1
15

Pelajaran Dan Pengalaman Menjadi Lifeguard

Salam pinter. Tidak ada henti-hentinya saya akan berbagi pengalaman diblog ini.

Bukan berbicara yang omong kosong, namun ada beberapa ilmu pengetahuan yang mungkin kamu belum mengetahuinya.

Langsung saja, kali ini saya akan berbagi pengalaman menjadi seorang lifeguard saat acara pegenalan jurusan di kampus.

Awalnya gak tahu apa itu lifeguard, baru pertama kali dengernya

lifeguard

Diambil dari bahasa inggris sih ya. Kata lifeguard berarti kehidupan dan penjaga.

Wah wah.. Jangan berpikiran yang jauh dulu ya. Saya juga tidak setuju sebenarnya jika diartikan penjaga kehidupan.

Kita cerna kembali kedalam bahasa yang lebih masuk akal lagi. Lifeguard  dalam bahasa saya  yaitu seseorang yang bertugas menjaga dan mengawasi orang-orang di sekitaran pantai.

Jika di tempat wisata-wisata pantai, biasanya dia sering membawa peluit dan duduk di tempat yang agak tinggi sambil mengawasi orang-orang sekitar.

Kalau di luar negeri, yang biasa kamu lihat di film-film tuh. Penjaga pantai atau lifeguard identik dengan badan yang berotot, tinggi, seram dan jago renang.

Kisah saya dan beberapa teman yang bertugas menjadi lifeguard

tim lifeguard

Pada saat itu, tepatnya empat tahun yang lalu saya dan beberapa teman dijadikan sebagai penjaga pantai saat acara pengenalan kampus.

Sekitar 15 orang jumlah kami pada waktu itu. Entah apa yang menjadi pertimbangan saya bisa menjadi seorang penjaga pantai. Ya .. Itu sih udah jadi keputusan panitia.

2014 saat orientasi jurusan adik kelas, saya menjadi lifeguard

lifeguard action

coachellavalley.com

Pada hari minggu saat itu, pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB di tahun 2014. Acara peresmian adik kelas yang telah lulus orientasi selama satu tahun.

Acara tersebut berlokasi di bibir pantai. Oleh sebab itu perlu adanya lifeguard yang bertugas menjaga peserta supaya aman.

Stasiun lapang yang berlokasi di Pelabuhan ratu Sukabumi

pantai

Tempat yang membuat saya pertama kalinya merasakan untuk menjadi seorang lifeguard adalah Pantai Pelabuhan ratu.

Lokasi yang sebagiannya menjadi pusat pariwisata yang cukup populer. Selain itu, menjadi lumbung perikanan yang cukup besar. Mulai dari penangkapan sampai pengolahan ikannya.

Pelabuhan ratu juga terkenal dengan mitos-mitos yang cukup legendaris. Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan tentang cerita Nyai Roro Kidul penguasa Pantai Selatan.

Kira-kira lima kilometer dari pasar ikan, kegiatan pengenalan jurusan saya dilaksanakan. Berjauhan dengan daerah wisata yang dimiliki Pelabuhan ratu, kami berada di tempat stasiun lapang milik fakultas perikanan.

Lokasi yang mempunyai arus dan ombak yang tinggi, merekomendasikan lifeguard  itu selalu dibuat divisi

ombak

Tidak hanya kontur tanah yang kurang bersahabat, laju arus  dan gelombang juga sangat kuat di daerah Pantai Pelabuhan Ratu.

Saya pernah membaca sebuah jurnal penelitian, dikatakan bahwa daerah yang berhadapan langsung dengan samudera, akan memiliki ombak dan gelombang yang tinggi.

Perlu diketahui, letak pantai Pelabuhan Ratu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Maka dari itu, sudah jelas dipertimbangkan kuat untuk dibuatnya bagian penjaga pantai atau lifeguard ini. Disetiap tahunnya pasti selalu ada divisi yang satu ini.

Hal lain yang perlu kamu tahu, bahwa panitia tidak sembarangan menunjuk saya dan teman yang tergabung dalam team lifeguard ini. Alasanya antara lain:

“Lancar dan sudah berpengalaman dalam berenang, minimal mengetahui seluk beluk kondisi cuaca, dapat bertahan dari rasa dingin serta tahu tentang rescue, walaupun sedikit.”

Tidak hanya memakai pakain biasa, tapi ada beberapa benda yang harus digunakan

Setiap tahun ke tahun seperti biasanya, ada beberapa benda yang harus dipakai dan digunakan :

Jaket Pelampung

pelampung jaket

tokopedia

Yang namanya tugas di air, pelampung wajib dipakai oleh saya dan teman-teman sebagai lifeguard.

Benda ini bentuknya seperti rompi  yang dipakaikan kebagian tubuh kita. Kegunaanya untuk mengapung dan mempermudah di permukaan air .

Setiap orang yang pekerjaannya di sekitar laut pasti benda ini wajib untuk dipakai.

Tambang besar

tambang

Buat apa sebenarnya tambang ini diperlukan?

Ini lo. Lokasi yang biasa dibuat oleh panitian untuk kegiatan ini sangat rawan terjadi kecelakaan seperti tenggelam dan hanyut. Maka dari itu tambang digunakan sebagai batas aman untuk peserta melakukan kegiatan.

Nah. Salah satu jobdesk saya dan teman-teman yaitu memegangi tambang hingga membentuk wilayah aman untuk kegiatan.

Treatment  sebelum melakukan tugas

Tentunya  jobdesk  yang saya akan hadapi lumayan berat. Kegiatan sangat menguras tenaga.

Biasanya kami ada sebuah treatment yang diberikan oleh senior yang berpengalaman sebelumnya. Apa itu?

Push up

push up

Standar yang kami lakukan dalam melakukan push up biasanya tidak lebih dari 50 kali.

Kalau kebanyakan, nanti malah tenaganya habis sebelum bertugas. Dengan jumlah segitu, sudah cukup untuk melakukan pemanasan push up.

Sit up

sit up

tranimag.com

Selain push up, kami juga melakukan pemanansan sit up, ga perlu banyak dan lama-lama.

Biasanya yang kami lakukan sebanyak 20-30 kali.

Lari

lari

Yang ketiga adalah melakukan lari.

Kalau dulu saya dan teman melakukan lari selama 10-15 menit mengintari daerah stasiun lapang.

Mengecek kembali lokasi kegiatan

bebatuan

Yang terakhir adalah mengecek kembali lokasi yang akan dilaksakan kegiatannya.

Biasanya saya membersihkan tempat tersebut dari puing-puing yang berbahaya, seperti paku, serpihan kaca, batu kecil yang tajam dan benda lain yang sekirnya membahayakan peserta.

Suka dan dukanya menjadi seorang lifeguard

suka duka

Sudah dua kali saya pernah menjadi seorang lifeguard di kegiatan rutin tahunan jurusan. Sudah pasti suka duka itu ada.

Dinginnya pake banget saat hujan

Perlu kamu tahu, selain angin laut yang sangat dingin menusuk badan. Saya pernah di hadapkan cuaca yang buruk ketika itu.

Hujan deras di barengi angin yang besar. Itu rasanya saya seperti berada di kutub utara. Badan semua sampai gemeteran.

Disaat ada peserta yang jatuh pingsan

Satu lagi yang bikin saya kadang gak mau jadi lifeguard lagi. Ada peserta yang jatuh pingsan saat kegiatan.

Satu peserta aja ngalamin seperti itu, paniknya minta ampun. Saya dan teman-teman pastinya selalu cemas jika ada kondisi seperti itu.

Soalnya bukan hanya tim kesehatan yang kena semprot dari dosen, tapi tim lifeguard juga pasti kena.

Enaknya dapet makanan dan kopi banyak lo kalau lagi acara berlangsung

ngopi

steemit.com

Satu yang unik dari tim para penjaga pantai atau lifeguard, sebut saja gitu deh. Hehe.

Secara aturan ketika acara berlangsung, semua divisi tidak boleh melakukan aktfitas lain selain yang ditugaskan.

Nah perlu kamu tahu, bagi saya tim lifeguard adalah orang-orang yang paling diuntungkan.

Karena apa? Kami pasti selalu diperbolehkan untuk makan, minum dan ngopi saat acar berlangsung.

Pokoknya pengalaman menjadi seorang lifeguard itu sangat menyenangkan menurut saya.

Namun memang tidak semua orang bisa untuk menjadi seorang lifeguard. Perlu ada kemampuan yang dikuasai, minimal bisa berenang dengan baik.

Nah, begitulah pengalaman saya ketika pernah menjadi seorang lifeguard atau penjaga pantai. Pokoknya pengalaman itu sangat berkesan sekali.

Mudah-mudahan kamu dapat beberapa pengetahuan dalam tulisan pengalaman saya kali ini.

Thanks.

 

🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: