2
155

Inilah Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Ada Sampai Sekarang Dan Yang Sudah Punah

HEWAN TERBESAR DI DUNIA – Pada umumnya hewan yang dikategorikan memiliki ukuran besar pasti mengira gajah. Hal ini mungkin tidak akan diketahui banyak orang, ternyata ada hewan yang lebih besar dari gajah. Artikel ini akan memberikan beberpa informasi yang beraitan dengan hewan terbesar di dunia.

Tidak tanggung-tanggung isi tulisan ini dibuat berdasarkan kategori dari beberapa aspek waktu, tempat dan lain-lain. Contohnya seperti penyajian nanti yaitu hewan terbesar di dunia di zaman purba sampai saat ini. Selamat menyimaknya.

Hewan Laut Terbesar Yang Pernah Ditemukan

hewan terbesar adalah buaya

Banyak ditemukan hewan yang memiliki ukuran tubuh besar  di dunia ini. Secara umum, kamu berfikir itu adalah gejah, jerapah,komodo dan lain-lain.

Namun dalam bahasan ini, hewan besar tersebut datang dari sebagian spesies yang justru memiliki tubuh yang normal biasanya. Akan tetapi hewan ini mempunyai kelainan sehingga menjadi besar.

Anjing Neapolitan Mastiff

Hewan yang dipercaya dulunya sebagai pengawal gerbang di Kekaisaran Romawi. Anjing yang berasal dari Italia ini termasuk dalam hewan yang kuno. Ukuran tubuh yang dimilikinya seara umu lebih besar dari anjing lainnya.

Kodok Cuuru

Kodok ini ditemukan pada tahun 2014. Ukuran yang besar dibandingkan dengan kodok jenis lainnya.  Hewan ini ditemuakan di wilayah brazil.

Labi-Labi

Hewan yang memiliki ukuran besar ini datang dari kelompok kura-kura. Spesies yang mempunyai warna yang kecoklatan. Sebagian orang mengenalnya dengan bulus. Labi-labi termasuk kedalam suku Trionychidae.

Tasmania King Crab

Jenis kepiting yang mempunyai ukuran berat sekitar 6,8 kg dan lebar 38 cm. Hewan ini ditemukan di wilayah Australia. Orang yang menemukannya adalah seseorang yang bekerja dalam mengurus akuarium. Dari sanalah kpeiting besar ini ditemukan dan disebut dengan Tasmania King Crab.

Buaya Air Asin

Hewan predator ini masuk kedalam Guinnes Word Records pada tahun 2011. Buaya ini dikategorikan buaya terbesar. Kabar buruknya hewan ini sudah mati karena sakit yang menimpanya.

Buaya ini memiliki berat 1000 kg dan panjang 6 meter. Ditemukan pertama kali di Fillipina.

Hewan Terbesar Di Dunia Pada Zaman Purba

hewan purba terbesar

Biasanya hewan purba memiliki ukuran badan yang besar. Itu yang sudah tergambar dalam fikiran disebagian besar orang-orang. Pasti kamu juga akan menyebutnya demikian.

Banyak sekali spesies yang sudah punah dari kelompok predator atau hewan besar lainnya yang menakutkan. Penelitian menyebutkan bahwa 99% dari 5 milliar jenis spesies hewan besar yang ada dibumi punah.

Banyak sekali hewan besar yang sudah punah sebelum peradabaan manusia datang. Karena perlu kamu ketahui, spesies hewan besar ini menguasai bumi sebelum manusia.

Berikut inilah beberapa hewan terbesar di dunia yang berada diperode purba.

Gigantophis

Selain Titanoboa Cerrejonensis, ternyata masih ada sejenis ular purba yang mematikan Gigantophis. Ular jenis ini ditemukan oleh peneliti yang sedang melakukan risetnya kepada ular spesies lain yaitu Titanoboa Cerrejonensis.

Titanoboa Cerrejonensis

Ular purba jenis ini sangat viral dan ternak dibicarakan sebagai yang terbesar. Spesies ini dikatakan ular terbesar hingga tahun 2009. Ular yang memiliki panjang tubuh 13 meter. Sebenarnya ukuran tersebut masih menjadi perdebatan diatara para peneliti.

Dari segi waktunya, ular purba ini telah hidup pada periode waktu 60 sampai 58 miliar tahun yang lalu.

Arctodus Simus

Jenis beruang simus ini telah punah pada waktu 10.900 SM. Beruang ini memiliki muka pendek. Hewan ini masuk kedalam ketegori mamalia terbesar.

Pada zaman pleistosen di Amerika Utara, beruang ini hidup.

Pliosaurus Fukei

Hewan yang memiliki ukuran 10 sampai 12 meter. Lautan adalah tempat  yang menjadi habitatnya. Perlu sekitar 8 tahun peneliti menemukan fosil spesies  ini.

Hingga akhirnya fosiilnya dapat ditemukan di Negara Norwegia selatan. Dan selanjutnya dimuseumkan di Universitas Oslo Natural Hystory Museum.

Spinosaurus

Pendapat yang menyatakan bahwa spesies ini serupa dengan buaya dan kadal. Hewan yang mempunyai ukuran 12 hingga 18 meter.

Spesies yang ditemukan sekitar 97 sampai 112 milliar tahun di daerah Afrika Utara. Perlu anda ketahui bahwa spinosaurus termasuk dalam genus Theropoda dinosaurus.

Maganeura

Spesies ini adalah serangga purba yang masuk kedalam kategori hewan berukuran besar. Pada tahun 1880 , fosil hewan ini ditemukan di The French Stephanian Coal Measures Of Commentry. Serangga ini sudah punah sekitar 300 juta tahun silam.

Hewan Terbesar Di Dunia Saat Ini

paus biru hewan terbesar di dunia

Jika kamu ingin mengetahuinya, bagian ini adalah hewan yang paling besar ukurannya sampai saat ini. Beberapa jenis diantranya yang umum kita dengar bahkan yang pernah tayang di televise. Berikut ulasannya.

Paus Biru

Hewan yang satu ini masih menduduki peringkat pertama dari beberapa hewan terbesar di dunia. Ikan yang sering memakan udang-udangan ini atau disebut krill hamper disetiap hari.

Perlu diketahui paus biru dapat memakan krill hingga 7,900 pon atau 3,6 metrik di musim panas.

Dilikhat dari ukuran berat organ lainnya seperti jantung, bisa sampai 600 kilogram serta lidahnya mencapai 2,7 ton atau setara dengan berat gajah di Asia.

Ikan mamalia ini dapat mencapai ukuran panjang 30 meter dan berat 180 ton. Pantas saja hewan ini menduduki puncak dari beberapa hewan terbesar lainnya pada saat ini.

Gajah Afrika

hewan terbesar gajah afrika

Hewan ini tidak memiliki predator saat dewasa. Halini dikarenakan ukurannya yang sangat besar, tidak memungkinkan sang pemangsa bisa menaklukanya.

Berat gajah afrika betina dapat mencapai 3 ton dan tinggi 2,7 meter. Sedangkan untuk sang jantan bisa mencapai berat 6 ton dengan tinggi 3,3 meter.

Jerapah

Hewan yang datang dari afrika ini mempunyai berat badan jantan 1600 kg dan betina 830 kg. Tinggi yang dapat dicapai jerapah adalah 6 meter. Sehingga binatang ini dijuluki dengan binatang tertinggi juga didunia.

Hewan Terbesar Di Dunia Sepanjang Sejarah

Berikut ini hewan-hewan terbesar di dunia speanjang sejarah. Sedikit orang yang mengetahuinya terkait hewan berukuran besar ini. Maka dari itu dalam bagian ini akan diberikan informasi terkait hewan terbesar tadi.

Amphicoelia

Hewan yang memiliki tinggi mencapai 2,5 meter. Amphicoelia termasuk kedalam hewan vertebrata yang memiliki panjang sekitar 58 meter.

Argentavis

Spesies ini termasuk kedalam burung terbesar yang pernah ada. Ukuran sayapnya mencapai 7 meter.

Hewan ini hidup sekitar 5 sampai 8 juta tahun lalu.

Rusa raksasa

hewan terbesar rusa

Hewan  ini memiliki tanduk sekitar 5 meter serta terdapat banyak cabang sehingga sangat kesulitan untuk bergerak. Tentunya perbedaan yang tidak normal jika dibandingkan dengan rusa pada umumnya. Spesies jenis ini termasuk kedalam hewan berukuran besar.

Merostomes

Jenis antropoda ini hidup dalam kurun waktu 248 sampai 510 juta tahun silam. Pada pertumbuhannya, hewan ini dapat mencapai ukuran 2,5 meter. Maka dari itu Merostomes termasuk kedalam anthropoda terbesar.

Arctodus Raksasa

Beruang yang sudah mati sekitar 14 ribu tahun yang lalu inni adalah mamalia karnivora terbesar yang pernah hidup di zaman es. Tinggi beruang ini dapat mencapai 4,5 meter.

Gigantopithecus

Hewan yang sebagian orang mengatakan dia memakan bambu. Penelitian mengatakan Gigantopithecus memiliki ukuran berat 550 kg dan tinggi sampai 4 meter.

Spesies ini hidup sekitar 1 juta tahun yang lalu. Dhewan ini masuk kedalam jenis kera terbesar yang pernah ada.

Paus biru

Hewan ini termasuk kedalam kategori endemik. Yaitu hewan yang langka. Bahkan saat ini tidak lebih 10 ribu yang tersisa. Paus biru hanya tersisa 5 ribu pada tahun 1960. Hal ini disebabkan karena tewas.

Perlu diketahui, hewan ini memiliki panjang mencapai 33 meter dan berat badan hingga 150 ton.

Hewan Terbesar Di Dunia Yang Masih Hidup

paus biru hewan terbesar

Spesies yang masih bertahan dalam rekor hewan terbesar di dunia masih diduduki oleh paus biru.

Siapa yang tidak terkejut, hewan ini mempunyai ukuran  bobot tertinggi hingga mencapai 181 ton. Sudah tidak diragukan lagi, paus biru menjadi hewan terbesar di dunia yang masih hidup di lautan.

Mamalia ini mempunyai nama ilmiah Balaenoptera muscullus.  Kabar yang menyedihkan, paus biru sangat jarang dijumpai sekarang.

Karena keadaanya tergolong hewan yang endemik. Keadaan ini diduga karena adanya beberapa pembantaian yang seharusnya tidak dilakukan pada tahun 1931. Sekitar 29.000 ekor paus biru dibantai habis-habisan.

Ada hal lain yang paling unik dari mamalia ini. Hewan ini mengeluarkan suara-suara satu sama lain. Penelitian menyebutkan paus biru mengeluarkan frekuesi suara yang rendah untuk berkomunikasi.

Bahkan kesimpulan dari penelitan tersebut, bahwa paus biru adalah mahkluk hidup yang memiliki suara terkeras.

Pendapat lainnya mengenai perdebatan dari paus biru adalah ukuran badannya yang dinosaurus saja tidak bisa mengalahkannya.

Sedikit yang berpendapat bahwa ukuran besar pada paus biru diakibatkan dari ruang hidupnya yang luas yaitu di lautan. Gerakan yang bebas mengakibatkan metabolisme pada tubuhnya semakin cepat.

Hewan Terbesar Di Dunia Yang Sudah Punah

hewan terbear yang belum punah

Dalam bagian artikel ini akan diberikan sajian informasi mengenai hewan terbesar di dunia yang sudah punah atau mendekati kepunahan.

Armadillo raksasa

Hewan ini yang memiliki ciri cakar sepanjang 20 cm, tubuh di penuhi dengan sisik dan menyerupai babi yang berukuran besar.

Sifat unik dari spesies ini adalah sangat pintar dalam bersembunyi. Sehingga setiap kali seorang ingin meneliti hewan ini, maka harus menggunakan kamera pengintai.

Armadillo raksasa mempunyai berat skeitar 50 kilogram dengan panjang tubuh 1,5 meter. Hal ini termasuk hewan yang besar jika dilihat dari sebagian besar armadillo berukururan normal.

Hewan ini termasuk kedalam kategori yang akan punah. Ini dikarenakan banyaknya perburuan yang dilakukan.

Cumi-cumi raksasa

Hewan laut ini memiliki panjang 13 meter dari total tubuhnya. Habitatnya berada dibawah permukaan laut, hingga dijuluki sebagai hewan pengintai yang kejam.

Ciri lain dari spesies ini yaitu memiliki ukuran bola mata sebanding dengan bola sepak. Architeuthis ini termasuk kedalam hewan predator atau pemangsa.

Berang-berang raksasa

hewan terbesar berang-berang

Binatang ini termasuk kedalam hewan yang berkelompok besar. Panjang dari tubuhnya dapat mencapai 2 meter. Hewan ini hidup di sungai. Tepatnya di daerah timur Andes.

Laba-laba raksasa

Hewan ini memiliki nama lain Heteropoda maxima. Laba-laba jenis ini dapat mencapai panjang sekitar 30 centimeter.

Sebagian orang pastinya akan ketakutan jika melihat atau menemukan langsung laba-laba ini. Kabarnya binatang ini sudah jarang dijumpai atau termasuk spesies yang akan punah.

Awal mula ditemukannya laba-laba raksasa ini oleh Dr Peter di Jerman. Hingga saat itu hewan ini menjadi viral dibincangkan oleh orang-orang.

Itulah beberpa spesies dari hewan terbesar di dunia yang bisa saya sajikan. Semoga ini dapat bermanfaat buat kamu. Sekian dan terimakasih. Salam PINTER.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: