanan yang cukup kompleks. Penangkapan dilakukan dengan berbagai alat tangkap diantaranya pancing ulur, bagan dan jaring rampus.

Sistem perikanan layur mencangkup beberapa komponen sarana dan prasarana, diantaranya : TPI, kantor pelabuhan, syahbandar, dermaga, pabrik es, SPBU, BMKG, pasar ikan, bakul, dan penjual bahan alat penangkapan.Perikanan layur yang belum optimal akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap pengelolaan dan kelestarian sumberdaya ikan layur.

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jumlah alokasi unit alat penangkapan terhadap 3 jenis armada, yaitu pancing, jaring rampus dan bagan.Metode linear goal programming (LGP) berperan untuk mengetahui nilai terbaik pada jumlah unit ketiga alat tangkap.Untuk mencapai sistem perikanan ikan layur yang optimal layur perlu adanya batasan pada jumlah alokasi unit dari hasil yang diberikan setelah dianalisis. Pancing sebesar 107 unit, jaring rampus sebesar 64 unit dan bagan sebesar 131 unit. Implementasi pembatasan jumlah unit alat tangkap tentunya tidak bisa secara langsung karena mempertimbangkan sosial dan budaya di lingkungannya.


Contoh Artikel Ilmiah Pendidikan

Setelah kamu melihat contoh pertama dari artikel imiah peneltian. Dibagian ini saya akan berikan sebuah referensi dari contoh artikel imliah pendidikan. Pendidikan disini bukan berarti terfokus kepada mahasiswa saja melainkan tinkat-tingkat ditas dan dibawahnya seperti SMA dan SMP.

Mungkin kamu tidak akan mengira bahwa laporan yang dibuat ketika SMA misalnya terkait percobaan-percobaan suatau benda kimia atau fisika itu adalah biasa.

Namun hal tersebut dapat termasuk kedalam contoh artikel ilmiah dari pendidikan.

Selain itu bila dilihat dari tema artikel, dalam bab ini saya berikan salah satu contoh karya ilmiah yang bertemakan pendidikan. Berikut contohnya.


Pendahuluan

Perubahan merupakan sebuah keniscahyaan yang tidak mungkin dapat dihindari. Arus globalisasi semakin kencang dan menuntut kita untuk selalu melakukan perubahan. Perubahan menjadi tantangan yang harus kita hadapi dan
perlu modal dalam diri agar mampu bersaing dalam persaingan global. Dipenghujung tahun 2015, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan resmi diberlakukan.

Tidak ada pembatas lagi antar negara di kawasan ASEAN. Persaingan yang semakin terbuka mendorong suatu negara memiliki keunggulan baik secara komparatif dan maupun keunggulan absolut agar tetap eksis di arena MEA. Setiap negara harus mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan tersebut. Hasil seminar BAPPENAS (28 Mei 2014) dalam menghadapi MEA Indonesia bukan tanpa masalah, ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki Indonesia, antara lain:

1. Masih tingginya jumlah pengangguran terselubung (disguised unemployment);
2. Rendahnya jumlah wirausahawan baru untuk mempercepat perluasan
kesempatan kerja;
3. Pekerja Indonesia didominasi oleh pekerja tak terdidik sehingga produktivitas
tenaga kerja menjadi rendah;
4. Meningkatnya jumlah pengangguran tenaga kerja terdidik, akibat
ketidaksesuaian antara lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan pasar
tenaga kerja;
5. Ketimpangan produktivitas tenaga kerja antarsektor ekonomi;
6. Sektor informal mendominasi lapangan pekerjaan, dimana sektor ini belum
mendapat perhatian optimal dari pemerintah;
7. Pengangguran di indonesia merupakan pengangguran tertinggi dari 10 negara
anggota asean; ketidaksiapan tenaga kerja terampil dalam menghadapi mea
2015;
8. Tuntutan pekerja terhadap upah minimum, tenaga kontrak, dan jaminan sosial
ketenagakerjaan; serta
9. Masalah tenaga kerja indonesia yang banyak tersebar di luar negeri.

Hal yang dianggap paling penting adalah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Human capital yang memadai akan mempermudah percepatan dalam pembangunan, dan pertumbuhan negara. Untuk menyiapkan human capital yang berkualitas negara perlu memperhatikan dan dapat memaksimalkan sumber-sumber yang dapat mendukung untuk mengembangkan human capital. . . .

Metode

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana penelitian ini menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan metode yang ada. Agar hasil penelitian
dapat digunakan untuk menafsirkan fenomena yang ada maka perlu pendekatan dengan menggunakan teknik analisis yang dimana dalam hal ini dilakukan pendekatan penalaran kritis.

Berikutnya teknik analisis penelitian ini melibatkan interpretasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif (penalaran kritis).

Jenis dan sumber data berasal dari buku literature dan jurnal terkait secara induktif. Analisis secara induktif ini digunakan untuk menemukan kenyataan- kenyataan jamak sebagai yang terdapat dalam data dan lebih dapat membuat hubungan peneliti dan responden menjadi eksplisit, dapat dikenal dan akuntabel. . . .

Hasil Pembahasan

1. Iklim Persaingan MEA
Masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) yang yang memiliki pola mengintegrasikan ekonomi ASEAN dengan cara membentuk sistem perdagangan bebas atau free trade antara negara-negara anggota ASEAN. Thinking Globally, Prospering Regionally – ASEAN Economic Community 2015 (2014:3) AEC will “establish ASEAN as a single market and production base with the goal of making ASEAN more dynamic and competitive.”

Menjadi sebuah tantangan
tersendiri bagi suatu negara. Setiap negara harus mampu dan siap bersaing dalam arena pemasaran global. Tidak ada lagi skat pembatas antar negara dikawasan ASEAN. . . . . .

 


Itulah diatas contoh artikel imiah pendidikan yang mungkin bisa kamu jadikan referensi dalam pembuatan karya.

Baca Juga: “100+ Contoh Surat Pengunduran Diri

Makalah

Makalah adalah karya tulis yang bersifat ilmiah yang membahas berdasarkan hasil pengamatan dan kajian dilapangan.

Biasanya makalah dijadikan sebagai tugas tertentu di sekolah. Makalah ditulis dengna menerapkan suatu prosedur , teori dan prinsip yang berhubungan dengan masalah yang akan dikaji.

Berikut ini saya akan membagikan suatu contoh dari makalah secara mendasar. Silahkan disimak.

Contoh Cover

contoh cover makalah

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar

Kesimpulan

Contoh Kesimpulan

Daftar Pustaka

Contoh Daftar Pustaka

Jurnal

Jurnal termasuk kedalah salah satu jenis artikel ilmiah. Karya ini banyak dibuat oleh kalangan mahasiswa. Terutama yang duduk di bangku S2 dan S3.

Selain itu juga, jurnal banyak sering kali dibuat oleh para dosen untuk menambah nilai kum mereka.

Lalu kapan jurnal dibuat? Jurnal dibuat biasanya sesuai dengan interval waktu tertentu. Maksudnya banyak sekali contoh artikel ilmiah berbentuk jurnal yang terbit pada waktu yang sama dengan degan waktu yang sudah ditentukan.

Secara sistematis, jurnal dibuat hampir mirip dengan karya ilmiah lainnya seperti skripsi, tesis dan desertasi. Yaitu dimulai dari pengajuan judul, proposal, penelitian sampai terbentuklah hasil jurnal tersebut.

Dilingkungan kampus, jurnal sangat banyak dibuat dikalangan dosen. Biasanya tersusun dari beberapa dosen dan ada juga mahasiswa. Pada hasil akhirnya, jurnal diterbitkan di database kampus biasanya.

Perlu kamu ketahui bahwa jurnal jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan karya ilmiah lainnya. Berikut adalah salah satu contoh artikel karya ilmiah dari jurnal.

Contoh abstrak jurnal

Contoh Jurnal

Itulah salah satu contoh dari jenis karya ilmiah jurnal.

Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa sarjana. Jenis artikel ilmiah ini, menjadi bahan pertimbangan seseorang menjadi sarjana.

Sama halnya seperti jurnal tadi, namun skripsi hanya dilakukan oleh mahasiswa yang sudah memasuki semester tua.

Secara mekanismenya skripsi dibuat pertama-tama dengan menentukan sebiah topik atau judu dengan dosen pembimbing. Kemudian membuat proposal pengajuan yang ditanda tangani komdik.

Setelah semua itu disetujui. Maka tinggal melakukan penelitian. Kemudian membuat laporan dan disidangkan. Pada akhirnya bila dinyatakan lulus maka jadilah skripsi yang legal.

Contoh artikel ilmiah skripsi ini bisa kamu lihat dibawah. Ini adalah skripsi yang dulu pernah sya buat semasa kuliah.


Cover

DEPARTEMEN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
BOGOR
2016

ADI KUSNADI
C44110050

 

[Logo Fakultas]

 

 

OPTIMASI PERIKANAN LAYUR DI PPN PALABUHANRATU SUKABUMI, JAWA BARAT


Daftar Isi

DAFTAR TABEL

⦁ Identifikasi stekholder perikanan layur di PPN Palabuhanratu 12
⦁ Kendala dan pembatas alat tangkap 15
⦁ Hasil analisis optimasi jumlah unit alat tangkap ikan layur di PPN Palabuhanratu 15

DAFTAR GAMBAR

4 Peta lokasi PPN Palabuhanratu 2
5 Tahapan analisis 5
6 Kontruksi pancing (rawai vertical dan horizontal) 6
7 Kontruksi jaring rampus 7
8 Kontruksi bagan 8
9 Perkembangan alat tangkap pancing, rampus dan bagan 8
10 Jumlah nelayan layur di PPN Palabuhanratu (%) 9
11 Ikan layur 10
12 Produksi ikan layur tahun 2009-2013 di PPN Palabuhanratu 10
13 Peta DPI layur di Teluk Palabuhanratu, Sukabumi 11
14 Diagram input-output sistem penangkapan ikan layur di PPN Palabuhanratu 14


Metode

contoh metode

Hasil Dan Pembahasan

contoh hasil dan pembahasan

Itulah contoh dari artikel ilmiah bentuk skripsi.

Contoh Artikel Ilmiah Kesehatan

Karya ilmiah kesehatan biasannya banyak dibuat oleh orang-orang yang menjenjang pendidikan keperawatan, kebidanan dan dokter.

Tidak jauh berbeda dengan contoh artikel ilmiah yang sudah dibahas diatas. Karya ilmiah kesehatan juga dilakukan dengan mekanisme yang hampir mirip.

Berikut adalah beberapa contoh dari topik artikel ilmiah kesehatan. Semoga dapat menginspirasi dan membuka wawasan kamu. Khususnya yang lagi mau buat artikel ilmiah kesehatan.

conth artikel gizi kesehatan

contoh artikel pengetahuan ibu terhadap gizi

 

Contoh Artikel Ilmiah Singkat

Pada bagian ini akan saya berikan contoh adari karaya ilmiah yang singkat. Apa saja sih dan bagaimana cara membuatnya?

Pada kurikulum yang sudah terupdate, bila di kampus yang dulu saya pernah belajar. Artikel karya ilmiah dibuat semakain ringkas dan tajam kepada topik. Mungkin sekarang-sekarang juga sudah semua perguruan tiggi melakukan standar penulisan tersebut.

Berikut contoh artikel ilmiah singkat yang bisa kamu jadikan inspirasi.

artikel singkat lomba

 

artikel singkat undip

Contoh Artikel Ilmiah Bahasa Indonesia

Tidak terlepas dari yang namanya tugas dan tugas. Itu yang dirasakan oleh setiap mahasiswa di perguruan tinggi.

Seperti halnya seseorang yang sedang menduduki jurusan bahasa Indonesia. Disemester akhir kadang kebingungan tentang topik apa yang akan diambil untuk dijadikan penelitian karya ilmiah.

Kamu beruntung, saya mempunyai beberapa topik yang ungkin dapat membuka pemikiran kamu dalam menulis karya ilmiah bahasa indonesia. Berikut ini contohnya.

artikel bahasa indonesia

Contoh Artikel Ilmiah Populer

Khusus dibagian ini, saya akan menilai menurut pribadi saya setelah membaca-baca juga di web orang. Apa saja sih artikel ilmiah yang populer.

Berikut ini daftar contoh tipe karya ilmiah dan tips menulis artikel populer.

tip mennulis karya ilmiah
Tips Menulis Artikel Ilmiah

 

Tipe tulisan karya ilmiah
Tipe Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah Download

Jika memang kamu kebingungan saya berikan contoh artkel ilmiah pdf yang dapat kamu download disini.

Demikianlah artikel yang bisa saya sajikan untukkamu menegenai contoh artikel ilmiah. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: