5
5854

Pengertian Elastisitas Permintaan dan Penawaran Dilengkapi Jenis, Faktor Serta Contoh

ELASTISITAS PERMINTAAN – Aktifitas perekonomian yang ada di lingkungan sekitar kita sangatlah banyak. Dari sanalah bentuk-bentuk elastisitas muncul. Seperti halnya pasar, yang tidak akan pernah sepi dengan pembeli dan penjual. Elastisitas terjadi ketika adanya dinamika ekonomi.

Dalam artikel ini saya akan membahas mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan elastisitas permintaan, penawaran, jenis, kurva sampai kepada contoh atau kasusnya.

PENGERTIAN ELASTISITAS PERMINTAAN

elastisitas permintaan

Sebelum mengetahui apa itu pengertian elastisitas permintaan, alangkah lebih baiknya kamu tahu tentang elastisitas.

Elastisitas adalah suatu perubahan yang terjadi pada keadaan ekonomi. Dalam hal ini perubahan terjadi dari ekonomi yang satu dengan yang lainnya. Secara spesifiknya adalah perubahan yang terjadi pada harga barang didalam permintaan dan penawaran.

Elastisitas terbagi menjadi 3 jenis :

  • Elastisitas cross, yaitu jumlah barang yang diminta (x) berubah karena persentase harga barang lainnya (y).
  • Elastisitas pendapatan, ialah perubahan yang terjadi pada permintaan diakibatkan oleh perubahan persentase pada pendapatan produk lain.
  • Elastisitas harga, jumlah barang yang diminta dan ditawarkan berubah diakibatkan oleh perubahan harga barang tersebut.

Selanjutnya mengenai pengertian elastisitas permintaan. Nama lain dari elastisitas ini adalah elasticity of demand adalah perubahan harga yang mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Pada bagian ini terdapat yang namanya koefisien elastisitas.

Koefesien elastisitas biasanya mempunyai lambang E. dalam rumusnya yaitu :

Keterangan:

∆Q       = perubahan jumlah permintaan

∆P       = perubahan harga barang

P         = harga mula-mula

Q         = jumlah permintaan mula-mula

Ed       = elastisitas permintaan

PENGERTIAN ELASTISITAS PENAWARAN

elastisitas penawaran

Perubahan harga yang merubah jumlah barang yang ditawarkan adalah pengertian elastisitas penawaran.  Pada dasarnya jumlah barang yang beredar berubah oleh harga barang tersebut.

Jika dari sisilain, arti dari elastisitas ini adalah tingkat perubahan yang terjadi pada suatu barang yang diakibatkan oleh harga.

Seperti biasanya dalam elastitas pasti kita menemukan yang namnya sebuah koefisien. Dalam elastistas penawaran dilambang dengan Es. Nilai pada koefesien ini memiliki persentase perbandingan jumlah barang yang ditawarkan dengan perubahan harga.

Rumus dari elastisitas ini yaitu :

Es = (∆Q/Q) : (∆P/P)

Keterangan :

∆Q       = perubahan jumlah penawaran

∆P       = perubahan harga barang

P         = harga mula-mula

Q         = jumlah penawaran mula-mula

Es           = koefesien elastisitas penawaran

Bila nilai koefesien suatu barang berjumlah 2, maka persentase harga menyebabkan perubahan pada penawaran sebanyak 2 kali dari persentase harga.

Begitupun jika nilai Es sebesar 0,5 maka perubahan harga akan menyebabkan penawaran pada barang berubah setengah kali.

MACAM MACAM ELASTISITAS PERMINTAAN

macam macam elastisitas permintaan

Elastisitas memiliki beberapa macam jenis.  Dalam bagian ini akan ditulis beberapa jenis tersebut.

Permintaaan elastisitas sempurna

Permintaan jenis ini terjadi ketika permintaan berubah sebesar X% akan tetapu hasil persentase harga yang berbah bernilai 0%. Secara harfiah, perubahan pada permintaan berubah sedangkan dalam harga bernilai nol atau tetap. Dalam formulanya koefesien ini mempunyai lambang Ed.

Permintaan Inelastis sempurna

permintaan ini terjadi ketika persentase yang tetap pada permintaan sedangkan dalam persentase harga berubah. Jika disimpulkan maka permintaan tetap, harga berubah.

Permintaan Elastis

Kondisi terjadi ketika perubahan persentase permintaan lebih besar dari persentasi perubahan harga.  Permintaan ini dilambangkan dengan Ed. Perlu dicatat, bahwa Ed disini mempunyai nilai lebih besar dari 1.

Permintaan Unitary

Permintaan yang terjadi ketika perubahan sama dengan persentase dengan perubahan harga. Sederhananya, koefesien Ed = Harga.

Permintaan Inelastis

Jenis yang satu ini akan terjadi ketika persentase pada permintaan lebih kecil dibandingakan dengan perubahan harga. Artinya koefesien Ed < dari harga. Atau lebih gampangnya patokan yang diambil adalah Ed < 1.

MACAM MACAM ELASTISITAS PENAWARAN

macam macam elastisitas penawaran

Pada bagian ini akan dibahas terkait elastisitas penawaran. Berikut ini beberapa elastisitas tersebut.

Penawaran Elastisitas Sempurna

Elastisitas ini terjadi pada saat jumlah bawang yang ditawarkan  berubah akan tetapi dari harga tidak berubah. Koefesien yang dilambang dengan ∆P = 0.

Penawaran Elastis

Penawaran ini terjadi ketika barang yang ditawarkan berubah dari segi kuantitasnya. Pegangan dari elastisitas ini yaitu ∆d > ∆P.

Penawaran Elastis Uniter

Penawaran yang terjadi akibat perubahan harga pada jumlah barang. Jika di rumuskan maka ∆d = ∆P.

Penawan Inelastic

Keadaan ini terjadi ketika perubahan pada penawaran relative lebih kecil dibandingkan dengan persentase perubahan harga. Jika dirumuskan maka ΔQs < ΔP.

Penawaran Inelastis Sempurna

Penawaran yang terjadi dalam kondisi persentase pada perubahan bernilai nol. Sedangkan nilai perubahan harga ada. Intinya jika harga berubah maka penawaran tidak akan berpengaruh. Rumus dari penwaran ini adalah  ΔQs = 0.

Itulah beberapa jenis dari elastisitas penawaran yang terdapat disekitar kita.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ELASTISITAS PERMINTAAN

faktor mempengaruhi elastisitas permintaan

Elastisitas yang terjadi disekitar kita, khususnya di dunia pasar. Sebuah tempat yang menjadi dinamika ekonomi yang besar terjadi.

Tentunya terdapat beberapa penyebab yang menimbulkan elastisitas ini terjadi. Berikut ini saya akan menulikan faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya elastisitas permintaan.

Selera

Biasanya para konsumen memiliki sebuah rasa yang disebut selera terhadap barang. Dalam hal ini akan terjadi senuah elastic jika pelaku konsumen tersebut menerapkan faktor tersebut dalam system permintaan dan penawaran.

Frekuensi Konsumsi

Biasanya seseorang yang semakin kaya dan banyak kerperluan, maka elastisitas ini akan terjadi. Hal ini disebabkan adanya sebuah kebutuhan untuk membeli barang.

Tradisi dan Keyakinan

Sebuah kebiasaan butuh terhadap barang yang akan terjadi akibat tradisi dan keyakinan. Didalam kehidupan setiap daerah hal ini banyak ditemukan. Misalnya dalam hari-hari raya. Seseorang akan terbiasa untuk membeli pakaian baru, sandal atau apapun yang menjadi sebuah tradisinya.

Harga Barang

Tingkat elastisitas akan berubah baik lambat atau cepat dikarenakan sebuah perubahan pada harga. Contohnya jika harga suatu barang mengalami penurunan dari harga biasanya, maka perubahan yang tidak wajar akan terjadi.

Jenis Barang

Dalam memenuhi barang primer maka seseorang harus membelinya. Maka dari itu sudah tidak mungkin faktor yang satu ini berpengaruh terhadap elastisitas.

CONTOH ELASTISITAS PERMINTAAN

contoh elastisitas permintaa

Seperti yang telah kita ketahui bahwa elastisitas permintaaan adalah perubahan yang terjadi antara harga dan kuantitas barang.

Elastisitas ini juga dapar diartikan sebagai perbandingam persentase jumlah produk dengan perubahan harga suatu barang.

Formula yang digunakan dalam menghitung elastisitas ini adalah  sebagai berikut.

Ed = (∆Q/∆P) x (P/Q)

Keterangan :

Ed       = koefesien elastisitas permintaan

∆Q       = perubahan kuantitas barang

∆P       = perubahan harga

Q         = jumlah permintaan diawal

P         = harga diawal

Dikarenakan jumlah produk yang diminta berbanding terbalik dengan harga, maka nilai yang diperoleh dari koefesiennya adalah negative.

Perlu dicatat, bahwa dalam menurunkan harga untuk menaikkan barang atau sebaliknya akan bernilai negative dalam perhitungannya. Tetapi hal tersebut biasanya diabaikan tanda negative tersebut.

Beberapa jenis yang mungkin sebagian kamu sudah ketahui. Bahwa elastisitas permintaan ini mempunyai tiga bentuk yang berbeda dasarnya. Ketiga bentuk tersebut adalah :

  • Permintaan Elastis yang mempunyai Ed > 1
  • Permintaan Inelastis yang mempunyai Ed < 1
  • Permintaan elastis uniter yang mempunyai koefesien Ed=1

Itulah beberapa formula dari contoh elastisitas permintaan.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ELASTISITAS PENAWARAN

faktor mempengaruhi elastisitas penawaran

Seperti yang telah kita ketahui bahwa elastisitas penawaran adalah perubahan yang terjadi pada kuantitas barang yang ditawarkan dengan harga.

Lambang koefesien dari elastisitas penwaran adalah Es. Beberapa jenis elastisitas ini mempunyai lima bentuk. Antara lain :

  • Elastis
  • Elastis sempurna
  • Elastis uniter
  • Inelastis
  • Inelastis sempurna

Tentunya pada elastisitas ini mempunyai beberapa penyebab. Faktor yang mempengaruhinya adalah :

  1. Kemampuan perusahaan dalam memproduksi. Perusahaan akan dikatakan mempunyai peran elastis ketika produksinya belum mencapai batas. Kondisi barang yang beredar masih bisa ditambah lagi walaupun kenaikan harga terjadi.
  2. Penimbunan barang. Perusahaan akan melakukan penimbunan barang ketika kondisi harga barang naik dan permintaan pada produk tersebut meningkat. Dengan begitu maka ini termasuk kedalam faktor elastisitas penawaran terjadi.
  3. Produsen bertambah banyak. Barang yang beredar akan bertambah banyak seiring datangnya perusahaan-perusahaan baru. Barang yang ditawarkan akan mengalami peningkatan dan kondisi tersebut akan berdampak elastis.
  4. Sumberdaya Produksi. Semakin canggihnya teknologi yang dipasang di beberapa produsen. Maka tingkat produktivitas akan meningkat. Sehingga mengakibatkan jumlah barang yang beredar akan banyak dan terjadi elastis.

CONTOH ELASTISITAS PENAWARAN

contoh elastisitas permintaan

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita melihat aktifitas elastisitas penawaran. Apalagi, jika lingkungan disekitar kita banyak aktifitas ekonomi seperti pasar, toko dan lain-lain.

Elastisitas penawaran akan terjadi sama halnya dengan elastisitas permintaan. Kondisi tersebut terbagi kedalam beberapa bentuk. Berikut ini bentuk dan contohnya.

Elastisitas sempurna

Seperti yang kita ketahui bahwa elastisitas ini terjadi ketika perubahan penawaran dan harga bernilai tetap. Contohnya yaitu barang yang tersu bertambah karena mesin dalam perusahaan semakin maju. Dalam hal ini bisa dicontohkan buku gambar, VCD dan lain-lain.

Inelastis sempurna

Perubahan pada harga tidak mempengaruhi perubahan pada penawaran. Itulah bentuk dari inelastis sempurna. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah bensin, tanah dan barang lainnya. Dengan catatan kapasitas dari barang tersebut sudah optimum walaupun terjadi kenaikan harga pada barang tersebut.

Penawaran Inutary

Perubahan yang terjadi pada harga dan barang berlaku sama. Contohnya adalah barang pertanian seperti jagung yang akan mengalami peningkatan produk dan harga pada waktu tertentu.

Penawaran Inelastis

Perubahan yang terjadi pada harga yang kecil dibandingkan dengan perubahan penawaran. Contohnya adalah barang-barang yang dikeluarkan oleh pertanian. Barang tersebut akan bergantung karena musim.

Penawaran Elastis

Perubahan pada harga lebih kecil dibandingkan dengan perubahan pada penawarannya. Contohnya adalah barang yang dikeluarkan oleh pabrik.

KURVA ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

kurva elastisitas permintaan dan penawaran

Pada bagian ini akan dibahas mengenai kurva elastisitas permintaan dan penawaran. Kurva elastisitas berfungsi sebagai acuan yang bisa dipakai dalam menghitung nilai koefesien.

Sudah kita ketahui beberapa lambang dari jenis elastisitas penawaran dan permintaan. Untuk memperjelas pada bagian formulanya sebagai berikut.

Kurva penawaran inelastis

Penawaran inelastic biasanya terjadi pada barang-barang pertanian. Hal tersebut dikarenakan sulitnya suatu produsen dalam menambah barang karena waktu yang pendek. Koefesian ini di lambangkan dengan Es < 1.

Kurva penawaran unitary

Jenis dari penawaran ini sulit unuk ditemukan sehari-hari. Karena sifatnya yang terjadi secara kebetulan.  Koefesien dari penawaran ini adalah Es = 1.

Kurva Penawaran elastis

Biasanya jenis penawaran ini terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu barang yang dihasilkan oleh pabrik yang mudah untuk ditambah dan dikurangi kuantitasnya. Koefesiennya adalah Es > 1.

Kurva penawaran inelastis sempurna

Sifat dari penawaran ini adalah barang yang kuantitasnya sudah tidak bisa ditambah, meskipun ada kenaikan harga. Koefesien dari kurva ini adalah Es=0

CONTOH SOAL ELASTISITAS PERMINTAAN DAN PENAWARAN

contoh soal elastisitas

Pada bagian ini akan disajikan beberapa contoh dari elastisitas permintaan dan penawaran.

Contoh elastisitas permintaan

“Diketahui sebuah toko sepatu melakuan cuci gudang. Harga awal dari sepatu tersebut adalah 20 ribu. Kemuian turun menjadi 15 ribu. Karena harga yang ditturunkan tersebut, maka jumlah permintaan meningkat dari 1000 menjadi 4000. Berapakah koefesien elastisitasnya ?”

contoh elastisitas permintaan

Contoh elastisitas penawaran

“Diketahui harga rambutan 2000/kg, dengan penawaran 50 kwintal. Kemudian harga menjadi naik 4000/kg dan jumlah yang ditawarkan menjadi 60 kwintal. Berapa koefesiennya?”

contoh elastisitas penawaran

Demikianlah artikel mengenai elastisitas permintaan dan penawaran, semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih. Salam PINTER.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: