2
260

Jenis Jenis Dan Pengertian Ilmu Administrasi

PENGERTIAN ADMNISTRASI – Segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan dalam suatau instansi atau lembaga merupakan pengertian administrasi. Hal ini penting untuk kepentingan bersama dalam menjalankan kebijakan-kebijakan untuk mencapai suatu tujuan.

Didalam artikel yang saya tulis ini, akan dibahas mengenai pengertian administrasi yang diambil dari beberapa sudut pandang. Baik secara umum, luas, sempit atau menurut para ahli.

PENGERTIAN ADMINISTRASI PUBLIK

pengertian administrasi publik

Administrasi ini adalah ilmu sosial yang dinamis. Dilihati dari perubahan pada zaman, teknologi dan peradaban. Pengertian administrasi publik ini diperuntukan untuk melayani masyarakat umum. Dalam hal ini pengetian admnistrasi publik lebih kepada pelayanan suatu negar. Karena sebuah kata publik meliputi cakupan luas dan orang-orang banyak.

Terdapat tiga bagian dalam pengetian administrasi public, yaitu legislative, eksekutif dan yudikatif. Semua itu dikaji dalam ilmu administrasi ini.

Menurut Cahndler dan Plano, admnistrasi publik adalah proses pengkoordinasian dari sumberdaya dan personil publik. Yang bertujuan untuk mengelola, mengimplementasikan dan memformulasikan keputasan publik.

Secara sederhana pengertian administrasi ini ialah imu yang mepelajari suatau pengelolaan organisasi publik. Beda halnya dengan administrasi menejemen yang mengkaji pengelolaan organisasi swasta. Sedangkan untuk administrasi ini lebih mengkaji kepadar sektor pemerintahan seperti dinas, departemen, kecamatan sampai pusat.

Administrasi publik berperan sangat penting karena mencangkup orang banyak dan  menjadi sebuah birokrasi yang besar.

Birokrasi ini bekerja kerena kepercayaan dari Negara untuk masyarakat. Maka dari itu sudah sewajarnya jika masyarakat ingin menjamin adanya birokrat yang mengabdi terhadarp kepentingan umum.

PENGERTIAN ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI

pengertian administrasi luas

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, bahwa pengertian administrasi itu berasal dari kata Administrare, yang artinya pelayanan atau pengabdian. Selain itu ternyata, banyak beberapa tokoh yang memberikan penjelsan terkait administrasi ini.

Berikut ini adalah beberapa pengertian administrasi yang diambil dari para tokoh terkemuka.

H. A Simon

Mendefinikan administrasi adalah kegiatan dari kelompok yang telah bekerjasama dalam mencapai tujuan yang ditentukan.

Robert D Calkins

Proses pengambilan keputusan yang dikombinasikan dengan pelaksanannya dalam mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

Wilson

Menurut pendapat beliau, administrasi berbicara mengenai birokrasi atau kepemimpinan politik sehingga timbul perbedaan fungsi. Pendapat ini lebih menekankan pada fungsi politik. Maka keluarlah slogan when politic end, administrasi begin.

Willian H Newman

Menurut beliau, bahwa pengertian administrasi adalah proses pengambilan keputuasan dari suatu pelaksanaan  dalam mencapai tujuan yang telah disepakati.

Drs. Safroedin

Proses penyelengaraan atau kegiatan untuk mencapai tujuan didalam suatau kelompok.

Simon

Menurut pendapatnya, administrasi adalah kerjasama yang dibangun dan mengadakan kegitan untuk menyelesaikan kepentingan bersama.

White

Menurut White, administrasi adalah aktifitas yang sering terdapat didalam usaha kelompok swasta atau pemerintah, militer, sipil yang besar atau kecil.

Wlliam H Newman

Tujuan yang ingin dicapai melalui pengawasan, kepemimpingan dan bimbingan didalam suatu kelompok adalah pengetian administrasi menurut beliau.

Leonard D White

Proses yang terdapat didalam semu usaha kelompok atau usaha pribadi.

Wijana

Gerakan komponen Negara baik dari yang rendah sampai tinggi untuk menjalankan pelaksanaan dan kepolisian.

Munarwadi Reksohadiprojo

Administrasi adalah tujuan dalam mendapatkan pandangan yang umum serta hubungan timbale balik dari fakta satu dengan lainnya melalui tata usaha yang sistematis. Itulah pengertian administrasi menurut Munawardi Reksohadiprojo.

Syamsi

Untuk mencapai suatau arget bersama diperlukan proses pada setiap usaha didalam kelompok itu sendiri secara simultan. Itulah pengertian menurut Syamsi.

Soewarno Handayaningrat

Pengertian administrasi menurut beliau  adalah kegiatan yang mencangkup pembukuan, pencatatan, perhitungan dan yang lainnya dengan suatu tujuan informasi yang dibutuhkan. Itulah pengertian menurut beliau.

PENGERTIAN ADMINISTRASI SECARA LUAS DAN SEMPIT

tujuan administrasi

Secara luas administrasi mempunyai arti  kegiatan yang dijalankan bersama-sama atau sekolompok orang, masyarakat untuk mencapainya suatu tujuan. Pengetian administrasi secara luas dari kata administration. Kerja sama yang terdapat pada arti disini ialah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang atau masyarakat dengan terarah dan teratur.

Selain itu kerja sama ini meliputi tugas-tugas dan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Sedangkan pengertian administrasi dalam arti sempit ialah pengumpulan informasi dan pencatatan data secara terstruktur. Maksudnya bahwa administrasi dapat berfungsi sebagai pengenal atau penghubung satu sama lain, baik itu lembaga kepada individu ataupun kelompok.

Dalam artian sempit ini, administrasi berarti sebuah tata usaha.

  • Pengarsipan (filing)

Poroses penyimpanan dan pengaturan secara sistematis terhadap informasi sehingga dapat dengan mudah serta cepat untuk ditemukan jika perlu.

  • Ekspedisi (expedition)

Catatan informasi yang diterima atau dikirim untuk kepentingan ekstern atau intern.

  • Koperspondensi (correspondence)

Istilah ini sebenarnya adalah surat menyurat. Lebih jelasnya adalah aktifitas yang berhubungan dennga pengiriman informasi tertulis. Mulai dari penyusunan, penulisan sampai pada pihak yang dituju.

PENGERTIAN ADMINISTRASI SECARA UMUM

pengertian administrasi m

Sebelum kita memmasuki pada bahasan pengertian administrasi secara umum, baiknya kamu ketahui apa itu administrasi. Pencapaian tujuan yang telah di tetapkan melalui kegiatan pergerakan, pengorganisasian, pengendalian dan perencanaan ialah pengetian dari administrasi.

Kata administrasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Ad dan Ministrae. Kedua kata tersebut mengandung arti  berusaha atau melayani dalam mencapai kebutuhan orang banyak yang ada hubungannya dengan kita untuk kepentingan bersama.

Dalam artian yang luas, administrasi mempunyai makna aktifitas kegiatan atau usaha yang berhubungan dengan penyelengaraan kebijakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sehingga pengetian ini cocok untuk dimasukan kedalam pengertian administrasi lain.

Pengertian dalam arti luas berarti masuk kedalam aspek perkantoran, pembangunan, kenegaraan dan lain-lain.

Perlu kamu ketahui, administrasi ini sangat berperan dalam kelancaran suatu instansi, lembaga, prusahaan, perkantoran  atau pemerintahan. Contohnya dalam perusahaan industri.

Setiap karyawan yang akan melamar kerja harus mengikuti prosedur serta melengkapi administrasi seperti CV, Izajah dan lain-lain. Sudah jelaskan, itulah mengapa administrasi ini penting untuk di terapkan.

UNSUR-UNSUR ADMINISTRASI

unsur administrasi

Komponen yang membentuk adminstrasi ini adalah terdapat sebuah unsure didalamnya. Seperti yang telah diketahui bahwa administrasi dalam arti sempit meliputi penulisan dan pengumpulan informasi sebuah pihak tertentu. Sedangkan dalam artian yang luas, administrasi mencangkup sebuah kegiatan yang dilakukan sekolompok orang dalam membangun kerjasama  untuk mencapai tujuan yang efesien dan efektif.

Didalam administrasi terdapat beberapa unsur didalamnya. Apa saja unsur tersebut?

Manajemen

Proses dalam mengerahkan dan menggerakan orang-orang menggunakan fasilitas kerja supaya tujuannya tercapai.

Organisasi

Sekolompok orang yang mempunyai tanggung jawab, wewenang dan tugas terhadap hubungan seseorang atau unit kerja itulah organisasi.

Keuangan

Aktifitas atau kegiatan dalam mengelola sektor usaha kerjasama dan perbelajaan.

Kepegawaian

Aktifitas, kegiatan yang mengatur tenaga kerja dalam suatu usaha kerjasama

Komuikasi

Kegiatan menyampaikan beritadari salah satu pihak ke pihak lain.

Tata usaha

Proses pencatatan, pengolahan, mengirim dan menyimpan keterangan dalam kerjasama.

Perbekalan

Meelihara, mengatur dan mengadakan benda-benda untuk perlengkapan didalam uaha bersama.

ADMINISTRASI NEGARA

administrasi negara

Perlu kalian tahu bahwa ilmu administrasi ini termasuk kedalam cabang ilmu sosial. Sebuah system yang mengatur semua urusan mengenai keuangan dalam menumbuhkan kemajuan suatu Negara.

Administrasi Negara tercakup kedalam pengertian yang luas. Sehingga banyak sekali elemen yang termasuk kedalam administrasi ini. Contohnya seperti kuangan lembaga.

Pasti kamu tahu mengenai ilmu akuntansi? Itu adalah bagian yang masuk kedalam administrasi Negara. Dalam skala besarnya, administrasi ini lebih menekankan pada bidang keuangan Negara. Ilmu tersebut berbicara mengenai keluar masuknya uang secara seimbang.

Artinya administrasi Negara merupakan pembelajaran yang mengatur keuangan. Mulai dari hitung menghitung, kesalahan-kesalahan angka yang menjadi masalah, diatasi oleh ilmu administrasi ini.

Selain itu administrasi Negara juga membahas tentang surat menyurat. Hal tersebut sangat penting karena akan berguna didalam suatu organisasi atau lembaga.

Surat menyurat juga berfungsi sebagai data dan informasi dari seorang pihak atau lembaga bersangkutan. Maka dari itu bagian surat menyurat masuk kedalam administrasi Negara.

Yang terakhir adalah sebuah bagian yang mengatur seluk beluk perkantoran. Biasanya dalam SMK ilmu ini disebut ATK. Sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan karena sifatnya yang akan membuat tujuan lembaga atau perusahaan tercapai.

ILMU ADMINISTRASI NEGARA

tujuan dari administrasi

Sebuah ilmu yang mempelajari seluk beluk pengelolaan dan manajemen administrasi suatau negara secara detail. Contohnya adaministrasi pemerintahan dan unsure-unsur yang terdapat didalamnya.

Jika dilihat lebih spesifik lagi, ilmu administrasi ini ialah bagian ilmu yang mempelajari suatu proses dri seseoran, lembaga atau kelompok melalui pelaksanaan, peraturan mengenai urusan Negara. Peraturan tersebut terbagi kedalam tiga jenis yaitu legislative, eksekutif dan yudikatif.

Ilm yang dipelajari dalam administrasi Negara meliputi Manajemen, Administrasi Pemerintah Daerah, Sumberdaya Manusia, Statistik Sosial, Demografi dan Sistem Hukum Administrasi.

Dengan mempelajari ilmu administrasi, seseorang akan berkopeten dalam hal berikut ini:

  • Dapat berpendapat mengeluarkan gagasan mengenai reformasi kenbijakan serta pelayanan publik.
  • Bisa mengorganisasi sebuah kegiatan untuk implementasi publik
  • Mampu dalam mengkaji sebuah regulasi.
  • Mengevaluasi dan menganalisis kebijakan publik melalui prinsip dan metode kualitatif dan kuantitatif.
  • Dapat menganalisis sebuah interaksi pelaku di dalam regulasi publik. Regulasi ini meliputi pertahanan dan keamanan, politik, budaya, ekonomi dan sosial.

Itulah beberapa bahasan tentang ilmu administrasi Negara.

HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

hukum administrasi negara

Didalam bagian ini akan dibahas mengenai administrasi suatu Negara. berikut ini beberapa pengertian hukum administrasi Negara dari beberapa tokoh.

Djokosutono

Sebuah hukum yang mengatur hubungan kebijkan antara warga masyarakat dengan jebatan di dalam Negara.

Van Apeldoorn

Menurut dia, hukum administrasi Negara adalah semua aturan yang wajib diperhatikan para pengusaha yang diberikan oleh pemerintah untuk menjalankan tugasnya.

Utrech

Hukum yang menguji kebijakan yang diadakan oleh pejabat dalam melakukan tugasnya. Seperti tugas dan wewenang Presiden, MPR, DPR dan Lembaga lainnya.

Kusumadi Poedjosewojo

Semua aturan hukum yang mengatur bagaimana Negara menjalakan usahanya untuk memenuhi tugas.

R Abdoel Djamali

Kebijan yang mengatur suatu administrasi yaitu hubungan warga Negara dengan pemerintah. Sehingga perangkat Negara tersebut berfungsi.

SUMBER HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Dalam hukum administrasi Negara terdapat sebuah seumber-sumber didalamnya. Sumber tersebut meliputi hukum formal dan material.

Sumber hukum formal ialah kebijakan yang telah diberi bentuk tertentu. Supaya pemerintah dapat mempertahankanny, maka suatu kebijakan tersbut harus diberi bentuk.

Sementara untuk sumber hukum material adalah sumber hukum yang menentukan kaidah. Sumber tersebut berasal dari pergaulan masyarakat serta peristiwa yang dapat mentukan sikap manusia.

OBJEK HUKUM ADMINISTRASI NEGARA

Suatu pokok permasalahan yang dibicarakan kedalam hukum adminsitrasi Negara disebut objek hukum administrasi Negara.

Menurut pendapat Prof Djokosutono, bahwa hukum Negara adalh kebijakan yang mengatur hubugan diatara jabatn suatau Negara dengan warga masyarakat. Maka dari itu objek hukum tersebut pemegang jabatan dalam suatau Negara atau perlengkapan Negara.

ADMINISTRASI PEMBANGUNAN KOTA

administrasi pembangunan kota

Sebuah usaha yang dibangun bersama dalam kepentingan bangsa untuk tumbuh, berkembang dan berubah melalui mekanisme yang terstruktur dan tereancana. Itulah yang disebut dengan administrasi pembangunan kota.

Secara umum administrasi ini melangkah ke arah yang akan dicapai. Administrasi ini bersifat luas, sehingga upaya yang dilakukan tidak hanya bertumpu pada peran pemerintah saja. Akan tetapi perlu dukungan serta peran dari semau kalangan. Baik itu aparat dan jajarannya.

Upaya yang dilakukan dapat bersifat sumbangsinh seperti kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini melibatkan berbagai kalangan masyarakat yang ada, tidak hanya orang kaya atau pejabat, orang miskinpun ikut terlibat.

Untuk pembangunan pada definisi ini merupakan urusan semua kalangan masyarakat. Tidak ada penonton, semuanya harus berperan.

Didalam administrasi pembangunan kota ini, terdapat ruang lingkup pembangunan yaitu :

  • Kebijakan pembanguan yang disusun dan pelaksanaannya secara efektif
  • Penyempurnaan administrasi dan penyusunan kebijakan

Penysunan administrasi tersebut diataranya penyempurnaan organisasi, kepegawaian, tata kerja, sarana dan prasaran serta administrasi lainnya.

Kesimpulannya, administrasi merupakan hal yang sangt penting untuk diadakan didalam kehidupan lembaga, pemerintah dan lain-lain yang menyangkut orang banyak. Karena tanpa administrasi, tujuan yang diharapkan tidak akan tercapai.

Demikianlah bahasan mengenai pengertian administrasi ini saya tulis. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: