2
21

Pengertian Akuntansi Menurut Para Tokoh Ekonomi Di Seluruh Dunia (Lengkap)

Pengetahuan dibidang ekonomi sangat penting untuk kita pelajari di zaman sekarang. Menyinggung hal tersebut saya akan menulis salah satu artikel yang berkaitan dengan pengertian akuntansi.

Artikel ini akan membahas pengertian akuntansi secara umum, secara singkat, dan menurut para ahli yang berada di bidangnya yaitu bidang keuangan.

Pengertian Secara Umum

Image Source: pixabay.com 

Pengertian akuntansi secara umum adalah sebuah proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah, dan juga menyajikan data, transaksi serta dalam segala kejadian.

Hal tersebut berhubungan dengan keuangan yang bisa digunakan oleh orang – orang agar lebih mudah untuk dimengerti dalam pengambilan suatu keputusan dan tujuan – tujuan lainnya.

Akuntansi ini sering disebut dan sering digunakan karena sebagai bahasanya dunia usaha.

Jadi akuntansi ini akan menghasilkan sebuah informasi yang akan berguna bagi pihak – pihak yang akan menyelenggarakannya.

Selain itu juga pihak luar dapat pengambilan keputusan. Untuk lebih lengkapnya mengetahui tentang pengertian akuntansi, silakan melanjutkan baca artikel ini.

Fungsi akuntansi di sini untuk mengetahui jumlah dari modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Untuk mengetahui perkembangan dari perusahaan baik perkembangan maju maupun mundur. Serta sebagai dasar dari perhitungan pajak, sebagai dasar dari pada menentukan kebijakan.

Selain itu dapat menjelaskan kondisi dari perusahaan jika sewaktu – waktu memerlukan kredit yang dikeluarkan dari lembaga keuangan atau pihak lain, dan juga dapat menarik investor saham.

Akuntansi bisa dianggap sebagai bahasa dari perusahaan dalam memberikan suatu informasi yang berupa data – data keuangan yang biasa digunakan dalam pengambilan keputusan. Simak lebih lanjut mengenai pengertian akuntansi.

Akuntansi Menurut Para Ahli

Image Source: pixabay.com 

Beberapa ahli dalam bidang akuntansi menurut para ahli berpendapat bahwa akuntansi merupakan sebagai salah satu dari seni dalam mengukur, berkomunikasi, dan juga menerjemahkan ataupun menguraikan dari latihan aktifitas finansial. Banyak pengertian dari akuntansi yang tersebar baik dari media cetak maupun media digital.

Namun, pastinya jika kita mengetahui pengertian akuntansi langsung dari orang yang ahli pada bidangnya akan membuat kita semakin yakin akan hal itu.

Maka dari itu, di sini akan membahas mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli yang akan kami sajikan dalam bentuk poin – poin seperti di bawah ini, simak dan pahami penjelasannya :

Frederich D.S Choi, Gerhard G. Mueller

Pengertian akuntansi yang pertama yaitu menurut Frederich D.S Choi, Gerhard G. Mueller adalah suatu proses untuk mengidentifikasi, mengukur, dan berkomunikasi secara informasi ekonomi supaya memungkinkan pemakainya untuk membuat pertimbangan – pertimbangan dan juga keputusan – keputusan.

Pengertian Akuntansi Menurut Mulyadi

Image Source: pixabay.com 

Pengertian akuntansi menurut mulyadi yaitu akuntansi yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mencatat dan juga menyajikan laporan dari keuangan dan digunakan untuk mempermudah manajemen dalam melakukan pengelolaan perusahaan.

Pada intinya akuntansi ini diadakan agar memudahkan pekerjaan dari sebuah bagian pada perusahaan untuk melakukan pengelolaannya terhadap perusahaan dengan cara melakukan pencatatan yang berhubungan dengan keuangan mulai dari masuk atau keluarnya uang yang ada di perusahaan.

Hal ini sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan dari perusahaan itu sendiri. Jika pada suatu perusahaan menerapkan sistem akuntansi yang baik maka perusahaan tersebut akan secara tidak langsung memiliki prospek bagus untuk karir kedepannya.

Pengertian Akuntansi Menurut S. Munawir ( 2005 )

Image Source: pixabay.com

Selanjutnya pengertian akuntansi menurut S. Munawir. Pada tahun 2005 beliau memberikan pendapatnya bahwa akuntansi adalah sebuah seni dari pada pencatatan, penggolongan, dan peringkasan.

Seni tersebut yang diambil dari peristiwa – peristiwa atau kejadian dan setidaknya dalam sebagiannya bersifat keuangan dengan cara yang secepat – cepatnya serta petunjuk atau dinyatakan dalam bentuk uang, dan penafsiran – penafsiran terhadap hal yang timbul daripadanya.

Pengertian Akuntansi Menurut Soemarsono S.R ( 2004 )

Pengertian Akuntansi Menurut Soemarsono S.R pada tahun 2004 adalah materi akuntansi menjadi sebuah proses mengidentifikasi, mengukur, dan juga melaporkan informasi ekonomi untuk kemudian adanya penilaian dan keputusan yang jelas serta tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Tanpa adanya laporan dan monitoring akan menyebabkan terjadinya dampak yang sangat merugikan. Bisa bisa jika itu terjadi dia badan kenegaraan maka terjadi sebuah inflasi dan deflasi.

Pengertian Akuntansi Menurut Henry Simamora ( 2005 )

Image Source: pixabay.com 

Tujuan akuntansi dan pengertiannya menurut Henry Simamora pada tahun 2005 adalah sebagai proses dari pengukuran aktivitas ekonomi yang memiliki tujuan untuk memberikan konsumsi hasil kepada pihak yang berkepentingan dalam suatu entitas dengan satuan uang.

Pengertian Akuntansi Menurut Sofyan Harahap ( 2005 )

Akuntansi menurut Sofyan Harahap adalah sebagai proses yang dilakukan untuk mengidentifikasi, mengukur, dan juga menyampaikan informasi ekonomi sebagai bahan informasi yang ada dalam hal mempertimbangkan berbagai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan oleh para pemakainya baik yang memiliki profesi akuntansi maupun tidak.

Akuntansi sangat erat kaitannya dengan sebuah perhitungan yang luar biasa. Misalnya didalam sebuah jenis reksadana. Hasil atau bagi hasil dan yang lainnya dihitung secara detail.

Menurut Zaki Baridwan ( 2000 )

Pengertian akuntansi menurut Zaki Baridwan yaitu suatu kegiatan dari jasa yang manfaat atau fungsinya adalah memberikan suatu data – data secara kuantitatif dan utamanya yang memiliki sifat keuangan. Dari usaha ekonomi yang bisa digunakan dalam pengambilan suatu keputusan – keputusan ekonomi tersebut di dalamnya memiliki alternatif – alternatif dalam suatu kondisi.

Pengertian Akuntansi Menurut Suparwoto L

Image Source: pixabay.com 

Pengertian akuntansi menurut Suparwoto L yaitu sebagai suatu teknik untuk mengukur dan juga mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil dari pengelolaan tersebut ke dalam bentuk informasi kepada pihak – pihak mulai dari internal hingga eksternal perusahaan.

Pada siklus tersebut pihak eksternal mencakup pada investor, kreditur, pemerintah, buruh, dan lain – lain.

Pengertian Akuntansi Menurut Paul Grady

Pengertian akuntansi menurut Paul Grady yaitu sebagai tubuh dari pada ilmu pengetahuan serta fungsi dari organisasi secara sistematis, autentik dan original.

Hal tersebut meliputi titik dalam hal mencatat, mengklasifikasi, memproses, membuat ikhtisar, menganalisa, dan mengintepretasi seluruh transaksi dan kejadian.

Selain itu juga karakter dari keuangan yang akan terjadi di dalam operasional entitas akuntansi dengan tujuannya yaitu menyediakan informasi yang berarti. Dan dibutuhkan manajemen serta digunakan sebagai laporan pertanggungjawaban atas kepercayaan yang telah diterimanya. Pengertian menurut Paul Grady biasa dimasukkan ke dalam daftar pustaka.

American Institute of Certified Public Accountants ( AICPA )

Pengertian akuntansi

Pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accountants ( AICPA ) adalah sebuah seni dalam pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan menggunakan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian – kejadian.

Pengertian ini mempunyai sifat umum atas keuangan termasuk juga dalam menafsirkan hasil – hasilnya.

Hal tersebut dimaksudkan bahwa akuntansi ini merupakan seni mencatat, menggolongkan dan juga menyusun ikhtisar dari suatu kejadian atas dasar transaksi keuangan yang selanjutnya akan disajikan dalam sistem laporan keuangan.

Demikianlah ulasan yang membahas tentang apa saja pengertian akuntansi yang berdasarkan pendapat para ahli beserta contoh terbaru.

Untuk pengertian akuntansi bahkan ada bukunya dan bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko buku kesayangan Anda.

Manfaat akuntansi sangatlah banyak. Kita sebagai manusia untuk menjalani kehidupan tidak akan terlepas dengan yang namanya pemenuhan kebutuhan hidup yang ada sangkut pautnya dengan keuangan. Maka dari itu, kita perlu mempelajari yang namanya ilmu akuntansi agar memiliki dasar yang cukup dalam melakukannya.

Semoga artikel mengenai pengertian akuntansi ini dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai referensi untuk Anda semua. Salam Pinter !

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: