2462

Manfaat Essen Katilayu Yang Diambil Dari Bagian Pohonnya

Katilayu merupakan tanaman yang mempunyai beberapa manfaat yang unilk. Salah satunya sering dijadikan essen katilayu untuk umpan ikan. Sehingga banyak sekali orang yang menjual dan harganya yang lumayan. Karena terbukti dalam dunia pemancingan baik untuk ikan mas, nila, lele dan lain-lain.

Nah maka dari itu saya penasaran untuk menulis seputar pohon yang satu ini. Berikut akan saya bahas dari mulai struktur pohon hingga manfaat dan pengolahannya.

Pohon Katilayu

Sebuah tanaman yang pastinya terdapat manfaatnya dan diburu oleh beberapa orang. Tidak lain tidak bukan, pohon katilayu ini mempunyai kegunaan didalam dunia pemancingan.

Manfaat yang diambil dari getah katilayu ini bisa diibuat untuk campuran aroma dalam umpan ikan. Yap, dibuat essen katilayu mungkin itulah sebutannya. Sampai saat ini banyak orang yang menjual di beberapa web atau market place.

Kembali lagi pada penjelasan pohon katilayu ini. Oiya, tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Cirebon Jawa Barat. Untuk menegetahui gimana sih bentuk dan rupanya dari katilayu ini berikut penjabarannya.

Ciri Pohon Katilayu

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa bagian ciri dari pohon katilayu. Mulai dari daun, bunga dan lainnya.a.

Daun

Seperti tumbuhan pada umumnya, daun pada katilayu juga sama yaitu sebagai tempat fotosintesis. Yaitu alat untuk pernafasan atau sering disebut dengan stomata.

Daun katilayu berwarna hijau karena mengandung banyak klorofil. Tepatnya adalah warna hijau muda. Secara spesifiknya susunan menyirip pada ujung daun yang lancip. Lonjong dan memanjang pada bentuk daunnya.

Pada bagian tangkai, katilayu memiliki lebih dari satu helai daun. Umumnya daun jenis majemuklah yang dimiliki pohon ini. Itulah ciri dari adun katilayu.

Batang

Berikut ini merupakan ciri dari batang pohon katilayu:
Umumnyta sebagai penopang tanaman karena memiliki serat yang sangat tinggi
Mengandung serat yang sangat tinggi.

  • Kokoh
  • Tekstur yang kasasr
  • Warna coklat kehitaman
  • Sebagi tempat dalam pertumbuhan daun
  • Tegak lurus (Umumnya)
  • Ditumbuhi cabang-cabang

Akar

Berikut ini merupakan ciri sekaligus manfaat dari akar katilayu:

  • Sebagai penopang pohon
  • Memiliki peran dalam fotosintesis
  • Akar tunggang
  • Warna kulit berwarna coklat pada bagian luar
  • Tanaman dikotil

Getah Katiyau

Pada bagian ini saya bahas seputar bagian pada getahnya. Untuk bagian getah katilayu biasanya sangat sulit didapatkan. Maksudnya mencari getah yang benar-benar sudah jadi.

Pada beberapa sumber, getah katilayu yang bagus adalah yang sudah mengering. Banyak yang menjual getah yang mengering ini. Untuk mendapatkan jenis getah kering dari katilayu ini adalah mencari pohon yang sudah berusia tua. Serta sudah ada keluar getahnya.

Tekstur getah katilayu hampir menyerupai kuilit pohonnya. Sehingga semakin lama pohon usianya, maka getah yang mengeringnya sangat menyerupai kulitnya. Biasanya getah katilayu ini banyak dibuat kerajinan dan aksesoris. Yang paling banyak adalah sering dijadikan essen katilayu didalam dunia pemancingan.

 

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply