Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia – Air merupakan elemen penting dalam kehidupan manusia dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Indonesia merupakan salah satu negara dengan banyak sumber air bersih , dan saat ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun produk air mineral.

Mata air bersih memegang peranan penting bagi manusia, karena mengandalkan air sungai tidak baik untuk kesehatan, dan kebanyakan air sungai dibersihkan menggunakan klorin atau penjernih air.

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia

Fungsi Air bagi Tubuh Manusia
Sumber : Pexels

Air sangat besar dan air harus digunakan dengan cara yang benar. Berikut beberapa fungsi air bagi tubuh manusia:

1. Memperlancar Pencernaan

Saat melakukan aktivitas sehari-hari tentunya membutuhkan energi yang sangat besar dan sering mengalami kasus kelelahan yang berlebihan. Hal ini biasanya diatasi dengan minum air putih dan air juga dapat memperlancar pencernaan makanan pada manusia, karena dengan bantuan air, makanan akan mudah masuk ke dalam tubuh. Dengan meminum air putih secara rutin Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti sariawan, gusi berdarah dan sakit gigi. Minumlah air putih secara rutin setiap hari untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari segala penyakit yang akan menyerang Anda.

2. Menjaga Stabilitas suhu tubuh

Minum air putih sangatlah mudah, karena air banyak tersedia dimana-mana dan sistem organ tubuh manusia akan bekerja dengan lancar dengan bantuan air yang masuk ke dalam tubuh. Akan sulit untuk melakukan aktivitas dengan baik pada suhu tubuh yang kekurangan cairan, dan kantuk adalah salah satu hal yang sering dirasakan kurang minum . Minum cukup air karena terlalu banyak menyebabkan kembung dan sakit perut.

3. Metabolisme tubuh

Minum air putih dapat membuat semua jaringan yang menyusun tubuh manusia berfungsi dengan baik, karena metabolisme terjadi secara alami dan sering diremehkan oleh sebagian orang, padahal metabolisme tubuh memiliki peran yang sangat penting. Sistem kekebalan tubuh juga akan sangat gelisah jika metabolisme tidak dilakukan dengan baik dan air juga dapat membuat energi manusia menjadi kuat. Sebaiknya minum air putih yang sudah diolah secara rutin agar lebih sehat dan bebas bakteri.

4. Membersihkan tubuh

Dengan menggunakan air, manusia dapat membersihkan tubuh dari berbagai bakteri dan dapat menghilangkan berbagai kuman yang menempel di tubuh setelah seharian beraktivitas. Air terbaik untuk mandi adalah air yang berasal langsung dari pegunungan dan air yang berasal dari sumur. Saat ini banyak air yang telah mengalami proses pemurnian air secara kimia dan hal ini harus dihindari, karena proses pemurnian dapat menimbulkan efek samping. Dengan air, manusia bisa menjaga diri dan tidak malu bergaul dengan orang lain.

5. Mencegah dari bau mulut

Bau mulut merupakan salah satu hal yang dibenci banyak orang, karena dengan hal ini seseorang sering kehilangan kepercayaan diri dan menjauhi teman-temannya. Bau mulut dapat dicegah dengan konsumsi air putih secara teratur dan tidak banyak minum minuman hambar, karena berbahaya bagi kesehatan. Air juga dapat menangkal segala gangguan pernapasan dan bau mulut yang dihilangkan dengan banyak minum air putih. Air juga dapat mencegah berbagai penyakit yang sering menyerang sistem pernapasan.

6. Menambah Nafsu Makan

Manusia sering menghadapi kondisi makan yang sulit, dan kurangnya nafsu makan akan berdampak signifikan pada penurunan berat badan. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan salah satu langkah pencegahannya adalah dengan banyak minum air putih, karena dengan air biasa semua organ sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. Nafsu makan akan terstimulasi dengan baik, karena semua bakteri dan kuman bisa hilang bersama air. Tak hanya itu, air putih juga dapat mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.

7. Mencegah sakit kepala

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dan banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala seperti berpikir serius. Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh organ pernapasan yang tidak berfungsi dengan baik dan minum air putih dapat mencegah sakit kepala. Air putih merupakan salah satu minuman yang mudah didapatkan dan air yang lebih sehat banyak ditemukan, anda juga bisa mendapatkannya dari supermarket dan mini market terdekat, tersedia banyak merk air putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *