1
7

Menyelam di Pulau Pramuka, Banyak Hal Yang Perlu Dipelajari!

Artikel kali ini yang saya buat berkaitan tentang menyelam. Oiya. Mungkin kamu sebagian besar sudah ada yang tahu tentang “apa itu menyelam ?” Kegiatan ini pada dasarnya menenggelamkan seluruh badan kedalam air. Ditambah lagi ada beberapa alat dan pakaian khusus yang digunakan.

Ketika pertama kali mulai menyelam,  saya sangat pesimis. Karena apa, sangat butuh ketenangan dan mengontrol kepanikan. Itulah inti dari segi mental yang harus dikuasai. Jika tidak bisa mengusainya, alhasil jangan berharap unutk bisa menyelam.

Pulau Pramuka selalu menjadi tempat ujian selam

pulau pramuka

pulaupramuka.co.id

Pulau ini tempat yang sering dijadikan lokasi ujian selam, baik dari tingkat dasar sampai senior. Yups, itulah Pulau Pramuka. Sebuah daerah yang termasuk kedalam Kepulauan Seribu. Perlu kamu tahu banyak beberapa alasan, tempat ini sering dijadikan daerah untuk ujian selam :

Spot menyelam harus mempunyai arus dan gelombang yang tidak besar

arus dan gelombang

Faktor yang sangat mempengaruhi bagi penyelam adalah arus dan gelombang.

Itulah yang saya rasakan juga dulu. Kekuatan arus pada perairan yang sangat besar akan mengganggu laju renang disaat menyelam.

Maka dari itu salah satu keunggulan dari Pulau Pramuka ini adalah mempunyai arus yang rendah. Sehingga bagi saya ­spot ini sangat cocok untuk ujian selam.

Selain arus yang berpengaruh bagi penyelam, gelombang juga berpengaruh. Bagi saya, gelombang laut ini sangat menyusahkan.

Jika tadi berbicara arus, bagian permukaan air yang diubahnya, kali ini gelombang yang mengubah ketenangan pada kolom air. Sedangkan kamu tahu kan, waktu yang paling lama saya ketika menyelam berada pada kolom air.

Perairan yang masih terjaga kelestariannya

kelestarian laut

Seperti layaknya tayangan menyelam di televisi yang saya suka tonton. Yups. Petualangan di dalam air laut yang menampilkan keelokan alamnya. Pada saat itu, saya mendapat kesempatan untuk mendapatakan fun dive.

Sungguh menakjubkan, banyak sekali ikan-ikan karang yang cantik juga beragam warnanya. Selain itu ada  juga biota laut lainnya seperti terumbu karang dan lain-lain.

Subhanalloh, seketika saya mentafakuri alam bawah laut yang dipenuhi ciptaan Alloh SWT yang begitu indah. Alangkah besar kekuasaanNYA yang membuat kecantikan alam ini.

Akses lokasi yang mudah

lokasi selam

Hanya perlu beberapa jam menggunakan kapal pengangkut unutk tiba di Pulau Pramuka. Akses yang sangat mudah serta tidak ada hambatan apapun menuju lokasi ini. Pokonya sangat cocok lah untuk kamu yang ingin liburan ataupun nyelam.

Sudah sekian lama, ingin menyelam lagi

menyelam

Pada tahun 2014 tepatnya, saya melakukan kegiatan pelatihan sertifikasi selam. Sejak saya masih duduk di bangku kuliah. Alhamdulillah, karena adanya diskon pada waktu itu, saya mengikutinya.

Berjalan sekitar 5 bulan lamanya, sampai saya mendapatkan sertifikatnya. Lumayan lama sih kalau kata orang, tetapi itu waktu yang sudah singkat jika dilihat dari basic saya sebagai pemula. Ujar mentor saya.

Asiknya menyelam bersama teman-teman

menyelam bersama teman

Lumayan cukup banyak  yang mengikuti sertifikasi ini. Mulai dari teman-teman sekelas saya, kakak kelas, senior dan dosen. Pelatihan selam ini dibagi kedalam beberapa kategori diantarana :

Kelas A1

Golongan ini adah saya dan teman-teman sebagai pemula yang baru sekali belajar selam.

Kelas A2

Kategori ini adalah orang yang ingin melanjutkan kemampuan selamnya. Berbeda dengan sebelumnya, kelas ini mempelajari tentang menyelam di malam hari. Kakak kelas dan senior saya lah yang mengikuti kelas A2.

Kelas A4

Berbeda dengan kelas A lainnya, jenis penyelam yang sudah mempunyai sertifikat A4 sudah bisa melatih dan mempunyai kemampuan rescue.

Instruktur

Dosen saya salah satunya yang sudah menjadi instruktur. Beliau sudah bisa menilai, menguji dan mengumumkan berhasil atau tidaknya seseorang yang mengikuti sertifikasi selam. Tidak sembarang orang yang bisa berhasil di kelas instruktur ini.

 

Menyelam, bukan hanya sekedar untuk hiburan dan liburan semata

lisensi menyelam

thuocdaitrang.com

Latihan yang sering dilakukan saya untuk dapat menyelam tidaklah mudah. Perlu beberapa bulan untuk menyelesaikannya. Tidak hanya semata untuk liburan, kegitan ini adalah proses untuk mendapatkan lisensi.

Bagi saya, lisensi ini sangat berharga. Karena apa?

Setelah mendapatkan sertifikat tersebut saya dapat melakukan kegiatan selam dimanapun asalkan menyesuaikan prosedurnya. Bentukmya mirip sekali seperti kartu identitas SIM motor dan mobil. Simpel dan mudah di bawa-bawa kemana-mana.

Banyak hal yang perlu dikuasai dalam menyelam

menyelam

Sebagian besar orang mengira bahwa menyelam itu kelihatan mudah. Wah kamu salah, perlu diketahui perlu waktu yang lama untuk bisa melatih kemampuan dasar dalam menyelam. Oke, disini saaya akan berbagi sedikit mengenai kemampuan yang harus dikuasai :

Bisa berenang

Kemampuan yang sangat mendasar adalah pada bagian ini.

Dapat berenang adalah poin penting yang harus dikuasai. Sebab, nantinya menyelam 80 persen menggunakan keahlian ini. Meski ada pelampung yang menempel dan membantu badan terapung, tetap saja saya akan membutuhkan kemampuan berenang yang diutamakan.

Ketenangan

Tidak panik dan selalu fokus adalah hal yang harus diperhatikan dalam menyelam. Ketenangan diri dalam melakukan gerakan, menggunakan alat dan fokus pada pandangan sebagian dari kemampuan yang harus dikuasai.

Pengetahuan biota laut

Mungkin bagi kamu warna yang indah dan mencolok yang dipancarkan dari biota laut tidak membahayakan.“wah coba saya bisa melakukan nyelam, saya pengen pegang terumbu karang yang indah itu”.

Eits.. Hati hati ya guys, dalam dunia bawah laut ikan dan biota lainnya yang mempunyai warna indah menawan sangatlah berbahaya.

Pokonya jangan sekali-kali menyentuhnya dengan sengaja, bisa-bisa kena batunya nanti.

Dan perlu kalian tahu, sebagian bioata laut yang mempunyai racun ini sangatlah mematikan. Maka dari itu pengetahuan tentang semua biota laut yang berbahaya ini wajib diketahui.

Resiko dalam menyelam

Saya pernah mendengar dari mentor selam saya pada waktu itu. Bahwasannya selam masuk kedalam kategori kedua olahraga ekstrem di dunia setelah panjat tebing.

Setidaknya sudah banyak memakan beberapa korban jiwa dari olahraga inisetiap tahunnya.

Kejadian itu rata-rata dilakukan karena mereka tidak melakukan prosedur yang benar. Sebagian kecil lainnya disebabkan oleh daerah atau spot dive yang tidak aman.

Alat apa saja sih yang perlu dipakai dalam selam

alat menyelam

Seperti yang kalian tahu menyelam itu memakai peralatan khusus, mulai dari kepala sampai kaki. Berikut saya bagi dari pengalaman saya :

  1. Alat snorkeling, adalah tiga jenis benda yang terdiri dari masker, snorkel dan fins

  2. Regulator, selang penghubung dan pengatur masuknya gas oksigen dari tabung

  3. Pemberat, seperti sabuk yang dipasang besi yang ada ukurannya

  4. Pelampung, rompi yang bisa di isi angina untuk mengapung di air

  5. Tabung udara , pusat penampung gas oksigen

Lima alat diatas adalah benda yang wajib dipakai oleh penyelam. Selain itu bisa juga memakai tambahan lain seperti baju selam dan senter jika melakukan penyelaman malam.

Sekitar tiga hari dua malam, pelatihan selam ini dilaksanakan. Cukup banyak yang saya lalui selama di Pulau Pramuka. Dari mulai hari pertama nyelam, ujian pada hari kedua dan fun dive di hari ketiga.

Alhamdulillah semua kegiatan itu berjalan dengan lancar sehingga saya bisa dikatakan lulus oleh instruktur.

Tepat pada hari Minggu, saya pulang dan meninggalkan Pulau Pramuka menggunakan kapal transportasi. ini

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: