1
716

Banyak Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembenihan Ikan Lele, Selain Nekad Juga Butuh Tekad!

Salam pinter.

Pembenihan ikan lele termasuk kedalam usaha yang mungkin cukup diminati.

Berbicara soal itu, saya akan berbagi pengalaman ketika menjalakan usaha pembenihan ikan lele tersebut. Semoga dapat bermanfaat buat kamu yang baca dan ingin mencobanya.

Hal yang membuat saya bisa terjun ke dunia pembenihan ikan lele

pembenihan ikan lele

ragambudidaya.blogspot

Pepatah mengatakan

“bisa karena terbiasa”.

Namun bagi bisa itu karena sebuah nekad dan tekad. Banyak teman dan kerabat yang bertanya kepada saya,

“kok kamu bisa mijahin ikan lele? Gimana caranya?”

Jujur saja, budidaya ikan, seperti bisa mijahin ikan bukanlah keterampilan yang saya dapat semasa kuliah.

Ya. .Kembali lagi kepada prinsiip saya tadi diatas.

 “bisa karena nekad dan tekad”.

Keterampilan yang saya dapatkan ini atas nekad saya yang ingin bisa.

Awal mulanya saya sering melihat di video tutorial yang banyak di youtube sampai pada akhirnya saya mendatangi langsung orang yang berpengalaman dalam pembenihan ikan lele.

Akhirnya saya dipertemukan dengan seseorang yang sudah berpengalaman didalam dunia pembenihan ikan lele ini. Dia adalah kerabat kakak saya.

Mulailah pada waktu itu, saya lihat dan belajar dari beliau dengan mempraktikan bagaimana pembenihan lele itu dilakukan.

Banyak sekali pelajaran yang didapatkan

Baiklah, pada bagian ini saya akan kasih tau, bagaimana cara pembenihan hingga tips yang mungkin berguna buat kamu yang ingin mencobanya.

Apa sih pembenihan lele itu

Bagi saya pembenihan lele itu adalah sebuah proses kita untuk membantu persalinan si lele. Hehe.

Pada hakikatnya saya juga merawat bayi-bayi ikan lele yang yatim piatu. Kalau itu sih bahasa saya. Jangan formal-formal kalau nulis di bagian pengalaman yang penting asik dan  nyaman.

Lebih lengkapnya nanti saya bagi step by step sesuai pengalaman saya terkain pembenihan lele ini. Tenang. .

Persiapan kolam pemijahan, kalau dulu lahan saya masih terbatas

Kolam terpal ikan lele

organichcs.com

Bagian ini sangatlah penting, ketika itu saya membuat setidaknya tiga kolam untuk pembenihan ikan lele.

Ukuran masing-masing adalah 2×3 meter ada dua dan 3×4 meter. Kolam yang ukurannya besar yaitu 3×4 berfungsi sebagai tempat buat si lele bulan madu.

Sedangkan kolam yang berukuran 2×3, nantinya buat telur dan anakan ikan lele ini.

Saya membuat kolam dari terpal, dengan setiap sisi terbuat dari bahan bambu dan kaso sisa.

Cari indukan lele ke rumah Pakde

indukan lele

sanyhatchery.blogspot.com

Setelah saya selesai membuat tiga kolam tersebut untuk pembenihan ikan lele.  Selanjutnya saya bergegas mencari indukan lele yang akan dipijahkan.

Alhamdulillah, sebelum-sebelumya Pakde saya menawarkan ikan lelenya supaya di ternakan. Langsung saja saya langsung ke rumahnya dan melihat apa benar sudah besar dan matang buat di pijahkan.

Ternyata ada dua pasang lele dengan ukuran masing-masing 5-7 kilogram per ekor milik Pakde. Saya langsung tangkap dan membawanya untuk di pijahkan.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk pembenihan ikan lele

kakaban

produkijuk.blogspot.com

Selanjutnya, saya mencari bahan ijuk untuk dibuat kakaban.

Kakaban adalah alat yang digunakan sebagai tempat menempelnya telur-telur lele nantinya. Saya membuat sendiri menyusun ijuk tersebut pada bambu.

Kakaban sudah jadi, lalu saya masukan benda tersbut kedalam kolam yang dijadikan tempat pemijhan lele. Jumlah kakaban yang diperlukan bergantung pada ukuran terpal.

Jika ukuran terpal sebesar 3×4 meter, saya cukup memasukan 4-5 kakaban didalamnya.

Semua tempat dan alat sudah siap, saatnya proses pemijahan ikan lele

Saya masukan ikan lele tadi kedalam kolam pemijahan yang dibawa dari Pakde. Oiya, tinggi air kolamnya sekitar 1-2 jengkal tangan ya. Kira-kira 20 sampai 30 cm.

Udah deh, tinggal ditutup bagian atasnya supaya si ikan tidak memberontak dan keluar dari kolam.

Karena sepengalaman saya, sudah berapa kali banyak ikan lele yang loncat memberontak  keluar dari kolam pemijahan. Maka dari itu tutup bagian atasnya yang rapat.

Waktunya gak lama, si ikan langsung bertelur

Dulu, saya mengira prosesnya akan lama untuk si lele bertelur.

Diluar dugaan saya, ternyata butuh semalaman saja si lele bertelur. Telur-telur tersebut menempel pada kakaban tadi.

Bentuknya sekecil biji cabai dan berwarna agak memerahan. Waktu itu, telur yang menempel pada kakaban sangatlah banyak. Saya perkirakan semua berjumlah 50 ribu sampai dengan 100 ribu butir.

Pemisahan telur dan merawatnya

telur lele

bukalapak

Proses selanjutnya adalah memindahkan kakaban yang ada telurnya ke kolam penetasan.

Kenapa saya pindahkan? Ini dikarenakan air pada kolam tersebut sudah kotor dan berbau amis. Sehingga akan mempengaruhi kualiatas telurnya dan sitelur tidak akan mati.

Selain itu, kondisi airnya akan mengeluarkan bau amis yang tidak sedap. Maka dan itu perlu di kuras dan dibersihkan untuk dipakai kembali.

Ternyata larva ikan lele mulai muncul setelah 3 hari dari bentuk telur

larva ikan lele

renhil-namazu.com

Ternyata tidak perlu menunggu berminggu-minggu, ikan lele menetas dan menjadi larva yang sudah bisa bergerak yaitu tiga hari.

Seperti apa yang saya perkirakan sebelumnya, jumlah larva sangat banyak sekali. Bentuknya mirip dengan kecebong.

Tapi ada juga sih  sebagian kecil yang tidak menetas. Warna dari telur menjadi putih dan pucat. Mungkin inilah beberapa faktor yang terjadi, kenapa telur tidak menetas dan menjadi larva :

  1. Suhu
  2. Kandungan pH
  3. Tersentuh tersentuh ketika pemindahan kakabannya
  4. Serangga dan katak
  5. Terkena air hujan
  6. Benda yang masuk kedalam kolam dan bisa merubah kondisi air.

Ngasih suplemen berprotein tinggi buat larva ikan lele

cacing sutera

youtube

Perawatan yang ekstra dan apik sangat diperlukan dalam pembenihan ikan lele ini.

Selain itu asupan gizi yang berprotein besar perlu diberikan. Saya sering memberi makan pada larva ikan lele ini oleh cacing sutera. Karena apa? Hewan yang satu ini mempunyai protein yang besar dan cocok untuk si bayi ikan.

Terkadang saya sulit sekali mencari cacing yang satu ini. Apalagi ketika musim hujan tiba. Saya biasanya menangkapnya di selokan yang laju perairannya kecil.

Perlu ekstra juga membagi waktu dalam pembenihan ikan lele

bagi waktu

Selain saya memperhatikan kondisi air kolam dan asupan gizi untuk ikan lele ini, pengaturan waktu juga di perhatikan.

Biasanya, saya melakukan pemberian makan cacing sutera kepada anak ikan lele ini 3 hari sekali.

Namun itu juga tidak berlaku, jika memang ketersediaan cacing yang diberikan sudah habis. Ya.. Saya tinggal kasih lagi.

Selain itu, pengecekan kolam juga dilakukan pada pagi pukul 09.00 WIB dan malam pukul 19.00 WIB.

Pengecekan dilakukan karena sering adanya katak yang masuk kedalam kolam, apalagi ketika malam hari tiba. Karena mereka akan memangsa anakan ikan lele.

Tips dan prinsip saya dalam pembenihan ikan lele

prinsip dan tips

Dari beberapa masalah yang sudah saya hadapi dalam pembenihan ikan lele, perlu diketahui buat kamu yang mungkin ingin mencobanya. Perhatikan hal berikut ini:

  1. Pilihlah idukan ikan lele yang sudah matang gonad, artinya sudah gemuk dan siap untuk dipijahkan.

  2. Jangan mencoba teknik pemijahan buatan seperti kawin suntik, jika memang baru pertama kali terjun di duni pembenihan ikan lele. Lebih baik yang alami aja dulu.

  3. Saat musim hujan tiba, lebih baik hindari dulu pembenihan ikan lele. Karena sudah banyak peternak-peternak yang jatuh saat musim hujan tiba. Begitupun juga yang saya alami.

  4. Selalu perhatikan perubahan kondisi air. Seperti yang sudah saya singgung diatas tadi.

Nah itulah pengalaman dari saya tentang pembenihan ikan lele. Bagi kamu yang mungkin ikan mencobanya silahkan akan tetapi perlu memperhatikan poin-poin tadi.

Semoga bermanfaat khususnya untuk saya, dan umumnya buat kamu pembaca.

Terimakasih. Salam pinter.

 

Show Comments

No Responses Yet

  1. Anonymous October 13, 2018

Leave a Reply

%d bloggers like this: