5
51

8 Jenis Ikan Koi Lokal & Import (Termahal, Terindah, Terlangka)

Ikan koi merupakan binatang air yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Banyak sekali jenis – jenis ikan koi yang ada, mulai dari lokal seperti blitar sampai import. Tentunya koi adalah ikan yang mempunyai harga tinggi. Dan banyak juga koi yang dijadikan gambar atau lukisan besar oleh kalangan tertentu.

Pada artikel ini saya akan membahas jenis dari ikan koi yang ada di dunia. Mulai dari harga biasa bahkan tinggi, corak warna seperti merah, hitam, putih dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak dan lanjutkan membacanya.

Koi Kohaku

Dari ikan koi lainnya, jenis yang satu ini merupakan yang paling fenomenal dan sangat tua dari umurnya. Ciri fisik yang sangat mudah diketahui dari ikan ini yaitu memiliki dasar warna putih yang solid dan warna merah yang cerah.

Bagi kamu yang ingin memiliki atau membeli ikan kohaku ini, perlu mengetahui tipe yang berkualitas. Ciri spesifik yang wajib kamu tahu dari ikan ini diantaranya:

  • Terdapat kombinasi warna merah dan puith disepanjang tubuhnya
  • Warna merah yang sangat cerah
  • Warna dasar putihnya tidah terkena noda atau cacat
  • Terlihat cerah dari semua titik fisiknya mulai sirip badan, kepala sampai ekor

Ikan koi kohaku ternyata memiliki beberapa jenisnya lagi yaitu tancho, maruten, gin rin dan doitsu. Itulah sedikit pembahasan tentang salah satu jenis ikan koi yang paling diburu. Tentunya kohaku memiliki harga yang tidak sedikit.

Koi Sanke Taiso

Tipe yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kohaku yang sudah kita bahas tadi. Namun tentu saja ada sedikit perbedaan yang menjadikan kualitas dan harga menjadi beda. Beberapa ciri dari ikan koi jenis sanke taisho yang perlu anda tahu adalah:

  • Pada tubuhnya terdapat warna pelengkap yaitu hitam
  • Pola warna yang serupa dengan ikan kohaku
  • Merah dan hitam menjadi pola warna pada tubuhnya
  • Warna dasar putih namun dikombinasikan dengan pola hitam merah tadi

Semua itu adalah ciri yang paling gampang bisa kita kenali. Dari variasinya, jenis ikan koi yang satu ini memiliki empat, yaitu Gin Rin, Tancho, Maruten dan Doitsu.

Baca Juga: 21 Ikan Hias Air Tawar

Koi Shusui

Shusui adalah ikan koi yang mempunyai gabungan warna seperti Asagi. Perihal yang mengetahui ialah skema yang ada dibagian atas ikan. Ikan Asagi mempunyai skema seperti jaring berwana biru, dan Shusui memilikipola garis di selama punggung ikan. Di bagian perut, insang, serta sirip Shusui tdk ada ketaksamaan ialah ada skema warna merah atau orange.

Koi Asagi

Asagi adalah type ikan koi yang mempunyai skema jaring berwarna biru dibagian atasnya. Dibagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, serta tubuhnya ada warna merah atu orange. Skema warna merah atau orange itu dapat berkembang atau bertambah besar bersamaan dengan umur ikan.

Koi Hi Utsuri

Hi Utsuri adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang digabungkan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri rata-rata mempunyai warna orange pada waktu usianya tetap muda serta warna itu dapat menjadi merah cerah bila ikan udah dewasa.

Shiro Utsuri

Jenis ikan koi ini adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang di lapis dengan warna putih. Shiro Utsuri dijelaskan bermutu bila campuran warna itu ada dibagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan mesti berwarna hitam serta putih.

Koi Tancho

Tancho adalah type ikan koi yang sangat popular di kelompok beberapa peminat ikan koi, bahkan juga kepopuleran Tancho menundukkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho mempunyai warna basic putih yang dihiasi dengan skema atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri serta peletakan skema warna merah di kepalanya tentukan mutu ikan ini.

Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih diketahui dengan nama Showa, adalah satu diantaranya type ikan koi yang mempunyai gabungan warna basic merah serta putih yang ditambahkan dengan warna hitam diatasnya.

Gabungan warna itu mempunyai persamaan dengan type ikan koi Sanke, hingga masalah ini mempersulit kita untuk mengetahui pada ke dua type ikan koi itu bila kita belum pula memahami lewat cara detil berkenaan ke dua type ikan koi itu.

Perihal yang mengetahui pada ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke ialah skema gabungan warnanya. Ikan koi Showa mempunyai skema warna hitam disepanjang badan, dan Sanke cuma ada di atas badan, serta lebih utama agar bisa mengetahui pada kedua-duanya ialah Showa mempunyai skema warna hitam diatas kepalanya, dan ikan koi Sanke tdk.

Demikianlah beberapa informasi terkait jenis jenis ikan koi yang bisa saya berikan. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lain di situs bisapinter ini. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply