1
26

Inilah Daftar Harga Ikan Kerapu Di Tahun 2019

Harga Ikan Kerapu – Assalamualaikum sahabat pinter, semoga kalian dalam keadaan sehat wal afiat amiin. Pada konten kali ini, admin bakalan membahas mengenai seluk beluk ikan kerapu, khususnya dari harganya.

Sudah ada yang tahu ikan kerapu? Hewan yang termasuk kedalam komoditas ekonomis dari ikan karang adalah kerapu. Hampir disetiap restoran, menu ikan ini sangat disoroti karena dari harganya yang mahal. Pastinya sangat sebanding sekali dengan rasa yang dimiliki ikan kerapu ini.

Harga ikan kerapu termasuk kedalam kategori kelas VIP. Artinya kalian harus mengeluarkan bazet yang lumayan besar kalau mau mencoba olahan ikan ini di restoran. hihi.

Seputar Ikan kerapu

harga ikan kerapu

Sebelum membahas mengenai harga dari ikan kerapu ini, ada baiknya kalian mengetahui sedikit tentang ikan karang ini. Kerapu biasanya hidup dan berhabitat di karang – karang. Terdapat sekitar 46 jenis ikan kerapu yang ada didunia, salah satunya adalah jenis kerapu kertang, macan, totol, karang, kerapu pasir dan sunu.

Mengetahui ciri dari ikan kerapu adalah :

  1. Mempunyai badan yang bersisik stenoid dan ditutupi sirip kecil.
  2. Dibawah sirip dada terdapat sirip perut.
  3. Memiliki sirip ekor yang berbentuk bundar serta sirip panggul tunggal.
  4. Memiliki bagian yang memanjang dan berjari jari keras yang sama dengan jari jari lunak.
  5. Mempunyai mulut yang lebar dan bagian bibir bawah lebih menonjol dibandingkan dengan bagian atas.
  6. Gigi yang lancip dan kuat pada bagian rahang bawah dan atas.
  7. Mempunyai bentuk tubuh yang pipih.

Harga Ikan Kerapu Macan

Jenis kerapu yang satu ini biasanya terdapat di perairan Indo – Pasifik. Salah satu yang menjadi ikan terpopuler di masyarakat Indonesia. Oiya perlu kalian tahu, bahwasannya kerapu macan ini menjadi salah satu ikan yang terancam punah. Sehingga status ikan ini dilindungi pemerintah.

Habitat untuk ikan kerapu macan berada di perairan laut yang dangkal, laguna pantai, terumbu karang, kawasan pasang – surut dan laut terbuka. Ikan endemik ini masuk kedalam genus Epinephelus.

Jika dilihat dari spesifiknya, ikan kerapu macan sangat mahal sekali harganya. Di Indonesia, rata – rata ikan ini memiliki kisaran harga Rp. 108.000. Hal ini berbeda sangat jauh dengan harga ikan kembung yang telah dibahas sebelumnya.
Cukup mengejutkan bukan? Tentu saja, harga itu sebanding dengan rasa yang dimiliki oleh jenis ikan kerapu ini.

Habitat Ikan Kerapu

harga ikan kerapu

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwasannya ikan kerapu mempunyai habitat di perairan yang dangkal dan terumbu karang. Tapi ada juga lho beberapa ikan kerapu yang habiatnya atau bisa hidup di muara sungai dan kisaran pantai.

Pada kedalaman 0,5 sampai dengan 3 meter pada perairan berkarang adalah siklus untuk ikan kerapu. Namun jika kerapu tersebut sudah beranjak dewasa, ikan ini mampu berenang sampai perairan yang dalam. Proses migrasi ini terjadi pada waktu siang dan sore hari. Hal itu dilakukan oleh ikan kerapu.

Beberapa sumber telah menyebutkan bahwa ikan kerapu masuk kedalam jenis ikan demersal, dan menyukai perairan berkarang. Berada di celah dan goa goa yang sering terdapat pada terumbu karang.

Harga Ikan Kerapu Air Tawar

Salah satu pembahasan yang unik dari artikel ini adalah bagian ini. Pasti kalian sebagian besar tidak mengetahui bahwasanya ikan kerapu dapat hidup di air tawar?

Sudah banyak sekali para seller ikan kerapu, khususnya jenis tawar yang menjual di beberapa toko online ataupun offline. Biasanya mereka yang membeli ikan kerapu tawar tidak untuk dikonsumsi. Akan tetapi mereka menggunakannya untuk hiasan di aquarium. Untuk harga ikan kerapu air tawar khusus buat hias dipasaran bisa mencapai Rp 500.000.

Manfaat Konsumsi Ikan Kerapu

Oiya pada bagian ini perlu banget nih kalian tahu, bahwa ikan kerapu ini memiliki nilai gizi dan kegunaan yang sangat bagus. Apa aja sih kandungannya beserta manfaatnya? Berikut penjelasannya.

  • Mencegah terjadinya penyakit jantung
  • Sebagai tambahan untuk lauk yang sangat sempurna bagi tubh
  • Bisa menyehatkan sistem kardiovaskuler
  • Sebagai program diet bagi yang sendang melakukan programnya

Itulah beberapa maanfaat dari kandungan ikan kerapu bagi kesehatan tubuh kita.

Harga Ikan Kerapu Per Kg

Jika saya kelompokan kedalam tabel dari beberapa jenis dari ikan kerapu berikut ini adalah harga ikan kerapu per kilonya.

Jenis Ikan KerapuHarga/Kg
Harga Ikan Kerapu TikusRp420.000
Harga Ikan Ikan Kerapu SunuRp375.000
Harga Ikan Ikan Kerapu BatuRp230.000
Harga Ikan Ikan Kerapu MacanRp120.000
Harga Ikan Ikan Kerapu KertangRp175.000
Harga Ikan Ikan Kerapu LumpurRp150.000
Harga Ikan Ikan Kerapu KustangRp405.000
Harga Ikan Ikan Kerapu CantangRp310.000

Pada daftar tabel diatas, pemegang rekor harga tertinggi diduduki oleh jenis ikan kerapu tikus. Jenis kerapu ini memiliki nilai harga Rp 420.000 per kilonya. Sedangkan untuk ikan kerapu yang mempunyai harga rendah dipegang oleh jenis Cantang dengan nilai Rp 310.000.

harga ikan kerapu per kg

Jika saya kelompokan kedalam tabel dari beberapa jenis dari ikan kerapu berikut ini adalah harga ikan kerapu per kilonya.

Pada daftar tabel diatas, pemegang rekor harga tertinggi diduduki oleh jenis ikan kerapu tikus. Jenis kerapu ini memiliki nilai harga Rp 420.000 per kilonya. Sedangkan untuk ikan kerapu yang mempunyai harga rendah dipegang oleh jenis Cantang dengan nilai Rp 310.000.

Harga Ikan Kerapu Bakar

Saya anggap bonus aja deh buat sub judul yang satu ini. Yaps ikan kerapu bakar. Siapa yang tak mau mencoba menu olahan ikan bakar yang satu ini.

Kerapu bakar sangat banyak sekali diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, ikan ini memiliki kandungan yang sangat bagus bagi tubuh seperti yang telah dijelaskan diawal. Untuk harga ikan kerapu bakar adalah Rp 95.000. Gimana? tertarik untuk membuka usaha restoran ikan kerapu bakar, bisa menjadi rekomendasi harga. hehe.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan. Semoga tulisan mengenai harga ikan kerapu ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih. Wassalamualaikumwarrohmatullohiwabarokaatuh.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply