1
1756

7+ Macam Ikan Mas Koki Yang Unik & Mudah Dipelihara

Banyak sekali macam-macam ikan hias yang ada di negara Indonesia. Baik itu yang memiliki harga rendah atau yang eksklusif. Berbicara tentang hal tersebut, pada artikel sekarang ini akan saya tulis mengenai ikan mas koki.

ikan koki umumnya memiliki pasar yang stabil dan banyak konsumennya. Sehingga ikan hias yang satu ini sangat banyak beredar di dunia perikanan hias. Sampai-sampai beberapa orang atau petani ada yang membudidayakannya.

Bagaimana cara membudidayakannya? Disini anda akan mendapatkan informasinya mulai dari cara budidaya sampai jenis-jenisnya.

Budidaya Ikan Mas Koki

budidaya mas koki

Source: majalahikan

Dalam proses budidaya mas koki sebetulnya tidak membutuhkan tempat yang begitu besar. Oleh sebab itu hal ini tidak akan terlalu sulit untuk dilakukan.

Selain itu, melihat peluang bisnis ikan koki masih terbuka lebar. Bisa dibilang  mas koki masih potensial dalam dunia perdagangan.

Bahkan banyak orang yang melakukan ternak ikan ini dalam berbisnis ekspor keluar negeri.

Mas koki termasuk kedalam ikan hias air tawar yang harganya menengah. Selain itu masih banyak penggemar dari ikan ini untuk dijadikan peliharaan atau pajangan akuarium yang memanjakan mata.

Warna dan bentuk yang menarik merupakan pemikat dari ikan jenis ini. Secara morfologinya ikan mas koki mempunyai tubuh gendut dengan kepala yang unik (besar).

Daya tahan untuk hidup terhadap lingkungan juga adalah keunggulan ikan koki ini. Maka dari itu ada beberapa orang yang mencoba unutk membudidayakannya karena simple.

Berbicara mengenai budidaya ikan mas koki, disni saya akan berbagi bagaimana melakukannya. Silahkan simak dengan baik-baik.

Persiapan budidaya mas koki

kolam ikan

Ada beberapa tahapan serta persiapan yang harus dipenuhi untuk mulai membudidayakan mas koki. Untuk tahapan ini, tidak banyak orang yang sering melakukannya. Padahal hal ini sangatlah penting untuk kelancaran budidya kedepannya.

Para petani yang sudah berkecimbung di dunia ternak koki sering menyebutnya dengan pra-budidaya. Apa saja persiapan yang harus dilakukan?

Secara sederhana persiapan ini meliputi lokasi kolam dan kontruksinya.

Penentuan Lokasi Kolam Ikan

lokasi kolam ikan koki

Bagian ini merupakan hal yang jangan diremehkan. Penentuan lokasi kolam akan berpengaruh pada step lainnya.

Jika lokasi tidak srategis dan tidak memenuhi kriteria, maka akan berakibat fatal. Untuk itu beberapa yang harus dilakukan adalah :

  • Lahan yang dijadikan tempat harus terbebas dari banjir, longsor dan bencana alam lainnya.
  • Terhindar dari pencemaran lingkungan seperti limbah pabrik dan lain-lain.
  • Tempat harus bersih atau aman dari hewan liar seperti ular, anjing atau pemakan ikan yang lain.
  • Akses jalan mudah untuk transportasi
  • Memperhatikan limbah bkas pembuangan kolam.

Kontruksi kolam ikan

Pada bagian ini, kontruksi kolam yang akan dibuat wajib diperhatikan. Perencanaan yang disusun akan berpengaruh besar pada proses budidaya nantinya.

Berikut ini beberapa yang harus diperhatikan saat pembuatan kontruksi kolam ikan koki.

  • Pintu keluarnya air (Outler)
  • Pintu masuknya air (Inler)
  • Kemiringan kolam diperhatikan
  • Penahan dinding kolam harus kuat dari tekanan air
  • Pembuatan kubangan untuk memudahahkan proses panen ikan mas koki.

Pembenihan mas koki

pembenihan ikan mas koki

Source:
birdbody.blogspot.com

Pada proses ini, tentunya hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan induk. Penyeleksian induk yang bagus atau kurang akan berpengaruh pada benih nantinya.

Maka dari itu pilihlah indukan yang sesuai, sehat, tidak cacat dan cukup umur. Selanjutnya adalah beberapa hal pentinga yang perlu diperhatikan dalam pembenihan mas koki adalah :

  • Persiapan kolam

Pada tahapan ini sebaiknya anda perhatikan beberapa hal berikut ini. Siapkan kolam yang berukuran 2x2m. kemudian bersihkan dari media yang akan mengganggu ikan nantinya atau mencemari air. Lalu isilah air sampai ketinggian 30 cm.

  • Penggunaan air

Jika penggunaan air menggunakan PDAM, maka sebaiknya diendapkan terlebih dahulu satu malam supaya terhindar dari partikel besi, timbal atau jenis zat lainnya.

Untuk anda yang memkai air sumur, saya sarankan juga untuk mengendapkannya. Hal tersebut adalah solusi untuk menghindari adanya benda yang dapat mengganggu kelangsungan hidup ikan. Karena salah satu dari syarat pembenihan, pemijahan sampai pendederan adalah menjaga kualitas air kolam

  • Kakaban/Ijuk

Alat ini akan berfungsi sebagai tempat untuk ikan menempelkan telur. Biasanya terbuat dari ijuk yang disusun pada bambu. Dengan panjang sekitar 1 meter.

Dalam memilih bahan atau media untuk tempat telur adalah :

  • Ijuk yang dijepit dengan bambu
  • Kelambu
  • Enceng gondok
  • Ganggang

Secara teknis, pembuatan kakaban sangat sederhana. Anda tinggal siapkan bamboo seukuran satu meter. Kemudian belah dengan lebar kira-kira 8-10 cm. Kemudian buat celah dibagian tengah supaya dapat memasukan ijuk atau raffia.

Potong ijuk dan rapikan sepanjang 30-40 centimeter. Usahakan memotingnya rapi. Kemudian masukan kedalam belahan bambu tadi lalu ikat menggukan tali atau semacamnya.

Sementara itu dalam proses pembenihan, memperhatikan kualiatas indukan juga diperhatikan.

Indukan ikan betina

indukan ikan mas koki

Source: infoikan

Untuk memilih indukan jantan, beberapa kriteria yang harus diperhatikan yaitu:

  • Organ tidak cacat
  • Berwarna cerah serta agresif
  • Usia minimal 8 bulan

Proses selanjutnya, anda karantina atau pisahkan dengan ikan jantan pada kolam terpisah. Supaya nantinya dapat mengontrol kesehatan dan tingkat kematangan gonad dari sang induk.

Dalam proses karantina idukan mas koki ini, sebaiknya berikan pakan berupa kroto, jentik dan pelet 3 sampai 5 kali sehari dengan dosis 1% sampai dengan 3% dari berat badan.

Indukan ikan jantan

Kriteria dari indukan jantan bisa anda perhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Fisik yang sehat serta lengkap
  • Aktif dan lincah saat berenang
  • Usianya sudah 7 bulan
  • Jika ditekan bagian perutnya akan keluar cairan putih dari lubang genital.

Pemijahan 

pemijahan ikan mas koki

Source: ojolali23.blogspot.com

Pada step ini, indukan dan tempat tadi dalam kondisi sudah siap. Sekarang tinggal bgian proses pemijahan.

Perkawinan ikan ini mempunyai dua jenis cara, antara lain berpasangan dan masal. Kedua jenis tersebut yang membedakan hanyalah jumlah banding atara ikan jantan dan betina.

Jika dalam berpasangan, dalam satu kolah sebaiknya perbandingannya adalah 1 : 1. Artinya adalah 1 jantan dan 1 betina.

Sedangkan untuk masal ialah 1:5. Artinya 1 betina berbanding 5 jantan.

Ciri dari ikan mas koki ini memijah, biasnya terjadi kejar mengejar antara koki betina dan jantan.

Prilkau pejantan akan menggosokkan tubuhnya kepada perut belakang sang betina.  Lalu pejantan akan mengeluarkan sperma yang bisa membuahi telur betina. Pada saat itu pula telur akan menempel pada kakaban.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan :

  • Kolam harus bersih
  • Kolam pemijahan berukuran 2×2 meter dan tinggi air 30 centimeter.

Masukan kakaban kedalam kolam. Gunakan 1 sampai 3 kakaban saja. Tutup bagian atas dengan jarring atau sejenis itu untuk menghindari kolam dari hama atau daun masuk.

Ketika menjelang magrib, masukan 3 ekor jantan dan satu ekor betina kedalam kolam.

Perlu diperhatikan, ukuran induk antara jantan dan betina haruslah sama. Saat kawin, ikan koki ini biasanya terjadi saat menjelang subuh.

Setelah itu telur ikan mas koki akan menempel pada kakaban. Jangan sampai terkena sinar matahari langsung karena akan berakibat fatal pada anakannya.

Selama kurang lebih 4 hari, telur yang tadi menempel akan menetas. Berikan pakan berupa mrutu dan moina sP.

Jenis Ikan Koki

jenis ikan mas koki

Source: infoikan

Pada bagian ini, seharusnya kita tahu bahwa dalam pembudidayaan atau pemeliharaan ikan ini beragam.

Berikut ini akan saya jabarkan beberapa jenis ikan mas koki.

Mutiara

Sebagian orang megenalnya dengan sebutan chinsurin. Hewan ini juga terbilang unik karena sisik ikan yang timbul dan warna.

Choten Ga

Koki chiten ini berasal dari korea dan china. Karena matanya yang mengarah ke atas, menjadikan ikan jenis ini sangat unik dari mas koki lainnya.

Butterfly Tail

Keunikan dari ikan ini yaitu memiliki bentuk ekor yang diagonal atau  berhuruf X. nama lain dari jenis ikan ini adalah jikin.

Calico

Ciri dari ikan calico adalah tubuhnya yang memiliki bercak –bercak warna hitam yang kecil tidak beraturan. Sehingga ikan ini bertambah unik dan cantik jika dilihat.

Black Moor

Black moor mempunyai ciri warna hitam dengan tambahan warna sedikit kuning keemasan. Selain itu, ikan ini mempunyai mata yang melotot dan besar.

Komet

Jenis ikan yang satu ini memiliki tubuh ramping dan ekor yang panjang. Ikan koki komet ini memiliki satu ekor sehingga membedakan dengan jenis lainnya.

Ryukin

Sirip yang besar adalah ciri dari ikan jenis ini. Ukran dari siripnya dapat melebih lebar tubuhnya. Variasi warna yang menarik ditunjukan jenis mas koki ini. Namun pada umumnya memiliki warna yang merah.

Ikan Koki Bubble Eye

Sesuai dengan namanya, ikan koki ini memiliki mata bergelembung. Ini adalah kelebihan dan keunikan dari bubble eye. Jika perawatan yang kurang baik, gelembung tadi bisa pecah.

Ikan Mas Koki Rancu

Berbeda dengan ikan koki lainnya, jenis koki yang satu ini justru tidak memiliki sirip.selain itu ikan ini memiliki warna yang sangat bervariasi. Kebanyakan orang mencari ikan koki ini yang berwarna kuning dengan kepala merah.

Ikan Mas Koki Oranda

Jenis yang satu ini adalah sangat umum bisa dijumpai di sekitar kita. Ikan yang satu ini memiliki kepala yang besar dengan bentol-bentol. Umumnya memiliki warna merah dan putih.

Ikan Mas Koki Termahal

Berikut ini akan saya tulis beberapa jenis ikan mas koki yang mempunyai harga fantastis atau mahal.

Biasanya hanya kalangan mewah saja yang banyak mencari ikan jenis ini. Pastinya sebuah harga yang tinggi tidak akan merugikan sebuah kualitas jenis ikan.

Inilah beberapa jenis ikan koki termahal di dunia.

Ikan Koki Teleskope Eye

jenis ikan mas koki mahal

Source: rezafsaputra.blogspot.com

Jenis koki ini memiliki mata yang agak menonjol keluar seperti teleskop atau teropong.

Warna tubuhnya ada yang berwarna hitam pekat atau perpaduan warna lainnya.

Ikan Koki Lion Head

ikan mas koki mahal

Source: www.greenfishindonesia.com

Ciri dari jenis yang satu ini adalah sedikit bungkuk, pendek dan gemuk. Bagian sirip ekor, perut dan dada relative pendek.

Ikan ini juga memiliki jambul oranye pada puncak kepala seperti singa.

Ikan Koki Kaliko

koki kalio

Source: gambarkeren.co

Ciri yang khas dari ikan kaliko adalah kombinasi warna di tubuhnya yang terdiri dari merah, kuning, putih dan hitam. Bentuk tubuh sedikit membundar serta memiliki kepala yang relative kecil dan mulut agak runcing.

Demikaianlah artikel dari beberapa uraian mengenai ikan mas koki. Semoga dapat menambah wawasan kamu. Selain membahas mengai mas koki, kamu bisa membaca jenis ikan hias air tawar lainnya diblog ini. Sekian dan terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: