Mengenal Rahmad Shigeru Ono Pejuang RI Asal Jepang

Mengenal Rahmad Shigeru Ono Pejuang RI Asal Jepang – “Mayor (Punawirawan) Rahmad Shigeru Ono adalah salah satu tentara Jepang yang berpihak dan bergabung dengan pejuang kemerdekaan RI”

Mengenal Rahmad Shigeru Ono Pejuang RI Asal Jepang
Sumber : Wikimedia Commons

Mayor (Purn) Rahmat Shigeru Ono (26 September 1918 – 25 Agustus 2014) adalah seorang tentara Jepang yang membelot ke Indonesia. Ketika Sekutu mengalahkan Jepang, Shigeru Ono menjadi salah satu kekuatan yang menolak untuk kembali ke Jepang dan memilih bergabung dengan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan, dan mereka dikenal sebagai komando elit Pasukan Gerilya Khusus (PGI) di bawah komando Ontung Surabaya. pasukan.

Sebelum tangan kirinya terputus oleh ledakan peluncur granat, Ono dikenal ahli dalam menggunakan katana, sekali hanya menggunakan katana, Ono dan seorang prajurit lainnya berhasil membantai 20 atau lebih tentara Belanda yang hendak disergap. mereka. Pasukan ini menyerang posisi Belanda di Pajajaran, Malang dan melatih pasukan tentara Indonesia di kaki Gunung Semeru.

Setelah pengakuan kedaulatan, pada Juli 1950, Ono menikahi Drexit. Anak pertama mereka lahir pada 24 Juni 1951 dan diberi nama Totik. Namun, pada tahun 1952 ketika Konsul Jenderal Jepang di Surabaya memanggil Ono, dia bisa berkomunikasi dengan ibunya. Padahal sebelumnya, setelah memutuskan untuk bergabung dengan Indonesia, Ono mengirimkan surat yang mengatakan bahwa ia telah meninggal. Oleh ibunya, ia diminta untuk mengganti nama anaknya menjadi Atsuko.

Pada tahun yang sama, Ono memperoleh warga negara Indonesia. Sayangnya, istrinya meninggal karena kanker pada tahun 1982. Kisah hidupnya diceritakan dalam sebuah buku berjudul Mereka yang Terlupakan: Memoirs of Mercy Shigeru Ono, Mantan Prajurit Angkatan Darat Jepang oleh penulis Eichi Hayashi. Dia memiliki 4 anak, 10 cucu, dan 6 cicit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *