Mengenal Bonsai Serut

Mengenal Bonsai Serut. Seni dapat berasal dari inspirasi yang berbeda, salah satunya adalah ide untuk membentuk tanaman sedemikian rupa menjadi sebuah karya yang disebut bonsai. Tumbuhan menjadi sesuatu dengan cara merawatnya dengan teknik tertentu sehingga menjadi lebih unik dan indah.
Bahkan dari hobi yang tidak sabaran memanipulasi tanaman menjadi kurcaci, seringkali mendatangkan keuntungan besar. Salah satunya adalah bonsai serut yang populer menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman bonsai.

Apa itu bonsai?

Mengenal Bonsai Serut
Sumber : Flickr



Bonsai adalah hasil perpaduan seni dan tanaman. Teknik ini dilakukan dengan membuat tanaman yang ditanam dalam pot menjadi kerdil dan menonjolkan keindahannya.

Seni bonsai memang identik dengan hobi orang-orang tua di Jepang, namun asal mula seni botani ini bukan berasal dari negara tersebut. Seni bonsai sebenarnya berasal dari Cina pada tahun 220 Masehi.

Oleh masyarakat Cina, bonsai telah dikenal sebagai Pinging sejak Dinasti Tang. Kesenian ini awalnya berawal dari kebiasaan dukun saling mengirim tanaman dalam pot.

Dari saling mengirim tanaman ini, muncul ide bagaimana membuat bonsai agar terlihat lebih indah. Saat itu bonsai dibuat dengan meniru bentuk atau simbol hewan tertentu. Setelah itu, popularitas tanaman bonsai terus meningkat dan menyebar ke negara lain, termasuk Jepang, yang menjadi bonsai ciuman di dunia.

Di Jepang, seni mengerdilkan tanaman ini berkembang pada zaman Kamakura dan terbatas pada kaum bangsawan. Oleh orang Jepang, istilah ping diubah menjadi bunki yang berarti miniatur tanaman.

Seni botani ini menjadi lebih populer hingga zaman Edo, karena hampir semua orang Jepang bahkan membudidayakan tanaman dengan cara ini.
Istilah bonsai mulai digunakan di era Meiji pada abad ke-19 sebagai bonsai.

Istilah ini berasal dari kombinasi bon (pengucapan Jepang pena) yang berarti pot dangkal dan sai (pengucapan Jepang zai) yang berarti menanam, dan dengan demikian berarti menanam di pot dangkal.

Pohon bonsai sarat dengan nilai hidup dan mati karena nilai sakral di dalamnya.

Berikut beberapa syarat tanaman yang bisa dijadikan bonsai:

• Bagi menjadi dua atau rebusan
• Bentuk yang unik
• Tahan perlakuan khusus
• Tanaman tahunan
• Miniatur atau elf

Dari kriteria tersebut, pohon bonsai merupakan salah satu pohon yang populer digunakan sebagai pohon bonsai atau Streblus asper.
Mengenal pohon serut

Serut adalah salah satu tanaman bonsai favorit saya. Tanaman berkayu ini memiliki keunikan pada bentuk batang dan daunnya yang eksotik dan mudah dibentuk.

Selain itu, ketahanannya terhadap perawatan pembuatan bonsai juga sangat baik. Beberapa bahkan menganggap tanaman ini memiliki nilai gaib, misalnya untuk menangkal santet dan dianggap sebagai pohon keberuntungan.

Pohon cincin tersebar di seluruh Asia, mulai dari Bhutan, Kamboja, India, Laos, Malaysia, Nepal, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Tumbuhan ini tumbuh di Indonesia di pulau Sumatera, Jawa, Madura, Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil dan Maluku di dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Bagi pecinta tanaman hias, bonsai dari pohon serut menjadi primadona. Selain bahan bonsai, pohon ini telah digunakan sejak lama, yaitu sebagai bahan daun dalam banyak teks kuno Thailand. Bahkan tanaman ini juga baik untuk kesehatan untuk mengobati kusta, diare, sakit gigi, demam dan kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *