39

10 Jenis Mesin Jahit Dari Yang Klasik Sampai Modern (Wajib Baca)

Pada zaman dahulu, mesin jahit yang dikenal adalah tipe yang manual atau klasik. Namun, dengan diiringi perkembangan zaman yang terus maju, maka muncul banyak sekali macam macam mesin jahit modern. Yaitu yang dimulai dari mesin jahit listrik jarum satu, mesin jahit listrik dengan jarum dua hingga kepada mesin jahit komputer.

Pendaluhuan Mengenai Mesin Jahit

sejarah mesin jahit

Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin terjun ke dalam bisnis konveksi atau dalam dunia jahit menjahit maka Anda perlu untuk mengetahui macam – macam mesin jahit. Dengan banyak macam mesin jahit yang muncul tentu akan menambah mudah para penggunanya dalam menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jika dilihat dari cara mengoperasikan, macam – macam mesin jahit ada tiga. Diantaranya adalah mesin jahit manual yang hanya bisa digunakan untuk menjahit jahitan rantai.

Fungsi lainnya juga mengharuskan penggunanya untuk bisa melakukan jahitan kunci dengan menjahit dua benang sejajar dari jarum atas dan juga kumparan yang dibawahnya.

Lalu ada mesin jahit listrik yang memiliki motor sebagai penggeraknya dengan bantuan tenaga listrik. Dengan menggunakan mesin jahit listrik, anda tidak perlu melakukan push dan pull seperti pada saat menjahit pada mesin jahit manual.

Kemudian yang terakhir ada mesin jahit komputer yang merupakan mesin jahit paling canggih dari semua macam mesin jahit yang ada pada saat ini.

Jika tadi sudah membicarakan jenis – jenis mesin jahit berdasarkan pengoperasiannya. Berikut ini merupakan macam – macam mesin jahit berdasarkan fungsinya dan kegunaannya :

Mesin Jahit Jarum Satu Dan Dua

mesin satu dan dua jarum

Jenis mesin jahit yang pertama yaitu mesin jahit jarum satu dan dua. Mesin jahit ini menggunakan tipe DB x 1 untuk tipe jarum satu dan DP x 5 untuk jarum tipe dua.

Kecepatan dari mesin jarum satu dan dua ini masing – masing adalah 4000 sti / min atau setara dengan 4000 – 5500 jpm dan untuk yang dua jarum kecepatannya 2000 rpm atau setara dengan 3500 jpm ke atas.

Mesin jahit jarum satu dapat menjahit dengan tipe jeratan kunci pada semua jenis pakaian dengan jenis kain yang tipis, sedang dan tebal. Sedangkan untuk jarum dua dapat menjahit semua jenis kan.

Mesin Jahit Lockstitch High Speed Satu Jarum

Mesin jahit lockstitch high speed satu jarum dilengkapi dengan pisau pemotong tepi. Dengan menggunakan tipe jarum DB x 5 ini mesin jahit dapat menempuh kecepatan hingga 4500 jpm ke atas.

Jenis yang satu ini dapat menjahit bagian kerah, kaki kerah, dan komponen – komponen lainnya sekaligus dapat digunakan untuk merapikan tepian dengan menggunakan pisau pemotong yang tersedia pada mesin jahit ini.

Mesin Jahit Lockstitch

meisn jahit modern

Source: id.kisspng.com

Mesin jahit lockstitch dengan pemotong benang otomatis dan pendeteksi tepi kain ini menggunakan tipe jarum DB x 1 dan kecepatannya dapat menempuh kurang lebih sekitar 4000 jpm atau 3000 rpm.

Tipe Lockstitch dapat menjahit beberapa komponen seperti pasang kantong, kerah, manset, dan lain – lain yang memerlukan sebuah ketelitian yang tinggi.

Tipe ini juga sangat bagus karena memiliki program penyimpanan, program langkah, dan juga jumlah jeratan. Harganya dari mesin ini masih terbilang terjangkau.

Mesin Jahit Pasang Ban Pinggang

Mesin jahit pasang ban pinggang menggunakan tipe jarum DV x 57 dan kecepatannya kurang lebih 5000 rpm dan memiliki 2 hingga 4 jarum.

Jenis ban pinggang mampu memasang ban pinggang yang ada pada celana, dan cara untuk memasangnya juga cukup mudah. Seperti pada celana jeans, celana santai, dan lain – lain.

Mesin Jahit Bordir

mesin jahit border

Source: mesin-bordir.com

Penjelasannya mengenai mesin jahit bordir ini menggunakan tipe jarum DP x 5 dan juga DP x 17 serta memiliki kecepatan kurang lebih 2800 sti / min.

Mesin ini dapat membuat jahitan bordir untuk label dengan ukuran yang beragam seperti pada model produk dengan ukuran x = 220 mm, y = 100 mm.

Jenis yang ini juga dapat membuat jahitan emblem atau ornament yang ada pada pakaian. Tipe alat bordir ini masuk ke dalam kategori mesin jahit berdasarkan pengoperasiannya.

Mesin Jahit Jeratan Buta

Jenis untuk jeratan buta memiliki tipe jarum LW x 6T9 dan kecepatan yang dimiliki adalah 2500 rpm. Alat ini dapat menghasilkan jahitan sum dengan tipe kelas 103 pada jeratan rantai pada lipatan bawah seperti pada celana panjang, rok, beserta jenis – jenis lainnya.

Tidak hanya satu jenis kain saja, melainkan hamper disemua kriteria kain bias menggunakan alat ini.

Mesin Jahit Jeratan Rantai Ganda

jahit jeratan ganda

Source: confusionartwear.blogspot.com

Tipe yang diberikan nama jeratan rantai ganda memiliki tipe jarum TV x 7 atau TV x 5 menurut beberapa referensi yang lain dan kecepatannya kurang lebih ada 4500 rpm atau sekitar 5500 rpm.

Alat ini dapat menjahit pakaian yang memerlukan kekuatan tinggi untuk dapat menghasilkannya seperti pada celana jeans, kordorai, beludru, dan lain – lainnya.

Meisn Jahit Lubang Kancing

Mesin jahit lubang kancing ini menggunakan jarum tipe DP x 5 dan memiliki kecepatan 3600 rpm.

Alat yang satu ini  juga dilengkapi dengan pisau yang mampu membuat jahitan lubang kancing yang dapat disesuaikan dengan berbagai macam ukuran yaitu antara ukuran 6,4 mm hingga 38,1 mm. Untuk gambarnya dapat Anda lihat dibanyak referensi di internet.

Mesin Jahit Pasang Kancing

mesin lubang kancing

Source: Youtube

Kalau untuk jenis pasang kancing ini menggunakan tipe jarum TQ x 1 atau DP x 17 yang diambil dari beberapa referensi yang lain.

Alat yang satu ini digunakan untuk menjahit dan memasang kancing dengan jenis kancingnya yaitu shank button, wrapped around button, snap, metal button, label dan stay button.

Sealin itu juga terdapat berbagai jenis variasi ukuran serta lubang yang dimulai dari ukuran 10 mm hingga ukuran 28 mm. Mesin jahit ini cocok dibawa pada dunia industri. Tapi selalu harus anda ingat, bahwa cara menjahit baju atau pakaian lainnya juga mesti diperhatikan.

Mesin Jahit Obras

mesin jahit obras

Source: sekolahpintar.com

Jenis obras ini menggunakan jarum dengan jumlah sebanyak 1, 2, dan 3 yang dapat disesuaikan dengan keperluannya. Tipe jarum dari mesin jahit ini adalah DC x 27 dan kecepatan menjahitnya sebesar 7000 rpm.

Mesin ini dapat membuat jahitan dengan pengaman bahan dan termasuk ke dalam jenis mesin jahit yang sederhana.

Di atas adalah macam – macam mesin jahit yang dapat dibawa kemana – mana atau portable. Dengan berbagai macam alat jahit yang sudah anda ketahui, maka Anda dapat menentukan mesin jahit apa yang akan cocok dengan keperluan Anda saat ini.

Supaya dapat menghasilkan sesuatu yang dapat berguna dan bermanfaat bagi sekitar.  Serta dapat juga untuk kebutuhan bahan bisnis. Agar anda bisa mendapatkan pundi – pundi rupiah yang nantinya akan memberikan motivasi kepada Anda untuk membuat sesuatu yang lebih baik lagi.

Demikain artikel yang mambahas macam-macam mesin jahit yang bias saya tuliskan. Semoga dapat bermanfaat buat anda. Sekian dan terimakasih, salam pinter.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: