3
739

Definisi Manajemen Pemasaran, Ciri-ciri, Jenis Dan Strategi

PENGERTIAN PEMASARAN – Aktifitas yang dilakukan oleh penjual dan pembeli merupakan bagian dari pemasaran. Disana, akan terdapa unsur pemasaran seperti produk, harga dan sebagainya. Sebagai orang yang awam atau pengusaha yang memerlukan pengetahuan mengenai pemasaran, kamu beruntung membaca artikel ini.

Dalam konteks ini saya akan bagikan sebuah pembahasan dari pengertian pemasaran, jenis-jenisnya, unsur, konsep dan lain-lain. Berikut ini ulasannya.

PENGERTIAN PEMASARAN

pegertian pemasaran

Dalam perusahaan pemasaran sangatlah penting. Untuk memberjalankan perusahaan kearah yang lebih baik, maka perlu adanya pengombinasian dari keahlian dengan fungsinya. Maka dari itu pengertian pemasaran secara umum dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan bertujuan dalam peningkatan usaha serta kelangsungan perusahaan.

Untuk menjalankan pemasaran kearah yang lebih baik, terdapat tiga faktor didalamnya. Ketiga hal tersebut masuk dalam konsep pemasaran. Apa saja konsep pemasaran tersebut?

  • Kegiatan pemasaran musti dikoordinasikan serta diintergrasikan secara musyawarah dan berorganisasi
  • Tujuan perusahaan adalah terhadap volume penjualan produk. Bukan volume untuk kepentingan sendiri.
  • Pemasaran perusahaan dan saluran perencanaan musti berorientasi terhadap konsumen atau pasar.

Dari ketiga hal tersebut diatas, terdapat beberapa tujuan yang ada dalam konsep pemasaran. Target utama dari sebuah konsep pemasaran sebetulnya terdapat pada pelayanan konsumen serta jumlah laba yang didapatkan.

Biasanya orang mengartikan sebagai perbandingan dari penghasilan dengan biaya yang keluar. Hal tersebut bebeda dengan sebuah konsep dari penjualan yang terfokus pada keinginan perusahaan.

Berbicara mengenai pendekatan penjualan ialah kegiatan produksi pada suatu pabrik, selanjutnya meyakinkan kepada konsumen agar mereka dapat membelinya.

Sedangkan untuk pendekatan konsep pemasaran lebih mendekatkan pada keinginan konsumen yang paling utama, lalu selanjutnya melakukan bagaimana cara memuaskannya.

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

pengertian pemasaran menurut para ahli

Pemasaran merupakan alat yang digunakan dalam medapatkan laba melalui sebuah penjualan produk. Orang-orang sering menyebut ilmu ini dengan kata sales.

Secara harfiah, pemasaran ini berasal dari kata pasar yang artinya tempat bertemunya penjual dan pembeli. Namun secara umum, pemasaran mempunyai arti sebagai usaha yang mengenalkan barang atau jasa kepada pembeli.

Beda halnya dengan pendapat dari beberapa para ahli mengenai pemasaran ini. Berikut adalah penjabaran dari definis pemasaran menurut para ahli :

Wikipedia

Menurut Wikipedia, situs perpustakaan online ini mengartikan bahwa pemasaran adalah bentuk dari proses membangun komunikasi. Kemonikasi yang diambl ini merupakan antar kelompok yang memiliki tujuan dalam penjualan baran atau jasa.

Assauri 1999

Pemasaran adalah sebuah proses yang memiliki perencanaan dan evaluasi. Hal ini dikaatakan karena sudah jelas, bahwa pemasaran mencangkup pelaksanaan, perencanaan dan disribusi. Ketiga hal tersebut mencangkup hubungan atau pertukaraan yang berarah pada keuntungan.

Swasta 1996

Pemasan adalah sebuh aktifitas pemenuhanb kebutuhan antara penjual dan pembeli  yang keduanya melakukan proses tawar menawar.

Basu dan Hani 2004

Dua tokoh diatas mengemukakan pendapatnya, bahwa pemasaran ialah prose perncanaan dan pengelolaan dalam barang atau jasa. Aktifitasu yang dilakukannya meliputi promosi, penetapan bandrol atau distribusinya.

Koller dan Amstrong

Pemasaran adalah strategi serta proses yang baik pribadi atau kelompok yang berguna dalam bertahan hidup. Selain itu juga berkembang melalui pertukran produk yang memiliki nilai jual sendiri.

Firdaus

Pemasaran mempunyai arti sebagaoi kegiatan yang dialkukan orang seperti pengusaha dalam mempertahankan hidup dan memenuhi kebutuhan serta mendapatkan laba.

Philip Kotler 2001

Pemasaran adalah bentuk kegiatan yang mempunyai landasan untuk mendapatkan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran, penawaran dan lain-lain.

William J Stanton

Beliau mengungkapkan bahwa pemasaran adalah sistem dalam pemasaran barang atau jasa yang didalamnya terdapat  perencanaan. Baik itu berupa promosi  atau penentuan harga suatau produk.

Kotler 2000

Menurut Kotler, pemasaran adalah bentuk dari sebuah proses sosial dan bagian dari managemen dri atau kelompok. Proses tersebut bertujuan untuk menciptakan peluang, pertukaran atau penawaran terhadap  sekelompok orang yang memiliki kebutuhan.

PENGERTIAN PEMASARAN SECARA UMUM

pengertian pemasaran secara umum

Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya kata pemasaran identik dengan sebuah promo atau penjualan. Seringkali kita temui didalam ruang lingkup perusahaan atau juga marketing.

Lalu apa sebernarnya pengertian pemasaran secara umum? Kegiatan yang berjalan dalam aspek bisnis profit atau nonprofit yang berguna dalam mencukupi kebutuhan pasar barang dan jasa, disebut pengertian pemasaran secara umum.

Aktifitas tersebut meliputi promosi, distribusi dan menentukan harga  untuk menjalani proses pertukaran dengan konsumen dalam mencapai tujuan perusahaan.

UNSUR POKOK DIDALAM PEMASARAN

pemasaran barang dan jasa

Pemasar. Tujuan dari ilmu pemasaran adalah keuntungan, profit. Suatu perusahaan baik kelompok atau perorangan pastinya mempunyai sebuah tujuan tertentu. Maka dari itu dibentuk suatu unsur pemasar yang dapat mendistribusikan produk atau jasa kepada konsumen.

Organisasi. Pada umumnya unsur ini belum tentu berorientasi kepada keuntungan.

Produsen.  Unsur ini tentu berorientasi terhadap keuntungan.

Barang & Jasa. Permintaan terhadap adanya barang dan jasa adalah hal penting yang ada pada unusur pemasaran.

Pemerintah. Seperti biasanya, pemerintah akan berorietasi terhadap kesejahteraan umum.

Proses Pertukaran. Adaya dua belah pihak yaitu pihak penjual dan pembeli yang saling menukar seseui kebutuhan yang disepakati.

PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN

manajemen pemasaran

Dalam mencapai sebuah tujuan yang tertarget, perlu adanya sebuah manajemen pemasaran.  Apa itu manajemen pemasaran?

Manajemen pemasaran adalah proses atau kegiatan dalam merencanakan, menganalisa dan melasanakan sebuah pengawasan dalam pertukaran dengan konsumen.

Maksudnya adalah mengontrol proses pemasaran dilapangan supaya tercapai tujuannya. Beda halnya dengan pendapat dari Dharmmesta & Handoko pada tahun 1982 mengatakan bahwa manajemen pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Sementara menurut Kotler tahun 1980, proses menganalisa adalah melaksanakan  dan mengawasi program yang berjalan terkait pemasaran untuk mendapatkan tujuan dan hasil yang sesuai.

Pemasaran memberikan dampak yang baik untuk kepuasan konsumen terhadap kebutuhannya.

Konsep didalam manajemen pemasaran terdapat tiga unsure didalamnya :

  • Kepuasan pelanggan
  • Kegiatan pemasaran yang disususn secara integral
  • Orientasi pelanggaraan

Sedangkan untuk fungsi pemasaran  terdapat klasifikasi seperti berikut :

  • Fungsi penunjang (pengamanan, penanggunan resiko, standarisasi, informasi pasar dan keuangan)
  • Supply fisik, mengenai distribusi dan penyimpanan
  • Penjulan dan pembelian

STRATEGI PEMASARAN

strategi pemasaran

Sebagai jantung kehidupan usaha, strategi pemasaran sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan. Untuk mendapatkan tujuan yang sesuai dengan yang direncakan, maka sebuah strategi ini akan membantu dalam kelancaran berusaha.

Strategi pemasaran mempunyai berbagai macam tips. Biasanya sering disingkat dengan 4P yaitu Price, Product, Place dan Promotion. Untuk penjelasannya sebagai berikut ini.

Price

kesuksesan dalam proses penjual yaitu dengan menentukan sebuah harga barang. Dalam pengetiannya, harga berarti jumlah uang yang wajib dibayar untuk mendapatkan barang atau jasa.

Maka dari itu, harga menjadi faktor yang sangat penting didalam mempengaruhi produk. Konsumen selalu memperhatikan tinggi rendahnya suatu harga barang.

Harga adalah salah satu pertimbangan yang khusus, dalam memutuskan barang yang akan dibeli. Menurut kebiasan konsumen, harga ini berpengaruh  terhadap penjualan dan pemasaran suatau barang.

Place

Pemilihan lokasi menajdi faktor yang sangat berpengaruh terhadap suatu pemasaran. Dalam memilih tempat ini, seorang pengusaha atau kelompok bisnis lainnya harus memili tempat yang strategis.

Jika pemilihan tempat ini tidak strategis, maka penjualan atau pemasaran barang tersebut tidak terlalu bagus.

Promotion

Usaha yang kecil maupun besar, pasti memerlukan suatu promosi. Kegiatan ini merupakan suatau strategi didalam pemasaran. Biasanya tujuan dilakukannya promosi adalah untuk mengingatkan kempada konsumen terhadap suatu barang yang baru beserta harganya.

Product

Tanpa adanya produk, maka pemasaran tidak akan berjalan. Sudah jelas produk berkaitan dengan jenis barang yang akan dijual kepada konsumen.

Maka dari itu, sudah unsur ini menjadi yang primer dari komponen lainnya.

Tugas Manajemen Pemasaran

tugas manajemen pemasaran

Berikut ini adalah beberapa tugas yang terdapat didalam manajemen pemasaran.

Pelajari kebutuhan konsumen

Keperluan suatu konsumen menjadi hal yang wajib diketahu oleh seorang penjual. Hal tersebut merupakan pemicu diproduksinya suatu barang. Banyak cara yang digunakan untuk mempelajari kebutuhan konsumen tersebut.

Salah satunya adalah dengan menganalisis kebutuhan pasar. Suatu proses yang memperhitungkan besar kecilnya barang yang dibutuhkan merupakan mekanisme dari analisis ini. Contohnya seperti menganalisis kebutuhan pakaian anak di daerah Bogor.

Seorang pengusaha dibidang tersebut, misalnya konveksi A atau grosir pakaian anak harus menghitung dan menganalisa berapa pesentase kebutuhan pasar.

Mengarahkan barang dan jasa yang akan dikembangkan

Tahap selanjutnya setelah mengetahui kebutuhan pasar itu seperti apa, maka mengonsep barang harus dilkuakan. Misalnya seperti konsep makanan siap saji untuk orang yang menyukai mobilitas yang tinggi.

Pengujian terhadap produk

Tahap selanjutnya yaitu dengan melakukan pengujian terhadap barang yang diproduksi. Berbagai macm teknik seperti kuisioner, wawancara dan saran dari seorang konsumen terhadap produk kita.

Desain produk

Jika suatu barang sudah diterima dikalangan konsumen. Maka tahap selanjutnya drngan melakkan desain produk. Desain produk itu sendiri bisa anda lakukan misalnya pada kemasan atau bentuk barangnya.

Pengemasan dan merk

Tidak terlepas dari desain produk, proses pengemasan serta memberi merk merupakan tugas dari pemsaran itu sendiri.

Menetapkan harga

Menetapkan harga merupakan hal yang penting yang harus dilakukan. Bukan hanya terkait pemasaran, akan tetapi ini juga berhubungan dengan konsistensi pemasaran. Tanpa adanya penetapan harga, biasanya seorang konsumen akan merasa kebingungan dan sungkan untuk membelinya.

Mengatur distribusi

Berbicara mengenai distribusi barang merupakan protecting barang agar sampai ke tangan konsumen.

Menciptakan komunikasi

Yang terakhir adalah membangun komunikasi dengan konsumen atau pelanggan. Contohnya seperti ingin tahu saran, komentarnya seperti apa dan masukannya pada barang tersebut.

KOMUNIKASI PEMASARAN

komunikasi pemasaran

Didalam sebuah pemasaran produk, menyampaikan pesan kepada konsumen sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini berhubungan dengan sebuah komunikasi pemasaran.

Sebuah cara dari perusahaan untuk menginformasikan barang dan jasa adalah pengertian dari komunikasi pemasaran. Dalam komunikasi ini erdapat beberapa proses yang perlu kamu ketahui. Apa saja proses komuniasi tersebut?

Proses komunikasi pemasaran meliputi beberapa aktifitas yang dilakukan, seperti  pesan yang disampaikan dari pengirim kepada yang dikirim. Pengirim yaitu merk, produk dan perusahaan. Sedangkan untuk penerima adalah orang yang dijadikan sasaran, penonton atau siapun yang menjadi target pemasaran.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam pengertian pemasaran diatas. Terdapat dua subjek yang berperan didalam proses komunikasi ini, yaitu Pengirim dan Penerima.

Pengirim adalah orang atau perusahaan yang menargetkan konsumen. Sedangkan penerima ialah yang disebut dengan konsumen.

Proses komunikasi pemasaran ini sendiri terdapat tiga aspek yang harus dimulai. Antara lain demografi, kompatibilitas dan kekuatan financial.

Contohnya seperti perusahaan yang  memeproduksi sepatu dan targetannya adalah pelanggan dengan usia 60 tahun, komunikasi akan gagal.

Demikianlah bahasan artikel yang membahas mengenai pengertian pemasaran bisa saya sajikan. Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

%d bloggers like this: