Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat alpukat untuk kesehatan diperoleh dari kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah alpukat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Alpukat memiliki lebih dari 25 jenis kandungan nutrisi pentig termasuk vitamin A, B, C, E, dan K, tembaga, besi, fosfor, magnesium, dan potasium. Alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit.

Berikut ini manfaat buah alpukat untuk kesehatan 

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan
Sumber : Pxhere

Manfaat alpukat untuk kesehatan jantung

Kandungan vitamin B6 dan asam folat pada buah alpukat bermanfaat mengatur kadar homocysteine dalam tubuh. Tingkat homocysteine yang tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Buah alpukat juga mengandung vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat alpukat untuk menurunkan kolesterol

Kandungan senyawa beta-sitosterol pada buah alpukat terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berdasarkan penelitian membuktikan pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang diberikkan alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki total 17 persen penurunan kadar kolesterol darah, penurunan 22 persen di kedua LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat HDL (kolesterol baik). Hal ini menunjukkan bahwa alpukat baik untuk penderita kolesterol tinggi

Manfaat alpukat untuk mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium pada buah alpukat bermanfaat mengrontrol tekanan darah.

Manfaat alpukat sebagai anti inflamasi

Senyawa phytonutrisi pada buah alpukat, seperti polifenol dan flavonoid memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degenerative.

Manfaat alpukat untuk kesehatan mata

Kandungan lutein karotenoid pada buah alpukat bermanfaat melindungi mata dari penyakit degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia

Manfaat alpukat untuk mengontrol gula darah

Penderita diabetes dapat memasukkan alpukat dalam daftar makanan yang baik dikonsumsi. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam buah alpukat dapat membalikkan resistensi insulin dan mengatur kadar gula dalam darah. Alpukat juga mengandung serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Manfaat alpukat untuk mencegah cacat lahir

Kandungan asam folat pada buah alpukat dapat mencegah terjadinya cacat lahir bagi wanita yang mengandung

Manfaat alpukat untuk mengurangi resiko stroke

Kandungan asam folat pada buah alpukat juga dapat melindungi seseorang dari serangan stroke. Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

Demikianlah beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh. Baca juga manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan rambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *