2
711

Letak Astronomis Indonesia Berdasarkan Definisi, Dampak Dan Contoh

LETAK ASTRONOMIS INDONESIA – Seperti yang telah kita tahu bahwa Negara Indonesia termasuk kedalam jalur khatulistiwa. Dampak positif yang dirasakan sangatlah banyak. Namun, tidak dipungkiri juga dampak negatif pun ternyata ada.

Banyak yang bisa kita rasakan dari pengaruh astronomis yang dimiliki Indonesia, sama halnya dengan dampak dari geografis Indonesia.

DEFINISI LETAK ASTRONOMIS INDONESIA

Sebelum membahas terkait keuntungan yang dimiliki, sebaiknya kita mengetahui letak astronomis indeonesia.

Seperti yang sudah kita ketahui di pelajaran geografi di sekolah, bahwa Indonesia termasuk sedalam jalur khatulistiwa. Artinya Negara kita terbilang kaya akan kergaman hayati dan tanahnya subur. Hal ini dikarenakan garis 0 derajat melintaasi daerah Indonesia.

Indonesia berada pada daerah yang mempunyai 6o lintang utara, 11o lintang selatan. Selain itu juga Indonesia memiliki 95o bujur timur, 141o bujur barat. Maka sudha tidak dipungkiri, negar ini mempunyai iklim yang tropis.

Sebagai Negara yang dilewati garis khatulistiwa, maka Indonesia mempunyai dua musim. Musim tersebut adalah hujan dan kemarau. Tentunya sebagai Negara yang beriklim tropis, dampak positif yang diberikan tentu sangat menguntungkan.

Apa saja keuntungan tersebut? Berikut ini keuntungan yang dimiliki dari letak astronomis Indonesia.

Banyaknya Lokasi Wisata Yang Sejuk

Memiliki iklim yang tropis akan membuat keragaman hayati meningkat. Seiring banyaknya keragaman hayati tersebut, maka akan mengundang keindahan alamnya. Tak heran Indonesia masuk kedalam Negara yang mempunyai tempat wisata alam yang indah.

Sebagai contohnya kamu bisa lihat turis yang sering berdatangan ke bali? Ya, itu dikarenakan keindahan pantai yang dimiliki cukup menyejukan. Dan masih banyak tempat wisata alam lainnya yang menjadi keuntungan dari letak astronomis Indonesia ini.

Hasil Pertanian Dan Perkebungan Melimpah

dampak astronomis indonesia

Kita patut bersyukur memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang masih ada meski seiring berjalannya waktu lahan tersebut makin berkurang. Suburnya tanah yang dimiliki Indonesia, membuat sktor pertanian dan perkebunan produktif.

Segala jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik di Negara ini. Banyak sekali sektor yang bergerak dibidang pertanian dan perkebunan ini. Sehingga hasil dari panennya dapat membantu pergerakan ekonomi Negara Indonesia.

Lahan Yang Subur

Keuntungan yang dirasakan dari pengaruh letak astronomis Indonesia ini adalah lahan yang subur. Seperti yang telah disinggung tadi, lahan yang subur akan memberikan peluang yang baik dalam sektor pertanian dan perkebunan.  Maka tidak heran, Indonesia adalah salah satu Negara yang bersifat agraris.

Keragaman Flora Dan Fauna

Letak astrnomis Indonesia berpengaruh pada keragaraman flora dan fauna. Sebagai contoh kamu bisa cari beberapa jenis tumbuhan atau hewan yang hidup di Negara ini. Begitu banyak keragaman yang dimiliki seperti orang utan, harimau, macan dan lain-lain.

Selain itu dapat dibuktikan dari beberapa daerah yang mempunyai keunggulan jenis hayati. Contohnya harimau sumatera dan lain-lain.

Hujan Tropis

hujan tropis dari dampak astronomis

Indonesia memiliki banyak sekali hujan tropis. Hal tersebut disebabkan oleh garis khatulistiwa yang melewati Negara ini. Sehingga menimbulkan hujan tropis. Keuntungan yang diperoleh dengan memiliki hujan tropis maka akan terbentuk hutan-hutan tropis. Maka tidak heran, Indonesia termasuk kedalam penyumbang oksigen terbesar di dunia.

Curah Hujan Tinggi

Sebagai Negara yang memilliki iklim tropis, maka Indonesia mempunyai curah hujan yang tinggi. Banyak sekali contohnya yang dapat kita temui. Seperti daerah bogor yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi dibandingkan daerah lainnya.

Dari sisi keuntungan yang dapat dirasakannya adalah tanah menjadi subur. Sehingga tanaman apapun tidak sulit untuk ditanam.

DAMPAK LETAK ASTRONOMIS INDONESIA

dampak astronomis indonesia

Garis khatulistiwa yang dimiliki Indonesia berpengaruh terhadap kondisi hayati dan efek lain. Lokasi astronomis Indonesia di tandakan dengan beberapa garis diantaranya bujur barat dan timur dan garis lintang utara dan selatan.

Garis-garis tersebut diberikan nama imajiner. Yaitu sebuah ilmu astrologi  yang menyebutkannya. Garis imajiner adalah penentu dari lokasi sebuah pulau. Secara pemahaman yang sederhana, garis lintang semakin ke utara atau selatan maka cuaca cenderung dingin. Namun jika suatu daerah berada di tenah garis lintang, maka lokasi tersebut akan beriklim tropis.

Pengaruh yang diberikan karena letak astronomis sangatlah besar. Sehingga hal itu memberikan suatu dampak yang positif dan negatif. Keuntungan yang akan diperoleh adalah dampak positif sedangkan dampak negatif akan memberikan kerugian yang harus diselesaikan.

Selain dari letak astronomis yang memberikan pengaruh, ternyata garis bujur juga dapat berpengaruh. Garis yang dikenal dengan patokan awal waktu di seluruh belahan dunia. Lokasi garis bujur terletak di Greenwich, Inggris. daerah tersebut memiliki titik 0o .

Kembali lagi pada bahasan mengenai beberapa dampak astronomis di Indonesia. Pengaruh positifnya adalah :

Aktifitas Perdagangan Tinggi

Kegiatan dagang yang terjadi di Indonesia sangatlah tinggi. Hal ini dikarenakan Indonesia mempunyai daerah yang luas, dekat dengan laut, kepulauan yang banyak serta terdapat samudera. Faktor tersebut mengakibatkan timbulnya aktifitas perdagangan yang tinggi.

Sebagian orang sering menyebutnya dengan istilah Cross position. Bahwa Indonesia terletak di daerah yang strategis.

Budaya, Seni Dan Agama Yang Beragam

tari monyet budaya indonesia

Cross position atau persilangan suatu Negara yang dimiliki oleh Indonesia sangat berperan besar dalam beberapa aspek.

Salah satu contohnya adalah keragaman pada budaya, agama dan seni. Maka dari itu sudah tidak asing lagi di beberapa daerah di Indonesia terdapat banyak tradisi atau perbedaan agama.

Waktu Siang Dan Malam Sama

Negara Indonesia bebeda dengan daerah lain seperti Amerika atau Eropa. Perbedaan ini terletak dalam pembagian waktu yang sama antara siang dan malam. Pada malam hari, Indonesia memiliki 12 jam. Dan itupun sama halnya dengan siang yang mempunyai 12 jam.

Penyebab dari hal tersebut salah satunya adalah iklim tropis yang dimiliki oleh Indonesia.

Baca Juga : Dampak Pembagian Waktu Yang Terdapat di Indonesia

Memiliki Suhu Yang Normal

Seperti yang kita tahu Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan.

Faktor musim menjadi pengaruh yang konstan terhadap suhu di Indonesia. Ketika musim kemarau dan hujan tiba, suhu yang dirasakan tidak se-eksrtrim  yang ada di Negara lain.

Kekayaan Flora Dan Fauna

kekayaan fauna indonesia

Indonesia memiliki pertumbuhan flora dan fauna yang begitu baik dibandingkan dengan Negara lain. Hal ini terbukti, bahwa ekosistemnya sangat seimbang. Didorong oleh beberapa faktor positif seperti intensitas hujan yang tinggi dengan sinar matahari yang terbilang pas.

Sinar Matahari

Tumbuhan yang berfotosintesis tentunya memerlukan kuantitas sinar matahari. Intensitas caya yang meyinari Negara ini terbilang cukup konstan.

Artinya faktor yang menjadi penyebab terjadinya kergaman tumbuhan dikarenakan sinar matahari yang selalu ada sepanjang tahunnya.

Maka dari itu, kita patut bersyukur berada di Negara yang memiliki letak astronomis yang baik.

Tanah Yang Subur

Dibandingkan Negara lain, Indonesia mempunyai struktur dan kandungan tanah yang sangat subur. Ibaratnta, tanaman apapun bisa tumbuh secara cepat di Negara ini.

Tidak heran, banyak tanaman yang beragam ditemukan di Negara ini. Karena letak astronomis Indonesia yang cukup strategis, membuat kandungan tanahnya menjadi subur.

Paru-Paru Dunia

astronomis indonesia sebagai paru paru dunia

Indonesia adalah Negara yang termasuk tropis. Negara yang dijuluki paru-paru dunia ini, mempunyai kondisi cuaca, tanah, iklim dan keragaman hayati yang baik.

Sebagai negar tropis, maka Indonesia mempunyai curah hujan yang tinggi. Hal ini dikarenakan letak astronomis Indonesia yang  strategis. Sehingga banyak manfaat yang bisa dirasakannya.

Itulah beberapa hal positif terkait dampak dari letak astronomis Indonesia.  Selanjutnya apa saja dampak negatifnya?

Berikut ini beberapa dampak negatif dari letak astronomis Indonesia.

Perdagangan Illegal

Indonesia adalah Negara yang mempunyai kepulauan yang tinggi, lautan yang luas serta keragaman hayati. Maka tak heran aktifitas perdagangan sangat banyak.

Banyak pedagang manca Negara yang berdatangan ke Indonesia. Disisi lain, banyak pula pedagang yang melakukan kegiatan illegal seperti penjualan barang tanpa bea cukai.

Inilah salah satu dampak negatif yang disebabkan oleh letak astronomis Indonesia.

Timbul Banyak Penyakit

Resiko yang dimiliki oleh Negara yang beriklim tropis salah satunya timbul penyakit. Penyakit yang sering kita temui seperti flu, batuk atau deman adalah salah satu dari dampak negatifnya.

Letak astronomis Indonesia berpengaruh terhadap cuaca yang menimbulkan penyakit-penyakit itu.

Anomali Suhu Panas

Banyak kejadian ekstrim yang bisa dijumpai di Indonesia. Salah satunya adalah cuaca panas yang disebabkan kemarau panjang.

Hal tersebut menjadi dampak negative yang disebabkan oleh letak astronomis Indonesia. Memiliki anomali suhu yang tidak biasa merupakan ciri dari Negara tropis juga.

Badai tropis

Amukan angin yang dapat merusakkan benda disekitarnya dan berterbangan adalah salah satunya badai tropis. Badai ini termasuk kedalam salah satu dampak negative dari Negara yang memiliki cuaca tropis.

Meski secara klimatologis Indonesia tidak termasuk kedalam Negara yang terkena badai tropis. Namun, tak jarang musibah ini terjadi di wilayah Indonesia.

Rawan banjir

Negara kita mempunyai curah hujan yang cukup tinggi. Banyak daerah-daerah yang sering dijumpai dengan intensitas hujan lebat. Contohnya seperti Bogor.

Kondisi curah hujan ini, sering kali mengakibatkan banjir yang biasa sampai luar biasa terjadi di kota-kota yang berdataran rendah. Hal ini adalah salah satu dampak yang dirasakan dari letak astronomis Indonesia.

Itulah beberapa dampak positif dan ngatif dari letak astronomis yang dimiliki Negara Indonesia.

LETAK ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS INDONESIA

letak geografis indonesia

Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia terletak pada daerah yang strategis di dunia. Negara ini diapit oleh dua benua dan samudera. Dua benua tersebut adalah Asia dan Australia. Sedangkan samuderanya adalah samudera Pasifik dan Hindia. Dari letak geografisnya maka akan memberikan sebuah dampak.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Dalam hal ini, samudera yang mengapit Indonesia mempunyai pengaruh positif. Dampak baik tersebut adalah mempunyai dua musim, beriklim tropis dan curah hujan yang tinggi. Dengan memiliki iklim yang tropis, maka tentu keragaman hayati akan terbentuk. Tidak hanya itu, hal ini berpengaruh pada hal lain.

Hal tersebut ialah keragaman yang dimiliki dari agama, budaya, bahasa dan  seni. Banyak sekali kita temukan contoh yang bisa di lihat sebagai bukti nyata bahwa Indonesia memiliki ragam tersebut. Seperti pakaian adat aceh, padang, lampung, sunda, jawa tengah, jawa timur, Sulawesi, Kalimantan, Irian jaya dan lain-lain. Semua itu adalah bukti dari dampak positif letak geografis Indonesia.

Demikian bahasan mengenai letak astronomis Indonesia yang bisa saya sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan membuat kita semakin bersyukur tinggal di Negara ini. Terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: