Manfaat Daun Belimbing Wuluh Untuk Darah Tinggi

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Darah Tinggi  – Selama ini penggunaan belimbing wuluh sebagai penyembuhan masih sangat jarang. Mungkin karena kurangnya pengetahuan umum tentang apa yang terkandung dalam tanaman ini. Biasanya belimbing hanya digunakan sebagai bumbu masakan dan diolah menjadi sambal.
Namun buah yang terkenal dengan keasamannya ini juga memiliki kelebihan sebagai tanaman herbal alami terutama untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Daun Belimbing Wuluh Untuk Darah Tinggi
Sumber : Plantnet

Bagian yang biasa digunakan adalah buah, batang, daun dan bunga. Tangkai belimbing mengandung saponin, tanin, glukosida, kalsium oksalat, belerang dan asam format. Daunnya mengandung tanin, belerang, asam format dan peroksida. Keasaman dikatakan tinggi vitamin C, sehingga mampu meredakan nyeri ulseratif, buah-buahan terutama digunakan dalam antihipertensi.

Secara umum, belimbing wuluh dapat digunakan dalam berbagai ramuan alami. Nagabanogoren sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat dalam penyembuhan hipertensi.

Cara meracik Belimbing Wuluh untuk darah tinggi.

Bahan-bahan yang diperlukan, 3 buah belimbing wuluh ukuran sedang.

Cara Meracik :

  • Bilas belimbing dengan air bersih dan potong kecil-kecil. Lalu tambahkan 3 gelas air untuk merebus dan sisa kan kurang lebih satu gelas.
    Setelah dingin, saring airnya setelah sarapan dan sebelum diminum.
  • Siapkan 3 buah belimbing wuluh cuci bersih dan 25 gr srigading kering.  Tempatkan dalam panci berisi 4 gelas air dan didihkan dengan belimbing wuluh. Biarkan dingin lalu saring sebelum diminum. Cukup minum segelas sehari.
  • Parutan belimbing wuluh di peras untuk diambil airnya dan diminum sehari sekali.

Catatan: Penderita hipertensi yang memiliki kristal oksalat dalam urinnya disarankan untuk tidak menggunakan resep ini karena mengandung asam oksalat. Pasien hipertensi dengan gangguan lambung seperti maag juga tidak dianjurkan untuk menggunakan resep ini karena keasamannya. Anda bisa mengganti belimbing wuluh dengan buah belimbing manis.

Selain untuk Penyembuhan Darah Tinggi, berikut beberapa manfaat dan Khasiat Belimbing wuluh beserta cara meracik :

  1. Nyeri Pegel Linu :

Giling halus segenggam daun belimbing wuluh muda 10 lbr dan 15 butir merica, lalu tambahkan cuka secukupnya.
Silakan labur di tempat yang sakit.

  1. Gondongan:

Setelah dicuci dan digiling halus 10 ranting muda belimbing wuluh beserta daunnya dan 4 buah bawang merah. kemudian oleskan di area gondongan.

  1. Batuk pada anak.

Segenggam bunga belimbing wuluh, gula dan secangkir air dikukus selama beberapa jam. Setelah dingin lalu saring dan  dibagi menjadi dua dosis pada pagi dan sore hari saat perut masih kosong.

  1. Batuk Orang Dewasa:

25 bunga belimbing wuluh, 1 rimpang temu giring, 1 kulit kayu manis, 1 rimpang kencur, 2 bawang merah, 1/4 pegagan, 1/4 daun saga, 1/daun inggu, 1/4 genggam daun sendok diperas dan cuci, potong-potong secukupnya dan rebus dalam 5 gelas air bersih hingga tersisa 21/4 gelas. Setelah dingin dan disaring, tambahkan madu sesuai selera

  1. Batuk rejan:

Cuci bersih belimbing wuluh, giling halus, uleni dengan 2 sendok makan air garam, lalu saring. Minum dan lakukan dua kali sehari.

  1. Rematik :

Cuci 100 gram daun belimbing wuluh muda, 10 cengkeh dan 15 merica, giling halus dan tambahkan cuka secukupnya hingga menjadi adonan seperti bubur. lalu Oleskan ke bagian yang sakit.

  1. Sariawan:

Bunga belimbing segengarn, gula merah, dan rebus 1 gelas air hingga kental. Setelah dingin dan disaring, digunakan untuk membersihkan radang mulut dan mengisi rasa sakit sariawan.

Cuci 2/3 genggam bunga belimbing wuluh lalu rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2  1/4 gelas.
Setelah dingin disaring dan diminum, 3/4 gelas 3 kali sehari.

  1. Jerawat:

Setelah cuci bersih belimbing wuluh, tumbuk halus dan uleni dengan air garam lalu usapkan pada wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari.

Giling halus buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang lalu campurkan dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Ramuan ini digunakan untuk menggosok dan menghaluskan wajah yang berjerawat.
Lakukan 2-3 kali sehari.

  1. Panu

Cuci 10 buah belimbing wuluh, giling halus, tambahkan kapur sirih biji asam jawa dan uleni hingga kalis. Ramuan ini digunakan untuk menggosok kulit yang terkena panu. Lakukan dua kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *