1879

5 Jenis Kandang Ayam Pelung Yang Sederhana

Anda menggemari ayam pelung? Ada beberapa yang perlu anda perhatikan. Yaitu memilih model dan ukuran kandang ayam pelung yang baik. Meski banyak beberapa orang yang menjual dengan harga yang mungkin biasa tapi desain kurang. Hal itu akan membuat ayam tidak nyaman. Pada kesempatan ini saya akan berikan beberapa model dan gambar dari kandang ayam hias ini.

Sekilas kita sering melihat beberapa model atau yang ada di lingkungan kita. Ada yang berukuran sedang sampai besar. Perlu anda ketahui bahwa memilih desain atau ukuran kandang sangatlah berpengaruh pada pertumbuhan ayam pelung.

Pengalaman saya merawat ayam dari doc sampai ukuran dewasa banyak masalah pada model kandang. Sehingga banyak ayam pelung yang akhirnya cacat dengan kaki yang lemah dan tidak bisa berdiri. Hingga pada akhirnya saya mecoba mencari orang atau pengrajin kandang yang bagus dan rekomended. Tidak tanggung-tanggung ternyata perbedaan kandang model yang biasa dengan yang saya beli sangatlah jauh dari harganya. Berikut akan saya bagikan beberapa ukuran, model dan beberapa gambar.

Model Dan Ukuran Kandang

Jika ditempat saya, model dari kandang ayam pelung ini bermacam-macam. Dari yang mulai terbuat dari bambu saja sampai kombinasi dengan rotan. Mungkin dari sana anda sudah bisa menebak, mana yang paling bagus. Yap, sudah tentu kombinasi dengan rotan.

Kandang untuk ayam pelung dewasa memiliki ukuran diameter kira kira satu meter setengah (1.5 m). Jumlah itu sudah optimal jika dibandingkan dengan gerakan bebas ayam nantinya.

Untuk model atau desai sendiri, kandang ini membentuk seperti kubah. Yaitu dari bagian atasnya bundar, hal tersebut mempunyai fungsi untuk gerakan kepala supaya leluasa. Karena ayam pelung memiliki tinggi yang lumayan besar.

Beda halnya dengan kandang untuk aya, doc atau yang berumur masih kecil. Sebaiknya untuk ayam yang berukuran kecil anda buat terpisah dari yang dewasa. Hal itu ditakutkan ada serangan dari ayam dewasa. Bisa gunakan kandang bertingkat.

Oiya, di daerah saya kandang ayam pelung ini ternyata paketan. Maksudnya paketan adalah si penjua atau pengrajin membuat satu pasang. Yang satu ukuran besar dan kecil. Mungkin maksudnya bahwa yang kecil adalah untuk si betina dan yang besar bagi si jantan.

Gambar Kandang Ayam Pelung

kandang ayam pelung mewah

Source: ternakayampelung.com

Tipe yang satu ini memiliki bidang persegi. Model yang sengaja dibuat sama sisi panjangnya kira-kira sekitar 1 meter. Dilengkapi dengan atap yang menyerupai gubuk atau saung.

Dibuat dari bahan kayu. Banyak dikunjungi di beberapa kota sepeti Cianjur dan yang lainnya. Tipe yang satu ini terbilang sangat mewah.

kandang ayam pelung super

Source: jualkandangayammodern.wordpress.com

Sama seperti bentuk dari model diatas. Tipe yang satu ini hanya berbeda pada bagian atapnya saja yang memiliki desain seperti pendopo. Bahan yang digunakan adalah kayu. Biasa digunakan oleh ayam pelung yang sudah memiliki suara bagus atau dewasa.

kandang ayam bagus

Source: membuatkandang.wordpress.com

Nah kalau anda memiliki anakan yang kira-kira umur minimal 3 minggu bisa dimasukan kedalam jenis kandang ini. Dibuat sejajar dan rapih akan membuat ayam nyaman dan sehat. Selain itu anda makanan dan minum untuk ayam jadi lebih praktis. Bahan yang digunakan adalah bambu.

Adalagi nih, kalau bicara sangkar mungkin tidak jauh berbeda dengan yang sudah saya tampilkan. Tipe yang satu ini dapat dipindah-pindahkan atau portable. Biasanya digunakan untuk perawatan ayam pelung seperti berjemur dipagi hari supaya suaranya panjang.

Sangkar ayam pelung

Source: Ayamketawagresik.wordpress.com

Nah, itulah beberapa tipe dari kandang ayam pelung yang dapat saya berikan. Semoga dapat bermanfaat ya. Untuk anda yang tertarik dengan ayam hias yang satu ini, bisa dilihat salah satu lapak saya di jual ayam pelung (klik langsung). Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

    Leave a Reply