4
564

Pengertian, Jenis, Dampak Dari Pembagian Waktu Yang Terdapat di Indonesia

Salam PINTER. Mungkin ada beberapa orang yang tidak mengetahui kenapa terdapat WIB, WIT dan WITA. Zona tersebut disebabkan oleh pembagian waktu di Indonesia yang ditetapkan oleh keputusan presiden.

Pembagian waktu di Indonesia terbagi kedalam beberapa bagian yaitu barat, tengah dan timur. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel ini sampai dengan selesai.

PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA BERDASARKAN GARIS BUJUR DAN LINTANG

pembagian waktu di indoneisa

Terjadinya pembagian waktu di Indoensia karean luas wilayah yang dimiliki sangatlah luas. Hal ini membuat perbedaan pada setiap daerah dari sabang sampai merauke. Perlu kamu tahu luas wilayah Negara kita adalah 1,9 juta km persegi. Pembagian waktu di Indonesia ini tergolong kedalam beberapa wilayah yang menjadi patokan waktu.

Pembagian waktu di Indonesia ini meliputi bagian barat (WIB), waktu indonsia bagian tengah (WITA) dan waktu Indonesia bagian timur (WIT). Keputusan ini ditulis dalam peraturan presiden nomor 41 tahun 1987.

Sejarah Pembagian Waktu

Tidak hanya wilayah lokal Indonesia saja yang mempunyai perbedaan waktu. Tapi juga perbedaan waktu dengan Negara lain. Contoh sering kita jumpai di televisi tentang jafwal sepakbola. Di Indoesia sudah malam tapi di Negara lain masih siang.

Hal tersebut membuktikan pembagian waktu yang berbeda disetiap Negara. Ada yang beberapa menit hingga ada yang jauh sekali. Semua itu disebabkan salah satunya oleh bentuk bumi yang bulat. Selain itu bumi berputar pada porosnya dan mendapat sinar matahari secara berganti. Maka terjadilah siang dan malam.

Waktu Indonesia Bagian Barat

pembagian waktu di indoneisa

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Indonesia mempuyai letak geografis 95O BT sampai 141O BT. Selain itu memiliki jumlah pulau yang banyak dan luas perairan yang menakjubkan. Maka tidak heran, peratuan pemerintah memutuskan untuk membagi waktu berdasarkan wilayah.

Wilayah tersebut adalah WIB, WITA dan WIT. Adanya pembagian ini menyebabkan waktu berbeda di beberapa tempat seperti papua, jawa dan sumatera. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu dibawah ini.

Batas waktu ini ditentukan dari garis bujur Indonesia.  Wilayah yang memasuki garis bujur 105O masuk kedalah wilayah Indonesia bagian barat.

Wilayah-wilayah tersebut jika dikelompokan kedalam kepulauan besar yaitu Jawa, Sumetera, Kalimantan Tengah dan Barat. Bila dikelompokan lagi kedalam kategori wilayah provinsi adalah :

  • Daerah Ibukota Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Timur
  • Banten
  • Daerah Istimewa Yogayakarta
  • Nangroe Aceh Darussalam
  • Sumatera Barat
  • Sumetera Utara
  • Kepulauan Riau
  • Jambi
  • Riau
  • Jambi
  • Sumatera Selatan
  • Bangka Belitung
  • Lampung
  • Bengkulu
  • Kaliamantan Timur
  • Kalimantan Barat

Waktu Indonesia Bagian Tengah

waktu indonesia bagian tengah

Pada bagian ini saya akan membahas mengenai pembagian waktu di Indonesia bagian tengah. Jika di singkat menjadi WITA, adalah batas pertengahan dari WIB dan WIT. Daerah yang termasuk kedalam bagian tengah ini memiliki derajat bujur timur sebesar 120O.

Secara spesifiknya, wilayah pulau yang termasuk kedalam WITA adalah Bali, Kalimantan Utara, Kalmantan Timur, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi.

Sementara untuk Provinsi yang termasuk kedalam waktu tengah tadi ialah Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara dan Bali.

Selisih yang terdapat pada wilyah pembagian waktu, berbeda-beda. Tepatnya mempunyai perbedaan sekitar 1 jam dari masing-masing wilayah tersebut. Misalnya pada di bgian barat pukul 8.00 maka dibagian tengah pukul 7.00.

Waktu Indonesia Bagian Timur

waktu indonesia bagian timur

Pembagian waktu yang dilihat dari wilayah timur cenderung memiliki daerah yang sedikit dibandingkan dengan WITA dan WIB. Hal itu mungkin dikarenakan provinsinya yang tidak terlalu banyak. Waktu indonsia bagian timur memiliki batasan bujur pada angka 135o.

Garis ini melewati wilayah Kepulauan Maluku dan Papua. Perlu kamu ketahui bahwa bagian waktu ini mempunyai waktu internsional pada  GMT +9 dan UTC +9. Berikut ini adalah beberapa provinsi yang masuk kedalam wilayah timur.

Maluku

Wilayah terkenal dengan kerajaan-kerajaan Mesir terdahulu. Buktinya yang populernya adalah catatan tablet tanah liat yang sekaligus tertua di Indonesia.

Maluku Utara

Sebuah provinsi yang diresmikan pada tanggal 4 Oktober tahun 1999. Maluku Utara termasuk kedalam bagian dari provinsi Maluku. Undang-undang yang mensahkannya daerah ini adalah UU RI No 6 Tahun 2003.

Papua Barat

Wilayah yang diresmikan pada tanggal 18 April tahun 2007, ditetapkan untuk menggantikan Irian Jaya Barat. Peraturan yang melegalkannya adalah Perpu No 24 Tahun 2007.

PEMBAGIAN WAKTU GMT INDONESIA

waktu GMT Indonesia

Banyak yang orng tidak mengetahui mengenai definisi GMT. Kode yang sering muncul ketika kita mengatur waktu di handphone atau laptop. Lalu apa itu GMT? Dan apa hubungannya dengan GMT Indonesia? Sebelum membahas tentang GMT Indonesia alangkah lebih baiknya kita mengetahui definisinya terlebih dahulu.

GMT adalah kepanjaangan dari Greenwich Mean Time. Artinya kode yang dijadikan sebagai patokan dalam pembagian waktu di dunia. GMT terletak di daerah Greenwich di Londo, Inggris. Titik yang mempunyai garis bujur nol derajat. Patokan ini telah disepakati oleh seluruh lapisan dunia.

Lalu apa yang dimaksud dengan angka yang terdapat pada GMT? Kita dapat ambil contoh misalnya GMT +8. Kode ini sebenarnya mempunyai makna pada setiap simbolnya. Tanfa plus pada angka delapan artinya waktu lebih cepat dari GMT. Sedangkan angka 8 adalah selisih kecepatan waktunya 8 jam dari waktu GMT.

Sebagai contoh, di Greenwich pukul 13.00, maka di GMT +8 kamu tinggal tambahkan saja 13+8 = 21. Artinya jika di GMT +8 maka waktunya pukul 21.00.

Begitpun dengan kode yang dipunya oleh Indonesia, yaitu GMT +7, +8 dan +9. Sekarang kamu tidak perlu bingung jika mengkonversikannya. Tinggal melihat patokan waktu di Greenwich maka kamu sudah bisa menghitung waktu yang berada dalam GMT berapapun.

DAMPAK PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA

dampak pembagian waktu di indonesia

Negara kita ini pernah membahas mengenai penyatuan zona waktu antara GMT +7, +8 dan +9. Hal tersebut dilator belakangioleh beberapa faktor seperti bisnis dan perdagangan. Beberapa pakar yang terlibat sempat tersorot kedalam media berita.

Pembagian waktu di Indonesia yang akan disatukan ini bertujuan dalam meningkatkan ekonomi. Selain itu juga, zona yang nantinya disatukan akan membantu meningkatkan kinerja birokrasi dari pulau Sabang sampai dengan Merauke. Keuntungan lainnya yang dikatakan, bisa meningkatkan daya saing dalam bidang ekologi, politik dan ekonomi.

Hal yang melatar belakangi program penyatuan ini adalah kurang efektifnya pada transaksi perdagangan di Indonesia. Artinya aktivitas perdagangan tidak mendapatkan ruang waktu yang efektif. Misalnya transaksi di Jakarta mulai jam 09.00 WIB dan berakhir jam 17.00 WIT, maka waktu yang efektif adalah 4 jam.

Maka dari itu sebagian orang mengeluhkan dengan adanya zona waktu yang dibuat. Karena semua itu dapat menimbulkan dampak negatif pada sektor transaksi perdagangan. Program ini akan membuat wilayah WIB dan WIT menyatu dengan WITA.

UNIVERSAL TIME CONFERENCE (UTC)

waktu UTC GMT PST di Dunia

Pada awal mulanya UTC adalah kepanjangan dari UT (Universal tme). Sebelum mengenal UTC, patokan yang dipakai adalah GMT atau Greenwich Mean Time. Konsep UTC ini diberlakukan setelah International Consultative Committe yang diadakan pada tahun 1960. Dan pada tahun 1967, UTC di resmikan menjadi patokan waktu di dunia.

Universal Time Coordoante adalah kepanjangan dari singkatan UTC. Standar waktu ini sama dengan zona GMT. Dari segi pembagiannya juga sama. UTC menjadi patokan atau acuan waktu diseluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan tidak ada Negara yang mengadopsinya.

Sistem yang digunakan pada UTC memakai pembagian waktu 24 jam. Biasanya zona UTC ini terdapat di beberapa pengaturan gadget seperti hp, laptop dan lain-lain.

GREEN MEAN TIME (GMT)

Biasaya zona waktu GMT digunakan oleh Negara-negara di Asia, Afrika dan beberapa Negara di Eropa. Termasuk Indonesia menggunakan format waktu dengan zona ini.

Zona yang telah disebutkan untuk GMT Indonesia adalah GMT +7, +8 dan +9. Ketika pembagian ini mempunyai selisih waktu satu jam.

Perlu anda ketahui perbedaan GMT dengan UTC terletak pada pemakaian angka jamnya. Maksudnya jika UTC hanya memilki format waktu satu jenis yaitu 24 jam. Maka untuk GMT memiliki dua jenis.

Dua model tersebut adalah 24 jam dan 12 jam. Biasanya jika menggunakan format waktu GMT 12 jam, akan ditambahkan AM dan PM. Contohnya seperti ini pukul 07.00 AM, 04.00 PM.

Lebih jelasnya, waktu AM diberikan pada jam 12 malam sampai jam 12 siang. Setelah itu berganti menjadi kode PM, dari jam 12 siang sampai 12 malam.

 

DAYLIGHT SAVING TIME (DST) dan (PST)

Biasanya pada musim panas suatu Negara akan mengali perbedaan lama waktu antara siang dan malam. Maka dari itu DST sering digunakan pada kasus ini.

Negara yang mengalami musim panas, biasanya memilki satu jam tambahan  pada siang hari dan berkurang satu jam pada malam.

Lain halnya dengan PST, Zona waktu ini digunakan pada Negara yang berda di Amerika utara. PST mempunyai persamaan dengan angka pada UTC/GMT -8. Artinya PST mempunyai delapan jam dibelakang UTC.

PENYEBAB PERBEDAAN WAKTU DI DUNIA

Sebagian orang tidak mengetahui pergerak bumi. Pergerak bumi ini adalah salah satu penyebab dari adanya pembagian waktu. Gerakan yang dilakukan oleh bumi ini mengarah dari barat ke timur. Dari hal tersebut muncul yang disebut waktu malam dan siang. Sehingga menimbulkan perbedaan zona waktu disetiap Negara.

letak astronmis yang terdapat di dunia ini terdiri dari garis bujur dan lintang. Perlu kamu tahu, setiap satu derajat garis lintang, menimbulkan selisih waktu 15 menit. Letak astronomis ini terjadi karena bentuk bumi yang bulat, sehingga timbulah perbedaan waktu disetiap daerah.

AKIBAT PERBEDAAN WAKTU DI DUNIA

penyebab pembaian waktu di dunia

Tentunya selain ada penyeb maka akan terdapat akibat. Inilah akibat yang dirasakan dari perbedaan zona waktu tersebut :

  • Negara yang berada di wlayah timur akan mengalami pergantian hari lebih dulu. Hal ini dikarenakan bumi berputar dari barat ke timur.
  • Banyak orang yang mengalami libur karena terjadi musim panas atau dingin. Hal ini akibat dari perbedaan waktu yang menyebabkan terjadinya musim panas dan dingin di beberapa Negara.
  • Ada beberapa Negara yang mempunyai empat musim dalam satu tahun. Biasanya, ketika terjadi musim panas, akan mengalami waktu yang lebih panjang dari waktu normal. Sebaliknya dengan musim dingin, memiliki waktu yang pendek dari biasanya.
  • Dari dunia entertain sepak bola, tayangannya bias dilihat malam hari di Indonesia. Karena hal ii mempunyai selisih waktu lima sampai enam jam.

Baca Juga : Definisi, Jenis & Akibat Rotasi Bumi Yang Terjadi Di Kehidupan Kita”

Itulah pembahasan terkain pembagian waktu di Indonesia yang bisa saya sajikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Sekian dan terimakasih.

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: