Pengertian dan Sejarah serta Manfaat Internet

Pengertian dan Sejarah serta Manfaat Internet – Perkembangan Teknologi semakin pesat dengan berkembangnya internet  jarak seakan menjadi sangat dekat bahkan ada istilah “Connecting people” nah itu adalah slogan dari raksasa Ponsel (read: Nokia) terdahulu yang sekarang sudah mulai memudar hehee . Dapat dikatakan bahwa manusia tidak dapat dipisahkan dari internet.
Internet sering digunakan untuk mempermudah komunikasi, mencari informasi, dan masih banyak lagi.

Kita sering menggunakan internet bahkan setiap hari tentunya kita sangat membutuhkan internet. Bagi para pengguna internet, tahukah anda arti dari internet? . Pada artikel kali ini akan membahas tentang pengertian internet.
Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Internet

Pengertian dan Sejarah serta Manfaat Internet
Sumber : Pxhere

Internet adalah sistem global dari semua jaringan komputer yang saling berhubungan. Internet berasal dari kata latin “inter” yang berarti “antara”. Jadi dapat disimpulkan bahwa Internet adalah jaringan yang terdiri dari milyaran komputer di seluruh dunia.

Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global karena jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan ke komputer karena menggunakan standar global transmission control system/internet suit (TCP/IP).

Sejarah dan Perkembangan Internet di dunia

Awalnya, Internet adalah jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan AS dan diberi nama ARPANET pada tahun 1969 untuk keperluan militer. Komputer terhubung satu sama lain dan dapat melaporkan keadaan saat ini.

Sementara itu, masuknya Internet ke Indonesia dimulai pada tahun 1997 ketika Kompas menerbitkan surat kabar versi online. Pada tahun 2000, kemunculan surat kabar dan blog di Internet menjadi semakin populer. Munculnya berbagai portal internet bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih cepat, terutama kepada karyawan atau pekerja.

Selama ini internet berkembang pesat, dan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas dan memberikan berbagai manfaat bagi internet di era digital 4.0.

Manfaat Internet.

1. Untuk sarana komunikasi dan komunikasi.

Internet dapat terhubung ke hampir seluruh dunia. Orang-orang yang memiliki minat yang sama dapat menjangkau atau mengajukan pertanyaan kepada para ahli di bidangnya. Internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara instan atau dalam waktu singkat meskipun kita berjauhan. Kami dapat mengirim email dan melakukan panggilan suara atau video ke siapa saja di dunia yang terhubung ke Internet. Padahal pada zaman dahulu, pengiriman surat atau parsel membutuhkan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

2. Untuk mengakses informasi, pengetahuan dan pendidikan

Untuk mengakses informasi, pengetahuan dan pendidikan. Internet berisi berbagai pengetahuan dan informasi yang tak ada habisnya. Internet memungkinkan kita untuk mempelajari subjek apa pun. Internet sangat berguna dan bermanfaat dalam bidang pendidikan. Karena materi tentang berbagai ilmu bisa didapatkan di Internet.

Dengan menggunakan internet, kita dapat meningkatkan kemampuan kita, menguasai berbagai mata pelajaran yang mungkin tidak diperoleh dari pendidikan formal, dan mahir dalam mengerjakan tugas apapun. Misalnya, dengan menggunakan mesin pencari seperti Google, kita dapat mengajukan pertanyaan dan menemukan halaman web yang memberikan jawaban dengan informasi yang relevan.

3. Pengalamatan dan pemetaan.

Internet dapat membantu pengguna untuk mendapatkan alamat atau mengetahui lokasi di mana saja di dunia. Melalui peta dengan bantuan teknologi GPS atau mesin pencari seperti Google. Kita bahkan bisa menemukan rute tercepat menuju tempat tujuan.

4. Kemudahan bisnis.

Internet memudahkan dunia bisnis untuk melakukan pembelian dan transaksi. Internet dapat menjadi tempat untuk mengiklankan dan menjual barang atau jasa setiap saat kepada siapa saja di dunia. Misalnya, Internet juga memudahkan untuk mengakses rekening bank, melakukan transaksi, dan mengirim uang. Banyak layanan yang memungkinkan Anda mengetahui dan membayar tagihan secara elektronik. Internet juga memungkinkan belanja online. Kita bisa menemukan produk-produk yang diminati tanpa harus datang langsung ke toko.

5. Fasilitas rekreasi.

Internet memberikan akses yang lebih luas ke dunia hiburan seperti menonton video, menonton film, mendengarkan musik bahkan bermain game online.

Beberapa Istilah Internet.

Hingga saat ini penggunaan internet semakin masif, dari sekedar bertukar berita di berbagai media sosial hingga mencari uang dari internet.
Nah, berikut ini beberapa istilah yang sering muncul di Internet.

  • Login atau login biasanya dilakukan ketika pengguna hendak mengakses suatu aplikasi atau website, seperti akun media sosial dan aplikasi belanja, ke email. Login dapat diartikan sebagai izin dari pengguna dengan memasukkan password untuk mengakses aplikasi yang dimaksud.
  • Logout atau logout adalah kebalikan dari login / login dan merupakan proses logout dari suatu aplikasi atau halaman web.
  • WWW adalah singkatan dari World Wide Web dan digunakan sebagai pengenal global di Internet.
  • Search engine, artinya mesin pencari adalah software pada suatu website yang digunakan untuk mencari informasi tertentu.
  • Server adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan data secara terpusat dan dapat digunakan oleh banyak pengguna.
  • Domain adalah istilah yang juga ditemukan di Internet. Domain adalah nama yang digunakan sebagai alamat website. Domain adalah unik dan setiap nama domain hanya memiliki satu di dunia.
  • Browser web adalah program untuk menjelajahi berbagai situs web di Internet.
  • Mengunduh adalah proses mengambil file dari situs web di Internet untuk disimpan di komputer atau perangkat lain.
  • Download atau upload adalah kebalikan dari download. Artinya proses perpindahan dari media penyimpanan di komputer atau smartphone ke sebuah website.
  • Pertanyaan yang sering diajukan yang mungkin Anda temukan di beberapa situs web. FAQ itu sendiri adalah kumpulan pertanyaan yang sering diajukan. FAQ adalah singkatan dari Frequently Asked Questions.
  • E-mail singkatan dari e-mail dan merupakan program dalam jaringan komputer yang dapat digunakan untuk mengirim gambar atau pesan teks ke pengguna lain. Jenis pesan dalam versi digital dengan keunggulan yang berbeda seperti kemampuan untuk memasukkan berbagai jenis file dan tidak memakan waktu lama untuk dikirim.
  • Alamat IP bisa sama dengan nomor telepon untuk perangkat di dunia maya yang terhubung ke Internet.
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dapat didefinisikan sebagai proses yang mengatur cara halaman web ditampilkan.
  • HTTPS merupakan evolusi dari HTTP yang memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi. HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure.
  • URL adalah alamat browser web dari halaman atau file di Internet. Format URL itu sendiri adalah https://www.website.com/page. URL itu sendiri dapat dikustomisasi.
  • Bandwidth adalah kapasitas maksimum yang dapat dilalui oleh data. Bandwidth bisa diibaratkan lebar jalan raya, sedangkan data adalah kendaraan yang melewatinya. Semakin sedikit mobil yang lewat, semakin halus mobil tersebut. Di sisi lain, semakin tinggi jumlah mobil, semakin lambat jalur atau bahkan kemacetan lalu lintas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *