5
17367

20+ Kunci Gitar Dan Lagu Yang Cocok Untuk Pemula

Kunci gitar sederhana yang mudah untuk dipelajari untuk kamu sebagai pemula adalah chord dasar. Dikarenakan pada umumnya lagu-lagu pop khususnya di Indonesia memiliki  kunci yang mudah untuk dipelajari. Dalam memilih lagu dan chord gitar untuk pemula sebaiknya cari lagu yang kamu sukai.

Setelah itu, kamu bisa lihat kunci gitar pada liriknya. Jika bingung, kamu bisa membaca artikel ini untuk membantumu dalam belajar kunci gitar. Banyak sekali contoh lagu yang mudah dibawakan bagi newbee di dunia pergitaran. Silahkan simak dengan seksama.

CHORD GITAR NADA DASAR

kunci dasar untuk pemula

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penguasaan kunci gitar tentunya sangat penting.  Sebagai pemula, yang wajib kamu ketahui pertama adalah kunci gitar dasar.

Kunci dasar gitar ini memiliki pengaruh pada perkembangan skill gitar kamu. Dengan mengusai kunci dasar ini, kamu akan bisa mengembangkan kepada chord lainnya.

Kunci dasar gtiar yang paerlu kamu kuasai terdiri dari chord ABCDEF dan G. Ketujuh jenis chord ini memiliki turunan lagi seperti Am, Am6, A# dan lain-lain. Sebelum memmasuki chord turunannya, kamu harus menguasai kunci dasar terlebih dahulu.

Sebagian besar lagu di Indonesia banyak yang menggunakan kunci dasar seperti CGAE. Seperti yang ada pada lagu Peterpan yang berjudul “semua tentang kita”. Lagu tersebut biasanya menjadi populer dikalangan gitaris pemula. Karena kunci gitar yang terdapat pada lagu itu sangat mudah dimainkan.

Baca Juga : 70+ Chord Gitar Peterpan Untuk Belajar Pemula

Lagu tersebut mengandung kunci dasar C-G-Am-E-Dm dan F. Berikut ini akan disajikan beberapa gambar dari kunci dasar yang bisa kamu jadikan panduan.

CHORD GITAR NADA KRES

kunci gitar dan lagu

Dalam bermain gitar, sebenarnya kunci yang sering dipakai oleh gitaris professional adalah bervariasi bahkan modifikasi. Biasa nada didalam gitar mempunyai jenis yang berbeda seperti terdapat kunci mayor, minor, kres, mol , sus dan lain-lain.

Dalam bagian ini saya akan membahas terkain kunci gitar dalari chord kres. Apa itu kres? Sebenarnya itu adalah sebutan yang memudahkan untuk mengingatnya.

Nada kres mempunyai tinggi suara yang lebih dari kunci dasar. Contohnya seperti nada kres C. Pada kunci mayornya adalah C, namun setelah dinaikkan menjadi kres, maka menjadi C#. Biasanya dilambangkan dengan pagar.

Contoh lainnya adalah :

  • A -> B menjadi A#
  • B -> C menjadi B# (jaraknya ditambah setengah)
  • C -> D menjadi C#
  • D -> E menjadi D#
  • E -> F menjadi E# (Jaraknya ½ )
  • F -> G menjadi F#
  • G -> A Menjadi A#

Itulah beberapa chord gitar dari jenis kres yang bisa saya sampaikan.

CHORD GITAR NADA MAYOR

kunci gitar dan lagu untuk pemula 2

Aturan yang terdapat pada interval atau jarak nada adalah tangga nada. Terdapat beberpa jenis tangga nada, salah satunya adalah nada mayor.

Nada mayor memiliki interval atau jarak 1, 1, ½ , 1, 1, 1, ½  pada tangga nada.

Pada kunci gitar, nada mayor dijadikan sebagai chord dasar. Beberapa kunci dasar ini adalah ABCDEF dan G. seperti yang telah kita ketahui bahwa memilih lagu dan chord gitar untuk pemula sangat sulit. Kesulitan yang dialami tersebut karena kandungan kunci yang rumit.

Sebaiknya dalam memilih lagu dan chord gitar untuk pemula dimulai dari yang mudah. Artinya memiliki sebagian besar kunci gitar pada seluruh lirik lagunya. Banyak judul lagu yang bisa kamu pilih untuk memanikan kunci gitar mayor ini.

Contohnya seperti lagu-lagu pop Indonesia seperti lagu ungu, peterpan, iwan fals dan lain-lain. Semua judul lagu dari band tersebut kebanyakan menggunakan kunci gitar mayor. Selain itu chord gitarnya selalu berulang sehingga mempermudah kamu untuk melatih kemampuan dalam bergitar.

CHORD GITAR NADA MINOR

Perlu kamu tahu bahwa kunci pada nada yang sering dipakai terbagi kedalam beberapa bagian. Salah satnya adalah nada minor. Susunan nada yang memiliki jarak 1- ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1 adalah nada minor. Biasanya penerapan pada  kunci gitar seperti Am, Bm, Cm dan lain-lain.

Jenis nada minor ini terbagi kedalam tiga jenis yaitu  :

Minor Melodis

Nada yang dinaikkan setengah laras pada ke 6 dan 7 merupakan pengertian dari jenis nada minor melodis ini.

Minor Harmonis

Tangga nada yang ke 7 yang dinaikan selaras merupakan pengertian dari jenis nada minor   harmonis. Deretan naik turun yang sama merupakan ciri dari nada ini.

Minor Asli

Nada yang belum terdapat sisipan merupakan jenis minor asli. Biasanya tangga ini diguanakan pada Gregorian.

Dalam bagian ini tentunya nada minor terdapat pada kunci gitar. Contohnya seperti Am, Bm, Cm, Dm, Fm dan Gm. Jika dalam istilah dunia gitar, nada tersebut disebut kunci turunan.

CHORD GITAR NADA MOL

kunci gitar dan lagu untuk pemula

Nada yang diturunkan setengah dari tangga nada disebut mol. Biasanya kunci mol ini dilambangkan dengan simbol “b”. contohnya seperti Cb, Gb dan lain-lain.

Dalam bermain gitar, seringkali kita menemukan kunci gitar yang seperti ini. Meski biasanya sangat jarang ditemukan jenis chord ini, tapi kamu harus bisa menguasainya juga.

Biasanya dalam sebuah lagu, kunci kres atau mol banyak ditemukan pada musik jazz. Genre yang satu ini memiliki chord yang bervariasi serta tidak mudah. Lagu-lagu yang  termasuk dalam musik jazz memiliki tingakat kesulitan yang tinggi.

Maka dari itu jika seseorang sudah memahami seluruh kunci gitar, maka dia sudah terbilang professional. Bahkan tidak banyak orang yang sampai menjadi pro dalam fingerstyle karena sudah tapis dalam memainkan chord sulit ini.

Kembali lagi kepada kunci gitar mol. Bentuk dari grip yang bisa kamu temukan dalam gitar adalah Ab, Cb, Db sampai Gb. Pada intinya, chord gitar mol lebih rendah dari chord dasarnya.

CONTOH KUNCI GITAR LAGU DANGDUT

kunci gitar lagu dangdut

Mungkin kamu pernah mendengar pengamen jalanan yang memainkan gitar dengan lagu dangdut? Seolah-olah kita ingin ikut bernyanyi dan terdengar asik menikmatinya. Dalam bahasan bagian ini akan diberikan beberapa contoh lagu dan chord gitar untuk pemula dalam genre dangdut. Tentunya untuk menguasainya perlu beberapa tips dan trik supaya suara yang dihasilkan pas.

Sebetulnya seperti chord yang biasa di manikin pada lagu pop. Namun yang berbeda adalah cara memetiknya. Tips yang bisa saya berikan ialah

  • Pilih lagu dangdut yang mempunyai chord gitar mudah
  • Siapkan gitar dengan senar yang sudah disteam
  • Kalau ada, gunakan fret supaya suara lebih kencang
  • Dalam memetiknya usahakan menggunakan dua jari yaitu telunjuk dan jempol, atau bisa menggunakan pick supaya lebih bagus lagi.
  • Irama yang dihasilkan harus selaras dengan lirik lagunya
  • Mainkan dengan penuh perasaan dan rasa bahagia

Berikut ini ada contoh lagu dan chord gitar untuk pemula  pada genre dangdut.

AKU BUKAN PENGEMIS CINTA

Oleh : JHONNY ISKANDAR

Intro  :  Em  F#m  G  Em (2x)

          G–C–Am–D–Em

Seruling :  Em  Bm  Em..(2x)

Em

….aku bukan pengemis cinta..aa

Am                    Bm

…yang slalu harus mengalah

Am                   C

…bila di putuskan cinta..

   Am             G    Em

..dari sang kekasih

Em

….wanita bukan engkau saja..aa

Am                  Bm

….yang ada dalam dunia

Am                  C

….cantik bukanlah utama…

Am      G      Em

..menghiasi jiwa

G

..Persetan dengan cinta…..

C

persetan dengan janji

Am           G            Em

…..kalau harus menyakiti

G

…persetan dengan sumpah..

C

persetan dengan wajah

Am          G           Em

….kalau harus menderita

[*] Em

….aku bukan pengemis cinta..aa

Am                         Bm

…yang slalu harus mengalah

Am                   C

…bila di putuskan cinta..

Am           G    Em

..dari sang kekasih

Musik :  G  Am  G  Am

         G  C  Am  G  Em

         G  C  D  C  Em

         F#m  Am  G..Em

Reff:

            Em

     Patah hati bukanlah sifatnya lelaki

        Am

     apalagi sampai nekat bunuh diri

       Am              G          C

     Putus cinta itu soal yang biasa

            G     C   Em

     Aku tak putus asa..

Int :  F#m  Em

       Em

     Sumpah dan janji satu yang pasti

       Am

     alasan hanya jadi tuntutan hati

      Am                 G        C

     Sudah seringkali kau sakiti hati

             G   C   Em

     aku tiada peduli

              G                         G

     Jangan kau sangka aku kan menderita

                 C      Em

     Bila putus bercinta

Itulah beberapa tips dan contoh dari chord gitar bergenre dangdut.

CONTOH KUNCI GITAR LAGU JAZZ

kunci giar lagu jaz

Sebelum memasuki pada bahasan inti lagu dan chord gitar untuk pemula dalam jenis musik jazz, sebaiknya kamu tahu tentang jazz. Apa itu musik jazz? Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Musik Jazz

Genre yang banyak digemari di dunia ini menjadi salah satu jenis musik yang indah. Musik jazz memiliki sejarah yang panjang hingga sampai saat ini bisa dinikmati banyak orang.

Musik ini berasal dari kalangan warga Afrika dan Amerika. Lebih tepatnya pada abad yang ke 19 genre ini diperkenalkan di kawasan New Orleans. Tepat pada tahun 1920 genre musik jazz ini sudaj diakui di seluruh dunia.

Hingga pada saat, bermunculan musisi-musisi yang berkecimbung pada bidxang musik jazz ini. Contohnya seperti Miles Davis dan lain-lain.

Tidak kalah ketinggalan, di Indonesia pun banyak bermunculan para musisi jazz.

Contoh Kunci Gitar Lagu Jazz

Berikut ini adalah contoh dari sekian banyak lagu jazz yang bisa kamu pelajari kunci gitarnya. Saya akan berikan lagu yang dibawakan dari Abdul & The Coffe Theory.

Intro: C Dm (2X)

 

C                         Am

Aku suka caramu membuatku tersenyum

F                        G

Saat hari ku kelabu

C                       Am

Aku suka caramu tertawa riang

F                                              G

Saat kau datang menyambutku

Dm                                  G

Aku suka semua perhatianmu

Em                               Am

Aku suka caramu menjaga diriku

Dm                                             G

Aku suka semuanya tentangmu

                    C  Am

Engkau dan aku

Dm                              G

Tercipta untuk jadi satu

                     C Am

Engkau dan aku

F                                     G

Ku kan selalu jadi milikmu

                      Em

Walau waktu berputar

Am              Dm              G

Cinta kita ‘kan bersinar selamanya

Dm         G                               C

Aku suka semuanya tentang kamu

C  Dm  C  Dm

C                          Am

Aku suka caramu menahan diriku

F                                G

Saat ku ‘kan pergi jauh

C                           Am

Aku suka caramu membuatku cemburu

F                                 G

Tuk dapat perhatianku

Dm                              G

Aku suka caramu memanjakanku

Em                        Am

Aku suka caramu meyakinkan aku

    Dm                        G

Saat aku merasa ragu

                    C Am

Engkau dan aku

F                              G

Tercipta untuk jadi satu

                      C  Am

Engkau dan aku

Dm                                G

Ku ‘kan selalu jadi milikmu

                Em

Walau waktu berputar

Am              Dm              G

Cinta kita ‘kan bersinar selamanya

Dm        G                                C

Aku suka semuanya tentang kamu

C Am F G (2X)

              Em

Walau waktu berputar

Am         Dm                      G

Cinta kita ‘kan bersinar selamanya

Dm

Aku suka

Em   Am

Aku suka

Dm

Aku suka

Em   Am

Aku suka

Dm

Aku suka

G                C

Semuanya tentang kamu

 

CONTOH KUNCI GITAR LAGU POP

kunci gitar lagu pop pemula

Banyak sekali musisi-musisi yang lahir bergenre pop di Indonesia. Tentunya sebelum kita memasuki dalam bahasan lagu dan chord gitar untuk pemula yang berjenis pop, kamu harus tau tenatang ini.

Pengertian Musik Pop

Sebuah musik yang menekankan ulangan atau chorus adalah pengertian dari musik pop. Genre ini terlahir karena adanya sebuah ungkapan dari perasaan, suasana hati, serta ekspresi kita yang dialami sehari-hari.

Selain itu juga, musik pop identik dengan irama musik yang mempunyai banyak varian, seperti sedih, riang, bahagia, rindu dan lain-lain. Diberi musik pop karena sifatnya yang populer atau terkini. Ciri lain dari pop mempunyai sifat yang tidak khusus atau gampang untuk didengarkan.

Musik ini lahir pada era 60-an. Saat itu band yang terkenal ialah The Beatles. Seiring berjalannya waktu, musik ini berkembang sampai ke Indonesia. Sehingga banyak terlahir musisi-musisi terkenal di Indonesia seperti Anang, Ebiet G Ade, Iwan Fals dan yang lainnya.

Berbicara kembali pada lagu dan chord gitar untuk pemula di genre pop sangatlah mudah. Apalagi banyak lagu pop di Indonesia menggunakan kunci gitar yang mudah. Banyak chord gitar dari lagu pop yang menggunakan kunci dasar yang sederhana dan mudah untuk di pelajari.

Contoh Lagu Dan Chord Gitar Untuk Pemula Genre Pop

Pada bagian ini, saya akan menulis salah satu contoh kunci dasar dari lagu pop yang mudah. Yaitu lagu yang dibawakan oleh Peterpan, yang judulnya “Semua Tentang Kita”.

Intro:

C G Am Em F C Am G (2x)

C           G          Am        Em

Waktu terasa semakin berlalu

F              C        Am     G

Tinggalkan cerita tentang kita

C         G         Am     Em

Akan tiada lagi kini tawamu

F              C            Am     G

Tuk hapuskan semua sepi di hati

Reff :

C         Bm           Am        Em

Ada cerita tentang aku dan dia

F         C              Am      G

Dan kita bersama saat dulu kala

C       Bm          Am            Em

Ada cerita tentang masa yang indah

F         C             Am        G

Saat kita berduka saat kita tertawa

Int : C G Am Em F C Am G (2x)

C         G           Am       Em

Teringat disaat kita tertawa bersama

F       C               Am         G

Ceritakan semua tentang kita

Kembali ke Reff

Coda : C G Am Em F C Am G

 

Itulah contoh dari lagu dan chord gitar untuk pemula pad genre musik pop.

CONTOH KUNCI GITAR LAGU ROCK

kunci dan lagu untuk musik rock

Sebelum memasuki kunci gitar lagu rock alangkah baiknya kamu ketahu aliran ini. Genre yang diketahui lahir pada tahun 50-an ini menjadi aliran musik yang masih banyak penggemarnya.

Gaya yang dihasilkan dari genre ini adalah kobinasi dari beberapa jenis musik.  Diataranya ada jazz, folk, blues dan klasik. Selain musik rock banyak lahir dari musisi luar, ternyata di Indonesia juga terdapat musisi rock. Contohnya seperti SID, Nike Ardila dan yang lainnya.

Irama yang terdapat pada genre ini adalah back beat, artinya mengandung makna yang semangat, power kuat dan ceria. Banyak musisi rock Indonesia yang membawakan lagu yang seperti itu.

Dalam kunci gitar genre ini sebetulnya sangat menyulitkan. Karena perlu kamu tahu, para gitaris aliran rock memakai power chord. Yaitu kunci yang terdiri dari dua nada saja.

Susunan pada nada dasarnya menggunakan Do dan Sol. Sehingga pada gripnya menggunakan dua jari disetiap kunci yang dipakai. Sebutan untuk chord tersebut adalah kunci lima. Contohnya adalah A5, B5, C5, D5, E5, F5 dan G5.

Sepertinya sulit jenis lagu dan chord gitar untuk pemula dipraktikan. Perlu latihan yang sangant keras dan semangat yang tinggi.

Kamu bisa melihat kunci gitar dari contoh lagu rock ini.

INTRO : (D5)

D-C#-B-D-C#-B- A5

A5 C#5

Kau berkelana

B5 D5 A5

Ke negara sepak bola

C#5

Bukan Italia

B5 D5 A5

Bukan juga Argentina

C#5 B5 D-C#-B-D-C#-B-A5

Ohoho… Ohoho…

A5 C#5

Ditinggal cinta

B5 D5 A5

Buat aku tak berdaya

C#5

Gundah gulana

B5 D5 A5

Ingin aku menyusulnya

C#5 B5 D-C#-B-D-C#-B

Ohoho… Ohoho…(2X)

Bridge :

C#5 B5

Dia jauh

C#5 B5

Dia jauh

C#5 B5

Aku rindu

C#5 (E5)

Aku rindu

Reff :

A5 C#5 B5

London, London…

D5 A5

Ingin ku kesana

C#5 B5

London, London…

(D5) A5

Pergi menyusulnya…

Interlude : A5-C#5-B5-D5 (4X)

Back to : Bridge, Reff, and Interlude

Coda : D B E D A5

Song: Jet Lag

Artist: Simple Plan

Album: Get Your Heart On

Semoga setelah membaca artikel yang saya tulis ini, dapat membantu kamu. Yang terpenting adalah ketika memilih lagu dan chord gitar untuk pemula, pilihlah lagu yang kamu sukai seta mudah dalam penggunaan kunci gitarnya. Sekian dan terimakasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: