3
102

√ 11+ Manfaat Daun Salam Sebagai Obat Alami

Salam pinter. Buat anda yang pernah nyoba beberapa masakan seperti soto, sayur asem atau liwet sunda, pasti tahu daun salam? Ternyata, manfaat daun salam dapat digunakan sebagai penyembuhan secara alami.

Selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, ternyata bisa dipakai untuk jamu alternatif. Banyak gejala yang bisa disembuhkan seperti hipertensi, asam urat dan kolestreol.

Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai khasiat daun salam sampai pengolahanya. Selamat membaca.

Mengenal Tanaman Daun Salam

Manfaat Daun Salam

Source: veggieex.com

Daun salam adalah bagian dari pohon yang banyak digunakan sebagai bumbu untuk masakan. Di Inggris banyak yang menyebut dengan istilah Indonesian laurel atau Indonesia bay-leaf.

Selain berguna sebagai bahan dasar bumbu masakan, daun salam juga mempunyai manfaat lain dari sisi kesehatan. Nama ilmiah daun ini adalah Syzgium polyanthum.

Sebelum membahas manfaat daun salam yang terkandung, ada baiknya anda mengetahui bentuk dari pohon salam ini. Kulit batang dari pohon salam berwarna coklat keabu-abuan dan memecah. Tinggi pohon ini dapat mencapai 30 meter.

Pada setiap daerah, sebutan untuk tanaman ini beragam. Untuk daerah sumatera, masyarakat menebutnya meselengan. Orang jawa menyebutnya manting. Jika daerah Sunda dan Madura tetap menyebutnya salam. Berbeda dengan melayu, mereka menyebutnya ubar serai.

Tanaman ini tersebar banyak di daerah Asia Tenggara, antara lain Jawa, Sumatera, Thailand, Burma, Indocina, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Perlu diketahui, tanaman ini bersifat liar. Artinya banyak pohon salam yang tidak sengaja ditanam.

Jenis Daun Salam

Manfaat Daun Salam

Source: tastingtable.com

Pohon salam juga memiliki beragam jenisnya. Berikut ini beberapa macam daun salam yang ada di Indonesia.

Daun koja

Jenis ini memiliki ciri warna hijau sediit gelap dengan ukurannya yang kecil serta berstuktur tidak terlalu keras. Salam koja ini sering dijadikan dalam masakan kari, karena sesuai dengan sebutan lainnya yaitu daun kari (curry leaf).

Manfaat dari daun salam yang memiliki kandungan seperti flavonoid, saponim dan tannin yang berfungsi sebagai anti intflamasi dna antibiotik. Tanaman yang satu ini lebih cocok pada daerah yang bersuhu dingin sampai pertengahan.

Selain iu nama latin yang dimilikinya berbeda dengan yang lain, yaitu Muraya koenigii.

Daun salam liar

Jika dibandingkan daun salam yang dibudidayakan tentu akan berbeda dengan jenis yang satu ini. Salam liar memiliki warna daun yang lebih gelap serta mempunyai bau yang sangat menyengat.

Daun salam jenis bay leaf 

Jenis yang satu ini adalah yang sering digunakan untuk bahan penyedap pada makanan. Daun ini banyak digunakan sebagai pengharum pada masakan. Karena kandungan yang memiliki aroma yang khas dipancarkan oleh daun salam ini.

Daun ini dapat dicampurkan kedalam masakan, baik dalam keadaan kering atau utuh itu tidak masalah.

Senyawa Yang Terkandung

kandungan dalam daun salam

Tentunya yang menjadikan daun salam ini berguna untuk kesehatan yaitu terkandung beberapa senyawa yang baik.

Banyak sekali zat yang terkandung didalam daun ini. Berikut ini akan disajikan senyawa yang ada pada daun salam.

Zat Jumlah
Kolestrol

Karbohidrat

Protein

Serat

Kalori

Lemak jenuh

Lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh ganda

Lemak total

Vitamin A

Vitamin B12

Vitamin B6

Vitamin C

Vitamin D

Kalsium

Kalium

Magnesium

Zat besi

0 mg

75 g

8 g

26 g

2.3 g

2.3 g

1.6 g

2.3 g

8 g

6.185 IU

0 µg

1.7 mg

46.5 mg

0 IU

834 mg

529 mg

120 mg

43 mg

Itulah kandungan yang terdapat pada daun salam dalam 100 gram. Selain itu masih ada beberapa kandungan lainnya seperti komponen aktif yang berkhasiat sebagai antiseptik.

Ada juga asam laurat dan beberapa komponen minyak essensial yang terkandung didalam daun salam.

Zat gizi dan komponen lainnya itulah yang memberikan efek positif sebagai obat alami.

Khasiat Untuk Beberapa Penyakit

Pada bagian inti ini akan dibahas kegunaan daun salam untuk beberpa gejala. Kandungan yang sudah dijelaskan tadi yang akan memberikan pengaruh untuk meredakan sampai menghilangkan beberapa penyakit.

Gejala yang dapat diobati menggunakan daun salam diantaranya asam urat, diabetes, menstruasi, kanker, darah tinggi dan bisa menurunkan berat badan.

Asam urat

daun salam untuk asam urat

Penelitian membuktikan bahwa beberapa tanaman pekarangan yang tumbuh mempunyai khasiat. Salah satunya daun salam yang mempunyai penyembuhan alami untuk asam urat.

Karena selain bisa dijadikan bumbu dapur, ternyata manfaat daun salam juga bisa untuk mengobati gejala asam urat.

Banyak orang yang mengeluhkan sakit pada bagian-bagian sendi seperti jari tangan, jari kaki, pegelangan kaki, dan lutut adalah gejala dari asam urat. Rasa nyeri yang parah akan terjadi ketika asam urat ini sudah menumpuk dan terbentuk Kristal pada sendi tersebut.

Ciri-ciri lain seseorang mengalami asam urat adalah :

  1. Timbul rasa sakit saat menjelang malam hari
  2. Adanya bengkak pada bagian tubuh
  3. Rasa nyeri dan panas yang tidak bisa ditahan dari bengkak
  4. Mulai adanya warna kemerahan pada kulit
  5. Pada kulit, muncul ruam yang dibarengi rasa nyeri

Untuk mengatasi asam urat tersebut, kandungan yang ada dalam daun salam akan mengobati secara alami. Beberapa zat yaitu fitonutrien pada daun salam berkhasiat menyembuhkan asam urat.

Tentu saja pengobatan dengan daun salam ini tidak akan langsung bisa sembuh, seiring dengan penggunaan yang perlahan, maka asam urat anda akan menghilang.

Selain itu anda perlu dibarengi cek up dan pengobatan lain yang teratur supaya penyembuhan benar-benar cepat dan mujarab. Saran saya jagan sampai asam urat anda dibiarkan dan nantinya terjadi kerusakan pada sendi dan berujung cacat.

Diabetes

daun salam mengobati lolesterol

Seperti yang sebagian orang ketahui, mengidap penyakit diabetes sangatlah mengganggu aktifitas anda sehari-hari. Gejala ini muncul dari gangguan bagian pancreas dan resistensi insulin yang mengakibatkan kondisi glukosa anda terganggu.

Kompilkasi yang sangat berat bisa dialami penderita jika tidak cepat diatasi dengan benar dan teratur.

Tanaman yang mempunyai nama latin Syzygium polyanthum bisa menjadi andalan pengobatan diabetes. Karena kandungan yang dapat meningkatkan fungsi insulin akan menjadikan obat yang mujarab untuk gejala diabetes.

Daun salam pada dasarnya dapat menurunkan jenis diabetes keturunan atau melitus. Dengan memanfaatkan zat anti oksidan dan eugnol dapat menurunan inflamasi/peradangan. Kandungan ini juga dapat mengurangi kadar kolestrol di dalam darah.

Selain itu daun salam berguna untuk menambah kinerja insulin sehingga kadar glukosa dalam darah dapat terkontrol.

Menstruasi

Sebagian besar perempuan pasti mengetahui perhitungan ini. PMS  terjadi sebelum haid yaitu sekitar satu sampai dua minggu. Gejala yang menyebabkan gangguan pada emosional maupun fisik ini  mengganggu sekali.

Penggunaan daun salam akan membantu merangsang menstruasi yang normal dan teratur.  Sehingga PMS yang dirasakan seseorang sebelum masa haid tiba akan teratasi.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun salam akan mengatasi hal tersebut dan membantu lancarnya menstruasi yang baik.

Cukup dengan meminum olahan daun salam, khasiat yang diberikan pada menstruasi yang tidak teratur, akan berubah kembali menjadi normal. Selain itu khasiat daun salah bisa mengatasi keputihan juga.

Daun salam dapat mengatasi kanker

Siaa yang menyangka daun salam juga bisa mengatasi gejala kanker. Seperti yang telah diteliti, daun salam bisa membantu mengobati kanker. Dengan mengekstrak daun tersebut, kandungan didalamnya akan mencegah dan mengobati kanker, seperti kanker payudara.

Untuk membuktikannya lebih dalam, perlu adanya  penelitian lanjutan dalam kasus ini. Akan tetapi sudah dipastikan daun salam mengandung khasiat untuk mengobati kanker.

Bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi

daun salam mengatasi darah tinggi

Bagi anda yang mempunyai penyakit darah tinggi, salah satu untuk mengobatinya adalah daun salam ini. Daun yang sering dijadikan bumbu masak ini mempunyai khasiat untuk menurunkan gejala tekanan darah tinggi.

Gejala ini pada umumnya tidak dapat dirasakan langsung oleh seseorang. Padahal hal ini harus diperhatikan dengan serius karena akan bersifat fatal nantinya.

Sekitar 30 persen warga Amerika sudah terkena gejala darah tinggi atau hipertensi. Perlu anda tahu, penyakit yang satu ini jika sudah parah akan berpotensi negative bagi tubuh anda seperti stroke, penyakit ginjal sampai dengan jantung.

Kandungan di dalam daun salam yaitu flavonoid akan membantu menrunkan hipertensi. Sebab, senyawa ini memiliki kemampuan untuk mencegah oksidasi didalam tubuh.

Dengan memanfaatkan daun salam ini, tentunya orang yang sudah terkena gejala darah tinggi dapat sembuh. Namun bagi anda juga, jika ada indikasi kecil dengan gejala hipertensi sebaiknya cepat mengobatinya dengan daun salam.

Manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan

Bagi anda yang sudah terlanjur berbadan lumayan besar, pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan melakukan diet perlahan-lahan. Disini, ternyata daun salam juga dapat digunakan untuk menurunkan kalori.

“Baca juga: 50 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat”

Mungkin bagi anda yang sangat senang atau menjadi hobi makan tapi takut gemuk, mulai sekarang bisa anda tambahkan daun salam kedalam makanan anda. Karena perlu diketahui daun ini berguna untuk mengurangi kadar kalori dan kolestrolnya. Hal lain yang bisa anda coba yaitu dengan meminum rebusan daun salam.

Manfaat Daun Salam Untuk Penyedap Masakan

daun salam untuk masakan

Banyak sekali makanan yang berbumbu daun salam. Mungkin dikalangan para koki daun ini sudah tidak asing lagi.

Ternyata kandungan yang ada pada daun salam akan meningkatkan aroma pada makanan. Namun ada juga orang yang memanfaatkan daun ini untuk mempercantik pada makanan.

Daun salam yang digunakan untuk beberapa tambah pada bumbu makanan sebaiknya yang masih muda. Berikut contoh makanan yang menggunakan daun ini :

  1. Sayur asem
  2. Rawon
  3. Soto
  4. Rendang
  5. Tumisan
  6. Nasi liwet

Perlu anda perhatikan juga jika ingin daun salam tidak cepat kering, simpan lah di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Karena daun ini memiliki sifat mudah kehilangan kelembapannya. Maka sebaiknya simpanlah di kulkas.

Cara Mengolah Daun Salam Untuk Beberapa Gejala

olahan daun salam

Pada bagian ini akan dibahas tentang bagaimana cara mengolah daun salam pada beberapa gejala seperti hipertensi atau darah tinggi, kolesterol dan asam urat.

Asam urat

Sediakan bahan-bahan dibawah ini :

  • 6 lembar daun salam yang segar
  • 1 sendok makan madu
  • ¼ lemon
  • 1 belimbing segar
  • 200 ml air mineral
  • Es batu secukupnya

Disini akan dibuat olahan jus daun salam untuk asam urat :

  • Daun salam yang segar tadi direbus dengan 100 ml air bersih. Kemudian tunggu sampai mendidih, segera ambil air rebusan tersebut, dinginkan.
  • Buah lemon di peras dan dicampurkan dengan 100 ml air mineral bersih.
  • Selanjutnya, masukan air lemon dengan belimbing ke dalam blender. Nyalakan blender dan haluskan.
  • Tambahkan madu, es dan air rebusan daun salam tadi, haluskan kembali.
  • Jus siap untuk di minum.

Kolesterol

Bahan :

  • 5 lembar daun salam yang segar
  • 1 sdm madu
  • 1 buah alpukat segar
  • 1 gelas air mineral
  • Es batu

Cara membuatnya:

  • Dengan merebus daun salam segar bersama satu gelas air mineral. Rebuslah, sampai air yang tersisa tinggal ½ lagi. Setelah itu dinginkan
  • Lalu masukan buah alpukat dan air rebusan daun salam tadi menjadi satu dalam blender. Kemudian haluskan.
  • Tambahkan es batu secukupnya dan madu. Haluskan kembali.
  • Jus sudah bisa dikonsumsi.

Hipertensi / Darah tinggi

Bahan-bahan :

  • 40 gram daun salam
  • Air 800 cc

Cara mengolahnya sangat sederhana, cukup dengan merebus kedua bahan tersebut. Tunggu sampai air tersisa setengahnya yaitu 400 cc. Lalu air rebusan diambil dan didinginkan.

Baru setelah itu anda minum 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore, sampai gejala darah tinggi anda membaik. Lakukanlah dengan teratur dengan disertai juga cek up.

Demikianlah artikel mengenai manfaat daun salam ini bisa saya tulis. Semoga dapat berguna buat anda, dan tetaplah menjaga kesehatan anda. Demikian, terimakasih.

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: