2
1965

21+ Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Indonesia adalah sebuah negara yang memiliki varietas atau jenis ikan hias air tawar yang sangat banyak. Sejatinya kita harus bersyukur dilahirkan di Negara tercinta ini. Berbicara terkait ikan hias, maka saya terpikir untuk membuat artikel yang kamu baca ini.

Pada artikel kali ini, saya berikan tema mengenai ikan hias dari air tawar. Selain saya suka, mudah-mudahan dapat memberikan pengetahuan juga kepada kamu.Selamat menyimaknya.

Ikan Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara

Penggemar ikan hias sangatlah banyak di dunia ini, khususnya Indonesia. Ikan yang bisa memanjakan mata ini sangat populer di tampilkan baik di dalam ruma, restoran atau tempat yang pas untuk dilihat lainnya.

Bagi kamu yang kebingunan akan memelihara ikan hias ini, sekarang saya akan memberikan sebuah catatan atau list jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Artinya tidak perlu ribet dan susah dalam merawatnya.

Berikut ini beberapa ikan yang dapat dijadikan rekomendasi untuk dipelihara.

Ikan hias lemon

ikan lemon

Source: duniaair.com

Ikan yang tergolong banyak digemari orang ini memiliki warna umum kuning dan terdapat garis hitam pada bagian atas tubuh memanjang. Ekor dari ikan hias ini berukuran lbear serta tidak memanjang layaknya kipas. Terdapat sirip punggung yang tumbuh dari pungung sampai ke ekor. Ikan hias ini juaga mempunyai dua sirip dorsal yang dekat dengan ekor.

Hewan air ini dikenal dengan nama latin Neolamprologus Leleupi. Ikan ini diberikan nama tersebut karena matanya yang tampak bulat dan besar.

ikan hias jenis ini mempunyai sifat yang agresif baik itu kepada manusia, hewan lainnya bahkan dengan ikan jenis lain. Selain itu juga ikan lemon mepunyai sifat yang rakus terhadap pakan yang diberikan.

Sebagai penggemar ikan hias, tentunya pilihan untuk memelihara lemon sangatlah direkomedasikan. rlu kalian tahu juga, ikan lemon bukanlah hewan yang terbilang susah dalam perawatannya.; kamu cukup langsung masukan aja kedalam akuarium lalu berikan makan 2 kali sehari pagi dan sore.

Karena sifat ikan ini agresif sebaiknya dibuat pemisah dengan jenis ikan hias lainnya. Jika dicampurkan dengan ikan lain, takutnya terjadi sifat menyerang kepada ikan lain.

Ikan cupang

 

ikan cupang

Ikan yang sring kita dengar ini dari sejak sebelum masuk SD mungkin sampai sekarang masih ada dan bertahan. Bahkan ikan cupang menjdi primadona dalam warna dari jenis ikan hias air lainnya.

Ikan cupang dapat dipelihara dengan mudah tanpa aerator atau sirkulasi. Karena kemampuan dalam bertahan hidupnya sangat tinggi.

Selain itu juga, ikan cupang dapat dipelihara baik tiu dalam toples, gelas atau lainnya yang berukuran kecil. maka dari itu ikan cupang ini sangat mudah dipelihari .

Ikan Paradise

ikan paradise

Souce: infoikan.com

Tubuh ikan ini memiliki garis warna biru dan merah. ikan Paradise berasal dari Negara tirai bamboo.

Ikan hias ini mempunyai nama latin Macopopdus opercularis. Panjang yang dapat dicapai oleh ikan ini mencapai 7,5 centimeter serta memiliki keragaman warna. Warna bitu pada bagian pangkal dan merah pada bagaian ujung.

Paradise tersasuk kedalam ikan yang agresif. Pada habiata aslinya, ikan ini adalah predator yang memakan serangga, vertebrata dan ikan kecil.

Untuk dapat memelihara ikan jeni sebaiknya tempatnya terpisah dari ikan lain. Karena jika tidak, paradise akan menyerang kepada ikan hias yang lainnya. Hal ini dibuktikan dengan warna ditubuhnya dapat berubah dari terang menjadi lebih gelap.

Hal tersebut adalah sifat alamiah dari ikan paradise. Namun, keunggulannya sangat sederhna dalam pemeliharaan ikan hias air tawar ini tidaklah sulit. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan sore.

Ikan Red Phantom Tetra

ikan red phantom tetra

Source; infoikan.com

Ikan ini menyukai makanan bersifat karnivora seperti kurtasea, serangga dan cacing. Secara morfologi, Phantom tetra memiliki titik hitam pada bagian insang. Selanjutnya memnpunyai sinya yang hitam dibagian sirip atas yang berbatasan dengan warna putih.

Ikan hias air tawar ini berasal dari sunagi Orinoco di Amerika Selatan. Ikan tersebut tergolong dari jenis tetra. Hewan ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat. Dalam sekali beranak, Red Phantom Tetra menghasilkan 400 telur yang bisa satu malam menetas.

Ikan Hias Niassa

ikan niassa

Source: bukalapak

Dalam keadaan yang ideal dan suhu yang tetap ikan ini dapat bertahan lama. Artinya dengan perawatan yang teratur.

Niassa menyukai makanan sperti kutu air dan cacing sutra atau cacing tanah.

Ikan hias air tawar ini bersifat karnivora, karena sudah jelas disebutkan tadi contoh makanannya. Selain itu ikan hias ini dapat bertahan dalam kondisi suhu 25-30 derajat celcius.

Botia Fish

ikan botia

Source: .mediamaya.net

Ikan ini sangat diminati oleh orang-orang baik lokal maupun internasional. Sungai yang memiliki arus deras adalah habitat dari ikan hias air tawar ini.

Bagi kamu yang ingin memelihara ikan biotia, sebaiknya pasang sirkulasi yang besar untuk memanipulasi arus agar seperti habitatnya.

Selain itu juga, atur bagian suhu supaya ideal yakni berkisar antara 24 sampai 26 derajat.

Dilihat dari jumlah optimal jumlah yang akan dipelihara, sebaiknya masukan 4 hingga 6 ekor ikan hias ini. Karena apa? Secara morfologi ikan botifia memiliki panjang 30-40 cm dan hidupnya tidak soliter.

Maka dari itu untuk menghindari padatnya akuarium, maka jumlah yang pas adalah 4 sampai 6 ekor tadi. Dan itupun jika kamu menggunakan ukuran akuarium yang sedang.

Rainbow Fish

ikan rainbow

Source: Youtube

Seperti layaknya warna pelangi, dari namanya ikan hias ini sudah menunjukan ciri yang menonjol yatu warna unik.

Ikan rainbow termasuk kedalam family Melanotaeniidae. Yaitu sebuah kelompok ikan yang mempunyai sirip mengkilap  dan bentuk tubuh yang pipih.

Ikan hias air tawar ini termasuk kedalam jenis hewan endemik. Yaitu hewan yang sudah langka dan hamper punah. Ikan rainbow pada awal mulanya tersebar di daerah Sulawesi, Papua sampai Australia.

Karena hewan ini yang sudah langka, maka dari harga akan lumayan tinggi. Selain itu pula sebaiknya tidak dipelihara biasa, melainkan di breeding atau budidayakan. Supaya nantinya dapat bertahan atau tidak punah.

Corydoras

ikan corydoras

Source: suniawirausaha

Ikan hias ini dapat bertahan hidup pada suhu berkisar 24-28 derajat celcius. Hewan air ini menyerupai tikus.

Bentuk dari ikan corydoras sendiri yang memang terlihat seperti tikus yang sedang lari.

Ikan hias air tawar ini berasal dari sungai Amazon. Maka dari itu, dalam pemeliharaannya, hewan ini lebih suka diperlakukan atau dibiasakan tempat akuarium menyerupai sungai Amazon. Baik itu dari suhu atau lainnya.

Corydoras lebihsuka memakan sisa-sisa makanan yang mengendap dan jatuh kedasar akuarium. Selain itu juga sifatnya yang sering berenang pada dasar dan suka terhadap kontur berpasir.

Maka buat kamu jika memelihara ikan ini, sebaiknya pasang pasir pada bagian dasar supaya ikan corydoras ini nyaman. Kamu bisa mendesainnya sendiri atau mencari referensi aquascape yang bagus di internet.

Silver Dollar Fish

ikan silver dolllar

Source: akuariumhiasku.blogspot.co

Ikan hias ini mirip dengan piranha. Hewan kecil ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi.

Bagi sebagian orang, ikan silver dollar menjadi bahan untuk berbisnis. Secara morfologi, bentuknya seperti namanya yaitu koin perak yang mempunyai ukuran 15 cm.

Karena sifatnya yang herbivore, maka ikan hias air tawar ini bisa diberikan pakan tumbuhan atau sayuran seperti seleda dan lain-lain. Ikan

Ikan silver dollar ini berasal dari Sungai Amazon

Jika kamu memelihara ikan jenis ini, perhatikan suhu airnya berkisar 26-30 derajat celcius. Angka tersebut sudah bisa membuat habitat buatan pada akuarium sesuai dengan yang di alam bebas

Black Ghost

ikan black ghost

Spurce; Youtube

Nama lain dari ikan jenis ini adalah Apterontus Albifons. Ikan hias air tawar ini berasal dari Suriname dan Amazon.

Nama Black Ghost memang karena bentuk ikannya seperti hantu. Bergelambir dari bentuk tubuhnya sehingga dinamakan black ghost.

Nama-nama lain dari ikan ini yaitu penari balet. Karena memang gerakannya seperti menari saat berenang. Tubuh yang fleksibel dan menggelincir juga menjadi prioritaas diberikan julukan ini.

Dalam pemberian makannya, sebaiknya kamu lakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Tidak sulit untuk mencari jenis pakan ikan black ghost, kamu bisa berikan jentik, cacing kering atau pelet.

Karena ikan hias ini lebih suka melayang-layang dan masuk kedalam lubang untuk bersembunyi, sebaiknya tambahkan pipa kecil atau akar yang berwarna hitam.

Ikan Bala-Bala

ikan bala bala

Source: wikipedia

Ikan hias yang satu ini memliki sirip dan sisik yang  sangat mengkilap metalik. Ditambah dengan warna kontras dari hitam dan putih.

Maka sudah tidak aneh, sebagian orang mengira ikan ini berasal dari laut. Nyatanya, hanya ikan hias air tawar. Selain itu bentuk tubuhnya juga menyerupai predator laut.

Ikan yang termasuk dalam family Cyprinidae ini menyerupai bentuk ikan hiu. Uniknya dia mempunyai ukuran tubuh yang kecil.

Ikan bala bala termasuk dalam kategori endemik. Maka sangat sulit untuk mencari hewan yang satu ini. Beberapa tahun terakhir ini juga, populasinya berkurang. Ditakutkan akan terjadi kepunahan pada ikan hias air tawar langka ini.

Hewan yang mungil ini, berasal dari wiliayah Semenajung Malaya, Kalimantan dan Sumatera. Bala-bala dapat tumbuh hingga panjang 35 centimeter.

Ikan Manfish

ikan manfish

Source: Youtube

Ikan hias ini tergolong unik . Bentuknya yang  elegan, warnanya unik dan disebut sebagai ikan angle fish.

Sebagian penggemar ikan ini, selalu bertujuan untuk menernakannya. Namun untuk membentuk indukan Manfish diperlukan waktu umur 7 bulan dan panjang sekitar 7,5 centimeter.

Keluarga dari ikan hias air tawar ini adalah Chiclidae.

Jika kamu memang ingin mencoba untuk memeliharanya dengan tujuan breeding, maka sebaiknya perawaan pada indukan harus maksimal. Penjagaan terhadap penyakit juga harus diperhatikan.

Untuk mengatasi ikan Manfish yang terkena penyakit atau sebagai penjagaan saja, gunakan garam dan Oxytetracycline.

Kamu jangan perlu khawatir terkait pakan jenis pa yang harus di berikan? Kamu bisa memberikan pakan Chironomous, cacing tubifeks dan larve nyamuk (encuk).

Ikan Komet

ikan komet

Source: semuaikan.com

Hewan yang menyerupai warna ikan koi ini, termasuk ikan air tawar yang mudah untuk dibudidayakan.

Penggemar dari ikan hias air tawar yang satu ini sangatlah banyak di Indonesia. Alasan yang logis karena bentuk dan  warna  perak yang mengkilap dan merah cerah membuatnya begitu menarik.

Nama latin dari ikan ini adalah Carrassius Auratus. Komet juga termasuk dalam keluarga ikan mas yang berasal dari Negeri Samurai. Pada tahun 1970-an ikan hias ini masuk ke Negaara Indonesia.

Ekornya yang lebar membuat ikan ini sangat digemari oleh orang-orang untuk dipelihara. Berbeda ketika ikan komet masih berumur muda, ekornya tidak terlalu lebar.

Dalam sekala budidaya atau breeding ikan komel sangat sederhana dan tidak ribet. Dalam pemberian pakannya, biasanaya para peternak breeding hanya memberikan pelet pengli atau dedak saja.

Maka dari itu komet termasuk kedalam ikan hias air tawar yang mudah dipelihara.

Ikan Hias Air Tawar Termahal

Tentunya ada sebagian orang yang sangat gemar dalam megoleksi ikan hias yang indah, unik  dengan harga yang lumayan.

Tidak jarang, orang tersebut mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi bisa mendapatkan ikan hias yang mahal-mahal. Pada bagian ini, akan saya  tulisan beberapa jenis ikan hias air tawar yang memiliki harga yang tinggi.

Ikan Arwana

ikan arwana

Source: Youtube

Ikan ini dapat ditemui di perairan Papua dan Kalimantan. Saking banyaknya penggemar ikan hias ini, maka ada saja beberapa orang yang membudidayakan, sehingga tidak perlu untuk mencarinya di lokasi tadi.

Harga yang tinggi, orang-orang yang minatpun tinggi menjadi ikan arwana sebagai ikan termahal nomor satu.

Ukuran tubuhnya dapat mencapai satu meter. Karena mungkin memiliki tubuh yang besar, menjadikan keunikan tersendiri dari ikan hias yang satu ini.

Nama lain dari ikan arwana ini bermacam-macam, diantaranya : khayangan, naga, siluk, kalasa, ikan payang dan silok. Dari nama latinnya, ikan hias ini memilki nama Scleropages sp.

Secara morfologi, ikan arwana memiliki bentuk mulut yang besar, badan yang agak memanjang serta sisik yang tebal. Jenis ikan arwana bermacam-macam ada Super Red, Golden dan Silver.

Dari ketiga jenis tadi, kategori yang paling mahal yaitu dari arwana Super Red. Ikan jenis yang satu ini dapat mencapai harga yang pantastis yaitu Rp 25 juta atau bisa juga lebih.

Ikan Koi

ikan koi

 

Konon katanya, ikan koi ini dapat memberikan keberuntungan bagi sebagian orang penggemar. Namun bagi saya itu hanyalah mitos belaka.

Salah satu yang menjadikannya sebagai ikan hias air tawar mahal adalah dari bentuk, warna, ukuran dan cara hidup.

Ikan koi lebih suka terhadap kolam yang tidak sempit. Maka dari itu kebanyakan memeliharanya di kolam bukan di akuarium.

hal lain yang menjadikan ikan ini banyak peminatnya adalah cara makannya dan hidupnya. Saat diberikan pakan, ikan koi akan berkumpul dan menyantap pelet yang diberikan.

Secara morfologinya, ikan koi ini memiliki tubuh yang bisa mencapai 3-5 kilogram. Tidak jauh beda dengan ikan mas. Dari sisi warna, ikan hias ini sangat bervariasi.

Warna pada tubuh ikan koi adalah keunikan tersendiri. Ada yang warna merah putih, hitam putih, kuning hitam dan lain-lain. Sebetulnya ikan ini hampir menyerupai ikan mas koki. Namun ukuran dan bentuk yang berbeda saja.

Harga ikan koi ini sangat spektakuler, yaitu bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan.

Demikianlah uraian terkait beberapa ikan hias air tawar yang saya bisa tulis. Semoga dapat menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: