Loading...
168

Harga Ikan Neon Terbaru dan Terupdate

Harga Ikan Neon – Assalamualaikum sahabat pinter. Gimana kabarnya ? Semoga tetep sehat dan semangat selalu ya. Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai ikan. Salah satunya saya tertarik membahas ikan neon.

Ada yang tahu sebelumnya ikan neon ini ? Pasti yang kalian gemar sekali koleksi ikan hias tahu tentang ikan neon. Yaps, ikan ini termasuk kedalam ikan hias kecil. Berbeda dengan bahasan sebelumnya tentang harga ikan koi. Namun dari segi ukuran ikan ini mempunyai tubuh unik. Apa saja itu ? Yuk kita bahas bersama.

Sekilas Tentang Ikan Neon

Image result for ikan neon youtube"
Source : Youtube

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya bahwa ikan neon merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari kalangan masyarakat. Di Indonesia sendiri, ikan ini sangat banyak ditemukan di beberapa toko ikan hias atau aquascape.

Oiya perlu kalian ketahui bahwa, jenis dari ikan neon tetra salah satunya yang banyak diburu. Jenis ikan ini nanti akan dibahas pada sub judul berikutnya.

Asal utama dari ikan neon ini adalah dari Sungai Amazon di Amerika. Ciri mencolok dari ikan neon adalah memiliki garis berwarna biru (neon) pada tuubuhnya. Untuk ukuran panjangnya, ikan neon dapat berukuran hanya 4 cm saja.

Perbedaan dari jenis jantan dan betina terletak pada panjang dan ramping tubuhnya. Untuk neon jantan mempunyai ukuran lebih panjang dan ramping daripada betina.

Saat ini ikan neon banyak dibudidayakan oleh beberapa orang. Karena dari breedingnya yang termasuk mudah. Adapun untuk makanan ikan neon sendiri yaitu cacing darah, cacaing sutra, artemia dan kutu air. Karena ukurannya yang kecil maka makanannya pun disesuaikan dengan bukaan mulutnya. Untuk harga, tenang ikan ini tidak mempunyai harga yang melegit seprti koi atau arwana. Harga ikan neon bisa kalian jangkau. Nanti saya tampilkan dalam sub judul dibawah.

Jenis Ikan Neon

Ada banyak sekali jenis atau varian dari ikan neon. Oiya perlu kalian ketahui bahwa ikan ini biasa disebut juga ikan tetra. Apa saja jenis – jenisnya ? Berikut daftar jenis ikan neon atau tera :

Diamond Tetra

harga ikan neon diamond
Source ; Wikipedia

Nama ilmiahnya adalah Moenkhausia pittieri untuk sebutan ikan neon diamong tetra. Ditemukan pertama kali oleh Eigenmann pada tahun 1920. Habitatnya sama yaitu di daerah Amerika untuk pertama kalinya.

Ikan jenis ini berbeda dengan yang lainnya yaitu tidak mempunyai banyak variasi warna pada tubuhnya. Telihat polos dan tidak mencolok dibanding jenis lainnya.

Black Tetra

harga ikan black tetra
Source : Wikipedia

Ikan neon jenis ini memiliki corak berwarna hitam pada bagian tubuhnya yang mengarah vertikal. Habitat asli ikan ini berada di sungai Rionegro.

Serpae Tetra

harga ikan serpae tetra
Source : ikanhias-id.blogspot.com

Daerah asli untuk ikan jenis yang satu ini yaitu di Paraguay, Brazil dan Bolvia. Nama Serpa sendiri diambil dari nama daerah di sungai Amazon yaitu Desa Serpa. Untuk ukuran tubuhnya, ikan neon jenis Serpae dapat mencapai 3-4 cm.

Tetra Glow Light

harga ikan tetra glow
Source : thesprucepets.com

Jenis yang satu ini memiliki nama latin Hemigrammus erythrozonus. Salah satu jenis ikan yang cocok dan rekomended untuk kalian koleksi. Banyak sekali para penggemar ikan hias yang memelihara jenis ikan ini.

Ikan yang satu ini memiliki dasar tubuh yang alami dan terdapat pola garis berwarna orange di tengah tubuhnya.Sama seperti yang lainnya, ikan tetra glow ini dapat memiliki tubuh antara 3-4 cm.

Neon Tetra

harga ikan neon tetra
Source: Wikipedia

Sengaja saya tidak cantumkan semua jenisnya, yang terakhir adalah jenis neon tetra. Nama ilmiahnya adalah Paracheirodon innesi. Salah satu ikan neon yang banyak digemari di negara Indonesia. Harga untuk ikan neon ini dapat kamu jangkau dan tidak terlalu mahal. Sudah banyak juga orang orang yang membudidayakannya.

Harga Ikan Neon

Akhirnya kita sampai pada bagian daftar harga ikan neon. Berikut ini saya sajikan referensi harag untuk ikan neon lengkap.

JenisHarga
Harga Ikan Neon TetraRp3.500
Harga Ikan Cardinal Neon TetraRp4.000
Harga Ikan Sarpae TetraRp6.000
Harga Ikan Diamond TetraRp8.000
Harga Ikan Glowlight TetraRp10.000
Neon TetraRp3.000
Cardinal Neon TetraRp3.500
Black Neon TetraRp4.000
Penguin TetraRp5.000
Serpae TetraRp5.000
Diamond TetraRp6.000
Glowlight Tetra (Neon Api)Rp8.000

Perawatan Ikan Neon

Image result for ikan neon"
Source : Youtube

Dalam merawat ikan neon tidaklah sulit, berikut adalah beberapa tahapan dalam merawat ikan neon :

  1. Mempersiapkan Akuarium
  2. Membuat tempat untuk sembunyai ikan
  3. Memberikan filter di akuarium
  4. Memasukan beberapa ikan neon yang akan dipelihara
  5. Pencahayaan yang tidak terlalu terang pada akuarium
  6. Memberikan pakan 2x sehari
  7. Bersihkan akuarium secara teratur

Itulah beberapa tahapan dalam perawatannya. Hal yang banyak ditemui adalah ikan neon gampang mati dikarenakan kondisi air pada akuarium kurang diperhatikan. Sehingga mengakibatkan ikan neon banyak yang mati.

Sekian artikel mengenai harga ikan neon yang dapat saya berikan. Semoga dapat membantu kalian dan menambah wawasan mengenai ikan mungil ini. Terimakasih, Wassalamualaikum Wr Wb.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply