Harga Ikan Kembung Di Tahun 2019 (Terjadi Kenaikan)

harga ikan kembung

Assalamualaikum sahabat pinter. Semoga dalam keadaan sehat ya. Taukah kalian bahwa Masyarakat Indonesia sangat menggemari ikan kembung. Sampai di warung nasi selalu ada menu ikan ini. Sebenarnya berapa sih harga ikan kembung ini?

Sebelumnya untuk pengetahuan sedikit saja, bahwa ikan kembung adalah ikan jenis pelagis. Karakternya adalah membuat koloni dan bergerombol. Sepanjang perairan Indonesia ikan kembung selalu ditemukan. Daerah Banjar adalah penghasil terbaik ikan kebung yang ada di Indonesia.

Ikan kembung memiliki berbagai macam jenis seperti kembung layang dan banjar. Namun kebanyakan orang mencari jenis ikan kembung Banjar. Dikarenakan rasa nya yang lebih enak dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu juga pasti kalian ingin mengetahui harga dari ikan pelagis ini bukan?

Nah kebetulan sekarang saya membahas tentang hal tersebut agar temen-temen bisa mengetahuinya. Apalagi yang ingin bukan usaha suplai datau pengolahan ikan kembung ini. Tulisan ini terbagi kedalam beberapa sub judul mengenai harga ikan kembung. Yuk disimak.

Harga Ikan Kembung Per Kg

harga ikan kembung

Didalam penjualan ikan kembung, biasanya dipasaran sering disajikan kedalam beberapa olahan atau kemasan. Tapi ada juga dalam keadaan segar. Nanti akan saya bahas satu per satu. Maksud dari ikan kembung disajikan dalam olahan, hal ini mempermudah konsumen sekaligus membuat tambah nilai harganya. Contohnya adalah pengolahan ikan kembung asin. Tujuannya adalah agar ikan ini menjadi awet dan mudah dalam penjualan sekaligus harganya meningkat. Oiya perlu kalian ketahui bahwasannya ikan yang diolah dengan cara diasinkan bisa bertahan kurang lebih 1 tahun.

Kisaran harga untuk ikan kembung yang sudah diasinkan umunya lebih mahal kurang lebih Rp 75.000 per kg. Daerah Pontianak merupakan penghasil ikan kembung asin terbaik se Indonesia. Olahan selain ikan asin, bisa juga dibuat pepes, diasap atau ikan kembung frozen (beku). Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah harga ikan kembung per kg dalam macam macam olahannya.

[table id=1 /]

Nah itulah beberapa daftar harga untuk ikan kembung di Tahun 2019. Jika ada yang bertanya, berapa sih harga ikan kembung saat ini? Tinggal berikan saja artikel ini. ūüôā

Harga Ikan Kembung Dipasaran

harga ikan kembung diparan

Permintaan ikan kembung dipasaran semakin besar, hal ini dikarenakan produksi dari hasil tangkapan sedikit. Imbasnya harga ikan pelagis ini semakin tinggi. Pada tahun ini harga dari ikan kembung mengalami kenaikan di beberapa daerah. Karena memang disetiap wilayah memiliki harga pasaran tertentu. Untuk mempermudah kalin mencari tahu daftar harga ikan kembung dipasaran, berikut ini pemaparannya.

DaerahHarga Ikan Kembung Per Kg
JakartaRp45.000
BekasiRp46.000
SerangRp44.000
BogorRp45.000
CirebonRp43.000
BandungRp42.000
SemarangRp40.000
PurwokertoRp42.000
YogyakartaRp45.000
SurabayaRp43.000
MalangRp44.000
DenpasarRp50.000
MedanRp38.000
BalikpapanRp36.000
MakasarRp38.000
AcehRp36.000
PadangRp35.000
PalembangRp35.000

Harga Ikan Kembung Goreng

Bagi kalian yang lagi mencari ikan kembung yang olahannya digoreng atau siap konsumsi bisa dicari sekarang di toko online. Untuk harganya bisa mencapai Rp 10.000 per dua ekor. Pengirimannya biasanya menggunakan jasa kirim. Lokasi suplier bermacam macam, ada yang dari kota kota besar sampai kecil.

Nah buat yang lagi ngidam banget ingin ikan kembung goreng bisa juga ke warung-warung nasi terdekat. Tapi jika ingin cari olahan kembung goreng yang berbeda bisa dicari di toko online. hehe

Harga Ikan Kembung Bakar

harga ikan kembung bakar

Kalau untuk olahan kembung bakar, biasanya di restoran – restoran ternama dihargai dengan Rp 20.000. Setiap daerah pasti berbeda beda, semakin kalian membeli ikan kembung bakar di kota besar, maka harganya akan semakin tinggi. Nah buat kalian yang mau usaha buka warung makan dan ada menu kembung bakar, rekomendasi harganya ada diangka itu, monggo. hehe

Ikan Kembung Beku

ikan kembung beku

Olahan yang satu ini sangat rekomended buat kalian yang ingin membeli ikan kembung dari kota lain dengan jarak yang lumayan. Karena apa? Ikan yang diolah dengan proses pembekuan akan lebih awet. Harga untuk ikan kembung beku berkisar diangka Rp. 33.000.

Sebenarnya dari semua daftar harga ikan yang satu ini, tidak berbeda jauh dengan harga ikan tenggiri, bandeng dan udang. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga dapat bermanfaat buat kalian.

Tips Singkat Cara Budidaya Semut Rangrang Dengan Media Toples

budidaya semut rangrang

Cara Budidaya Semut Rangrang – Hai teman teman, maaf nih udah lama ga update di blog ini karena banyak kesibukan, hehe. Oiya akhir akhir ini saya tertarik sekali dengan budidaya semut rangrang atau biasa dikenal dengan semut kroto. Padahal arti dari kroto adalah telur semut itu sendiri. hehe.

Sudah pada tahu kan semut yang satu rangrang? Kalau didaerah Jawa Barat sih sering disebut dengan “Kararangge”,  ga tau kalau didaerah kalian apa namanya, hihi. Perlu kalian ketahui bahwa semut rangrang dizaman sekarang sudah jarang ditemukan. Hal ini karena perubahan alam tepatnya dari globalisasi, polusi dan juga pembangunan industri.

Padahal semut rangrang ini sangat berperan penting sekali untuk keseimbangan alam. Nah, jika di daerah kalian masih ada semut yang satu ini, Alhamdulillah berarti daerah kalian masih asri. hehe. Saya kemarin mencoba mencari bibit sarang semut yang satu ini di daerah saya, sangat sulit sekali ditemui. Tapi alhamdulillah saya akhirnya bisa menemukan sarangnya di darah perkebunan yang tidak terurus.

Lokasi Semut Rangrang

lokasi semut rangrang
Source : Abahtani.com

Dari pengalaman saya ketika mencari sarang semut ini yaitu berada di daerah sekitaran yang dekat dengan sungai. Karena daerah perkebunan yang saya temui ini sangat berdekatan dengan sungai. Jadi saya asumsikan semut rangrang ini menyukai tempat yang agak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pada saat saya menemukan lokasi tersebut, kemudian saya analisa ada berapa sarang disetiap pohon. Ternyata disetiap pohon tempat adanya semut rangrang bersarang biasanya terdapat sekitar 5-7 sarang. Ukuran tempat sarang semut ini beragam, dari mulai yang besar sampai lipatan daun yang kecil. Lalau dimana biasanya ratu semut rangrang itu berada? Jika saya baca baca dari beberapa artikel dan dari pendapat teman saya, ratu semut akan berada pada posisi sarang yang sangat tinggi.

Maksudnya adalah tempat tinggal ratu lebih tinggi dari sarang sarang yang lainnya. Sudah pada tahukan ciri cicri ratu semut rangrang? Atau masih bingung? hehe.. Oke akan saya kasih tau beberapa cirinya.

Ciri Ratu Semut Rangrang

ratu semut rangrang
Source: hewanpedia.com

Bagi yang belum tau ciri dari ratu semut rangrang yaitu pasti dari ukuran badan akan lebih besar dari semut lainnya seperti pekerja. Untuk lebih jelasnya adalah :

  • Ukuran lebih besar dari semut yang lain
  • Warna dari tubuhnya sedikit berwarna kuning
  • Selalu dikerumuni semut lainnya
  • Sulit untuk melarikan diri / Tidak lincah

Nah itu tuh ciri yang saya ketahui tapi Insyaallah ga salah hehe. Memang agak gampang gampang susah cara buedidaya semut rangrang ini. Mudahnya yaitu praktis, pakan tidak terlalu boros. Nah kalau susahnya yaitu sisemut sulit banget buat bikin sarang di media buatan. Lalu bagaimana membuat media budidaya semut rangrang ini? Berikut akan saya jelaskan secara sederhana dan cepat.

Media Budidaya Semut Rangrang

rak budidaya semut rangrang
Source : Youtube

Tempat yang dijadikan untuk budidaya semut rangrang ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan rak yang bisa dibuat dari bambu atau kayu reng. Berikut saya poinkan :

  • Rak budidaya, bisa terbuat dari bambu, atau kayu reng yang dilapisi triplek.
  • Toples bekas.
  • Minyak atau bisa pakai oli (cuman kalau pake oli agak berbau)
  • Wadah untuk ditempatkan dikaki rak yang dicampur dengan minyak agar semut tidak keluar rak.
  • Wadah untuk tempat air gula.

Nah itu beberapa bahan yang harus anda siapkan buat budidaya semut rangrang ini. Gak sulit kan? hehe. Jika semua sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah kalian harus mencari bibit semutnya. Saya sarankan sih beli aja lewat online. Karena apa? Jika ngambil dari alam banyak sekali resiko terutama semut akan stress dan banyak yang mati karena perubahan tempat hidupnya. Yang asalnya dialam sekarang harus ke rak.

Berbeda jika kalian membeli dari peternalk lain. Semut sudah terbiasa dengan media toples dan tempat yang dibuat sengaja oleh manusia. Semut tidak akan strees. Usahakan kalau bisa kalian punya ratunya juga supaya produksi krotonya lebih cepat dan banyak. Nah itulah beberapa tips singkat sekaligus pengalaman saya bagaimana cara budidaya semut rangrang ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

 

13+ Contoh Surat Dokter Paling Lengkap 2019

Kesehatan memang tidak bisa di tebak kapan akan merasakan sakit. Baik saat anda sedang dalam waktu kerja ataupun yang lainnya. Karena itu, setelah berobat di dokter jelas harus istirahat. Karena itu, penggunaan surat dokter sangat baik untuk digunakan sebagai izin. Karena, surat ini di anggap resmi dan bisa di pertanggung jawabkan. Mungkin, beberapa dari anda ingin mengetahui surat dokter yang benar. Berikut kami sajikan beberapa contoh surat dokter.

Penggunaan surat dokter sangat tepat untuk digunakan sebagai izin. Terutama, bagi anda yang merupakan para pekerja, siswa ataupun sedang terdapat keperluan. Karena, surat ini dapat di pertanggung jawabkan serta resmi. Dalam membuatnya juga hanya dokter yang diperbolehkan karena,menyangkut dengan tanggung jawab yang diberikan. Agar lebih jelas, kami berikan contoh surat dokter sebagai bahan referensi anda.

Contoh Surat Dokter Untuk Ibu Hamil Naik Pesawat

RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SENANG

Jl. Kertonegoro Kompleks Griyo Asri No. 75 Yogyakarta

Telp: 08217228, email: [email protected]

SURAT KETERANGAN LAYAK TERBANG

No. KLT/RSIAS/VII/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini dr. Sudrajat Pamungkas adalah dokter kandungan di RSIA Senang menerangkan bahwa:

Nama             : Sulistiya Wati Ningrum

Umur               : 28 Tahun

Jenis Kelamin: Perempuan

Alamat            : Jl. Minahasa Barat No. 68 Wates

Menurut Pemeriksaan saat ini adalah berbadan sehat dan umur kehamilan 20 minggu. Adapun surat ini diperuntukan untuk izin layak terbang. Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Serta, dapat digunakan sesuai pada keperluannya.

Terima kasih.

Yogyakarta, 18/01/2017

 

Dr. Sudrajat Pamungkas

Baca Juga : Contoh Memo Lengkap

Contoh Surat Dokter Puskesmas

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

UPTD PUSKESMAS CILACAP TENGAH

Jl. Kalimantan No. 23 Cilacap

SURAT KETERANGAN DOKTER

                Yang bertanda tangan dibawah ini, dr. Fenia Laraswati Dokter Pemerintah pada Puskesmas Cilacap Tengah. Menerangkan telah melakukan pemeriksaan kesehatan pada tanggal 17 Mei 2018 atas diri:

Nama : Jonathan Kusuma Fernanda

Umur: 19 Tahun

Alamat: Jl. Cerme No. 35 Cilacap Tengah

Perlu bersistirahat karena sakit selama 3 hari. Terhitung tanggal 17 Mei 2018 sampai dengan 20 Mei 2018.

Harap yang berkepentingan maklum.

Cilacap, 17 mei 2018

Dokter yang memeriksa

 

Dr. Fenia Laraswati

Nip. 19827272629283

Contoh Surat Dokter Klinik

KLINIK BUNDA MITRA

Jl. Pakubumi No. 78 Blok B Kebumen

Telp: 0822718272

Email: [email protected]

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini

Doker: Hanifah Lusiana Sari

Menerangkan bahwa:

Nama: alivia Julia Kartini

Umur: 18 Tahun

Alamat: Jl. Kemerdekaan No. 76 Karang Senggol Kebumen

Perlu istirahat karena sakit, selama 3 hari terhitung dari tanggal 02 April 2017 sampai dengan 05 April 2017.

Harap yang berkepentingan maklum

Kebumen, 02 April 2017

Dr. Hanifah Lusiana Sari

Contoh Surat Dokter Keterangan Sakit

DEPARTEMEN KESEHATAN R.I

R.S.U.P dr. Nurmantyo Putro

Jl. Kebayoran Lama No. 35 Jakarta Selatan

Telp: 08262282323

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa:

Nama      : Kartika Dwi Nanda

Umur       : 21 Tahun

Pekerjaan: Mahasiswa

Alamat     : Jl. Margonda No. 80 Jakarta Selatan

Oleh karena SAKIT, maka perlu diberikan ISTIRAHAT selama 3 hari. Terhitung mulai tanggal 09 Mei 2017 sampai dengan 11 Mei 2017. Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat digunakan dengan semestinya.

Jakarta Selatan, 09 Mei 2017

 

Dr. Kaka Sambadha

NIP. 29272831 928 23

Contoh Surat Vonis Dokter

RUMAH SAKIT AMAN JAYA SENTOSA

Jl. Dukuh No. 62 Ajibarang

Telp: 028282232

SURAT KETERNAGAN SAKIT

No. 221/RSAYS/V/2018

Dengan ini diterangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama                  : Amelia hanum Putri

Tgl. Lahir/Umur : 09 Januari 1993/ 25 Tahun

Jenis Kelamin     : Perempuan

Pekerjaan         : Staff Akuntansi

Alamat              : Perumahan Sidabowa No. 76 Ajibarang

Benar dirawat di Rumah Sakit Aman Jaya Sentosa mulai tanggal 07 Oktober 2018 hingga sampai 12 Oktober 2018.

Dokter yang merawat: Iqbal Nur Maulana

Keterangan lain           : Terkena Demam Berdarah

Demikianlah surat keternagan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Serta, dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Ajibarang, 20 Oktober 2018

Hormat Kami

 

Dr. Iqbal Nur Maulana

Contoh Surat Dokter Dalam Bahasa Inggris

FAMILY HOSPITAL INTERNASIONAL
jl. Kemayoran No. 45 Jakarta

Telp: 0282387273, website: Fhospitalinternasional.com

SICK LETTER

hereby declare the results of actions based on the results of the examination that has been carried out on patients:

Name    : Suhaidi Iskandar

Address: jl. Sukamaju No. 45 Jakarta

Age       : 27 th

Work    : Accounting Staff

Given a sick break for 3 days. Starting from August 1, 2018 until August 3, 2018. Thus this letter is given to be known and used as needed.

Jakarta, 01 august 2018

 

Doctor

 

Anisa Baharudin

 

Contoh Surat Dokter Gigi

KLINIK SEHAT UTAMA

Jl. Mangkubumi No. 76 Banyumas

Telp: 08263827356

SURAT KETERANGAN

Nomor: 003/KSU/SK/VII/2018

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: dr. Hasto Sumisto

Alamat : Jl. Kemerdekaan No. 23 RT 01 RW 13 Kelurahan Sidabowa Banyumas.

Menerangkan bahwa:

Nama : Lilik Dwi Astuti

Alamat: jl. Minang No. 45 RT 03 RW 15 Kelurahan Sokaraja Banyumas

Tempat/Tanggal Lahir: Banyumas, 01 Oktober 1995

Sedang melakukan pemeriksaan gigi yang dilakukan pada tanggal 01 April 2018. Demikian surat ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Banyumas, 01 April 2018

 

Dr. Hasto Sumisto

Contoh Surat Dokter Mata

RUMAH SAKIT ISLAM FATIMAH CILACAP

Jl. Kokosan No. 65 Cilacao

Telp: 08272723

Cilacap, 08 Agustus 2017

SURAT KETERANGAN

Menerangan bahwa:

Nama : Nurul Adinda Sumala

Kelamin: Perempuan

Umur: 28 Tahun

Alamat: Jl. Panguasih No. 67 Donan Cilacap

Pada pemeriksaan mata di dapat:

Mata bagian luarL Normal

Tajam penglihatan tanapa/dengan kacamata:

Kanan (OD): -5

Kiri (OS): -5

Penglihatan warna: Test warna ISHIHARA hasilnya normal dan tidak buta warna.

Yang diperiksa                                                                                                   Doktere Yang Memeriksa

 

Nurul Adinda Sumala                                                                                      dr. Adi Subagyo

Contoh Surat Dokter Rawat Inap

DINAS KESEHATAN KOTA BUMIAYU

UPTD PUSKESMAS PERAWATAN BREBES

Jl. Batu Bumi No. 67 Kelurahan Brebes Kota Bumiayu

SURAT KETERANGAN RAWAT INAP

Nomo: 450/DKKB/XI/2016

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : dr. Noni Lusiana Sari

NIP: 1967282 202343 2 003

Jabatan: Dokter Umum UPTD Puskesmas Perawatan Brebes

Menerangkan bahwa:

Nama Pasien: Fitri Husni

Umur: 27 Tahun

Alamat: jl. Kokosan No. 47 Bumiayu

Pekerjaan: Karyawan

Telah di rawat di UPTD Puskesmas Perawatan Brebes sejak tanggal 01 Mei 2016 sampai dengan 07 Mei 2016.

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sesuai pada kebutuhannya.

Bumiayu, 09 mei 2016

Dokter Umum UPTD Puskesmas Perawatan brebes Kota Bumiayu

 

Dr. Noni Lusiana Sari

NIP. 1967282 202343 2 003

Contoh Surat Dokter Sakit Tipes

RS KELUARGA HARAPAN BERSAMA

MAGELANG

SURAT KETRANGAN RAWAT INAP RS KELUARGA HARAPAN BERSAMA MAGELANG

No. Regs           : 008292382

Nama Pasien    : Hanif Lutfiyah

Usia                    : 35 Tahun

Alamat               : Jl. Penasupan Timur No. 45 Magelang

Dokter Perawat: dr. Husni Aji Sutomo

Tanggal 01.08.2018

Menerangkan bahwa pasien bernama HANIF LUTFIYAH/Perempuan sedang dirawat inap karena TIFUS. Mulai dari tanggal 01.08.2019 sampai 03.08.2019.

DIAGNOSA:

-TIFUS

Dokter Pemeriksa

 

Dr. Husni Aji Sutomo

Contoh Surat Dokter Klinik 24 Jam

KLIK SEHAT SENTOSA

Jl. Kanal No. 45 Blok C Tegal

Telp: 028183828323

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:

Nama                      : Fajri Nur Ramadhan

Umur                       : 27 Tahun

Pekerjaan                : Manager

No Kartu Pendaftar: 18272

Pada tanggal 02 Desember 2018 sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dari orang tersebut di atas. Dan ternyata hasilnya perlu istirahat penuh. Terhitung selama 3 hari mulai dari tanggal 02 Desember 2018 sampai dengan 05 Desember 2018.

Demikian srat ini dibuat untuk dpaat digunakan sebagaimana mestinya.

 

Dokter Pemeriksa

Dr. Wahyu Sutomo

Contoh Surat Dokter 1 Hari

KLINIK BUNDA ANADIYA

Jl. Sirsidah No. 18 Blok B Kebumen

Telp: 08227990972

Email: [email protected] Website: klinikbundaanadiya.com

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini

Doker: Sulaeman Nur Arifat

Menerangkan bahwa:

Nama: Eka Putri Hasanah

Umur: 29 Tahun

Alamat: Jl. Kebayoran lama No. 76 Karanganyar Kebumen

Diagnosa: Kecapean dalam bekerja

Perlu istirahat karena sakit, selama 1 hari terhitung dari tanggal 01 April 2018 sampai dengan 02 April 2018.

Harap yang berkepentingan maklum

Kebumen, 01 April 2018

Dr. Sulaeman Nur Arifat

 

Contoh Surat Dokter 2 hari

RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANDUNG

UPTD PUSKESMAS BANDUNG BARAT

Jl. Bandung Biru No. 76 Bandung Barat

Telp: 08220909

Email: [email protected]

SURAT KETERANGAN SAKIT

Yang bertanda tangan dibawah ini

Doker  : Sugiyonos Supri Anantya

Jabatan: Penanggung Jawab

Menerangkan bahwa:

Nama: Sasmita Sari Kurnia

Umur: 21 tahun

Alamat: Jl. Sukamaju bersama No. 34 Kelurahan Bandung Barat

Perlu istirahat karena sakit, selama 2 hari terhitung dari tanggal 02 Febuari 2017 sampai dengan 04 Febuari 2017.

Harap yang berkepentingan maklum

Bandung, 02 Febuari 2017

Dr. Sugiyono Supri Anantya

Surat Rujukan Dokter Gigi

drg. IMAM AJI RAMADHAN

SIP. 504/111/SIP.DRG.413/2016

Praktek:

Jl. Panjaitan No. 07 Semarang

No telp: 082782923593

SURAT RUJUKAN

Yth. Dokter Gigi : dr. Ramadhanti Isnaeni

Di RSU                  : Karang Jati Semarang

Mohon pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut terhadap penderita,

 

Nama Pasien: Sujatmiko Isnanda Zulkarnaen

Jenis Kelamin: Laki-laki

Umur               : 37 Tahun

No Telp             : 08737238098

Alamat               : Jl. Jambu No. 23 Karang Jati

 

Anamnese Keluhan: Gigi terasa nyeri dan susah untuk berbicara

Diagnosa Sementara: Infeksi Pada gigi bagian dalam

Demikian surat rujukan ini kami kirim. Kami mohon balasan atas surat rujukan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami

 

Drg. Iman Aji Ramadhan

Begitulah beberapa contoh surat dokter yang dapat digunakan sesuai pada kebutuhannya. Dalam membuatnya,harus sesuai dan memperhatikan dari kondisi pasien. Terlebih, untuk batas waktu istirahat yang diberikan juga tidak bisa terlalu banyak. Semoga bermanfaat !

13+ Contoh Memo Paling Lengkap 2019

contoh memo

Mungkin, beberapa orang kerap kali mendengar mengenai memo. Memo merupakan bagian penting dari sebuah pekerjaan. Jadi,dalam membuat memo tidaklah sembarangan. Melainkan, harus singkat, padat, serta jelas. Selain itu, memo tidak bertele-tele dan ditujukan langsung kepada yang bersangkutan. Namun, sudahkah anda memahami mengenai memo? Berikut kami berikan beberapa contoh memo yang dapat anda gunakan.

Memo memang sangat membantu dalam memberikan informasi yang tepat,singkat dan jelas. Dengan begitu, tidak perlu membaca terlalu panjang melainkan sudah dijelaskan dengan singkat. Karenanya, dalam pembuatan memo tidak bisa sembarangan. Harus memperhatikan beberapa aspek yang terkait. Karena, memo yang benar dapat menyampaikan informasi agar terjalinnya komunikasi. Lebih jelasnya, ketahui beberapa contoh memo yang akan kami sampaikan.

contoh memo singkat
Source: The Balance Careers 

Contoh Memo Singkat

BATU RAYA ENERGI

Jl. Kemerdekaan No. 63 Semarang

Telp. +62 852 1212 231

MEMO

Dari : Direktur

Kepada: Manajer Keuangan

Mohon untuk dapat di siapkan laporan mengenai keuangan yang telah berlangsung selama 1 tahun penuh. Karena, akan dijadikan sebagai bahan rapat pada tanggal 12 April 2018. Laporan keuangan akan menjadi salah satu pertimbangan bagi para investor untuk bergabung bersama perusahaan. Termasuk untuk para investor lama yang akan melanjutkan programnya atau menghentikan.

Karena begitu pentingnya laporan tersebut. Maka, mohon untuk laporan keuangan dapat di selesaikan dan saya terima secepatnya. Maksimal, 1 minggu setelah memo ini ( Tanggal 1 April 2018). Sekian dan terima kasih.

Semarang, 1 April 2018

Ditektur PT. BATU RAYA ENERGI

 

Fernanda Nur Sasmito

Contoh Memo Untuk Karyawan

JAYA KENCANA ABADI

Jl. Pengayoman Timur No. 45 Cilacap

Telp: +62 856 2342 2232

MEMO

Dari: Manajer Keuangan

Kepada: Karyawan Bagian Keuangan

Tolong Anda siapkan data-data yang berkaitan dengan laporan keuangan pada tahun ini. Termasuk untuk keluar dan masuk keuangan selama 1 tahun penuh. Data dan laporan akan digunakan dalam rapat bersama dengan investor. Untuk itu, saya harap anda menyiapkan untuk soft copy maupun dokumen yang lainnya.

Setelah itu, akan dilakukan rapat internal bersama dengan perusahaan pada 20 November 2018. Untuk itu, saya mengharapkan agar anda dapat mempersiapkannya dengan cepat. Sekian dan terima kasih.

Cilacap, 10 November 2018

Manajer Keuangan

 

Sulistiya Wati

Contoh Memo Untuk Teman

Dear Wahyu

Hallo Wahyu, maaf mendadak aku memberi kamu kabar melalui memo ini. Siang ini, aku mendapatkan telfon dari Sekolah untuk dapat menemui secepatnya karena ada kepentingan. Untuk itu, aku minta tolong kepada kamu. Baru saja aku membeli barang kepada seseorang dan akan dikirim menuju kos siang ini. Karena itu, jika terdapat seseorang yang mengirimkan barang aku minta tolong di simpan ya. Untuk simpennya di taruh atas lemari ruang depan saja ya.

Oh ya, aku juga titip untuk jemuran sepatu di depan kos ya. Baru saja aku jemur karena tadi pagi basah dan kotor terkena hujan. Makasih ya Wahyu, kamu memang teman yang terbaik !

Regards,

Hanif

Contoh Memo Perusahaan Terbaru

Anjaya Aksa Murya

Jl. Gerilya No. 65 Purwokerto selatan

Telp +62 821 023 2323

MEMO

Dari  : Manager

Kepada: Staff Digital Marketing

Tolong sampaikan kepada semua anggota yang berada dalam bagian digital marketing untuk mempersiapkan menghadiri Seminar. Berkaitan dengan seminar ‚ÄúPromosi Untuk Branding‚ÄĚ yang dilaksanakan pada Senin, 07 mei 2018 di Aula PT. Anjaya Aksa Murya. Saya berharap untuk semua anggota yang ada di bagian Digital marketing dapat mengikuti seminar. Untuk kemudian, akan dilakukan evaluasi rutin bulanan agar semakin baik. Sekian dan terimakasih.

Purwokerto, 05 Mei 2018

Manager

Suryajana Nurrahman

Contoh Memo Osis

OSIS SMA N 01 PEKALONGAN

Jl. Pendidikan Barat No. 62

Telp: +62 8751 2361 1823

Dari : Ketua Osis

Untuk: sekretaris Osis

Tolong kamu untuk menyiapkan dengan segera daftar nama siswa yang mengikuti perlombaan bola basket. Terutama, untuk yang sudah pasti melakukan konfirmasi kepada kamu. Untuk perlombaan bola basker akan diadakan pada tanggal 13 Januari 2018. Terimakasih.

 

Ketua Osis

 

Sudrajat Amin

Contoh Memo Dalam Bahasa Inggris

MAKARYO SEJAHTERA

Jl. Angsana Timur No. 75 Pengandaran

Telp: +62 8736 1213 2312

For : All Employee

From: Director PT. Makaro Sejahtera

Date: May 02 2018

Subject: thanksgiving company

on behalf of the company, we invite employees to express their gratitude for the success of the investment. In addition, we will also introduce a subsidiary of PT. Makaryo Sejahtera. For this reason, I, as director of the company, invite you to attend the thanksgiving event.

Best Regards

Iqbal Maulana

( Director of PT. MAKARYO SEJAHTERA)

Contoh Memo Pengambilan Barang

JATI UKIR JEPARA
JL. Katamso No. 634 ‚Äď Cilacap
Telp: +62 8521 2376 1462

MEMO PENGAMBILAN BARANG

Cilacap, 16 Agustus 2018

Kepada Yth:

  1. JATI BINA MARSA

Griya Asli No. 67 ‚Äď Jepara

Telp: +62 823 6823 2313

Bersama dengan memo ini, kami ingin memberitahukan perial pengambilan barang pada hari Rabu, 18 Agustus 2018.

NoNama BarangKode BarangBanyaknya
1Lemari 2 x 2Z9873
2Meja 1 set ukiranV2346
3Kursi Ukir NagaNaga3231
4Tempat Tidur BungaVF2323
5Kusen ukiran batikK2311210

 

Barang barang yang ditulis diatas, akan kami ambil berdasarkan data sebagai berikut:

Nama Supir: Jojon Abdul

No Kendaran: R. 2813 WK

No HP Supir: +62 89726232

NIK : 126128232320238343

Mohon untuk dimuat segera mungkin, agar dapat di kirimkan sesuai pada waktunya.

Demikian informasi dari kami. Mohon dapat di bantu mengambil barang tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami

 

Akhmad Nur Asmi

Contoh Memo Formal

SMPN 04 Ajibarang

Jl. Danasri No. 64 Ajibarang

Elp: +62 879 231 3232

MEMO

Dari: Dewan Guru

Kepada : Seluruh Guru SMP 04 Ajibarang

Untuk hari ini, seluruh guru akan mengikuti acara rapat bersama dengan kepala sekolah. Untuk itu, mohon dapat dipersiapkan segala keperluan yang akan di sampaikan maupun tanyakan. Terutama, terkait dengan hal-hal yang dibutuhkan oleh para siswa didiknya masing-masing. Dan untuk hari ini para siswa akan di pulangkan lebih awal yaitu pukul 09.00 WIB. Oleh karena itu, mohon untuk dapat di beritahukan kepada ketua kelas masing-masing.

Ajibarang, 01 Agustus 2016

Kepala Sekolah SMP 04 Ajibarang

Contoh Memo tidak Resmi

Dari: Ayah

Untuk: Anggun

Hari ini, ayah tidak jadi pulang balik lagi ke rumah. Karena, untuk menyebrang menggunakan kapal sedang tidak bisa. Untuk itu, ayah minta sama kamu untuk tidak bermain terus di rumah. Bantu ibu dirumah dan jaga adik kamu. Hari ini ayah memberikan tugas kepada kamu untuk membantu pekerjaan rumah. Nanti, kalau ayah sudah bisa pulang kita jalan-jalan ke alun-alun ya. Tentu, akan ayah belikan martabak mini kesukaan Anggun.

Surakarta, 01 April 2017

Gunawan

Contoh Memo Sekolah

SMP NEGERI 06 Yogyakarta
Jl. Lempuyangan No. 64 Yogyakarta

Telp: +62 8645 2321 1283

MEMO

Dari: Kepala Sekolah

Kepada: Seluruh Guru SMP NEGERI 06 Yogayakarta

Dalam rangka mengikuti Lomba Cerdas Cermat SMP di tingkat nasional. Maka, diharapkan untuk para Bapak/Ibu guru berkoordinasi dalam menentukan bersama siapa siswa yang tepat. Dengan kriteria dan nilai yang memang mampu bersaing dengan peserta yang lainnya. Setelah itu, harap untuk dapat di bimbing sampai dengan proses Lomba Cerdas Cermat berlangsung dan keluar hasilnya.

Yogyakarta, 07 April 2017

Kepala Sekolah,

 

Zulkifli Hanan

Contoh Surat Memo Perintah

SMK NEGERI 01 Kebumen

Jl. Raya Timur No. 64 Kebumen

Telp: +62 8736 2312

Dari: Kepala Sekolah

Untuk: Wali Kelas

Diharapkan, untuk para wali kelas segera melakukan rekapitulasi absen dari siswa-siswinya. Semua data harus dimasukan dengan format seperti biasanya. Selain itu, untuk keterangan ketidakhadiran dari siswa-siswi juga harus jelas dan dapat di pertanggungjawabkan. Paling lambat, minggu depan sudah harus dikumpulkan melalui staff kesiswaan. Terima kasih.

Kebumen, 07 Maret 2018

Kepala Sekolah

 

Suratman S.PD,M.PD

Contoh Surat Memo Diskusi

SMA 78 JAKARTA

Jl. Johar Baru No. 72 Jakarta

Telp: +62 1291 2313 2319

MEMO

Dari: Kepala Sekolah

Kepada: Wakil Kepala Sekolah

Berkaitan dengan Ujian Nasional SMA yang akan berlangsung 3 Bulan lagi. Maka, saya ingin melakukan diskusi mengenai hal tersebut. Tolong, untuk semua data yang sekiranya diperlukan dapat dipersiapkan. Serta, untuk memastikan bahwa seluruh laporan dan perencaan kegiatan berjalan dengan baik.

Mengingat hal ini cukup penting, maka untuk diskusi dapat dilakukan secepatnya. InsyaAllah diskusi akan dilakukan nanti siang setelah waktu istirahat di ruangan kerja saya. Atas perhatiannya, diucapkan Terima kasih.

Jakarta, 05 Juni 2018

Kepala Sekolah

Nunu Nurahman S.Pd, M.Pd

Contoh Memo Perekrutan Karyawan Baru

BIOSAKARA AGUNG JAYA
Jl. Merah Putih No. 73 Bandung

Telp: +62 8564 2823 1912

Dari: Manager

Kepada: Bagian Perekrutan Karyawan Baru

Saya intruksikan, untuk bulan ini seluruh tim yang bergerak di bidang perekrutan harus lebih aktif. Karena, dalam bulan ini perusahaan mendapati banyak karyawan yang telah habis kontrak dan tidak memperpanjang kembali. Untuk itu, agar perusahaan tetap berjalan dan berkembang sebagaimana mestinya dibutuhkan regenerasi karyawan yang baru. Dengan ketentuan yang telah di tetapkan oleh perusahaan.

Bagian perekrutan harus bekerja dengan siap dan sigap. Untuk kouta yang di sediakan oleh perusahaan berkisar 200 orang. Dimana, 150 kouta orang baru. Dan 50 kouta bagi mereka yang ingin mendaftar kembali. Diharapkan, dalam 2 bulan terakhir harus terpenuhi semua kouta yang tersedia. Target dari karyawan harus terpenuhi, untuk keberlangsungan dari perusahaan.

Bandung, 01 Oktober 2016

Manager

 

Sunardi Lukman S.hum

Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuat sebuah memo? Terlebih, setelah anda membaca contoh memo diatas tentu akan semakin mudah. Pastikan selalu bahwa dalam membuat memo harus memperhatikan kejelasan,singkat dan tepat. Serta, jangan bertele-tele. Semoga bermanfaat !

11+ Contoh Surat Pengantar Terbaru di Tahun 2019 (Simpel)

contoh surat pengantar

Saat ini, surat sudah menjadi bagian penting dari suatu urusan. Penggunaan surat dirasa lebih formal dan memiliki penjelasan yang tepat. Bahkan, untuk berbagai keperluan dibutuhkan surat untuk menunjukan akan kebenarannya. Namun, masih banyak masyarakat yang bingung bagaimana cara membuatnya. Apakah anda termasuk yang bingung? Jangan khawatir, kami berikan beberapa contoh surat pengantar sebagai referensi anda.

Dalam membuat surat tentu tidak boleh sembarangan. Namun, harus menggunakan struktur yang benar beserta dengan penggunaan kalimatnya. Terklebih, jika ingin membuat surat pengantar dalam hal yang resmi. Karena, surat pengantar lebih banyak ditujukan untuk keperluan yang resmi. Bagaimana cara membuatnya? Ketahui contoh surat pengantar yang akan kami bagikan secara lengkap.

Contoh Surat Pengantar kerja

SUMBER RAYA ABADI
Jl. Jenaka No. 76 Semarang
Telp: +62 5682 2321 231

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor: SRB/VII/212

Yang bertanda tangan dibawah ini, manager Divisi Digital Marketing PT. Sumber Raya Abadi, menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama               : Nur Fadhila

NIK                   : 261223

Jabatan/Divisi: Staff Digital Marketing

Adalah karyawan PT. Sumber Raya Abadi yang telah bekerja sejak 02 Mei 2010 sampai dengan saat ini.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Untuk dapat digunakan oleh yang bersangkutan sesuai pada keperluannya.

Semarang, 02 Febuari 2012

 

Ahmad Himan

Contoh Surat Pengantar Dokumen

ENERGI SUMBER ALAM

Jl. Perkutut Timur No. 64 Surabaya

Telp: +62 8723 2313 132, Website: energisumberalam.co.id

 

Nomor     : 63/ESA/2017

Lampiran: 1 berkas Invoice

Hal           : Pengantar Invoice

Kepada Yth,

Accounting Manager PT. Nusa Indah Group

Jl. Kalimantan No. 24 Kebumen

Di Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan dalam kesepakatan yang telah ditentukan dalam kerjasama. Bahwa, untuk tagihan Invoice air mineral akan dibayarkan setiap tanggal 25. Untuk itu, bersama surat pengantar ini kami PT. Energi Sumber Alam mengirimkan invoice untuk bulan mei 2017.

Demikian surat pengantar ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Semoga pembayaran bisa kami terima secepatnya.

Surabaya, 04 Juni 2017

Hormat Kami,

Energi Sumber Alam

 

Fauzan Nugraha

Manager Finance

Surat Pengantar Dinas

PEMERINTAH KABUPATEN KEBUMEN
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 1 KEBUMEN

Jl. Payuguban No. 45 Karanganyar Telp: +62 8734 231 233

Kebumen, 13 April 2017

Nomor: 232/SMKK/SU/VII/2017

Perihal: Pengantar Pembuatan Kartu Istri

Kepada Yth,

Kepala BKD Kabupaten Karanganyar

Jl. Selindang No. 45 Karanganyar

Kebumen

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, kami mengirimkan data pegawai unit kerja SMK Negeri 1 Kebumen. Untuk dapat dilakukan pembuatan Kartu Istri. Adapun data pegawai yang kami maksud sebagai berikut:

Nama                           : Alivia Cantika Sari S.Pd

NIP                                : 17162391212

Tempat, Tanggal lahir: Kebumen, 06 Mei 1983

Unit Kerja                     : SMK Negeri 1 Kebumen

Alamat: Jl. Pengasihan Timur, Karanganyar RT. 03/RW. 15 Karanganyar Kebumen

Demikian surat pengantar ini kami buat dan disampaikan. Atas perhatidan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Kepala Sekolah

Suratman, S.Pd

NIP. 12232391993

Contoh Surat Pengantar RT

PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS

KECAMATAN TELUK

  1. 03 RW. 10 Dusun Sidabowa

SURAT KETERANGAN PENGANTAR

Nomor: 213/SLD/VII/2016

Yang bertanda tangan dibawah ini, ketua RT. 03 Rw. 10. Kecamatan Teluk, Dusun Sidabowa kabupaten Banyumas. Menerangkan bahwa dengan ini sebenarnya:

Nama                             : Junaedi Iskandar

Tempat,Tanggal Lahir: Banyumas, 07 April 1997

Jenis Kelamin               : Laki-laki

Pekerjaan                      : Wirauswasta

Agama                           : Islam

Status perkawinan: Belum Menikah

Kewarganegaraan: Indonesia

Alamat                    : Jl. Pengayoman No. 3 RT. 03 RW. 10 Dusun Sidabowa Kecamatan Teluk

Orang tersebut merupakan benar warga dari RT. 03 RW. 10 Kecamatan Teluk Dusun Sidabowa Banyumas. Surat pengantar ini dibuat untuk melengkapi syarat pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Demikian surat pengantar ini kami buat. Kemudian, dapat digunakan sebagai mana urusannya.

Banyumas, 03 Agustus 2017

Ketua RT. 03 RW. 10

 

Muhaimin Nur Iman

Contoh Surat Pengantar Proposal

PANITIA PEMBANGUNAN

TA’MIR MASJID NURUL HUDA BON BARU

Jl. Raya Utama No. 34 Bon Baru, Kebasen Banyumas

Telp: +62 876 231 2321

SURAT PENGANTAR

No: 143/Prop/PP/III/2017

Lamp: 1 Gabung

Hal    : Proposal Pembangunan

Kepada

Yth. Bapak Bupate Banyumas

Di Tempat

NOJENIS LAPORANJUMLAHKETERANGAN
1Proposal Bantuan Dana Pembangunan Masjid Nurul Huda Bon Baru1Dikirim dengan hormat untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan

 

Panitia Pembangunan Masjid Nurul Huda

Jl. Raya Utama No. 34,Bon Baru,Kebasen Banyumas

Ketua                                                                                                                                                    Sekretaris

Supriyono                                                                                                                                           Nina Alifah

Mengetahui

Kepala Desa Kebasen                                                                                                                     Camat Bon Baru

 

Suratman                                                                                                                                            Silaramah

Contoh Surat Pengantar Proposal Sponsor

PANITIA HUT RI 73 DESA PEKUNCEN
Jl. Adiraya Pura
Telp: +62 859 231 632

Nomor: 14/PHR/VI/2018

Lampiran: 1 ( satu) Bundel Proposal

Hal: Surat Permohonan Bantuan Dana

Kepada Yth,

Bapak Amirudin

Di Tempat

Assalamualaikum Wr.Wb

Sehubungan dengan akan di adakannya lomba dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke ‚Äď 73. Maka, kami selau panitia bermaksud untuk mengajukan permohonan bantuan kepada Bapak.

Nantinya, dana yang diberikan akan di alokasikan sepenuhnya kepada seluruh kegiatan. Dari perencanaan sampai dengan lomba selesai.

Demikian surat ini kami buat sebenar-benarnya. Atas perhatian serta partisipasinya dalam memberikan bantuan, kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Pekuncen, 03 Agustus 2018

Hormat Kami,

Panitia

Ketua

Julia Larasati

Contoh Surat Pengantar Barang

ABADI JAYA MAKMUR

Jl. Gerilya Timur No. 76 Purwokerto

Telp: +62 8523 2382 232

Nomor : 65/AJM/V/2016

Lamp: –

Hal : Pengiriman Barang

ARAH JAYA ABADI

Cilegon

Dengan hormat,

Pesanan bapak melalui surat 65/AJM/V/2016 berupa:

  1. 5 Unit Komputer All In One Merk Asus
  2. 10 Unit LCD Proyektor
  3. 20 Buah Kursi Meja Paket Lengkap
  4. 15 Mouse Dan Keyboard Wireless

Telah kami kirimkan hari ini melalui perusahaan Sentosa Makmur dan diperkirakan akan sampai pada tanggal 02 Mei 2016. Barang tersebut kami kemas menggunakan box yang tahan terhadap guncangan ataupun air.

Sesuai pada perjanjian yang telah disepakati bersama. Bahwasanya, bapak akan melunasi proses pembayaran setelah barang tersebut sampai dan dilakukan pengecekan. Maka, kami mohon untuk segera dilakukan pengecekan dan memberikan konfirmasinya kepada kami.

Semoga apa yang telah disepakati bersama dapat berjalan dengan baik. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Abadi Jaya Makmur

 

Hanif Luthfi

( Bagian Pemasaran)

Contoh Surat Pengantar Kenaikan Pangkat

PEMERINTAH KOTA SAMARINDAH

DINAS PENDIDIKAN

UPT SMA NEGERI 1 SAMARINDAH

Jl. Utama Sari Samarinda

NSS: 20.1.15.02.085 NPSN:31023123

SURAT PENGANTAR
NOMOR: 431/87/100/1/A12

Kepada

Yth. Kepala Dinas Pendidikan

Kota Samarinda

Di Tempat

NoIsi SuratJumlahKeterangan
1Daftar usulan kenaikan pangkat guru SMA Negeri 1 Samarinda a.n: Viviana Sari Murti M.Pd ( Dari III B ke III C)Masing-masing 1 rangkap

 

Dikirim dengan hormat untuk dapat diproses sebagaimana mestinya.

 

Samarinda, 07 Desember 2017

Kepala SMA N 1 Samarinda

 

Drs. Sutomo S.Pd

NIP. 19690203 1998002 1 013

Contoh Surat Pengantar Dari kepala Sekolah

PEMERINTAH KABUPATEN SEMARANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 02 SEMARANG

Jl. Nusa Indah No. 54 Simpang Lima Semarang

SURAT PENGANTAR
No: 2512/SP/SMPN2/21/2018

Kepada

Yth. Panitia LCC SMP Tahun 2018

Up. Kegiatan Bakat Dan Prestasi

Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen kemdikbud

Di  Tempat

Dengan ini kami menerangkan bahwa, siswa yang bernama dibawah ini:

Nama                           : Nurul Khasanah Wati

Alamat                          : Jl. Bobosan Timur Raya No. 645 Semarang

Tempat Tanggal Lahir: Semarang, 07 Agustus 2004

Ialah benar merupakan siswi aktif di SMP Negeri 02 Semarang. Yang kemudian kami utus untuk dapat mewakili lomba Cerdas Cermas tingkat SMP Tahun 2018.

Semarang, 17 April 2018

Kepala Sekolah

 

Jainudin Ahmad M.Pd

NIP. 1965007 199804 1 002

Contoh Surat Pengantar Dari Desa

PEMERINTAH KABUPATEN CILACAP

KECAMATAN SIDANEGARA

Desa Sidareja

Jl. Cerme RT. 11 RW 14 Kec. Sidanegera Cilacap Jawa Tengah

SURAT PENGANTAR KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN

Nomor: 540/PKC/121/VII/2017

Yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Desa Sidareja  Kecamatan Sidanegara Kabupaten Cilacap, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama Lengkap                          : Nur Ismi Yanti

Jenis Kelamin                            : Perempuan

Tempat Tanggal Lahir              : Cilacap, 02 Agustus 1997

Status Perkawinan                   : belum Kawin

Kewarganegaraan                    : Indonesia

Agama                                        : Islam

Pekerjaan                                  : Guru

Nomor Induk Kependudukan: 162912823232312

Alamat                                        : Jl. Kendeng RT. 07 RW. 14 Sidareja, Sidanegara Cilacap

Orang tersebut merupakan benar penduduk desa kami yang berdomisili sesuai alamat diatas. Serta, kami menerangkan bahwa yang bersangkutan berkelakuan baik dan belum pernah berperkara hukum. Surat ini dibuat untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam Surat Keterangan Catatan Kepolisian(SKCK)

Demikian surat ini dibuat dengan benar dan dapat digunakan sebagai mana keperluannya.

Sidanegara, 08 November 2018

Camat Sidanegara                                                                                                            Kepala Desa Sidareja

 

Muhammad Nasrullah                                                                                                   Suhaimi Amin

Contoh Surat Pengantar Laporan

PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN

PENDIDIKAN NASIONAL

AL-MUNAWAROH KEL. HULU KEC. BATANG

Jalan. Merdeka Timur, Kec. Batang Kabupaten Pekalongan

NPSN.2324529/NSS. 003 2004 22 032

Nomor    : 433/VII/TKAM/2016

Lampiran: 1 Berkas

Perihal    : Permohonan Bantuan Sarana Dan Prasarana

Kepada

Yth. Sekjen Kemendikbud

Cq. Kepala Biru Keuangan

Jl. Jenderal Sudirman Gedung C Lantai 9

Di-

Jakarta

Dengan hormat,

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah Batang. Maka, sangat dibutuhkan sarana dan prasana yang memadai. Untuk itu, kami mohon bantuan sebagaimana perihal surat tersebut.

Jumlah dana yang kami butuhkan sebesar Rp. 15.000.00- ( lima belas juta rupiah)

Sebagai bahan pertimbangan, kami lampirkan:

  1. Profil Sekolah ( visi dan misi)
  2. Rencana Anggaran Biaya
  3. Izin Operasional Sekolah TK Al-Munawaroh
  4. Surat Keterangan Domisili Sekolah
  5. No. NPWP
  6. Akta Notaris

&. No Rekening

Demikian permohonan yang kami ajukan kepada bapak. Besar harapan kami untuk dapat diberikan informasi lanjutannya. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Hulu, 17 Mei 2018

Kepala Tk. Al-Munawaroh

Husni Adiba

NUPTK. 92823231435932

Nah, itulah contoh surat pengantar yang dapat kami sampaikan untuk anda. Pastikan, dalam membuat surat pengantar harus dengan benar dan jelas. Serta, untuk tujuan yang disampaikan jelas. Semoga bermanfaat !

Manfaat Essen Katilayu Yang Diambil Dari Bagian Pohonnya

Katilayu merupakan tanaman yang mempunyai beberapa manfaat yang unilk. Salah satunya sering dijadikan essen katilayu untuk umpan ikan. Sehingga banyak sekali orang yang menjual dan harganya yang lumayan. Karena terbukti dalam dunia pemancingan baik untuk ikan mas, nila, lele dan lain-lain.

Nah maka dari itu saya penasaran untuk menulis seputar pohon yang satu ini. Berikut akan saya bahas dari mulai struktur pohon hingga manfaat dan pengolahannya.

Pohon Katilayu

Sebuah tanaman yang pastinya terdapat manfaatnya dan diburu oleh beberapa orang. Tidak lain tidak bukan, pohon katilayu ini mempunyai kegunaan didalam dunia pemancingan.

Manfaat yang diambil dari getah katilayu ini bisa diibuat untuk campuran aroma dalam umpan ikan. Yap, dibuat essen katilayu mungkin itulah sebutannya. Sampai saat ini banyak orang yang menjual di beberapa web atau market place.

Kembali lagi pada penjelasan pohon katilayu ini. Oiya, tumbuhan ini banyak terdapat di daerah Cirebon Jawa Barat. Untuk menegetahui gimana sih bentuk dan rupanya dari katilayu ini berikut penjabarannya.

Ciri Pohon Katilayu

Berikut ini akan saya jelaskan beberapa bagian ciri dari pohon katilayu. Mulai dari daun, bunga dan lainnya.a.

Daun

Seperti tumbuhan pada umumnya, daun pada katilayu juga sama yaitu sebagai tempat fotosintesis. Yaitu alat untuk pernafasan atau sering disebut dengan stomata.

Daun katilayu berwarna hijau karena mengandung banyak klorofil. Tepatnya adalah warna hijau muda. Secara spesifiknya susunan menyirip pada ujung daun yang lancip. Lonjong dan memanjang pada bentuk daunnya.

Pada bagian tangkai, katilayu memiliki lebih dari satu helai daun. Umumnya daun jenis majemuklah yang dimiliki pohon ini. Itulah ciri dari adun katilayu.

Batang

Berikut ini merupakan ciri dari batang pohon katilayu:
Umumnyta sebagai penopang tanaman karena memiliki serat yang sangat tinggi
Mengandung serat yang sangat tinggi.

  • Kokoh
  • Tekstur yang kasasr
  • Warna coklat kehitaman
  • Sebagi tempat dalam pertumbuhan daun
  • Tegak lurus (Umumnya)
  • Ditumbuhi cabang-cabang

Akar

Berikut ini merupakan ciri sekaligus manfaat dari akar katilayu:

  • Sebagai penopang pohon
  • Memiliki peran dalam fotosintesis
  • Akar tunggang
  • Warna kulit berwarna coklat pada bagian luar
  • Tanaman dikotil

Getah Katiyau

Pada bagian ini saya bahas seputar bagian pada getahnya. Untuk bagian getah katilayu biasanya sangat sulit didapatkan. Maksudnya mencari getah yang benar-benar sudah jadi.

Pada beberapa sumber, getah katilayu yang bagus adalah yang sudah mengering. Banyak yang menjual getah yang mengering ini. Untuk mendapatkan jenis getah kering dari katilayu ini adalah mencari pohon yang sudah berusia tua. Serta sudah ada keluar getahnya.

Tekstur getah katilayu hampir menyerupai kuilit pohonnya. Sehingga semakin lama pohon usianya, maka getah yang mengeringnya sangat menyerupai kulitnya. Biasanya getah katilayu ini banyak dibuat kerajinan dan aksesoris. Yang paling banyak adalah sering dijadikan essen katilayu didalam dunia pemancingan.

 

5 Rekomendasi Motif Keramik Kamar Mandi Terbaik 2019

Salah satu yang membuat desain dan kenyamanan didalam rumah yaitu dengan memperhatikan setiap detailnya. Misanya pada motif keramik kamar mandi.

Ya seperti yang akan saya tulis saat ini yang berhubungan dengan memberikan rekomendasi motif keramik yang terbaik untuk kamar mandi anda. Selain nyaman dan membentuk nilai seni yang tinggi, anda juga akan memiliki pribadi rapi dan memperdulikan nilai seni.

Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa motif dari keramik kamar mandi yang tentunya sangat rekomended buat anda coba. Tidak hanya dari sisi bahan keramik itu sendiri, tetapi kecocokan warna dan keseimbangannya juga perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa daftar motif keramik yang diambil dari beberapa sumber terbaik untuk anda.

Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis

Dibagian ini, ada beberapa motif yang bisa anda gunakan untuk kamar mandi anda yang berkuran minimalis.

motif kamar mandi keramik
Source: dekorrumah.net

Motif yang memiliki corak seperti bunga akan meningkatkan nilai seni pada desain kamar mandi anda. Tidak terlalu ribet dan terlihat elegan dengan perpaduan warna dinding yang putih. Sehingga sangat cocok sekali bila dikombinasikan.

motif keramik
Source: dekorrumah.net

Motif yang satu ini juga bisa anda coba, yaitu dengan memberikan kesan kesamaan pada lantai dan dinding. Artinya terdapat sambungan pada motif yang dipakainya. Terlihat pada gambar itu jika dilihat memiliki keindahan yang mendalam. Sangat rekomendasi sekali untuk dicoba. cheap backsplash.

motif kamar mandi
Source: dekorrumah.net

Untuk yang satu ini terdapat beberapa motif pilihan dan berbagai warna yang sangat menarik. Ada yang memiliki motif seperti daun dan bentuk garis atau geometri yang indah. Bisa anda pilih yang paling disukai untuk mendesain kamari mandi.

Kamar Mandi Roman

Motif yang satu ini menjadi salah satu yang lagi tren juga. Yaitu motif keramik roman. Desain yang memiliki tingkat seni yang indah sehingga menghasilkan keyamanan dan nilai estetika tinggi dimiliki oleh motif yang satu ini. Intinya sangat cocok untuk anda yang ingin mencoba dalam mendesain kamar mandinya supaya terlihat menarik. Lalu seperti apa motif dari keramik roman ini? Berikut beberapa gambarnya.

keramik roman
Source: NdikHome.Com

Seperti yang anda  lihat pada gambar tersebut, memiliki corak dan desain yang menarik. Motif pada keramik yang dubuat untuk mendesain dinding kamar mandi. Dengan pemilihan warna putih yang mencolok membuat nilai tambah dan semakin indah untuk dilihat.

Motif Keramik Platinum

Satu lagi mengenai motif keramik yang sedang menjadi trending diluar negeri adalah platinum. Biasanya motif keramik kamar mandi platinum ini banyak digunakan oleh orang yang berada diperkotaan. Memilih motif keramik platinum ini bisa anda coba untuk dipasang dengan kamar mandi minimalis. Seperti apa motif keramik platinum ini? Saya akan memberikan salah satu gambarannya dibawah.

keramik platinum
Source: NdikHome.Com

Seperti yang telah anda lihat pada gambar tersebut, motif keramik platinum sangat elegan dan indah sekali. Cocok bagi anda yang ingin mendesain kamar mandi yang minimalis dirumah.

Merawat Keramik Kamar Mandi (Bonus)

Ada beberapa metode atau cara yang bisa anda gunakan untuk membersihkan atau merawat keramik kamar mandi anda. Bahan apa saja yang dapat dilakukan untuk membantu dalam membersihkan keramik kamar mandi?

  • Menggunakan Cuka. Dengan memberikan cuka yang telah dipisahkan pada botol penyemrot dan digunakan untuk membersihkan keramik. Kemudian guankan lap bersih.
  • Cairan pembersih. Kalau ini yang saya sarankan banget deh. Anda bisa gunakan cairan khusus pembersih keramik yang bisa didapatkan di minimarket terdekat.
  • Karporit. Menyiramkan air panas pada lantai atau keramik. Kemudian taburkan karporit secara merata dan tunggu 10 menit. Selanjutnya siram dan gosok dengan sikat hingga bersih.

Mungkin itulah beberapa bahasan terkait dengan motif keramik kamar mandi yang bisa saya bagikan. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Source:

notepam.com

hustopia.com

[ Chord] Kunci Gitar Ungu Luka Disini

Siapa yang tidak mengetahui salah satu band yang populer di Indonesia ini. Yap yaitu Ungu. Sebuah group musik yang di vokali oleh Pasha. Berikut ini saya mencoba untuk berbagi salah satu kunci gitar dari lagunya. Yaitu chord ungu luka disini.

Sebuah lagu yang menceritakan makna didalamnya adalah seseorang yang kecewa karena sebuah ketulusan cinta dari kekasihnya ternyata tidak benar. Darisanalah hingga terdapat luka pada hatinya. Dan lagu ini dibuat cocok buat kamu yang lagi galau-galau karena sang kekasih ternyata tidak seperti yang kita duga. Yuk disimak pada artikel dibawah ini. Berikut kunci gitar luka disini.

Chord Ungu Luka Disini

Chord Ungu Luka Disini
Source: www.trinityproduction.com

Intro C G Am Em F C G

C G
Dulu pernah ada cinta
Am Em
Dulu pernah ada sayang
F C G
Namun kini tiada lagi perasaan seperti dulu

C G
Kini tiada lagi kisah
Am Em
Cintaku tlah musnah sudah
F C G
Hancur hatiku telah kau sakiti perasaanku

Reff

C G
Biarkan ku pergi
Am Em
Jangan kau tanyakan lagi
F C G
Kuyakin ini yang terbaik tuk kau dan diriku

C G
Biarkan berlalu
Am Em
Rasa cinta ini di hati
F C G
Ku tak bisa tuk menahan aku luka di sini

Interlude C G Am Em F C G A

Reff

D A
Biarkan ku pergi
Bm F#m
Jangan kau tanyakan lagi
G D A
Kuyakin ini yang terbaik tuk kau dan diriku

D A
Biarkan berlalu
Bm F#m
Rasa cinta ini di hati
G D A
Ku tak bisa tuk menahan aku luka di sini

Nah itulah chord gitar ungu luka disini yang bisa saya share. Bagi kamu yang suka sama lagu ini bisa dimaikan dengan iringan gitar akustik. Bisa kamu baca-baca juga diweb ini mengenai kunci gitar lainnya, mulai dari cara belajar sampai contoh-contoh kunci gitar tiap band. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

8 Jenis Ikan Koi Lokal & Import (Termahal, Terindah, Terlangka)

Ikan koi merupakan binatang air yang banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Banyak sekali jenis – jenis ikan koi yang ada, mulai dari lokal seperti blitar sampai import. Tentunya koi adalah ikan yang mempunyai harga tinggi. Dan banyak juga koi yang dijadikan gambar atau lukisan besar oleh kalangan tertentu.

Pada artikel ini saya akan membahas jenis dari ikan koi yang ada di dunia. Mulai dari harga biasa bahkan tinggi, corak warna seperti merah, hitam, putih dan lainnya. Untuk lebih jelasnya silakan simak dan lanjutkan membacanya.

Koi Kohaku

Dari ikan koi lainnya, jenis yang satu ini merupakan yang paling fenomenal dan sangat tua dari umurnya. Ciri fisik yang sangat mudah diketahui dari ikan ini yaitu memiliki dasar warna putih yang solid dan warna merah yang cerah.

Bagi kamu yang ingin memiliki atau membeli ikan kohaku ini, perlu mengetahui tipe yang berkualitas. Ciri spesifik yang wajib kamu tahu dari ikan ini diantaranya:

  • Terdapat kombinasi warna merah dan puith disepanjang tubuhnya
  • Warna merah yang sangat cerah
  • Warna dasar putihnya tidah terkena noda atau cacat
  • Terlihat cerah dari semua titik fisiknya mulai sirip badan, kepala sampai ekor

Ikan koi kohaku ternyata memiliki beberapa jenisnya lagi yaitu tancho, maruten, gin rin dan doitsu. Itulah sedikit pembahasan tentang salah satu jenis ikan koi yang paling diburu. Tentunya kohaku memiliki harga yang tidak sedikit.

Koi Sanke Taiso

Tipe yang satu ini tidak jauh berbeda dengan kohaku yang sudah kita bahas tadi. Namun tentu saja ada sedikit perbedaan yang menjadikan kualitas dan harga menjadi beda. Beberapa ciri dari ikan koi jenis sanke taisho yang perlu anda tahu adalah:

  • Pada tubuhnya terdapat warna pelengkap yaitu hitam
  • Pola warna yang serupa dengan ikan kohaku
  • Merah dan hitam menjadi pola warna pada tubuhnya
  • Warna dasar putih namun dikombinasikan dengan pola hitam merah tadi

Semua itu adalah ciri yang paling gampang bisa kita kenali. Dari variasinya, jenis ikan koi yang satu ini memiliki empat, yaitu Gin Rin, Tancho, Maruten dan Doitsu.

Baca Juga: 21 Ikan Hias Air Tawar

Koi Shusui

Shusui adalah ikan koi yang mempunyai gabungan warna seperti Asagi. Perihal yang mengetahui ialah skema yang ada dibagian atas ikan. Ikan Asagi mempunyai skema seperti jaring berwana biru, dan Shusui memilikipola garis di selama punggung ikan. Di bagian perut, insang, serta sirip Shusui tdk ada ketaksamaan ialah ada skema warna merah atau orange.

Koi Asagi

Asagi adalah type ikan koi yang mempunyai skema jaring berwarna biru dibagian atasnya. Dibagian bawah (perut ikan), insang ikan, sirip, serta tubuhnya ada warna merah atu orange. Skema warna merah atau orange itu dapat berkembang atau bertambah besar bersamaan dengan umur ikan.

Koi Hi Utsuri

Hi Utsuri adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang digabungkan dengan warna merah atau orange. Hi Utsuri rata-rata mempunyai warna orange pada waktu usianya tetap muda serta warna itu dapat menjadi merah cerah bila ikan udah dewasa.

Shiro Utsuri

Jenis ikan koi ini adalah type ikan koi yang mempunyai warna basic hitam yang di lapis dengan warna putih. Shiro Utsuri dijelaskan bermutu bila campuran warna itu ada dibagian kepala ikan. Jadi, warna di bagia kepala ikan mesti berwarna hitam serta putih.

Koi Tancho

Tancho adalah type ikan koi yang sangat popular di kelompok beberapa peminat ikan koi, bahkan juga kepopuleran Tancho menundukkan kepopuleran Kohaku. Ikan Tancho mempunyai warna basic putih yang dihiasi dengan skema atau tancho warna merah di kepalanya. Simetri serta peletakan skema warna merah di kepalanya tentukan mutu ikan ini.

Koi Showa Sanshoku

Showa Sanshoku, lebih diketahui dengan nama Showa, adalah satu diantaranya type ikan koi yang mempunyai gabungan warna basic merah serta putih yang ditambahkan dengan warna hitam diatasnya.

Gabungan warna itu mempunyai persamaan dengan type ikan koi Sanke, hingga masalah ini mempersulit kita untuk mengetahui pada ke dua type ikan koi itu bila kita belum pula memahami lewat cara detil berkenaan ke dua type ikan koi itu.

Perihal yang mengetahui pada ikan koi Showa dengan ikan koi Sanke ialah skema gabungan warnanya. Ikan koi Showa mempunyai skema warna hitam disepanjang badan, dan Sanke cuma ada di atas badan, serta lebih utama agar bisa mengetahui pada kedua-duanya ialah Showa mempunyai skema warna hitam diatas kepalanya, dan ikan koi Sanke tdk.

Demikianlah beberapa informasi terkait jenis jenis ikan koi yang bisa saya berikan. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lain di situs bisapinter ini. Sekian dan terimakasih.

Kumpulan Foto Santri Ganteng Sedunia + Kata Motivasi

Assalamualaikumwarrohmatullohi wabarokaatuh. Bismillah, kali ini admin dikasih challenge untuk membuat artikel dengan KW Santri Ganteng. Nanti pada artikel ini diisi akan dicantumkan bebera kumpulan foto atau gambarnya.

Konten ini dibuat hanya untuk hiburan semata. Hehe. Tanpa basa basi lagi mari kita baca dengan cepat artikel ini.

Pesantren Santri Ganteng

Sudah tidak asing lagikan dengan kata santri? Yup, yaitu orang atau anak yang pembelajarannya di pondok pesantren. Banyak sekali di zaman sekarang mulai dari yang modern, boarding school atau yang masih pesantren tradisional.

Contohnya seperti ada Gontor yang sudah terkenal menjadi sekolah boarding school terbaik di Indonesia. Atau ada lagi salah satu pesantren yang unik yaitu menggabungkan metode Quran dan bisnis online yaitu Sintesa.

Sintesa merupakan tempat dimana seseorang bisa belajar dari sisi Agama Islam khususnya Al Quran dan yang lebih serunya lagi ada bisnis onlinenya. Kamu bisa belajar SEO, Jualan online, fotograger dan lain-lain.

Nah kenapa saya sebut Sintesa disini? Sudah jelas karena saya juga sedang belajar di Sintesa hehe. Lalu apa kaitannya dengan santri ganteng? Pastinya ada kaitannya. Yaitu para santri Sintesa merupakan anak yang kece, sholeh dan masa depan yang cerah. hehe

Kumpulan Nama Santri Ganteng

Nah untuk tahun ini, saya masuk kedalam angkatan yang ke 7. Ada beberapa nama teman saya akan saya sebutkan:

  • Rafi
  • Arif
  • Qosam
  • Alhadi
  • Awan
  • Indra
  • Hakim
  • Isnaeni
  • Badi
  • Abdul
  • Gozali
  • Dayat
  • Miftah
  • Dindin
  • Ulwan
  • Sakur
  • Rifki
  • Salas
  • Rifai

Kata Mutiara Santri Ganteng

Kata Mutiara Santri Ganteng

Nah dibagian ini saya cantumin beberapa kata mutiara dari santri paling ganteng dan kece.

‚ÄúPakailah peci dimanapun kamu berada.‚ÄĚ

‚ÄúSantri itu harus GAPLEH: Gaul Tapi Soleh.‚ÄĚ

‚ÄúTeman yang satu nampan lebih mengasikkan dari teman yang selalau ngajak ke restoran.‚ÄĚ

‚ÄúKebersamaan bukan diukur dari bayaknya makanan, tapi diukur dai banyaknya yang rebutan.‚ÄĚ

‚ÄúJangan kamu ajarkan pada kami tentag kebersamaan, kami itu sudah tertanam dalam diri kami.‚ÄĚ

‚ÄúSantri itu harus kreatif, inovatif dan aktif.‚ÄĚ

‚ÄúBangunin tidur greget itu bukan pakai samurai tapi pakai bacaan Laailaahaillaloh.‚ÄĚ

‚ÄúRasa kangen ini muncul, karena aku ingin mendengrkan Adzan daripada suara kamu.‚ÄĚ

‚ÄúMantan bisa kamu lupakan, tapi hafalan jangan kau tinggalkan.‚ÄĚ

‚ÄúSekarang aku sadar, ganteng aja ga cukup buat nikahin kamu. Ngaji yang penting.‚ÄĚ

‚ÄúPakailah sandal jelek saat berangkat jumatan, niscaya kamu akan mendapatkan sandal yang bagus saat pulangnya.‚ÄĚ

‚ÄúTidak ada kata di Malam Minggu selain maju giliran maju kepada guru.‚ÄĚ

‚ÄúKarena mengingat hafalan tidak semudah untuk mengingat kenangan mantan dimasa lalu.‚ÄĚ

‚ÄúPesantren mengajarkanku tentang bagaimana unutk bersabar, bersabar giliran mandi karena penuh.‚ÄĚ

‚ÄúHijab : Ibarat barang atau buah yang terbungkus pasti harganya MAHAL. Karena yang buka bukaan itu harganya murahan.‚ÄĚ

‚ÄúWarning!! Aku sudah tobat, jangan diajak untuk maksiat.‚ÄĚ

‚ÄúBukan santri kalau belum merasakan sakit budug.‚ÄĚ

‚ÄúKami diajarkan untuk makan bersama sama, emangnnya mau dikubur sendiri ?‚ÄĚ

‚ÄúMau kamu kaya atau miskin. Dipondok tetap harus sarungan.‚ÄĚ

‚ÄúSemoga jalinan asmara ini bagaikan Idgham Billagunnah, yang punya dua hruuf saja yaitu Lam dan Ro‚Äô.‚ÄĚ

Lebih lengkapnya bisa dilihat kamu lihat di situs berkata.

Foto Santri Paling Ganteng

Ini adalah bagian yang paling ditunggu tunggu. Kumpulan foto dari santri terganteng tahun 2018 – 2019 (Bisa juga lebih).

santri ganteng

santri ganteng

santri ganteng

santri ganteng

Nah itulah isi dari artikel challenge santri ganteng yang bisa saya buat. Semoga aja bisa naik ke page one hihi. Wassalamualaikum warrohmatullohiwabarokaatuh.