143

9+ Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Unik Dan Menarik (Spesial Edition)

Beberapa biota laut salah satunya  ikan hias air laut dapat dipelihara untuk keperluan keindahan atau menambah nilai estetika dari aquarium dan tidak sebagai makanan. Jenis ikan ada beragam terutama ikan hias air laut. Bahkan ada komunitas para pecinta ikan hias air laut karena memiliki ciri khas yang bagus mulai dari warnanya yang mencolok hingga bentuknya yang unik dan cantik.

Tentu tidak begitu saja memelihara ikan hias ini. Anda perlu merawatnya agar ikan tersebut tetap hidup dan lestari. Terdapat cara yang dapat Anda lakukan untuk memelihara jenis ikan hias aquarium. Agar kualitasnya stabil, maka perlu perawatan khusus setelah ditangkap dari laut yang susah dengan alat penangkap ikan.

Ikan hias air laut ini memiliki warna dan bentuk yang beragam. Untuk warnanya sendiri merupakan salah satu daya tarik kepada para pecinta ikan hias. Oleh karena itu, tidak heran harga jual dari ikan ini tidak murah dan ada juga yang termahal.

Jenis ikan hias air laut ini berbeda dengan ikan hias yang ditujukan untuk dikonsumsi. Jika biasanya ikan hias konsumsi ditangkap dan langsung dibekukan, berbeda dengan ikan hias air laut yang jika setelah ditangkap harus selalu berada di dalam air untuk menjaganya agar tetap hidup. Begitu juga kasusnya dengan ikan hias air tawar untuk selalu menjaganya tetap di dalam air setelah ditangkap. Lalu apa saja jenis ikan hias air laut ?

Di bawah ini merupakan jenis ikan hias air laut untuk aquarium mulau dari nama, keterangannya, dan juga gambarnya :

Ikan Hias Archerfish

ikan hias archer

Source: nakamaaquatics.id

Jenis ikan hias air laut yang pertama yaitu ikan hias Archerfish. Ikan hias ini dikenal karena kebiasaannya dalam memangsa serangga darat dan juga binatang – binatang kecil lainnya dengan cara menembak jatuh mereka dengan mudah melalui semprotan air yang keluar dari mulutnya.

Hal inilah alasan mengapa nama dari ikan ini adalah Archerfish. Sumpit air dari moncong di mulutnya ini sangat akurat dalam menembakkan mangsa dengan semprotan air. Ikan Archerfish mampu menembakkan air hingga ketinggian 3 m di atas permukaan air. Selain keganasannya itu, bentuk tubuh dan warna dari ikan ini unik sehingga banyak digunakan sebagai ikan hias air laut untuk isi aquarium.

Jika dipelihara dalam aquariaum dan dikombinasi dengan tanaman aquascape  yang indah akan terlihat lebih menarik. Bisa anda coba sendiri.

Ikan Hias Angelfish

Ikan Hias Angelfish

Source: akuariumhias.blogspot.com

Bagi para pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan nama Angelfish. Berbicara mengenai Ikan ini,  terdapat mulut yang kecil serta sirip di dadanya yang relatif besar dan berbentuk bulan sabit pada sirip ekor.

Untuk sirip punggung dan perut dari ikan ini berbentuk panjang dan mencuat sehingga menambah kesan dari bentuk ikan ini yang lebar dan pipih seperti laying – layang. Ikan dengan bentuk yang unik ini menjadikannya sebagai pilihan utama dala pengisi aquarium.

Ikan Hias Blue Tang

Ikan Hias Blue Tang

Source: zetizen.com

Jika Anda ingin memelihara ikan jenis air laut, maka perlu melirik ikan yang satu ini. Jenis ikan hias Blue Tang ini memiliki pola warna yang dominan biru dan pada ekor warnanya biru keemasan atau kekuningan.

Blue Tang sering berada di terumbu karang dan perairan pantai yang berumput dan daerah berbatu dimana banyak tumbuh ganggang laut. Tipe dari ikan ini adalah herbivora dan biasa dikenal sebagai ikan pembersih. Ikan Blue Tang cocok sebagai ikan hias di aquarium dengan menambah nilai estetika yang ada.

Ikan Hias Butterfly Fish

Ikan Hias Butterfly Fish

Source: mus-sabil123.blogspot.com

Selanjutnya ada jenis ikan hias Butterfly Fish yang memiliki pola warna yang bervariasi dan banyak terdapat motif seperti warna hitam, putih, biru, merah, kuning, dan juga orange.

Jenis ikan hias Butterfly Fish merupakan petelur pelagis atau jenis berkembang biak dengan cara melepaskan banyak telur apung ke dalam air. Dengan berbagai corak warna tubuh ini menjadikan ikan Butterfly Fish menjadi salah satu pilihan yang wajib ada menghiasi aquarium Anda.

Ikan Hias Clown Fish

Ikan Hias Clown Fish

Source: news.kkp.go.id

Tpe Clown Fish atau biasa dikenal dengan ikan badut ini merupakan salah satu penghuni setia akuarium karena bentuk tubuh dan warnanya yang unik nan indah. Anda wajib melakukan budidaya terhadap ikan ini karena sangat unik.

Clown Fish merupakan ikan omnivora dan dapat juga memakan makanan yang tidak dapat tercerna dari anemon tuan rumah mereka, untuk kotoran dari clown fish ini justru memberikan nutrisi pada anemon laut. Ikan hias air laut ini sangat cocok digunakan sebagai penghuni aquarium.

Ikan Hias Hatchet Fish

Ikan Hias Hatchet Fish

Source: aquariumhias.blogspot.com

Ada begitu banyak ikan hias yang terindah, salah satunya adalah ikan hias Hatchet Fish. Ikan ini dapat mengeluarkan cahaya yang digunakan untuk membantu dalam mencari mangsa. Maka dari itu, ikan ini sangat indah jika berada di aquarium tempat Anda melepas penat dan jenuh.

Ikan Hias Coral Beauty Fish

Ikan Hias Coral Beauty Fish

Source: hanifirza97.wordpress.com

Untuk tipe ikan yang satu ini cocok dipelihara di aquarium Anda sebagai ikan penghias karena warnanya yang cantik dan mencolok. Ikan Coral Beauty Fish ini merupakan jenis ikan angelfish laut yang memiliki tubuh berwarna biru keunguan.

Kemudian terdapat kuning garis – garis merah dan memiliki sirip yang warnanya membias ke tubuh bagian tepi kebiru – biruan. Ikan ini dengan warna seindah itu akan melengkapi aquarium Anda, ditambah jika aquarium Anda memiliki karang yang akan menambah ikan ini menjadi lebih betah di dalamnya.

Ikan Hias Firefish

Ikan Hias Firefish

Source: theaquariumguide.com

Jenis biota laut hias yang satu ini memiliki nama latinnya yaitu Nemateleotris Magnifica atau biasa juga disebut dengan ikan hias air laut Api Goby, Ikan Api.

Jenis yang satu ini merupakan spesies dari dartfish asli yang menghuni lautan Hindia dan juga lautan Pasifik. Tipe ikan ini memiliki kepala berwarna kuning cerah dengan terdistorsi secara berkelanjutan ke dalam bagian tubuh yang berwarna putih dan dari dada ke ekor warnanya berbeda yaitu warna orange kegelapan. Ikan ini sangat cocok diletakkan pada aquarium Anda karena bentuknya yang unik seperti Dart.

Ikan Hias Juvenile Emperor

Ikan Hias Juvenile Emperor

Source: versesofuniverse.blogspot.com

Tpie biota laut yang satu ini memiliki warna yang unik dengan warna dominan biru dan hitam yang bergaris – garis membentuk setengah lingkaran dari moncong mulut hingga ekornya.

Garis ini dimulai dari bagian kepala yang cenderung lurus dan lambat laun membentuk setengah lingkaran dan menjadi lingkaran penuh di ekornya. Garis – garis tersebut diisi dengan warna putih, biru, dan hitam.

Ikan Hias Mandarin Fish

Ikan Hias Mandarin Fish

Source: chainimage.com

Jenis bioata hias air laut yang terakhir adalah ikan Mandarin Fish yang merupakan spesies air payau. Ikan ini sangat unik untuk bentuk dan warnanya. Serta pakan dari ikan mandarin fish yang mudah membuat Anda wajib memilikinya untuk diletakkan di aquarium.

Demikian artikel yang membahas tentang ikan hias air laut. Anda wajib merawat setiap jenis ikan hias aquarium agar keberlangsungan hidupnya terjaga. Dengan indahnya ikan yang menghiasi aquarium, maka Anda wajib merekam video setiap pergerakan unik dari mereka.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply