Olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat

Olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat – Berpuasa selama 30 hari, kehilangan berat badan, tetapi pada hari libur minggu ini menambah berat badan.
Yuk lakukan latihan berikut untuk mengurangi perut gendut. Mengapa perut buncit harus dikurangi? Seperti dikutip dari HealthLine, lemak perut, yang juga dikenal sebagai lemak visceral, merupakan faktor risiko utama diabetes tipe 2, penyakit jantung, gangguan metabolisme, dan penyakit serius lainnya.

Olahraga mengecilkan perut buncit dengan cepat
Sumber : Pxhere

Jadi jangan ragu untuk mulai berolahraga untuk mengecilkan perut buncit Anda. Apalagi saat libur Idul Fitri 2022, makannya banyak, mulai yang banyak gula, santan dan lemaknya.

Lingkar perut atau pinggang tidak boleh lebih dari 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Jika lingkar pinggang Anda lebih besar dari angka ini, Anda harus mulai melakukan beberapa latihan berikut untuk mengecilkan perut Anda:

Berikut Olahraga yang direkomendasikan :

  1. Joging

Jogging merupakan salah satu aktivitas fisik yang praktis dan mudah dilakukan. Joging tidak hanya praktis, tetapi juga merupakan olahraga yang dianggap efektif membakar lemak perut, lho! Disarankan untuk melakukan latihan ini selama 20-30 menit dan setiap 3-5 kali seminggu untuk mengurangi lemak perut.

  1. Berenang

Berenang juga merupakan jenis olahraga yang baik untuk mengecilkan perut karena secara bertahap dapat membakar lemak tubuh. Tidak hanya untuk mengecilkan perut, berenang juga bermanfaat untuk menjaga kekuatan otot dan tulang, menjaga kesehatan jantung, menghilangkan stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk mengecilkan ukuran perut, disarankan untuk berenang selama 20-30 menit minimal 3 kali seminggu. Sebelum berenang, jangan lupa pemanasan minimal 10 menit ya?

  1. Aerobik dan Zumba

Beberapa jenis latihan, seperti aerobik dan Zumba, yang banyak tersedia di kelas gym atau pusat kebugaran, juga merupakan jenis latihan yang efektif untuk membakar kalori dan menghilangkan lemak perut. Tak hanya itu, olahraga juga bermanfaat untuk memperkuat persendian dan tulang, meningkatkan mood, serta menghilangkan stres.

 

  1. Yoga dan Pilates

Berbagai gerakan yoga dan Pilates terbukti efektif mengurangi perut kembung. Latihan ini tidak hanya mampu menghilangkan lemak perut, tetapi juga membuat tubuh lebih sehat dan aktif, meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi stres.

Latihan fisik yang bisa mengencangkan otot perut

Selain berbagai olahraga yang disebutkan di atas, ada banyak latihan fisik yang secara khusus dapat mengencangkan otot perut dan mengurangi perut kembung. Beberapa latihan fisik untuk mengecilkan perut antara lain:

  • sit up

Sit-up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut Anda. Caranya adalah, berbaringlah di lantai dalam posisi terlentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat tubuh ke arah lutut saat menghembuskan napas dan perlahan turunkan punggung ke lantai saat menarik napas. Lakukan gerakan tersebut 10 kali (1 set), ulangi hingga 2-3 set per hari.

  • Crunches

Gerakan crunch sekilas hampir mirip dengan latihan duduk. Namun, gerakan crunch mengangkat sedikit tubuh bagian atas, yaitu kepala dan bahu.

Pertama, berbaring di lantai dengan posisi tubuh seolah-olah akan duduk, tetapi letakkan tangan di atas paha. Selanjutnya, angkat kepala dan bahu ke ketinggian sekitar 8 cm dari lantai saat Anda mengeluarkan napas. Tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan tersebut minimal 10-20 kali.

  • Plank

Plank tidak hanya membantu mengencangkan dan mengencangkan perut Anda, tetapi juga memperkuat bahu, lengan, dan paha depan Anda.

Latihan ini dimulai dengan tubuh lurus menghadap lantai (telungkup), lengan di samping dan siku ditekuk. Selanjutnya, kencangkan otot perut dan angkat tubuh dengan bertumpu pada lengan bawah dan jari kaki. Pastikan kepala, punggung, dan tumit berada dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

Selain olahraga teratur dan latihan fisik untuk mengecilkan perut, Anda juga perlu mengonsumsi makanan bergizi, mengontrol stres dengan baik, serta menghindari minuman berlemak, berkalori tinggi, dan beralkohol agar perut tidak membesar.

Jika Anda masih bingung jenis olahraga apa yang bermanfaat untuk mengecilkan perut atau jika berat badan Anda tidak kunjung turun meski sudah mencoba berdiet dan berolahraga secara rutin, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk solusi terbaik, baik melalui diet atau Latihan atau pengobatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *